Cukup 3 Langkah, Ini Cara Menggunakan Dempul Kayu yang Benar

Untuk mendukung finishing close pore maka penggunaan dempul kayu yang benar akan sangat membantu mendapatkan permukaan halus dan rata.

dempul-kayu

Menggunakan dempul pada saat proses finishing harus didukung dengan cara yang benar. Apalah artinya jika salah menggunakan dempul untuk menghasilkan finishing yang bagus?

Misalnya Anda salah memilih kertas amplas dan menyebabkan dempul tidak rata, maka pada saat pewarnaan permukaan kayu tidak halus. Menghindari hal tersebut maka lakukan cara mengunakan dempul atau plamir yang benar berikut ini:

  1. Permukaan kayu harus halus, lakukan pengamplasan pada bidang material secara keseluruhan dan pastikan setelah diamplas debu tersebut sudah dihilangkan dengan kain lap. Jadi permukaan material halus, kering dan bersih bebas dari kotoran.
  2. Aplikasikan dempul ke seluruh permukaan kayu dengan pisau scrape, terlebih jika material memiliki banyak cacat tekstur, aplikasi dempul bisa diulangi hingga cacat tekstur tertutup dengan baik. Tunggu dempul mengering sesuai dengan produk yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan dempul merk Biovarnish Wood Filler maka hanya menunggu kurang lebih 20 menit saja sudah bisa dilakukan proses pengamplasan.
  3. Amplas permukaan kayu hingga halus dengan ukuran amplas untuk dempul yaitu kertas amplas alumunium oxide no. 240. Pastikan serat kayu terlihat setelah diamplas. Raba permukaan dan pastikan sudah benar-benar halus dan cacat tekstur terututp. Bersihkan debu amplas dengan kain lap. Jika aplikasi dempul sudah benar maka Anda bisa mengaplikasikan Wood Stain.

Macam-Macam Fungsi Dempul Kayu

Sebenarnya apakah fungsi dempul itu? Lalu apa akibatnya jika finishing tidak menggunakan dempul? Ada beberapa fungsi dempul antara lain:

  1. Menciptakan finishing close pore (pori-pori tertutup)
  2. Mengisi pori-pori kayu
  3. Menutup atau memperbaiki cacat tekstur pada kayu

Dari ketiga fungsi plamir kayu atau dempul diatas ada pernyataan mengenai finishing close pore. Jenis finishing ada dua yaitu finishing close pore dan open pore. Sesuai dengan artinya pori-pori tertutup maka seluruh permukaan kayu akan diisi oleh dempul kemudian baru ditutup dengan wood stain dan top coat.

Akan tetapi jika finishing open pore tidak menggunakan dempul melainkan langsung wood stain dan top coat, ada juga jenis unfinished furniture yang tergolong dalam open pore. Kedua jenis finishing tersebut memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing.

Tentu Anda tahu bahwa fungsi dari pori kayu adalah untuk menyerap kelemabapan. Furntuire dengan finishing open pore tentu akan rentan oleh jamur, serangga dan juga air. Dibutuhkan perawatan rutin jika Anda memilih finishing open pore, mungkin akan menyita waktu Anda bagi Anda yang sibuk dengan pekerjaan.

Maka sebaiknya pilih finishing close pore yang mamanfaatkan cat plamir kayu dimana pori-pori kayu akan ditutup untuk mencegah serangga seperti rayap, kelembapan dan jamur yang tumbuh pada furniture kayu.

Jenis Dempul Terbaik untuk Finishing

Ada dua jenis warna yang dihasilkan dalam hal finishing yaitu natural dan solid opaque. Kedua jenis warna ini membutuhkan jenis dempul yang berbeda sesuai dengan warnanya. Berikut ini dua jenis dempul yang dapat digunakan sesuai kebutuhan:

  1. Wood Filler, dempul ini akan memberikan hasil warna natural transparan. Pilihan wood filler ada dua jika Anda menggunakan Biovarnish Wood Filler yaitu warna jati dan mahoni.
  2. Wood Putty, jenis dempul ini akan memberikan warna solid opaque dimana warna asli kayu akan tertutup dan Anda akan mendapatkan hasil warna berbeda. Salah satu merk dempul ini adalah BioColours Wood Putty dengan pilihan warna abu-abu dan putih.

Melihat cara menggunakan dempul yang mudah, fungsi plamir kayu atau dempul dan jenis dempul kayu yang digunakan untuk finshing maka Anda sekarang sudah bisa memutuskan kapan akan melakukan finishing. Silahkan mencoba

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Tips Memilih Bahan Finishing"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

catkayu.com