Ingin Kursi Teras dari Plywood Lebih Tahan Lama? Ini Kuncinya

Apakah Anda mengenal material plywood untuk kursi? Selama ini penggunaannya sebagai material furniture dan juga beberapa home dekor telah diakui di masayarakat dan di kalangan para desainer. Memang benar, membuat furniture dengan bahan tersebut memberikan banyak keuntungan.

Apa saja keuntungan dari penggunaan bahan plywood? Berikut ini keuntungan yang akan Anda dapatkan:

  1. Harga yang relatif murah. Dibandingkan dengan kayu solid, plywood enempati peringkat kedua untuk masalah harga. Harga lebih murah dibandingkan dengan kayu yang sudah berumur puluhan tahun seperti kayu jati.
  2. Tampilan cukup menarik. Walaupun tidak dapat memberikan tampilan serat seindah kayu jati, namun pemilihan jenis veneer di bagian permukaan plywood bisa menjadi pilihan yang berbeda. Anda bisa memilih serat yang menarik sesuai jensin veneer yang digunakan.
  3. Kekuatan, ketebalan plywood membuatnya menjadi lebih kuat ketika Anda memberikan konstruksi yang tepat. Jika plywood dibuat menjadi sebuah furnitur maka Anda bisa mengolahnya menjadi kursi, meja, lemari dan berbagai kebutuhan furnitur lainnya.

Ketiga keunggulan yang akan Anda dapatkan dari furnitur seperti kursi teras yang terbuat dari plywood akan menjadi tampilan segar sekaligus murah di depan rumah. Namun ada satu kelemhan dari kursi terbuat plywood yang perlu Anda ketahui adalah Anda tidak bisa menghujan-hujankannya atau meletakannya di halaman rumah sehingga terjemur di panas terik matahari.

Kelemahan ini dikarenakan plywood terbuat dari bahan serutan kayu yang dilem. Tidak sepertu kayu solid yang tebal dan kuat, setiap lapis plywood yang direkatkan dengan lem akan mudah rusak karena panas dan juga hujan. Maka furnitur yang terbuat dari plywood hanya boleh digunakan sebagai furnitur atau home dekor dalam ruangan saja. Atau di bawah atap yang tidak terkena panas matahari dan hujan secara langsung seperti furnitur teras.

Rahasia Konstruksi Kursi Plywood yang Kuat

Banyak yang mengira bahwa furniture teras wajib menggunakan material kayu solid. Oleh karena itu, harga furnitur teras akan lebih mahal dibandingkan furniture dalam ruangan seperti kursi dan meja tamu. Namun, kini Anda bisa mendapatkan alternatif yang lebih murah dengan kursi teras dari plywood.

Nah untuk mendapatkan kursi teras yang lebih tahan lama ada dua syarat yang harus dipenuhi yaitu konstruksi dan finishingnya. Konstruksi akan menimbulkan kursi lebih tahan lama dan kuat menopang beban orang yang duduk di atasnya. Sedangkan dengan finishing atau pengecatan kursi akan mendapatkan tampilan indah tahan lama serta menjaga kursi agar tidak mudah rusak.

Ingin Kursi Teras dari Plywood yang Tahan Lama? Ini Kuncinya

Mari kita mulai dari konstruksi kursi teras yang baik. Bagaimanakah Anda bisa menentukan konstruksi tersebut baik dan bertahan lama? Jika Anda akan membuatnya sendiri langkah apa saja yang harus Anda lakukan untuk menciptakan konstruksi yang terbaik?

Nah, kunci utama dari konstruksi adalah ukuran dan siku yang dipasang. Berapa ukuran yang akan Anda buat dan siapa saja yang akan duduk di atasnya? Ini yang menjadi pertanyaan utama ketika Anda akan membuat kursi teras. Akan ada banyak varian orang yang duduk maka semakin kuat sikud dan ukuran yang Anda buat maka akan semakin baik.

Kebutuhan Kursi

Pada pembuatan kursi ada dua hal yang dibutuhkan, yaitu sambungan lubang dan juga pen. Di setiap sambungan tersebut maka Anda juga membutuhkan bahan perakt kayu berupa lem. Daripada Anda menggunakan paku yang memiliki resiko untuk merusak kontur plywood maka lem sangat aman.

Ada beberapa jenis pen yang bisa Anda pilih yaitu pen tembus, pen tersembunyi, pen miring yang akan menentuka kekuatan konstruksi perabotan. Untuk pen memiliki syarat seperti ukuran panjang minimal harus ½ lebar kayu dan maksimal panjang sama dengan lebar kayu. Untuk ketebalannya harus 1/3 – ½ ketebalan kayu. Lebar dari pen harus sama dengan lebar kayu jika ingin dikuraingi maka minimal ½ dari ketebalan kayu.

Memudahkan pemasangan pen maka Anda perlu membuat bevel pada ujung pen dengan besar 2mm. Bevel juga memiliki fungsi ketika Anda akan mengaplikasikan lem. Selain pen pembuatan lubang juga harus diperhatikan. Lebar dari lubang adalah maksimal 18/3 dari ketebalan kayu. Jika sambungan terdapat pada sudut yang tidak memiliki kelebihan maka herus berada pada ½ ketebalan kayu dari ujung. Kelebihan ukuran lubang haruslah ditambah 2mm untuk penempatan lem.

Pada saat Anda menyambung pen dan lubang maka seluruh area harus diamplas dan Anda harus membersihkan sisa debu amplas. Debu yang mengotori pori plywood akan mengurangi kinerja lem untuk merekatkan. Pastikan Anda selalu mengamplas sebelumnya.

Rahasia Finishing yang Tahan Lama

Nah jika Anda sudah mendapatkan rahasia bagaimana menciptakan konstruksi kursi teras yang baik lalu bagaimana dengan bahan finishing yang harus digunakan? Cat memiliki dua fungsi yakni memberikan tampilan dan memberikan perlindungan. Bahkan ketika Anda menggunakan kursi dari plywood tidak usah ragu jika ingin memberikannya tampilan natural.

Ingin Kursi Teras dari Plywood yang Tahan Lama? Ini Kuncinya

Jika Anda ingin mendapatkan kursi teras dari plywood dengan tampilan natural maka gunakan cat kayu Biovarnish. Warna transparan akan didapatkan plywood, warna transparan akan melindungi warna asli kayu tidak mudah pudar dalam waktu yang lama. Ada dua produk yang perlu Anda gunakan yaitu Biovarnish sanding sealer sebagai base coat kemudian Biovarnish top coat matte sebagai lapisan film bagian luar.

Bagaimana menggunakannya? Anda bisa mengikuti langkah mudahnya berikut ini :

  1. Bersihkan seluruh permukaan kursi teras. Amplas seluruh permukaan kayu dengan amplas kasar. Amplas permukaan hingga halus terutama jika terdapat bekas lem. Ketika Anda tidak memberishkan bekas lem, ketika dilapisi cat lem akan membekas. Maka sangat baik jika Anda menggunakan lem putih yang tidak meninggalkan bekas. Jika sudah halus bersihkan debu amplas dengan kain.
  2. Campurkan cat dasar kayu dari Biovarnish sanding sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk rata dan masukan ke dalam tabung cat semprot. Coba terlebih dahulu apakh tekanan dan cat yang keluar sudah baik. Kemudian semprotkan ke seluruh bagian kursi jangan lupa pada bagian yang tidak terlalu terlihat.
  3. Tunggu lapisan sanding sealer mengering selama 60 menit tanpa dijemur pada panas matahari langsung. Amplas dengan amplas 400 dengan ambang saja untuk membentuk permukaan kasar dan lapisan top coat nantinya dapat menempel dengan baik.
  4. Terakhir campurkan Biovarnish Clear Coat Matte dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Aplikasikan pada permukaan kursi hingga merata. Proses kering akan membutuhkan waktu 24 jam. Pastikan kursi teras benar-benar mengering sebelum Anda menggunakannya.

Tampilan kursi teras dengan warna transparan akan memperlihatkan material plywood sebagai kursi. Jika Anda ingin mendapatkan kursi yang lebih tahan lama Anda bisa melakukan perawatan dengan Biopolish Linseed Oil setiap satu bulan sekali. Caranya mudah cukup dipoles dengan kain bersih dan kering. Lakukan pemolesan tipis agar kursi teras bersih dan tampak natural selalu.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.