Cara Mengecat Plywood dengan Benar

62
Cara Mengecat Plywood dengan Benar

Produk kayu tekan adalah produk kayu yang direkayasa yang terbuat dari berbagai kombinasi partikel kayu dan serat kayu yang telah dicampur dengan perekat dan diikat di bawah tekanan dan pemanasan.

Dalam rekayasa produk kayu yang ditekan, potongan dan sisa potongan diubah menjadi potongan kayu. Serpihan kayu, serutan, residu penggergajian dan bahkan serbuk gergaji digunakan untuk membentuk bahan dasar dalam produk kayu yang ditekan. Produk kayu yang ditekan disebut dengan berbagai nama yang lebih umum; seperti papan partikel, papan chip, papan serat, atau hardboard.

Ini datang dalam berbagai kepadatan. Hardboard adalah yang paling sulit dari produk kayu yang ditekan, papan partikel adalah yang paling lembut. Papan serat kepadatan menengah jatuh di antara dua jenis produk kayu yang ditekan ini. Papan partikel terbuat dari chip atau potongan kayu yang lebih besar daripada hardboard, dan karenanya lebih mudah rusak di bawah tekanan, jadi ini adalah tingkat termurah dari berbagai produk kayu yang ditekan.

Plywood adalah kayu buatan yang dibuat kuat dan tahan lama dan biasa digunakan dalam konstruksi bangunan. Plywood memiliki beberapa ketebalan dan banyak nilai, jadi menemukan satu yang cocok untuk penggunaan Anda cukup mudah.

CS Biovarnish

Cara Mengecat Plywood dengan Benar

Bagaimana Plywood Dibuat?

Plywood dibuat dengan menempelkan lapisan tipis dari kayu yang disebut lapisan dalam lapisan lapis demi lapis. Kebanyakan plywood dibuat dengan menggunakan nomor ganjil (yaitu 3, 5 atau 7). Juga, sebagian besar plywood diproduksi dalam 4 x 8 lembar, tetapi tersedia dalam berbagai ukuran.

Keuntungan Menggunakan Plywood

  • Plywood sangat kuat karena melintasi lapisan yang berdekatan saat manufaktur.
  • Kayu solid dapat mengalami penyusutan, pembengkakan, dan pembengkokan, sedangkan plywood menghindari sifat-sifat ini karena alasan yang sama mengapa kayu ini sangat kuat – melintasi lapisan yang berdekatan.
  • Ekonomis
  • Tersedia dalam berbagai ukuran

Cara Mengecat Plywood

Plywood adalah pilihan logis untuk banyak proyek bangunan dan dengan banyak pilihan ukuran dan kelas, Anda pasti menemukan sesuatu yang sesuai dengan anggaran dan proyek Anda.

Plywood adalah bahan bangunan yang serbaguna, hemat biaya, dan karena itu populer. Ini sering digunakan untuk banyak tujuan interior dan eksterior, dan metode untuk menyelesaikan plywood bervariasi antara kegunaan.

Langkah 1 – Tentukan Penggunaannya

Setiap selesai untuk plywood akan bervariasi tergantung pada apakah kayu itu untuk tujuan eksterior atau keperluan interior. Jika penggunaannya adalah interior, ada beberapa kemungkinan finishing yang berbeda. Namun, jika plywood digunakan untuk tujuan eksterior, ada satu cara yang disarankan untuk menyelesaikan kayu.

Langkah 2 – Tentukan Jenis Plywood Selesai

Ada sejumlah nilai dan penyelesaian plywood. Beberapa kasar, dan beberapa memiliki finishing yang diampelas. Ada beberapa jenis plywood yang lebih mahal yang memiliki lapisan veneer dan memberikan tampilan terbaik untuk aplikasi interior.

Plywood yang diampelas sering kali diperbaiki dengan putties sintetis yang berbeda. Jika Anda akan menggunakan noda kayu atau finishing lapisan yang jelas pada jenis kayu ini, maka Anda akan ingin menemukan jenis kayu yang paling halus dengan jumlah perbaikan terkecil. Putisa tidak selesai dengan cara yang sama seperti kayu, dan noda atau sealant tidak akan menembus area yang diperbaiki. Plywood yang terbuat dari pinus Selatan akan memiliki lebih sedikit tambalan yang diperbaiki daripada plywood yang terbuat dari cemara Douglas. Perbaikan juga cenderung lebih kecil.

Plywood kasar tidak cocok untuk noda atau lapisan mantel yang jelas dan harus dicat. Pelapis gigi tidak memiliki masalah dengan perbaikan dempul dan dapat menerima berbagai noda, lapisan mantel yang jernih, atau cat.

Langkah 3 – Pilih Bahan Finishing Anda

Jika Anda menggunakan plywood yang diampelas untuk aplikasi interior, Anda dapat memilih dari semitransparan atau noda buram, lapisan bening, atau cat. Jika Anda menggunakan plywood potong kasar, maka disarankan cat dasar dan cat. Untuk aplikasi eksterior, Anda harus menggunakan hanya noda buram atau sistem cat primer / topcoat. Apa pun yang Anda pilih, Anda harus yakin untuk menggunakan 100 persen lateks resin akrilik untuk kinerja jangka terpanjang.

Langkah 4 – Siapkan Area

Seperti mengecat benda apa saja, gunakan kain pelapis di bawah dan di sekitar benda yang akan dicat. Juga, rekatkan area yang perlu dilindungi.

Langkah 5 – Mengecat Area

Untuk aplikasi interior, gunakan dua lapis noda finishing apa pun yang Anda pilih, atau pewarna noda dan lapisan atas cat.

Untuk mewarnai bagian luar dari plywood, Anda harus menggunakan, minimal, dua lapis pewarna buram, sebaiknya diaplikasikan dengan kuas untuk penetrasi maksimum. Jika Anda bekerja dengan area yang luas, maka Anda mungkin tergoda untuk menggunakan roller. Ini dapat dilakukan hanya jika Anda berhati-hati menggunakan tekanan pada roller untuk mendapatkan noda ke setiap permukaan. Hindari menggunakan semprotan, karena tidak memberikan penetrasi yang cukup ke dalam kayu.

Cara Mengecat Plywood dengan Benar

Jika Anda menggunakan cat bukan noda pada potongan interior atau eksterior, maka gunakan setidaknya satu lapisan primer, idealnya diterapkan dengan kuas. Rol dapat diterima, tetapi perlu setidaknya dua lapis mantel untuk hasil terbaik.

Tip: Dengan plywood eksterior, sangat penting untuk menyelesaikan tepiannya dengan sangat hati-hati, karena plywood adalah kayu komposit, dan jika air terserap ke tepinya, maka dapat menyebabkan cetakan cepat dan membusuk.

Finishing plywood membutuhkan lebih banyak pemikiran dan persiapan daripada menyelesaikan kayu solid, tetapi dapat dengan mudah diselesaikan dengan sedikit kerja. Produk yang harus Anda gunakan juga harus diperhatikan. Karena plywood telah mengandung logam berat yang berasal dar lem yang merekatkan antar lapisan maka Anda harus memilih bahan finishingnya yang aman dan juga ramah lingkungan.

Memilih bahan finishing yang aman adalah dengan menggunakan cat berbasis air. Cat water based kini tidak kalah dengan cat dengan pelarut solvent. Anda bisa mencampurkan dengan air bahkan bisa digunakan pada luar ruangan karena ketahanannya yang lebih baik.

Soal harga juga tidak perlu khawatir karena cat water based hanya membutuhkan pelarut air yang tidak akan menguras kantong Anda seperti thinner. Mempermudah pekerjaan Anda cat water based lebih cepat kering tanpa harus dijemur pada panas matahari. Anda bisa mengerjakannya lebih mudah di dalam ruangan tanpa berfikir ulang.

Tidak ingin melewatkan kelebihan dari cat water based ini? Maka sebaiknya Anda menggunakan cat ini sekarang juga dari produk Biovarnish atau BioColours yang memiliki pilihan warna sangat beragam. Mulai dari warna natural hingga warna solid colour.

Anda bisa mengaplikasikannya pada bergaam jenis plywood yang telah Anda bentuk menjadi furnitur atau menjadi kerajinan. Hasilnya sangat memuaskan dan Anda bisa memilih ingin mendapatkan tampilan mengkilap yaitu gloss atau tidak yaitu tampilan matte.