5 Langkah Mencegah Jamur Merusak Furniture

Lima langkah efektif mencegah jamur pada furniture dapat anda simak pada artikel ini, demi menjaga furniture Anda bebas dari jamur.

Bila Anda ingin mengaplikasikan produk anti jamur pada sebuah furniture yang sudah memiliki lapisan coating sebaiknya bersihkan terlebih dahulu. Anda tidak dapat melakukan treatment pada kayu yang tertutup lapisan cat. Gunakan bahan kimia pembersih cat khusus yang bisa ditemukan di toko bahan bangunan. 

Jika sudah amplas seluruh permukaan dan bersihkan debunya. Segala kotoran yang menyumbat pori kayu harus dihilangkan. Jika tidak pernis dan obat anti jamur tidak dapat menempel bahkan meresap hingga ke dalam. 

Jamur Masih Saja Merusak Furniture Lima Langkah Ini Bisa Mengatasinya - membersihkan jamur permukaan kayu

1. Aplikasi BioCide SFP sebelum Finishing

Langkah pertama untuk pencegahan jamur pada furniture adalah melakukan treatment. Anda hanya perlu menyiapkan BioCide SFP dengan air. Alat yang dibutuhkan adalah gelas plastik, pengaduk dan juga kuas. 

Jika semua alat dan bahan sudah Anda siapkan, ikuti petunjuk berikut ini:

  1. Campurkan sedikit BioCide SFP dengan air ke dalam gelas plastik. Aduk sampai merata. 
  2. Jangan lupa untuk menggunakan masker dan sarung tangan terlebih dahulu. Kemudian kuaskan larutan ke seluruh permukaan kayu. Jangan lupa bagian bawah furniture. 
  3. Diamkan furniture kayu hingga obat meresap. Bisa dijemur atau tidak, Anda harus membiarkan kayu benar-benar kering dan tidak lembab. 

Proses aplikasi BioCide SFP sangat singkat. Anda tidak membutuhkan waktu berjam-jam kecuali jumlah furniture yang membutuhkan treatment cukup banyak. Sebaiknya lakukan langkah ini satu hari sebelum memulai refinishing. 

Jamur Masih Saja Merusak Furniture Lima Langkah Ini Bisa Mengatasinya - biocide sfp 3

2. Aplikasi Biovarnish Wood Filler

Langkah kedua adalah mengaplikasikan Biovarnish wood filler. Fungsinya adalah menutup permukaan kayu agar fungsinya menyerap lembab berkurang. Ada empat warna wood filler yang bisa Anda pilih sesuai dengan tampilan atau warna kayu yang diinginkan. Alat yang dibutuhkan adalah pisau scrape dan amplas grit 240.

Setelah Biovarnish wood filler dan alat yang dibutuhkan dikumpulkan, ikuti langkah berikut ini:

  1. Aplikasikan Biovarnish wood filler ke seluruh permukaan furniture kayu dengan pisau scrape. Pastikan area berlubang dan cekung terisi hingga merata.
  2. Diamkan furniture hingga kering kurang lebih 20 menit.
  3. Amplas dengan amplas grit 240 hingga permukaan halus, warna kayu dan seratnya terlihat. Jangan lupa hilangkan debu bekas amplas. 

Jamur Masih Saja Merusak Furniture Lima Langkah Ini Bisa Mengatasinya - biovarnish wood filler

3. Aplikasi Biovarnish Liquid Stain

Lapisan kedua yang dibentuk adalah dengan Biovarnish liquid stain. Anda bisa memilih 20 warna yang telah tersedia. Kemudian siapkan alat wadah plastik, pengaduk, kuas nilon, amplas grit 400 dan kain lap kering. Jangan lupa siapkan bahan cat dan juga air sebagai pelarutnya. 

Jika semua alat dan bahan telah disiapkan, lakukan langkah berikut ini:

  1. Campurkan Biovarnish liquid stain dengan air dan aduk hingga merata di dalam gelas plastik. Jangan sampai pada cat yang mengendap. 
  2. Kuaskan liquid stain ke permukaan kayu harus searah dengan serat agar hasilnya rapi. 
  3. Diamkan furniture agar mengering selama 60 menit tanpa dijemur. Kemudian amplas secara ambang. 
  4. Jika warna kayu masih belum merata Anda bisa mengaplikasikan cat ulang. Ulangi langkah yang sama hingga warna yang diinginkan didapat. 

Jamur Masih Saja Merusak Furniture Lima Langkah Ini Bisa Mengatasinya - biovarnish liquid stain

4. Aplikasi Biovarnish Sanding Sealer

Lapisan ketiga adalah membentuk coating yang menjaga warna di bawahnya bertahan dan juga memperkuat lapisan coating di atasnya. Biovarnish sanding sealer akan memberikan perlindungan tersebut. Alat yang disiapkan masih sama dan pastikan Anda menggunakan kuas baru. 

Setelah air sudah disiapkan dan bahan sudah siap, ikuti langkah berikut:

  1. Campurkan Biovarnish sanding sealer dan aduk hingga merata. Pastikan juga tidak ada endapan. 
  2. Lanjutkan penguasan secara halus searah serat kayu. 
  3. Diamkan furniture hingga mengering selama 60 menit. 
  4. Amplas permukaan kayu secara ambang dan bersihkan debu amplasnya. 

Jamur Masih Saja Merusak Furniture Lima Langkah Ini Bisa Mengatasinya - biovarnish sanding sealer

5. Aplikasi Biovarnish Clear Coat dan BioCide SFP

Lapisan terakhir ini membutuhkan dua produk untuk memperkuat ketahanan terhadap jamur permukaan. Anda juga membutuhkan peralatan sama untuk proses pengecatan. Jika semua alat dan bahan sudah siap, ikuti alur aplikasinya berikut ini:

  1. Campurkan tiga bahan yaitu air, Biovarnish Clear Coat dan BioCide SFP. Aduk merata, pastikan BioCide SFP tidak terlalu banyak. 
  2. Kuaskan cat searah serat kayu hingga menghasilkan tampilan yang sangat halus. 
  3. Diamkan furniture selama 24 jam atau semalaman hingga benar-benar mengering. Furniture baru bisa digunakan setelah lapisan coating mengering benar.

Jamur Masih Saja Merusak Furniture Lima Langkah Ini Bisa Mengatasinya - biocide sfp clear coat

Jangan biarkan jamur merusak furniture di rumah. Jika jamur sudah muncul sebaiknya Anda langsung membersihkannya. Jenis jamur yang paling sering adalah jamur permukaan. Awalnya jamur ini bisa dibersihkan dengan mudah, namun lama kelamaan jika Anda tidak menggunakan obat khusus maka jamur akan terus tumbuh. 

Jamur akan tumbuh setiap minggunya, ketika sudah tebal dan memenuhi permukaan furniture maka akan sulit menghilangkannya. Saat jamur Anda hapus menggunakan kain biasa maka akan tetap muncul bekas. Bekas tersebut hanya dapat dihilangkan apabila Anda melakukan pengecatan ulang. 

Jamur Masih Saja Merusak Furniture Lima Langkah Ini Bisa Mengatasinya - jamur permukaan

Untuk itu Anda harus mempelajari bagaimana proses mengaplikasikan ulang cat pada furniture. Khususnya untuk furniture yang membutuhkan warna natural. Anda cukup menggunakan pernis yang dicampur dengan obat anti jamur. Apa saja produk yang dibutuhkan dan bagaimana aplikasinya?

Kebutuhan Produk Dalam Langkah Mencegah Jamur Pada Furniture

Banyak produk yang tersebar di pasaran dengan kelebihan untuk mengatasi jamur. Namun tidak semua bahan tersebut terbukti ampuh. Kebanyakan produk hanya digunakan dengan mengusapkannya di permukaan kayu yang pernah ditumbuhi jamur. Cara tersebut kurang efektif dan bekas jamur masih tertinggal. 

Sebelum Anda melakukan finishing dan juga mengaplikasikan cat, ada dua jenis produk yang bisa digunakan yaitu BioCide Surface Film Preservative (SFP) dan Biovarnish. Kedua bahan ini sama-sama terbuat dari bahan air sehingga kompatibel dan mudah digunakan. 

Biocide sfp

BioCide SFP

Obat anti jamur ini berbentuk benda cair namun sangat keras. Sehingga pada saat menggunakannya sangat disarankan untuk melindungi diri dengan masker dan sarung tangan karet. Pastikan Anda tidak menghirup, meminum atau terkena larutan. 

Produk ini sangat ampuh mengusir jamur permukaan dengan dua cara penggunaan. Pertama Anda bisa mengaplikasikan pada permukaan kayu yang belum dilapisi cat. Kedua diaplikasikan dengan dicampur pernis. 

Pada langkah pertama obat akan meresap ke dalam pori kayu sehingga dapat terserap secara maksimal. Menciptakan perlindungan dari dalam. Cara kedua adalah untuk memperkuat pernis agar dapat mencegah pertumbuhan jamur dari luar. 

Biocide sfp 2

Biovarnish Water Based

Produk ini terdiri dari empat jenis yang semuanya harus diaplikasikan. Semua lapisan dalam langkah finishing akan membentuk coating yang kuat untuk mencegah jamur tumbuh menembus dan merusak furniture. Selain itu pada Biovarnish clear coat sebagai lapisan terakhir telah dilengkapi dengan bahan anti jamur. 

Kelengkapan bahan tersebut akan membuat furniture kayu menjadi lebih kuat lagi. Selain itu cat juga dapat menghasilkan tampilan pada furniture yang sangat natural. Anda bisa memilih warna dan mendapatkan transparansi yang sangat baik. Keindahan asil kayu akan mudah ditampakkan secara elegan. 

Biovarnish clear coat

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Logo Bioindustries

Artikel "Finishing Kayu"

Update

Plitur Kayu Biovarnish Untuk Finishing Artificial Wood Grain

Alat Pembuat Motif Serat Kayu

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.