Memilih Kayu untuk Meja Belajar Lipat

187
Memilih Kayu untuk Meja Belajar Lipat

Meja belajar lipat untuk anak atau untuk Anda bekerja di rumah adalah pilihan yang sangat praktis. Pilihan ini memiliki banyak keuntungannya adalah menghemat ruangan bahkan Anda bisa membawanya kemana-mana dengan mudah atau hanya sekedar memindahkannya.

Kayu merupakan salah satu material yang sering digunakan untuk membuat meja lipat ini. Pemilihan material kayu untuk meja harus diperhatikan terlebih lagi Anda akan membuatnya sendiri. Berikut ini beberapa pilihan kayu yang bisa Anda gunakan untuk matgerial meja lipat.

  • Oak

Kayu oak adalah salah satu jenis kayu yang paling umum digunakan untuk furnitur. Ini kokoh dan tahan lama dan dapat difinishing dalam berbagai warna dan cat. Kayu oak memiliki harga yang sedikit mahal, tetapi dengan perawatan dan pemeliharaan yang tepat, furnitur pasti akan bertahan seumur hidup.

  • Kayu ceri

Mebel kayu ceri akan menambah tampilan dramatis ke meja apapun. Jenis kayu ini juga kokoh, tetapi pilihan Anda dengan sentuhan finishing agak terbatas karena sifat kayu yang lebih gelap. Kayu ceri cenderung sangat mahal dibandingkan jenis lainnya. Memelihara kayu ceri bisa sulit karena rentan untuk menunjukkan keausan dan goresan.

  • Kayu maple
CS Biovarnish

Kayu Maple adalah pilihan populer untuk meja karena merupakan salah satu kayu yang paling murah di pasaran. Maple tersedia dalam berbagai sentuhan akhir, tetapi warnanya cenderung lebih terang. Selama meja Anda tidak mengalami goresan yang barat kayu maple harus tahan untuk waktu yang lama. Maple juga lebih mudah dirawat dibandingkan varietas lainnya.

  • Kayu pinus

Jika Anda menginginkan kayu yang ringan dan murah maka Anda bisa memilih kayu pinus. Beratnya yang ringan akan mempermudah Anda untuk membawa meja lipat dan memindahkannya kemana pun Anda inginkan. Kayu pinus juga memiliki penampilan yang tidak murahan. Dengan bahan finishing yang tepat Anda akan mendapatkan tampilan yang mewah.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membangun Meja Lipat

Meja lipat kayu dapat dibentuk menjadi berbagai macam ukuran, dan gaya. Tapi bagaimana Anda memilih atau membangun yang tepat untuk Anda? Berikut ini beberapa hal utama yang perlu dipertimbangkan ketika akan membuat meja belajar lipat.

  • Ergonomi

Ketika Anda berfikir bahwa meja belajar lipat adalah semua hal yang berhubungan dengan permukaan datar untuk meyangga komputer maka jangan abaikan kenyamanan dan ergonomi ketika Anda memilih meja atau membuat sendiri.  Anda mungkin menggunakannya selama berjam-jam pada suatu waktu selama beberapa tahun.

Kebanyakan meja tingginya 30 inci, yang mungkin baik bagi kebanyakan orang, tetapi tidak semua orang. Jika memungkinkan, cobalah meja prospektif Anda secara langsung, di kursi yang mirip dengan yang Anda gunakan. Pastikan Anda memiliki ruang kaki yang cukup dan meja adalah ketinggian yang tepat. Untuk yang terakhir, tekuk lengan Anda pada sudut 90 derajat dan lihat apakah tangan Anda beristirahat dengan nyaman di atas meja, apakah itu meja duduk atau berdiri. Meja dengan ketinggian kaki yang dapat disesuaikan lebih serbaguna untuk tujuan ini.

Memilih Kayu untuk Meja Belajar LipatAnda juga harus memastikan bahwa kursi Anda bisa muat di bawah meja sehingga Anda tidak duduk dengan canggung beberapa meter dari keyboard Anda. Pertimbangkan untuk mengukur lebar dan tinggi kursi Anda (hingga lengan kursi) sehingga Anda dapat menghindari kejutan apa pun.

Akhirnya, pertimbangkan penempatan monitor. Monitor harus berjarak sekitar satu lengan, jadi pastikan meja tidak terlalu dalam atau Anda mungkin telah membuang-buang ruang di belakang monitor.

Bentuk Meja

Ada pro dan kontra untuk setiap jenis tata letak meja, apakah Anda memilih meja belajr lipat sudut, meja berbentuk L, berbentuk U, atau meja persegi panjang tradisional. Pastikan Anda tidak hanya memilih satu yang sesuai dengan gaya kerja dan ruang Anda, tetapi juga dapat beradaptasi jika Anda ingin pindah ke ruangan yang berbeda. Beberapa pertimbangan tata letak meja:

  1. Sebuah lemari, misalnya, berfungsi dengan baik di kamar tidur atau ruang terbuka karena Anda dapat menutup meja sebagai akhir hari. Namun, mereka tidak menawarkan banyak ruang permukaan.
  2. Meja berbentuk U memungkinkan Anda meregangkan dan membuat zona kerja yang berbeda sembari menjaga segala sesuatu dalam jangkauan, tetapi mereka membutuhkan banyak ruang.
  3. Meja berbentuk L menawarkan banyak manfaat dari yang berbentuk U sementara membutuhkan lebih sedikit ruang. Namun, tergantung pada meja, Anda mungkin terjebak hanya dengan satu penempatan di kamar Anda.
  4. Sebuah meja sudut menghemat ruang dan cocok dalam tata letak ruangan yang berbeda, tetapi Anda akan terjebak menghadap ke sudut, biasanya dengan punggung ke pintu.
  5. Meja-meja lurus adalah yang paling umum dan serbaguna untuk penempatan (terhadap dinding atau di tengah ruangan). Namun, mereka tidak selalu menawarkan ruang permukaan paling banyak.
  6. Apa pun bentuk yang Anda sukai, pastikan Anda mengetahui ukuran ruangan dan ukuran meja sehingga Anda dapat yakin meja akan pas dan tidak akan menghalangi aliran lalu lintas, dll.

Penyimpanan dan Permukaan Meja Belajar Lipat

Beberapa meja, sebenarnya tidak terlalu fungsional. Mereka mungkin memiliki gaya yang tinggi (minimalis), tetapi rendah pada penyimpanan dan organisasi  atau sebaliknya.

Pertimbangkan apa yang Anda suka atau tidak suka tentang meja Anda saat ini. Berharap ada lebih banyak laci untuk persediaan Anda? Lebih banyak ruang permukaan untuk mengakomodasi beberapa monitor? Pikirkan tentang apa yang akan Anda tempatkan di meja dan berapa banyak orang yang duduk di meja atau orang yang rapi.

Beberapa fitur lain untuk dipertimbangkan atau dicari termasuk:

  1. Permukaan laci tarik-keluar. Ini pada dasarnya mengubah sebuah meja persegi panjang menjadi satu berbentuk L sementara.
  2. Kompartemen komputer. Beberapa orang seperti ini karena mereka melipat menara desktop, tetapi di sisi lain, ini dapat menyebabkan masalah aliran udara.
  3. Lubang atau saluran untuk tali.
  4. Tongkat built-in menawarkan banyak penyimpanan, tetapi ketika dilampirkan ke meja, mereka membatasi di mana Anda dapat menempatkannya dan Anda terjebak dengan kandang.
  5. Penempatan laci. Apakah Anda ingin mereka di sebelah kiri atau kanan? Pastikan Anda membuat laci yang tidak menghalangi ketika Anda akan membukanya.

Kualitas Finishing

Kualitas bahan finishing yang digunakan adalah salah satu aspek penting. Anda tentu ingin mendapatkan penampilan meja yang tahan lama apapun warna yang digunakan. Jika Anda membutuhkan bahan finishing ini maka produk Biovarnish akan membantu Anda untuk mendapatkannya.

Memilih Kayu untuk Meja Belajar LipatSebagai cat water based, produk Biovarnish akan memberikan penampilan transparan yang tahan lama. Bahkan ketika Anda ingin menggunakanya Anda tidak perlu bermasalah dengan cuaca. Cat water based ini lebih mudah kering dengan masa kering hanya 60 menit di setiap lapisan catnya.

Agar kering sempurna Anda cukup mendiamkannya dalam ruangan selama 24 jam. Dalam waktu itu Anda akan mendapatkan meja lipat yang tidak mudah tergores dengan tampilan kayu yang artistik.

 

CS Biovarnish