3 Langkah Mudah Melakukan Finishing Rumah Kayu Agar Tahan Lama

Finishing rumah kayu digunakan untuk memberikan tampilan elegan nan mewah. Selain itu, finishing rumah kayu diperlukan untuk memperpanjang usia pakai rumah kayu. Karena dengan melakukan finishing, rumah kayu akan lebih terawat dan bisa lebih lama untuk dihuni dan digunakan.

Bukan hanya tampak lebih natural, penggunaan material kayu sebagai bahan utama pembuatan rumah saat ini juga erat kaitannya dengan tampilan. Nilai estetika suatu rumah dengan material kayu dan tanpa material kayu jelas akan sangat berbeda. Untuk membuat rumah kayu tampak lebih nyaman digunakan, pastikan untuk memilih dan melakukan finishing rumah kayu dengan cara dan bahan terbaik.

finishing rumah kayu

Rumah kayu tidak hanya dapat ditemui di pedesaan atau di pegunungan saja. Saat ini rjuga umah kayu dapat ditemui di perkotaan sekalipun. Karena penggunaan material kayu akan memberikan kesan hangat dan elegan pada ruangan sehingga seringkali digunakan.

Namun, kelemahan penggunaan kayu adalah ketahanannya yang kurang bagus terhadap cuaca dan serangga. Kelembaban yang tinggi menimbulkan kayu cepat berjamur dan mudah sekali diserang serangga. Maka dari itu, diperlukan perawatan sebelum atau pun sesudah kayu diaplikasikan untuk dekorasi rumah.

Selain digunakan untuk melindungi kayu, langkah tersebut juga dapat memberikan kualitas kayu lebih bagus. Kayu dengan berkualitas bagus akan dipilih untuk bahan utama rumah kayu karena ketahanannya lebih lama. Dan selain itu akan memberikan tampilan indah jika dilanjutkan dengan finishing rumah kayu yang tepat.

Memilih Cat yang Tepat untuk Finishing Dinding Rumah Kayu

Dinding adalah bagian penting dari sebuah rumah, termasuk rumah kayu. Apalgi jika Anda berbicara mengenai dinding bagian luar atau dinding outdoor kayu. Mengecat dinding rumah kayu bagian luar tentu membutuhkan kecepatan.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dan cepat dengan ukuran dinding yang luas maka Anda membutuhkan jenis cat yang cepat kering. Anda tentu tidak menginginkan hujan tiba – tiba mengguyur dan merusak dinding kayu yang telah Anda cat tetapi belum benar – benar kering.

Ingin Anyaman Bambu Tampak Natural Gunakan Cat Kayu Yang Bagus Dan Tahan Lama - Biovarnish

Anda bisa mengecat tembok rumah kayu dengan cat Biovarnish dan juga BioThane yang akan memberikan perlindungan maksimal. Mengecat dinding rumah kayu untuk warna natural bukan permasalahan yang sulit karena Biovarnish Liquid Stain menyediakan 20 macam pilihan warna natural. Anda bisa  memilih manakah warna yang tepat untuk mengecat ulang permukaan dinding luar rumah kayu Anda.

Hasil finishing rumah kayu akan tampak lebih hangat dan elegan dengan serat kayu yang tetap terlihat. Hasil finishing natural transparan dari aplikasi Biovarnish Liquid Stain sudah tidak perlu diragukan lagi. Anda tentu bisa meningkatkan nilai estetika dari material kayu yang digunakan untuk hunian rumah tersebut.

Proses yang perlu Anda lakukan adalah mengaplikasikan Biovarnish Liquid Stain kemudian Anda bisa mengaplikasikan BioThane sebagai lapisan akhirnya. Hanya membutuhkan waktu 60 menit saja untuk cat  bisa mengering di permukaan dinding kayu. Sebelum itu Anda perlu melakukan persiapan dengan alat serta bahan yang memadai.

1. Tahap Persiapan

Pertama, siapkan seluruh bahan dan alat yang dibutuhkan seperti Biovarnish Liquid Stain sesuai dengan warna pilihan kemudian siapkan BioThane. Permukaan dinding rumah kayu pasti kotor maka Anda membutuhkan bahan untuk menghilangkannya yaitu cairan pembersih khusus yang bisa Anda beli di toko bahan bangunan.

Untuk alat yang diperlukan, Anda membutuhkan tangga, alat roll, dan juga amplas. Anda membutuhkan tangga yang tinggi karena Anda akan membersihkan kotoran agar Liquid Sain mampu benar-benar menempel ke seluruh dinding.

Langkah pertama yang perlu Anda siapkan adalah kondisi dinding kayu. Dinding kayu harus dalam keadaan benar – benar kering dan siap untuk difinishing. Anda bisa membersihkan dinding pada hari sebelumnya atau di malam hari bahkan di pagi hari sebelum proses finishing. Gunakan cairan pembersih hingga kotoran benar-benar hilang dan bersih. Anda bisa menunggu cairan benar-benar kering sebelum mengaplikasikan Liquid Stain ke seluruh permukaan media.

2. Proses Pengecatan

Apabila dinding sudah bersih dan kering Anda bisa memulai aplikasi Biovarnish Liquid Stain. Campurkan terlebih dahulu dengan air bersih sesuai dengan takaran, untuk hasil sempurna yaitu menggunakan takaran 2 bahan : 1 air. Kemudian aduk cat yang sudah dicampur air hingga mendapatkan hasil yang rata. Untuk satu kaleng cat Anda bisa menggunakannya dalam satu kali lapis 2-10 m2.

Produk-Biovarnish-liquid-stain

Setelah Liquid Stain tercampur dengan benar, gunakan alat roll untuk mengaplikasikan. Jangan lupa untuk menggunakan roll searah serat kayu agar hasilnya benar-benar maksimal dan tidak rusak. Setelah seluruhnya tertutup cat, tunggu permukaannya agar kering. Setelah selesai Anda akan mengamplas menggunakan amplas tangan yang dibalut pada balok kayu.

Balok kayu akan membantu Anda menghasilkan amplas yang rata dan juga halus. Anda juga tidak akan merasakan panas pada tangan Anda saat proses pengamplasan. Pastikan debu amplas sudah dibersihkan dari permukaan dinding kayu sebelum Anda mengaplikasikan cat selanjutnya.

Anda bisa mengaplikasikan Liquid Stain beberapa kali hingga mendapatkan warna yang diinginkan. Namun perlu Anda ingat semakin banyak Anda memberikan cat, lapisan warna yang dihasilkan juga berwarna lebih gelap.

3. Gunakan Biothane

Lapisan terakhir adalah tahap aplikasi BioThane. Cat ini adalah lapisan yang sangat kuat dan berwarna transparan untuk membentuk lapisan film yang kuat menahan perubahan cuaca. Bahkan Anda akan mendapatkannya lebih berkualitas dibandingkan dengan lapisan cat lama.

Polyurethane

Campurkan BioThane dengan air dan aduk rata kemudian Anda bisa langsung mengaplikasikan menggunakan roll. Aplikasikan dengan arah yang sama yaitu searah serat kayu. Tunggu permukaan hingga benar-benar kering sebelum Anda mengaplikasikannya kembali sekitar 60 menit. Anda akan mendapatkan lapisan yang kuat serta lentur setelah cat mengering semalaman.

Finishing Rumah Kayu Tidak Akan Pecah Jika Anda Perhatikan Ini

Ada kalanya Anda menemukan cat yang tidak bertahan lama pada cuaca. Gunakan cat yang memiliki ketahanan cuaca yang bagus, cepat kering  dan mudah diaplikasikan. Berikut langkah-langkah aplikasi treatmen dan finishing rumah kayu yang dapat Anda lakukan:

Gunakan Obat Pengawet untuk Perawatan

Masukkan obat anti serangga (BioCide Insecticide) dan obat anti jamur (BioCide Wood Fungicide) ke dalam air. Kemudian rendam kayu yang akan digunakan sebagai bahan rumah kayu ke dalam air tersebut selama 1-2 jam. Angkat kayu, tiriskan, dan tunggu hingga benar – benar kering.

Buat Kayu dalam Bentuk Panel dan Diamplas

Kayu untuk dekorasi rumah biasanya dibuat panel agar mudah diaplikasikan. Biasanya rumah dengan kayu sebagai bahan utama, menggunakan panel karena sistemnya yang knock down (bongkar pasang). Amplas semua permukaan kayu agar mudah diaplikasikan saat finishing.

Aplikasikan Wood Stain atau Cat Kayu

Setelah selesai mengamplas, pastikan kayu yang terbentuk jadi palet benar-benar bersih dan rata. Baru kemudian Anda dapat mengaplikasikan Wood Stain Outdoor (WSO) sebagai warna dasar permukaan palet kayu. Tunggu hingga mengering.

Gunakan Biothane

Kemudian aplikasikan Biothane ke seluruh permukaan palet kayu. Gunakan Biothane sesuai dengan takaran ( 2 bahan Biothane : 1 bahan air). Tunggu hingga mengering, jika Anda kurang mendapatkan warna yang sempurna. Amplas permukaan palet kayu lalu kemudian aplikasikan Biothane. Lakukan langkah tersebut hingga Anda mendapatkan warna yang sempurna.

Aplikasikan Clear Coat / Top Coat

Setelah mengering, aplikasikan Clear Coat. Gunakan Biovarnish Clear Coat dengan perbandingan 2 bahan : 1 air bersih sebagai pengencernya. Aplikasikan ke seluruh permukaan palet kayu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tunggu hingga mengering dan dapatkan hasilnya.

Biothane merupakan salah satu bahan yang aman dan sesuai dengan standarisasi keamanan internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA) REACH. Penggunaan cat yang aman merupakan salah satu langkah gerakan menghindari pencemaran lingkungan dengan bahan kimia yang berbahaya.

Tips Perawatan Rumah Kayu

Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk melakukan perawatan pada rumah kayu. Diantaranya adalah:

√ Lakukan Re-Coating Secara Rutin

Rumah yang memiliki banyak elemen maupun furniture berbahan kayu sebaiknya dijadwal secara rutin untuk dicoating ulang, paling tidak tiap 6 bulan sekali. Terutama untuk elemen eksterior dari rumah yang langsung bersentuhan dengan efek cuaca. Angin, hujan dan sinar matahari merupakan musuh utama bagi elemen rumah dan furniture berbahan kayu.

√ Pilih Coating atau Cat Sesuai Fungsinya

Pilihlah coating yang sesuai dengan peruntukannya. Jika Anda memilih finishing dengan menggunakan politur untuk mempertahankan serat kayunya agar terlihat, maka pilihlah politur yang berkualitas sekaligus ramah lingkungan. Anda bisa menggunakan Polyurethane yang terbukti kualitasnya dan juga ramah lingkungan. Produk ini sudah memenuhi standar US-EPA untuk kandungan VCO, dan EU-ECHA untuk uji non toksik.

√ Gunakan Atap Tempias

Tambahkan atap tempiasan pada pintu dan jendela agar hujan dan sinar matahari tak mengenai secara langsung. Biasanya atap tempiasan lebarnya berkisar antara 60 cm hingga 120 cm. Namun Anda bisa menyesuaikan dengan desain pintu dan jendela serta desain rumah secara keseluruhan.

Demikianlah beberapa tips merawat rumah kayu atau rumah yang banyak menggunakan elemen dan furniture kayu, baik untuk interior maupun eksteriornya.

Ingin Beli Berbagai Produk dari Bio Industries?

Anda bisa melakukan pembelian seluruh varian produk dari Bio Industries secara online melalui beberapa link marketplace berikut ini:

https://www.tokopedia.com/biopaint102

https://www.tokopedia.com/bioindustrieso

https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

https://www.tokopedia.com/bioindustries

https://www.tokopedia.com/rayapjamur

https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish

https://shopee.co.id/biovarnish.official

https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

https://www.tokopedia.com/catkayu

https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Anda juga bisa membeli seluruh varian produk dari Bio Industries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.