Apa Syarat Meja Kayu Solid yang Tahan Lama?

Sudahkah Anda menemukan meja kayu solid yang tahan lama? Jika Anda menggunakan kayu solid yang berkualitas tinggi seperti kayu jati maka Anda tidak perlu menanyakan bagaimana kualitasnya. Kayu jati sudah pasti memiliki kualitas terbaik karena kualitasnya yang no. 1. Namun harga yang diberikan dari kayu ini juga sama tingginya dengan kualitas yang diberikan. Maka Anda perlu mengeluarkan badget yang sangat tinggi jika ingin mendapatkan hasil meja yang terbaik.

Lalu bagaimana jika Anda hanya memiliki uang pas-pasan? Tantu Anda perlu melakukan pencarian yang tepat karena produk meja dengan kayu solid yang berkualitas tinggi dengan harga murah banyak dicari orang. Produk yang banyak dicari belum tentu mudah didapatkan, maka pelajari apa saja syarat dari meja kayu solid terbaik dengan harga yang murah sesuai kantong.

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan bahkan buta sama sekali akan bahan kayu solid untuk meja maka tentukan terlebih dahulu manakah meja yang Anda butuhkan. Apakah Anda akan menggunakannya dalam ruangan atau luar ruangan karena ada jenis kayu yang perlu dipertimbangkan.

Kayu yang cocok untuk meja di dalam ruangan adalah jenis kayu dengan standar kekuatan dan ketahanan kelas II ke bawah. Sedangkan untuk meja yang digunakan untuk luar ruangan haruslah kayu solid dengan kelas II ke atas. Memang kayu untuk luar ruangan harus dipilih yang berkualitas karena akan terkena panas dan hujan terus menerus.

Tentukan juga jenis meja apakah yang akan Anda pilih karena akan menentukan warna sekaligus serat yang terbaik. Misalnya saja Anda akan menggunakannya sebagai meja makan. Apakah warna kayu solid natural yang baik untuk meja makan dengan gaya klasik. Warna bentuk modal dan gaya akan menjadi alasan utama kuat ketika Anda memilih meja makan dari kayu solid tersebut.

Nah selain faktor-faktor tersebut yang paling penting adalah ketahanan. Apakah Anda akan menggunakan furnitur dalam jangka waktu lima tahun atau Anda justru akan membuat meja tersebut menjadi furnitur antik yang diturunkan mejadi warisan. Banyak bukan hal yang perlu dipertimbangkan?

Faktor-faktor tersebt akhirnya akan menentukan apa saja syarat meja kayu solid yang dibutuhkan. Jika Anda memilih sebuah jenis kayu maka tidak boleh ada faktor yang terlupakan bahkan dilupakan.

Menilik Faktor Penting Memilih Kayu untuk Meja

Kayu solid lebih banyak dipilih dibandingkan dengan kayu buatan karena ketahanannya yang sangat tinggi. Anda tidak bisa meletakan kayu buatan untuk meja outdoor. Namun Anda tetap bisa menggunakan meja kayu solid untuk outdoor. nah lalu apa saja faktor atau jenis kayu yang dibutuhkan untuk meja tahan lama? Berikut ini faktor pentingnya:

  1. Umur
Apa Syarat Meja Kayu Solid Yang Tahan Lama?

Sebuah pohon akan memiliki umur tertentu sebelum dipotong dan diolah menjadi furnitur. Perlu Anda tahu bahwa semakin tua usia pohon maka kayu yang digunakan akan sangat baik. Semakin muda umur pohon maka akan semakin lunak jenis kayu yang dipanen. Hal ini adalah hal umum yang terjadi pada industri kayu. Pastikan Anda memilih kayu solid yang sudah berumur di atas 15 hingga 20 tahun. Kayu yang dipanen di bawah umur tersebut kemampuannya untuk digunakan tidak bertahan lama.

  1. Harga
Apa Syarat Meja Kayu Solid Yang Tahan Lama?

Semakin baik kayu solid yang digunakan semakin mahal harganya. Namun Anda memiliki pilihan kedua yaitu memilih jenis kayu solid dengan harga menengah yang kualitas kayunya juga menengah namun cukup. Misalnya saja Anda bisa memilih jenis kayu seperti kayu mahoni atau kayu ulin. Kayu kelapa adalah salah satu pilihan yang bisa Anda gunakan karena memiliki kualitas terbaik sama seperti kayu jati. Kayu kelapa juga memiliki penampilan yang menarik karena berbeda dengan jenis serat lurus tidak beraturan.

  1. Tingkat berat kayu

Berat kayu sangat mempengaruhi kekokohan dari pembuatan desainnya. Jika Anda tinggal sendiri maka sebaiknya pilih kayu yang tidak begitu berat. Kayu yang berat juga akan merusak lantai kayu atau kaki kayu. Namun jika Anda berencana untuk membuat kayu sebagai benda yang diwariskan Anda perlu memilih kayu berat. Kayu yang memiliki bobot berat adalah jenis kayu yang tahan lama.

  1. Permukaan

Ada banyak jenis permukaan kayu solid. Permukaan ini akan menentukan apakah Anda lebih mudah memberikan pengecatan. Kayu yang keras akan membuat Anda berusaha keras melakukan pengamplasan. Namun jika Anda memilih kayu yang lebih lembut pengerjaan finishing akan lebih mudah dan cepat. Anda juga tidak akan boros amplas. Permukaan kayu solid untuk meja wajib didapatkan agar penggunanya tidak cedera terkena permukaan kayu yang masih tajam.

Nah memilih kayu solid untuk meja memang gampang-gampang susah. Anda perlu teliti memeriksa kayu solid yang sudah berbentuk meja. Kini sleanjutnya bagaimana meja dapat bertahan lebih lama selain dari pemilihan kayu solid yang berkualitas? Salah satu faktor yaitu finishing tidak boleh dilupakan dalam pengerjaan sebuah meja tahan lama.

Finishing untuk Meja Tahan Lama

Bagaimana membuat meja lebih tahan lama dari umur yang diperkirakan. Nah di sini Anda perlu mengandalkan finishing. Ada dua jenis finishing yang bisa dipilih yaitu menggunakan lapisan cat atau hanya dengan poles kayu saja. Kebanyakan perusahaan furnitur memilih untuk memberikan lapisan cat karena di permukaan meja akan dilapisi dengan lapisan coating cukup tebal untuk perlindungan.

Sedangkan untuk meja yang hanya dipoles tidak ada lapisan coating melainkan poles kayu harus dipalikasikan dengan rutin agar meresap ke dalam meja kayu dan memberikan perlindungan yang maksimal. Nah sudah siap mengetahui bagaimana finishing meja yang terbaik?

Apa Syarat Meja Kayu Solid Yang Tahan Lama?

Bahan finishing yang bisa Anda pilih untuk lebih tahan lama justru menggabungkan keduanya yakni finishing dengan lapisan coating dan juga dengan poles kayu. Nah dalam hal ini Anda bisa memberika lapisan coating terlebih dahulu dengan Biovarnish series untuk memberikan hasil warna natural kemudian memberikan poles kayu.

Produk Biovarnish adalah cat kayu warna natural akan memberikan warna natural pada meja kayu solid. Memperlihatkan warna asli, memberikan serat kayu kemudian memberikan perlindungan yang maksimal. Lapisan perlindungan akan memberikan hasil yang keras namun lentur karena perubahan cuaca yang merubah bentuk dari meja akan diikuti dengan lapisan coating dari Biovarnish.

Penampilan yang bisa Anda pilih agar meja lebih tahan gores adalah lapisan gloss. Anda bisa menggunakan finishing hasil tampilan untuk bagian top table yang sering digunakan. Sedangkan dengan lapisan poles, akan menjamin tampilan gloss lebih tahan lama.

Produk poles yang bisa Anda gunakan adalah Biopolish Linseed Oil. Untuk produk furnitur yang dipoles dengan bahan ini adalah lapisan yang akan mempertahankan lapisan pada lapisan akhir meja. Jika Anda ingin menggunakan produk poles ini Anda perlu melakukan setiap satu bulan sekali selain mejaga ketahanan tampilan, bahan poles Biopolish akan membuat meja lebih tahan lama.

Artikel "Featured"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.