Cat Khusus Kayu Bengkirai Untuk Kerangka Rumah

503
Cat Khusus Kayu Bengkirai Untuk Kerangka Rumah

Banyak yang bertanya apakah kayu bengkirai adalah jenis kayu yang tahan air, tahan rayap dan juga tahan cuaca? Jika Anda melihat pada ciri kayu bengkirai maka tentu saja kemampuan dari kayu bengkirai akan membuat rumah Anda menjadi lebih kuat dan menjadi lebih tahan lama. Namun perlu Anda ketahui bahwa kayu bengkirai adalah jenis kayu yang mudah memuai dan juga mudah untuk menyusut.

Cat Khusus Kayu Bengkirai Untuk Kerangka Rumah

Kemampuan dari kayu yang mudah menyusut dan juga mudah untuk memuai tersebut bisa mempengaruhi kemampuan kerangka rumah. Ketika kayu mudah memuai dan juga menyusut maka akan cepat timbul kerusakan. Menghindari kerusakan tersebut maka dibutuhkan cat kayu khusus kayu bengkirai. Cat tersebut memiliki peranan penting yang tidak bisa Anda lupakan.

Cat bukan saja hanya untuk mendapatkan penampilan yang menarik namun juga akan memberikan perlindungan pada kayu bengkirai. Mungkin selama ini Anda melihat bahwa fungsi cat yang utama adalah untuk memberikan lapisan warna pada furniture. Namun sebenarnya fungsinya ada dua yaitu untuk memberikan perlindungan sekaligus penampilan.

CS Biovarnish

Fungsi cat sebagai perlindungan kayu bengkirai adalah untuk melindungi dari perubahan cuaca yang tentu saja akan mengurangi efek memuai dan juga menyusut. Penyebab dari memuainya kayu adalah karena cuaca panas dan juga dingin. Perlindungan juga diberikan bagi kayu juga meliputi perlindungan dari rayap dan juga jamur.

Jika Anda ingin mendapatkan kayu yang terlindung maka jenis cat yang digunakan juga harus dipilih dengan baik. Ada dua jenis cat yang mendominasi dunia finishing yaitu cat kayu solvent dan juga cat kayu water based. Cat kayu solvent adalah jenis cat yang membutuhkan bahan pelarut thinner sedangkan untuk cat water based adalah cat kayu yang membutuhkan air sebagai bahan pelarutnya.

Cat Khusus Kayu Bengkirai Untuk Kerangka Rumah

Perbedaan antara cat water based dan cat kayu solvent akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini sehingga Anda bisa menentukan manakah jenis cat yang akan memberikan keuntungan bagi Anda.

Ciri Kayu Bengkirai

Sebelum menggunakan bahan finishing Anda harus mengetahui karakteristik dari kayu bengkirai. Ketika Anda menggunakan kayu untuk furniture maka Anda juga harus mengetahui apakah kayu tersebut cocok digunakan dalam ruangan atau di luar ruangan sehingga akan menimbulkan efek yang kuat serta tahan lama. Nah dalam kasus ini kayu bengkirai adalah jenis kayu yang kuat dengan kualitas hampir sama dengan kayu jati.

Ketika masih menjadi pohon kayu bengkirai memiliki tinggi hingga mencapai 50 m dengan panjang batang bebas sekitar 35-40 m. Diameter pohon bisa mencapai 100 cm bahkan lebih dengan tinggi banir sampai 2 m. Kulit luar dari pohon bengkirai berwarna kelabu, merah atau cokelat. Kadang-kadangsampai merah tua, beralur dan juga mengelupas kecil-kecil, tipis, berdamar warna kuning tua.

Tekstur kayu bengkirai halus hingga agak kasar dengan arah serat lurus berpadu. Kayu terasnya berwarna kuning cokelat dan kayu gubalnya berwarna cokelat muda pucat kekuning-kuningan. Permukaan kayu yang mengkilap memiliki kesan raba licin dan berganti-ganti anatra licin dan kesat.

Jika berbicara masalah keawetan kay bengkirai termasuk dalam kelas awet I – II (III), sedangkan daya tahan terhadap rayap kayu kering termasuk kelas II. Jenis kayu bengkirai termasuk sulit diawetkan namun Anda jangan khawatir karena kayu bengkirai sudah termasuk kayu awet. Tingkat kerasanya tersebut membuat kayu ini termasuk sulit untuk diukir.

Karena tingkatnya yang keras tersebut, kayu bengkirai tidak cocok digunakan sebagai pembuatan veneer dan kayu lapis dengan berat jenisnya yang tinggi. Ketika Anda akan melakukan pemakuan kayu sebaiknya kayu bengkirai di bor terlebih dahulu agar tidak pecah. Walaupun tidak cocok digunakan sebagai bahan baku pembuatan veneer dan juga kayu lapis, kayu bengkirai lebih cocok digunakan sebagai bahan konstruksi rumah, bantalan, tiang listrik, lantai dan juga bangunan maritime bahkan perkapalan.

Manakah Yang Lebih Cocok Cat Solvent Atau Water Based?

Anda mungkin akan melapisi kayu bengkirai pada konstruksi rumah Anda dengan cat. Namun apakah jenis cat yang akan digunakan sudah tepat? Seperti yang tadi telah dikatakan bahwa cat kayu untuk kayu ada dua jenis yaitu cat kayu water based dan juga cat solvent.

Jika dibandingkan manakah yang lebih baik digunakan? Perbandingan dari kedua jenis cat tersebut adalah jika cat solvent akan menimbulkan bau yang sangat menyengat. Dimana bau ini akan mengandung logam berat di udara yang sangat berbahaya ketika dihirup dan masuk ke dalam tubuh manusia. Jika Anda akan melakukan finishing sendiri maka Anda harus berhati-hati dan juga harus melakukan finishing menggunakan masker dan peralatan finishing yang lengkap.

Cat Khusus Kayu Bengkirai Untuk Kerangka Rumah

Selanjutnya ketika Anda menggunakan cat water based efek yang buruk tidak akan Anda rasakan. Karena bahan cat water based tidak akan membawa logam berat dan tidak akan menimbulkan aroma yang menyengat. Kesalamatan Anda untuk melakukan finishing tidak perlu dipertaruhkan.

Jika masalah keamanan cat water based lebih unggul bagaimana dengan masalah harga? Jika dilihat secara sekilas, cat kayu water based memang lebih mahal dibandingkan dengan cat kayu solvent. Namun Anda juga harus memperhitungkan total biaya yang harus dikeluarkan sekaligus dengan bahan pelarutnya.

Cat solvent adalah cat yang membutuhkan thinner, tentu saja untuk membeli thinner Anda memerlukan biaya khusus. Selain itu thinner juga merupakan salah satu bahan yang sangat mudah menguap dan dalam penggunaannya tentu saja akan boros. Jika Anda ingin menggunakan cat kayu water based akan berbeda efeknya. Anda tidak akan kehilangan banyak bahan karena air yang tidak mudah untuk menguap. Anda bahkan tidak akan membeli air dengan harga yang mahal.

Lalu bagaimana dengan hasil finsihingnya? Untuk hasil finishing warna natural transparan cat water based akan memberikan penampilan yang lebih menarik dibandingkan dengan cat kayu solvent. Bahan cat solvent memiliki kandungan formalin yang membuat hasil akhir lebih kekuningan dan mengurangi nilai transparansi dari kayu bengkirai.

Jika dilihat dari hasil, proses finishing dan juga keamanannya, jenis cat kayu manakah yang akan Anda gunakan?

Jenis Cat Kayu Water Based Dianjurkan Untuk Kayu Bengkirai

Saran terbaik untuk cat kayu khusus kayu bengkirai adalah cat kayu bengkirai. Jika Anda ingin mendapatkan proses finishing yang menarik maka Anda bisa langsung  menggunakan cat kayu Biovarnish. Sebagai cat kayu water based, fungsinya sangat baik untuk menggantikan pernis dan juga plitur konvensional seperti sheerlac. Jika Anda ingin menggunakannya, caranya sangat mudah yaitu hanya menggunakan air dan juga kuas saja.

Proses aplikasi akan lebih cepat dibandingkan dengan produk cat water based yang lainnya. Karena waktu kering yang akan Anda dapatkan lebih cepat hanya dalam waktu 60 menit saja. Bahkan proses pengeringan ini tidak membutuhkan dijemur langsung pada panas matahari, Anda cukup mendiamkannya saja dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan juga kering.

Jika Anda ingin mendapatkan warna yang transparan maka cat kayu Biovarnish adalah solusi yang paling baik. Proses finishing bisa dilakukan pada saat musim hujan maupun panas kerena akan tetap kering dengan baik.

Cat Khusus Kayu Bengkirai Untuk Kerangka Rumah

Mengapa cat kayu Biovarnish sangat dianjurkan pada kayu bengkirai? Selain keunggulan dan kemampuannya, cat kayu Biovarnish memiliki pilihan warna yang sangat menarik digunakan. Ada sekitar 20 pilihan warna natural yang bisa Anda gunakan dan juga bisa Anda pilih dengan 5 pilihan warna unggulan yang tentu saja tidak akan mengecewakan Anda.

Lima pilihan warna unggulan natural ini adalah Yellow Ox, Light brown, Candy Brown, Walnut Brown dan Juga Salak Brown. Jika Anda ingin menutup pori-pori kayu bengkirai Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan juga Biovarnish Clear Coat.