Cara Membuat dan Mengatur Meja Belajar Sendiri

Membuat meja belajar sendiri akan memberikan kepuasan bagi penggunanya. Jika Anda adalah salah satu DIY kayu maka membuat meja belajar akan menjadi proyek baru yang dinanti-nanti. Tidak perlu memilih dan membeli meja belajar baru di toko furnitur Anda bisa mendapatkan gaya dan desain bahkan warna yang sesuai dengan keinginan.

Dalam artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana cara membuat meja belajar sendiri dan bagaimana Anda akan mengaturnya sebagai meja yang nyaman untuk digunakan.

Meja belajar  ini dirancang untuk menampung lemari arsip dua laci standar, berukuran tinggi 29 inci, lebar 15 1/4 inci, dan 22 inci dalam, yang diatur di salah satu ujung sebagai salah satu meja pendukung. Jika lemari arsip yang Anda gunakan memiliki ukuran berbeda, Anda harus mengubah dimensi meja. Dimensi keseluruhan meja di proyek ini adalah 48 inci panjangnya, 24 inci secara mendalam, dan 29 3/4 inci tingginya.

Untuk memulai proyek, potong dua kayu 1 × 4 hingga 30 3/4 inci panjang, satu bagian dari 1 × 4 hingga 20 1/2 inci panjang, dan satu bagian dari 2 × 4 hingga 20 1/2 inci panjang.

Atur 1 × 4 dan 2 × 4 potongan di tepi pada permukaan kerja yang datar dalam bentuk persegi panjang. Posisikan bagian sisi 2 × 4 dengan bagian luarnya menghadap ke belakang tepat 3/4 inci dari ujung depan dan belakang 1 × 4. Oleskan lem tukang kayu ke sendi dan, setelah menyejajarkannya dengan hati-hati, tempelkan dengan dua paku masing-masing. Potong sepotong kayu plywood 3/4 inci sebesar 20 1/2 × 29 inci untuk panel ujung meja.

Posisikan panel ke sisi 2 × 4 pada sisi luar, di antara potongan depan dan belakang, dengan tepi atas rata dengan bagian atas bingkai meja. Oleskan lem ke siku dan lapisan lem yang banyak ke satu sisi sendi panel akhir / samping. Amankan panel dengan menggerakkan sepasang paku melalui bagian depan dan belakang potongan kerangka dan ke tepi panel kayu lapis. Juga mendorong enam paku melalui muka panel ujung dan ke sisi panel 2 × 4.

Potong kayu lapis 3/4 inci sepanjang 24 × 48 inci untuk bagian atas meja, dengan permukaan kayu lapis yang menghadap ke arah memanjang. Oleskan lem ke tepi atas perakitan panel meja dan posisikan bagian atas sehingga menggantung di belakang dengan 3/4 inci, di depan sebesar 11/4 inci, dan di sisi kanan oleh 1 inci.

Paku bagian atas meja ke rangka dengan paku yang harus didorong melalui bagian atas dan ke tepi anggota bingkai dan panel ujung. Kencangkan bagian atas meja dengan paku di setiap sudut, berjarak sekitar 2 inci dari sudut di setiap arah, dan ruangkan kuku yang tersisa sekitar 11 hingga 12 inci. Tambahkan tiga paku lagi ke dalam 2 × 4 bagian samping.

Cara Membuat Dan Mengatur Meja Belajar Sendiri

Potonglah bagian panel tepi rak agar muat di sepanjang tepi depan dan samping bagian atas meja dan untuk menutupi tepi depan panel ujung. Bekerja dengan hati-hati dan cocokkan setiap bagian dari panel secara individual. Jika Anda menggunakan cetakan persegi, sambungan butt dapat digunakan, tetapi panel bundar paling baik dipasang hingga 45 derajat untuk membentuk sudut sudut kanan yang sempurna di bagian atas.

Oleskan lem ke sisi panel dan posisikan strip. Setelah berada di tempat, amankan strip dengan sekrup berukuran 3/4 inci.

Dengan palu dan paku, masukkan semua paku sedikit di bawah permukaan kayu. Isi lubang paku, serta cacat pada permukaan kayu atau sambungan, dengan filler kayu. Kemudian, amplas selruh permukaan meja agar menjadi lebih halus.

Cara Membuat Dan Mengatur Meja Belajar Sendiri

Terakhir melakukan finishing. Anda bisa menggunakan cat kayu besi Orchid untuk finishingnya. Anda bisa memilih berbagai macam waran. Cara aplikasinya dimulai dengan BioColours primer coat untuk menutup warna kayu asli dan seratnya. Setelah kering dan diamplas kuaskan cat kayu besi Orchid yang telah dicampur air. Anda bisa melapisi meja hingga beberapa kali lapisan hingga mendapatkan warna meja yang diinginkan.

Pengaturan Meja Belajar yang Nyaman

Setelah Anda merancang dan menciptakan meja belajar hingga memberikan lapisan warna maka keesokan harinya setelah lapisan cat mengering dengan baik Anda perlu mengatur dimana akan meletakan meja dan bagaimana mengaturnya menjadi sedemikian rupa agar nyaman untuk digunakan.

Meja belajar Anda dapat berupa meja di kamar atau ruang belajar khusus, tetapi seharusnya ruang tersebut dirancang khusus untuk pekerjaan sekolah. Menilai kebutuhan Anda untuk membuat pengaturan meja belajar yang paling sesuai untuk Anda berikut ini saran yang bisa Anda ikuti.

  • Gaya Belajar

Rencanakan pengaturan meja belajar Anda sesuai dengan jenis alat yang akan sering digunakan dan apa yang akan sering dipelajari. Subyek yang berbeda membutuhkan alat dan rutinitas yang berbeda. Apakah subjek yang Anda pelajari adalah sains, sastra, atau sejarah, Anda mungkin memerlukan akses mudah ke komputer Anda. Tentukan tempat untuk laptop Anda di meja belajar Anda, memungkinkan untuk kabel listrik dan jaringan. Bahkan jika banyak pembelajaran Anda dilakukan di komputer Anda, Anda harus menyertakan banyak ruang di meja belajar Anda untuk membaca, mencatat, dan menulis juga.

  • Pencahayaan

Pencahayaan yang tepat sangat penting untuk belajar produktif. Cahaya yang baik membuat Anda tetap terjaga dan berenergi, dan membuat membaca lebih mudah di mata Anda. Lampu langit-langit sangat membantu untuk pencahayaan ruangan umum, tetapi Anda juga harus memiliki lampu meja di permukaan kerja Anda untuk menerangi tugas-tugas tertentu. Posisikan lampu dengan lengan yang dapat disesuaikan di salah satu sudut meja Anda sehingga Anda dapat menyinari tempat Anda membutuhkannya.

  • Ruang Penyimpanan

Untuk membuat meja belajar Anda menjadi area kerja yang efisien, atur peralatan dan perlengkapan Anda sehingga mereka terorganisir dan mudah dijangkau. Jauhkan pensil, pena, dan stabilo dalam cangkir atau wadah lainnya. Gunakan keranjang atau tempat sampah kecil untuk menyimpan kartu indeks, self-stick notes, thumb drive, kalkulator, stapler, klip kertas, dan persediaan lainnya. Simpan kertas dan majalah dalam menumpuk baki atau dalam folder akordeon. Tempatkan rak kecil atau buku di atas meja Anda untuk menjaga buku teks dan buku referensi berguna tetapi jauh dari jalan.

  • Personalisasikan dan Atur

Hanya karena Anda ingin meja belajar Anda menjadi zona kerja yang serius, bukan berarti itu harus membosankan. Buat meja Anda menstimulasi, bukan steril. Pilih aksesori dalam warna dan pola yang Anda suka. Simpan gambar berbingkai favorit atau katakan di tangan untuk motivasi dan inspirasi. Ketika Anda menyiapkan meja belajar Anda, ingatlah untuk menjaga susunan tetap sederhana dan rapi. Tetapkan tempat untuk alat, persediaan, dan aksesori Anda, kemudian biasakan untuk menyimpannya kembali di tempat mereka berada setelah setiap sesi belajar.

Artikel "Featured"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.