Mengenal Jenis Kayu Langka

216
Mengenal Jenis Kayu Langka

Kayu merupakan bahan alam yang sudah terkenal sejak jaman dahulu untuk dijadikan sebagai bahan bangunan dan juga mebel. Selain itu, ada banyak sekali produk kayu olahan seperti kerajinan yang diambil dari jenis kayu yang berkualitas. Semakin banyaknya permintaan kayu, maka tentu saja persediaan kayu akan semakin menipis dan semakin lama akan semakin langka. Keterlangkaan kayu tersebut tentu saja akan mengakibatkan harga jual kayu yang semakin mahal. Berikut ini jenis-jenis kayu langka di Indonesia.

  1. Kayu cendana

Mengenal Jenis Kayu Langka

Kayu cendana merupakan salah satu jenis kayu yang sangat populer dan juga semakin lama ketersediaan kayu ini semakin langka. Kayu cendana termasuk jenis kayu yang unik karena kayu ini menghasilkan aroma wangi atau resin yang banyak digunakan dalam industri parfum. Kayu cendana juga merupakan jenis kayu yang termahal di dunia. Selain diambil resinnya, kayu cendana juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk bangunan, kerajinan, dan juga mebel antik. Kayu cendana juga merupakan jenis kayu yang awet apabila dilakukan pengawetan. Kayu cendana ini sulit untuk diolah, sehingga untuk proses pengerjaannya kayu cendana membutuhkan ketelatenan. Kayu ini memiliki tekstur yang sangat halus dengan dengan tingkat kekerasan yang sedang. Kayu ini juga memiliki tingkat penyusutan yang sedang ketika dikeringkan.

  1. Kayu ulin Kalimantan

Kayu ulin merupakan jenis kayu langka dan juga kayu populer. Kayu ulin dihasilkan dari Kalimantan dengan kualitas kayu yang sangat bagus. Kayu ulin juga dikenal sebagai kayu besi dikarenakan sifat kayu ini yang sangat keras. Kayu ini termasuk jenis kayu kelas I dengan tingkat keawetan dan kekuatan yang bagus. Keunggulan dari kayu ini yang lain adalah tahan terhadap perubahan suhu dan cuaca. Karena sifat kayu yang keras, maka kayu ulin banyak digunakan untuk bahan untuk konstruksi bangunan, jembatan, perkapalan dan yang lainnya.

CS Biovarnish

Kayu ulin memiliki warna gubal coklat kemerahan hingga coklat kelabu. Untuk bagian teras, kayu ini berwarna coklat kekuningan. Kayu ulin juga termasuk jenis kayu dengan pertumbuhan yang lambat sehingga semakin lama dan banyak diambil maka semakin lama akan semakin berkurang.

  1. Kayu jati

Mengenal Jenis Kayu Langka

Kayu jati merupakan jenis kayu yang berkualitas dengan kelas I. Kayu jati terkenal sejak jaman dahulu sebagai kayu dengan kualitas yang sangat baik dan juga awet. Kayu jati banyak digunakan oleh masyarakat untuk berbagai produk bangunan, mebel, furniture, ukiran dengan harga yang cukup fantastis. Kayu jati juga merupakan jenis kayu yang terkenal sampai di mancanegara. Kayu jati memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi. Mebel yang dihasilkan dari kayu jati ini juga tergolong mahal dan berkualitas. Kayu jati tahan terhadap serangan jamur dan juga hama pemakan kayu. Kayu jati mengandung minyak jati yang dipercaya bahwa serangga kayu tidak akan menempel pada furniture kayu jati.

  1. Kayu besi Sulawesi

Kayu besi dari Sulawesi merupakan salah satu jenis kayu yang berkualitas dan juga tahan lama. Kayu ini tergolong jenis kayu yang keras dan juga awet.  Kayu besi ini banyak digunakan sebagai bahan untuk konstruksi bangunan, perkapalan dan juga untuk bahan konstruksi jembatan. Kayu besi ini juga banyak digunakan sebagai bahan untuk mebel dengan kualitas yang bagus. Kayu ini juga termasuk jenis kayu dengan nilai komersial yang tinggi. Semakin banyaknya permintaan kayu besi, maka persediaan kayu besi ini semakin menipis.