Apa Saja Syarat Meja Belajar Anak Yang Aman dan Tahan Lama?

Ingin membuat meja belajar untuk anak? Namun apakah Anda sudah mempersiapkan alat dan juga melengkapi kebutuhan meja belajar yang berkualitas? Sietiap orang tua pasti ingin membuat meja belajar yang berkualitas dan bisa Anda dapatkan dengan mudah. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda perlu merencanakan pembuatan meja belajar hingga finishingnya.

Dalam dunia furnitur pabrikan ada banyak syarat yang perlu dipenuhi untuk membuat pesanan meja belajar dalam jumlah banyak. Bahkan setelah dibuat akan ada seleksi produk yang cacat dan tidak layak untuk dijual.

Namun Anda berbeda dengan pabrik yang akan perlu dibuat dengan cara masaal. Pembuatan secara khusus akan mempermudah Anda untuk meneliti satu bagian per bagian yang akan menentukan kualitas penggunaan. Nah apa saja syarat yang perlu Anda penuhi untuk pembuatan meja belajar anak ini? Anda akan mendapatkan informasinya dalam artikel ini.

Kulitas Meja Belajar yang Kuat

Anda memutuskan untuk tidak membeli meja belajar namun akan membuatnya sendiri. Anak Anda pasti akan senang karena meja balajar buatan Anda tidak akan sama dengan meja belajar miliki teman yang lain. Sebapai pembuat Anda juga akan membuat meja belajar sesuai dengan selera anak Anda. Akan lebih mudah menetukan model dan warna yang disukai oleh anak Anda.

Nah untuk menciptakan meja belajar yang tahan lama bahkan dapat digunakan hingga mereka lebih dewasa maka berikut ini beberapa hal yang menentukannya:

  1. Material

Jika Anda sedang memilih material meja belaja, manakah material yang kuat? Anda akan dihadapkan oleh banyak sekali material mulai dari besi, aluminium, kayu, bambu, rotan dan bahan lainnya. Yang Anda butuhkan adalah bahan yang bisa Anda olah dan bahan yang bisa bertahan lama. Diantara bahan-bahan tersebut Anda bisa memilih kayu sebagai material utamanya. Kayu adalah material yang bisa Anda gunakan dan dipotong dengan mudah khususnya kayu solid.

Kayu solid memiliki ketahanan yang paling baik bahkan bisa Anda lapisi dengan berbagai macam jenis cat. Tidak seperti besi atau aluminium yang mana mudah berkarat dan membutuhkan perawatan dan lapisan cat yang khusus dengan harga mahal.

  1. Konstruksi

Sebelum Anda membuat meja Anda perlu memperhatikan bagaimana konstruksi meja belajar yang kuat. Anak Anda mungkin akan menggunakan meja belajar setiap hari. Maka penggunaan setiap hari jika tidak didukung dengan konstruksi yang kuat akan mengganggu aktivitas belajar mereka. Bahkan bisa saja terjadi kecelakaan ketika belajar. Dalam konstruksi ini Anda perlu mengenal bagaimana teknik penyambungan siku dan juga ukuran yang tepat.

  1. Ukuran

Dimana Anda akan meletakan meja belajar, bagaimana tinggi atau postur tubuh anak Anda akan mempengaruhi ukuran yang akan Anda bentuk. Anda akan membuat desain meja sebelum masuk ke tahapan pengerjaan maka perhatikan bagaimana ukuran yang tepat dan memberikan kenyamanan bagi anak Anda. Apakah kursi dapat di masukan ke bawah meja akan menentukan apakah Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Asesoris

Meja belajar anak biasanya membutuhkan beberapa asesoris yang tidak hanya untuk segi artsitik namun juga memiliki fungsi lain. Meja belajar biasanya akan membutuhkan laci dan juga rak. Daripda Anda kesulitan untuk membuat rak maka Anda bisa membuat meja belajar yang memiliki laci penyimpanan dan juga beberapa rak yang dapat dibongkar pasang.

  1. Model
Apa Saja Syarat Meja Belajar Anak Yang Aman Dan Tahan Lama?

Apakah anak Anda akan menyukai meja belajar yang akan Anda buat nanti? Jika Anda membayangkan anak Anda untuk senag mendapatkan meja belajar yang Anda buat maka pilihlah model yang tepat sesuai kesukaan mereka. Misalnya tokoh kartun yang mereka sukai dan juga tokoh imajinasi yang mereka buat. Ini akan mempengaruhi lapisan cat yang akan Anda pilih nantinya.

Dari semua syarat ini konstruksi adalah bagian yang paling penting. Anda tidak bisa mendapatkan meja belajar yang tahan lama jika tidak memperhatikan masalah konstruksi. Nah apapun model meja belajar anak yang akan Anda buat, pastikan konstruksinya kokoh.

Syarat Keamanan Sebuah Meja Belajar Anak

Keamanan yang bisa didapatkan dari sebuah meja belajar anak adalah bagaimana Anda membuat konstruksinya dan juga finishing yang digunakan. Dari ini Anda bisa memilih bahan perekat yang aman dan juga cat yang tidak mengandung banyak toxic. Bahan perekat atau lem kayu yang banyak digunakan tukan kayu konvensional adalah lem dengan harga murah yang berbahaya.

Pernahkah Anda mendengar berita kecanduan lem? Nah Anda tentu tidak ingin masalah ini mengena anak Anda karena penggunaan lem kayu yang salah. Jika Anda tidak ingin polusi udara muncul karena lem maka pilihlah lem kayu water based yang aman dan juga tidak berbau.

Lem ini biasanya berwarna putih, bahkan ketika digunakan pada kayu tidak akan menyulitkan Anda ketika proses pengecatan. Jika Anda menggunakan lem biasa, bekas lem akan sulit dihilangkan bahkan cenderung membekas ketika Anda mengaplikasikan lapisan cat. Nah menggunakan lem water based warna putih akan membantu mendapatkan hasil finishing yang halus dan rata.

Selain lem Anda perlu mempertimbangkan bahan cat manakah yang akan digunakan? Sama seperti lem, cat juga bisa menimbulkan bau yang keras dan merusak saluran pernapasan anak Anda. Menghindari masalah yang sama Anda perlu memilih cat water based seperti cat kayu besi Orchid yang bebas logam berat.

Cat kayu besi Orchid sangat aman digunakan mewarnai meja belajar anak karena tidak mengandung bau yang menggangu kegiatan belajar. Selain itu cat kayu besi Orchid adalah cat yang mudah diaplikasikan. Proses aplikasinya hanya membutuhkan kuas dan juga air. Jika Anda akan mengaplikasikan pada kayu maka lapisi kayu dengan cat dasar kayu terlebih dahulu dengan primer.

Apa Saja Syarat Meja Belajar Anak Yang Aman Dan Tahan Lama?

Anda bisa mengaplikasikan BioColours primer coat dengan alat semprot. Jika sudah kering amplas dan mulai aplikasikan Orchid. Aplikasi dengan kuas dan air ini bisa dilakukan hingga tiga atau empat kali lapis. Maka warna kayu asli dan juga tampilan serat akan tertutup dengan indahnya warna yang tersedia.

Selain mengandung VOC yang rendah yang memungkinkan ruang belajar anak sehat, ada warna-warna menarik yang bisa digunakan. Warna ini cerah dan terdapat 24 warna pilihan. Apabila Anda kesulitan memilih warna maka Anda bisa meminta anak Anda untuk memlih warna yang mereka sukai atau memilih warna sesuai dengan gaya kamar atau dimana Anda akan meletakan meja belajar.

Jika berbicara soal ketahanan, cat kayu besi Orchid dapat bertahan lebih dari 5 tahun terlebih jika digunakan pada dalam ruangan.  Meja belajar yang dilapisi dengan cat kayu besi Orchid akan memberikan tampilan semi gloss yang membuatnya bertahan lebih lama dan tidak mmemperlihatkan goresan akibat penggunaan meja yang sering.

Artikel "Featured"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.