Cara Membuat Meja Lipat Dinding dari Kayu Lapis

Salah satu detail yang terlibat dalam pembuatan rumah atau ruangan adalah memilih meja yang tepat. Tidak hanya penting untuk mempertimbangkan ukuran meja dan penempatannya, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan tentang bagaimana meja tersebut dibuat. Jenis yang paling umum dari meja yang tersedia adalah meja lipat dinding.

Meja lipat bisa dibuat dari berbagai macam material bahkan Anda bisa membuatnya sendiri. Material yang utama dan bisa diandalkan adalah material kayu. Selain kekuatannya kayu juga mudah untuk dibentuk. Jika Anda adalah para DIY woodworking maka membuat meja lipat dinding dari kayu adalah sebuah kegiatan akhir pekan yang paling di nanti.

Berikut ini alasan mengapa Anda harus menggunakan kayu sebagai material pembuatan proyek baru yaitu meja lipat dinding.

  • Daya tahan

Salah satu manfaat dari meja lipat kayu adalah kekokohan, kekuatan dan daya tahannya. Ini adalah pilihan yang sangat baik. Meja ini berkinerja baik dalam pengaturan formal atau informal baik di dalam maupun di luar ruangan. Jika Anda ingin menggunakan untuk furnitur luar ruangan maka Anda bisa memilih kayu solid sedangkan jika Anda ingin menggunakan dalam ruangan maka bisa memilih kayu lapis yang lebi murah.

  • Keamanan

Tidak jarang kejadian-kejadian dari semua jenis kecelakaan kecil terjadi. Jika Anda menggunakan material plastik misalnya, material ini sangat mudah melengkung apabila di atasnya diletakan barang yang terlalu berat. Kerusakan dapat terjadi jika Anda menggunakan plastik yang berkualitas rendah dengan harga murah.

  • Tampilan

Meja lipat plastik menyulitkan Anda untuk mendapatkan satu penampilan dari pabrik. Tidak seperti kayu Anda bisa mewarnainya sesuai dengan keinginana Anda. Baik itu warna natural maupun warna solid Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Bahkan jika Anda sudah bosan maka Anda bisa menggantinya dengan warna baru melalui proses refinishing.

Melihat kelebihan dari penggunaan material kayu sebagai meja lipat dinding mari pelajari bersama-sama dalam artikel ini bagaimana seorang DIY dapat menciptakan meja lipat dinding sendiri dengan langkah yang mudah.

Proses Pembuatan Meja Lipat Dinding

Cara membuat meja lipat dinding sendiri adalah solusi sempurna untuk ruang kecil atau ramai. Apakah Anda ingin memasang salah satu meja ini sebagai yang ringkas dan di mana Anda akan meletakannya. Apakah Anda akan menggunakannya di garasi sebagai tempat ringkas meletakan alat berat atau pada ruang belajar yang minimalis. Maka Anda bisa meletakan meja lipat dinding di mana saja dibutuhkan.

Berikut ini apa saja langkah yang perlu dilakukan untuk menciptakan meja lipat sesuai kebutuhan sendiri.

Langkah 1 – Tentukan Tempat Anda Ingin Meja Anda

Sebelum Anda dapat mulai membangun meja lipat dinding Anda, Anda harus memilih di mana Anda ingin menginstalnya. Apakah Anda ingin satu di kamar cadangan Anda, untuk digunakan sebagai meja tulis? Atau, bagaimana dengan di ruang tamu, untuk makan saat Anda menonton TV? Pilih tempat di mana meja akan berguna, bahkan ketika sedang digunakan.

Langkah 2 – Potong Kayu Lapis menjadi Ukuran

Ukur dan tandai bagian kayu lapis 3/4 inci hingga 42 inci lebar dan 30 inci dalamnya. Ukuran kayu lapis ini akan memberi Anda permukaan yang cukup besar untuk dikerjakan atau digunakan, tetapi tidak akan memakan banyak ruang dinding. Pemotongan yang tepat dari ukuran yang telah ditandai sebaiknya Anda menggunakan meja pemotong khusus seperti table saw. Karena plywood cukup sulit mendapatkan ukuran yang presisi jika hanya dengan gergaji manual.

Cara Membuat Meja Lipat Dinding Dari Kayu Lapis

Langkah 3 – Potong Kaki dan Dukungan Brace

Dengan standar 2×4, potong dua kaki hingga ketinggian 32-36 inci. Ketinggian yang Anda pilih akan bergantung pada tinggi badan Anda sendiri dan seberapa tinggi Anda ingin menggunakan meja Anda. Gunakan meja atau gergaji melingkar untuk memotongnya.

Kemudian, buat penyangga dukungan dengan lebar tablet yang sama, pada 42 inci.

Langkah 4 – Cari frame dan Mount Support Brace

Dengan menggunakan frame finder, temukan kancing di dinding tempat meja akan dipasang. Jika memungkinkan, posisi meja sehingga ujungnya akan ditempatkan pada kancing. Setelah kancing ditandai, pasang brace pendukung di dinding pada ketinggian yang diinginkan. Gunakan level untuk memastikannya seimbang. Setelah sejajar, kencangkan penyangga penopang ke dinding dengan sekrup 2 inci.

Langkah 5 – Pasang Kaki ke Meja

Pada setiap sisi bagian depan meja, amankan salah satu engselnya. Di sisi lain engsel, pasang kaki meja. Setelah selesai, Anda harus memiliki dua kaki meja, satu di setiap sisi, yang melipat ke arah dinding.

Langkah 6 – Amplas dan pasang molding

Untuk tampilan akhir, amplas meja dengan sander. Kemudian, pasang cetakan seperempat putaran sepanjang permukaan meja. Gunakan paku untuk mengamankannya di tempat.

Langkah 7 – Instal Engsel pada Meja dan lampirkan ke brace

Akhirnya, pasang dua engsel terakhir ke sisi bawah meja, di bagian belakang. Setelah engsel aman, pasang sisi lain engsel ke penyangga penopang di bagian atas.

Langkah 8 – Lipat dan Buka Meja Anda

Saat Anda tidak menggunakan meja, Anda bisa melipatnya ke dinding di bawahnya dan membiarkannya menempel ke dinding. Saat Anda ingin menggunakan meja, cukup angkat meja, dan biarkan kaki memanjang ke lantai.

Finishing Meja Lipat Dinding

Cara membuat meja lipat dinding sudah Anda lakukan, kini meja lipat sudah terpasang pada area yang Anda inginkan. Langkah terakhir adalah memberikan lapisan cat. Pada langkah akhir ini diharapkan Anda membuka meja dan menutup bagian logam atau engsel bahkan dinding agar tidak terkena lapisan cat.

Untuk hasil finishing warna natural Anda bisa menggunakna cat kayu Biovarnish. Proses aplikasinya sangat mudah, Anda telah mengamplas permukaan dan membersihkannya dari debu maka Anda bisa langsung mengaplikasikan Biovarnish wood filler dengan kain bal. Campurkan Biovarnish terlebih dahulu dengan air dan usapkan secara merata ke seluruh permukaan hingga rata.

Tunggu lapisan pertama ini kering dan amplas menyeluruh dengan amplas 240. Pastikan warna kayu terlihat kembali. Siapkan Biovarnish wood stain yang telah dicampur dengan air perbandingan 4 bahan ; 1 air kemudian kuaskan ke seluruh permukaan meja. Pastikan Anda mengaplikasikan searah serat kayu.

Tunggu lapisan wood stain mengering selama 60 menit, jangan takut masih basah karena cat water based Biovarnish cepat kering. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400. Bersihkan amplas dan siapkan lapisan akhir dari Biovarnish clear coat.

Pilih tampilan clear coat kesukaan Anda gloss atau matte kemudian campurkan clear coat dalam wadah plastik dengan air. Gunakan takaran 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata dan kuaskan ke seluruh permukaan kayu searah serat. Tunggu lapisan ini mengering selama 24 jam dan pastikan benar kering sebelum Anda melipat meja ke dalam frame.

Artikel "Featured"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.