You are currently viewing Food Grade Coating untuk Tableware Lebih Tahan Lama

Food Grade Coating untuk Tableware Lebih Tahan Lama

Menjaga tableware agar lebih tahan lama, amat mudah dilakukan apabila mengetahui food grade coating untuk tableware yang tepat.

Dapur tentu berinteraksi langsung dengan makanan terutama pada tableware. Sehingga bahan kayu yang digunakan tentu harus dilakukan perawatan agar aman digunakan terlebih jika bersentuhan dengan makanan. Tahu kah Anda, apakah bahan yang digunakan tersebut telah aman atau food grade?

Untuk mengatasi kecemasan Anda, alangkah baiknya menggunakan food grade coating untuk tableware yang tepat. Karena memilih finishing tidak seperti memilih bahan finishing pada umumnya. Yang perlu diperhatikan adalah bahan tersebut food grade atau aman jika bersentuhan dengan makanan.

Bahaya Tableware tanpa Food Grade Coating

tableware yang membutuhkan food grade coating

Apakah bahaya yang bisa ditimbulkan oleh lapisan coating pada tableware masih banyak belum dipahami sepenuhnya oleh sebagian besar masyarakat. Padahal pengaruhnya sangat besar terhadap kesehatan. 

Berbagai macam kandungan di dalam coating inilah yang menjadi sumber permasalahan untuk kesehatan. Jadi jangan hanya menilai produk dari kualitas tampilan saja tetapi juga kandungannya agar aman digunakan. 

Berikut ini beberapa bahaya mengaplikasikan coating sembarangan pada tableware

1.Mikroba dan Bakteri yang Berkembang pada Tableware

Bahaya mikroba dan bakteri kerap kali jadi momok yang disadari namun tidak tahu bagaimana cara mencegahnya. Tanpa coating yang kualitasnya bagus, mikroba dan bakteri ini dapat tersimpan di dalam tableware

Coating yang tidak melindungi tableware dan mudah retak memberi kesempatan mikroba dan bakteri untuk bersembunyi di dalam kayu. Padahal tableware yang bersentuhan dengan makanan Tableware yang kerap bersentuhan dengan makanan menjadi tidak aman. 

2. Volatile Organic Compound Menyebar ke Udara

Dikenal juga dengan istilah voc, bahan ini banyak ditemukan pada emisi pembuangan kendaraan dan produk bahan kimia salah satunya cat. Voc yang menyebar melalui udara menciptakan bahaya kepada manusia. 

Polusi udara yang disebabkan oleh voc ini diperkirakan menjadi salah satu penyebab penyakit kanker dan masalah kesehatan yang serius lainnya. Padahal jutaan voc setiap tahunnya menyebar ke udara. 

Kandungan tersebut antara lain benzena, vinyl chloride, toluene, xylene, acetone dan masih banyak lagi. Bayangkan saja jika coating pada tableware di rumah Anda mengandung voc, tentu kesehatan udara dalam ruangan tidak terjamin bukan.

Apakah Coating Tableware yang Aman? 

Mengenali bahaya yang dibawa oleh coating artinya pemilihannya tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda tidak bisa asal membeli cat kiloan tanpa merk atau pernis biasa. Secara umum Anda bisa menggunakan coating dan bahan poles untuk tableware

Kedua bahan ini akan memberikan perlindungan pada kayu dan tidak boleh mudah retak atau mengelupas. Tujuannya adalah supaya mikroba dan bakteri tidak mudah berkembang biak ke dalam substrat kayu. 

Sedangkan bahan poles akan membantu mempertahankan kualitas dan tampilan coating. Dengan begitu tableware di rumah jadi lebih tahan lama. Soal pemilihan produknya Anda bisa menggunakan pilihan sebagai berikut:

Biovarnish Clear Coat Gloss

harga biovarnish clear coat gloss

Produk coating yang sebaiknya digunakan dengan warna transparan adalah Biovarnish clear coat gloss. Mengapa gloss, karena tampilannya lebih mewah dan mudah untuk dibersihkan sekaligus menyamarkan goresan. 

Biovarnish clear coat gloss diciptakan untuk bisa dilarutkan bersama air dengan batasan-batasan bahan kimia agar tidak membahayakan. Anda pun tidak perlu khawatir akan dampak dari voc. 

Selama menggunakan Biovarnish clear coat gloss, tampilan tableware Anda akan lebih mewah sekaligus bertahan lebih lama. 

Biopolish Beeswax

Produk kedua adalah Biopolish Beeswax yang merupakan bahan poles. Bahan ini dapat Anda aplikasikan setelah menggunakan clear coat. Pastikan clear coat sudah mengering baru Anda bisa memolesnya secara rutin. 

Beeswax adalah bahan poles food grade karena terbuat dari bahan lilin lebah sehingga tidak membahayakan ketika digunakan. Bahkan Anda bisa mengaplikasikannya pada cookware atau peralatan makan dari kayu. 

Biopolish Beeswax tidak hanya aman tetapi juga mampu memperkuat dan memperindah tampilan kayu kembali. Tanpa efek lengket dan membuat tableware menjadi tahan lama. 

Cara Menggunakan Food Grade Coating Tableware yang Benar

Melakukan perawatan ataupun finishing pada tableware tentu bingung ketika memilih produk yang aman atau food grade. Anda dapat menggunakan Biopolish  Beeswax karena bahan dasar merupakan sarang lebah tanpa campuran bahan kimia sehingga dipastikan aman dan ramah lingkungan. Jika kebingungan car aplikasinya, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan. Aplikasi berikut amatlah mudah diaplikasikan:

  1. Ampelas permukaan kayu secara keseluruhan agar bersih dari kotoran, debu atau minyak yang masih menempel pada permukaan kayu.
  2. Oleskan Biopolish  Beeswax secara keseluruhan permukaan kayu dengan kain. Agar hasil lebih optimal, aplikasikan Beeswax seminggu sekali atau sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aplikasi food grade coating untuk tableware dengan Biopolish Beeswax bertujuan untuk mempertahankan fleksibilitas kayu serta membuat kayu tidak cepat lapuk. Sangat efektif diaplikasikan pada tableware berbahan kayu karena Biopolish Beeswax mampu meresap ke dalam dan mengisi pori-pori kayu sehingga mampu menjaga kualitas kayu agar lebih tahan lama.

Apabila tableware Anda dilakukan finishing dengan cat water based, alangkah baiknya menggunakan cat yang aman, ramah lingkungan dan food grade. Salah satu cat yang food grade adalah dengan dilapisi tableware dengan Biovarnish clear coat. Untuk hasil yang lebih optimal, aplikasikan juga Biopolish Beeswax setelah dilapisi Biovarnish clear coat tersebut.

Gunakan food grade coating untuk tableware yang pasti aman untuk digunakan. Biopolish Beeswax merupakan perawatan kayu yang aman, ramah lingkungan serta food grade. Sehingga dipastikan aman digunakan pada tableware yang berinteraksi langsung dengan makanan.

Tertarik menggunakan food grade coating untuk tableware yang aman? Segera hubungi Bio Industries via telp ke no. 0822-2026-5056 atau via wa ke no.  0878-3934-6433 untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut. Apabila Anda berada di area Yogyakarta atau sekitarnya, silahkan mengunjungi kantor Bio Industries langsung di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta.