Bahan Finishing Natural Kursi Kayu Rekomended dengan Kualitas Terjamin

Mempunyai kursi kayu natural dalam menambah kesan hangat di rumah anda, untuk mendapat kursi dengan finishing natural terbaik simak rekomendasi nya disini

Kursi-kayu

Kursi kayu di Indonesia masih didominasi dengan warna natural agar serat kayunya tetap terlihat. Karena Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumber daya alam termasuk diantaranya terdapat berbagai jenis kayu. Sehingga tidak heran  jika hasil finishing furniture termasuk kayu masih didominasi oleh kesan natural.

Selain karena hal itu, kursi kayu yang difinishing dengan tema natural akan membantu meningkatkan kesan hangat pada lokasi dimana ia diletakkan. Jika anda akan menggunakan kursi ini pada ruang keluarga atau bagian lainnya dari rumah anda, gaya natural adalah pilihan yang tepat. Untuk mendapatkan hasil finishing kursi natural terbaik, anda perlu menggunakan bahan finishing berkualitas dan cara finishing yang benar. Simak rekomendasinya di artikel ini.

Tips Memilih Bahan Finishing Natural

Kualitas cat serta bahan finishing lainnya harus anda perhatikan untuk memperoleh kursi natural kayu terbaik. Jangan sampai anda salah dalam memilih bahan finishing, hal ini pasti akan sangat berpengaruh pada hasil akhir finishing yang anda lakukan. Oleh karena itu, kenali dengan baik bahan finishing yang akan anda gunakan. Simak tips memilih bahan finishing untuk kursi natural berikut ini:

1. Bahan kimia yang terdapat dalam cat

Sebaiknya, jangan gunakan cat yang mengandung bahan kimia berbahaya pada cat. Aplikasi cat dengan bahan kimia berbahaya seperti pada cat solvent based akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Terlebih dengan baunya yang menyengat karena kandungan formaldehide yang tinggi. Gunakan cat water based yang aman digunakan karena memiliki kandungan bahan kimia berbahaya yang rendah. Cat kayu water based sangat aman digunakan pada finishing kursi minimalis.

2. Perlindungan pada kayu

Memilih Finishing Tepat untuk Kursi Minimalis Modern

Perlindungan dari cat berada di lapisan terluar kayu, jika terdapat goresan dan membekas akan mempermudah kelembaban dan tumbuhnya jamur. Maka jenis cat yang direkemendasikan adalah cat dengan lapisan kuat namun lentur yang akan menyesuaikan bentuk kayu yang mudah memuai dan mengecil. Lapisan film ini dibutuhkan untuk melindungi khususnya kelembaban pemicu jamur dan rayap.

3. Tampilan warna

Kursi dengan warna natural harus menggunakan cat yang memiliki tingkat transparansi tinggi. Hal ini  sangat dibutuhkan agar anda mendapatkan hasil finishing kursi natural dengan serat kayu yang tampak eksotis. Cat water based sangat cocok digunakan karena memiliki keunggulan ini.

4. Tingkat glossy

Ada banyak tingkat glossy yang bisa dipilih sesuai dengan sheen level. Ada beberapa tingkat sheen level namun tidak semuanya dimiliki oleh produk cat. Anda cukup memilih yang akan memenuhi keinginan Anda. Apakah Anda membutuhkan tampilan gloss atau matte untuk tampak lebih natural.

Rekomendasi Bahan Finishing Kursi Kayu Natural

Cat kayu yang bagus untuk finishing kursi kayu sebaiknya tidak menggunakan cat kayu solvent based seperti plitur atau pernis konvensional. Namun cat kayu tersebut justru menggunakan bahan pelarut air atau dikenal dengan cat water based.

Biovarnish merupakan cat kayu water based berkualitas yang sangat cocok untuk finishing natural kayu. Cat ini aman dan ramah lingkungan untuk digunakan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya serta rendah VOC. Telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yaitu US EPA dan ECHA. Maka dari itu, cat tersebut tidak beracun dan tidak menimbulkan bau yang sangat menyengat seperti cat solvent based.

Sebagai cat water based, Biovarnish memberikan varian kemudahan mulai dari cara aplikasi yang cepat dengan kuas dan air, waktu kering dalam ruangan, pilihan warna yang beragam dari 20 warna, dan terakhir adalah keamanan yang diberikan. Tingkat transparansi dari cat sesuai dengan kebutuhan serat dan warna kayu asli.

Kayu Cedar : Pengolahan hingga Cara Finishingnya yang Mudah

Gunakan cat kayu yang aman untuk segala finishing baik interior maupun eksterior. Kursi kayu dengan finishing water based akan bertahan lebih lama karena tidak mudah menguap selain itu aman karena tidak menimbulkan bau menyengat. Sehingga anda dapat melakukan finishing dengan cat water based lebih nyaman dan mudah. Kesehatan anda dan keluarga juga aman karena tidak beresiko mengalami gangguan kesehatan akibat bau menyengat dari cat saat finishing.

 Rekomendasi Cara Finishing Kursi Kayu Natural

Agar Anda mendapatkan hasil finishing kursi natural yang tahan lama dan berkualitas, anda perlu menggunakan bahan-bahan dan langkah dibawah ini:

  1. Amplas seluruh permukaan kayu yang akan dilakukan finishing menggunakan amplas nomor 240, lalu di sempurnakan menggunakan kertas amplas 400
  2. Kemudian aplikasikan WA-250 sebagai bleaching, fungsinya untuk menyamakan warna, dan menghilangkan noda yang terdapat pada permukaan kayu
  3. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain Salak Brown. Varian Salak Brown pada Liquid Stain series menjadikan media kayu berwarna coklat salak, yang memberikan kesan mewah.
  4. Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer, fungsinya untuk mempertajam warna dan mencegah tumbuhnya bulu pada permukaan kayu
  5. Amplas kembali permukaan kayu yang telah diaplikasikan sanding sealer, agar serat kayu tetap terlihat setelah aplikasi selesai
  6. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat Gloss. Fungsi top coat ini adalah mempertahankan hasil finishing dalam jangka waktu yang lama. Keunggulan Clear Coat Gloss Biovarnish ini adalah menjadikan media menjadi mengkilap, namun tetap memiliki transparansi tinggi, sehingga serat kayu tetap terlihat sempurna.

Anda juga dapat mengaplikasikan cara finishing ini pada berbagai jenis kursi kayu maupun furniture lainnya. Selain itu anda juga dapat mengaplikasikannya ke berbagai jenis kayu seperti Mahoni, Cendana, Ulin, Sonokeling, Sungkai, dan lainnya. Finishing ini menggunakan produk cat water based Liquid Stain series. Liquid Stain merupakan salah satu produk pernis water based unggulan dari Bio Industries.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Bioindustries"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.