Cara Mudah Finishing Ulang Pintu Kupu Tarung Minimalis Anti Jamur

Untuk mencegah tumbuhnya jamur pada permukaan pintu kupu tarung minimalis, anda bisa melakukan finishing ulang dengan obat anti jamur. Mempunyai pintu kupu tarung dengan tampilan menarik dan tahan terhadap jamur dapat anda peroleh melalui proses refinishing.

Pintu Kayu

Pintu adalah bagian furniture yang sangat penting bagi rumah anda. Dengan model kupu tarung, pintu juga dapat menambah nilai estetika pada rumah anda. Tampilan pintu yang menarik harus selalu dijaga, jika cat pada pintu sudah memudar sebaiknya anda segera melakukan finishing ulang. Proses refinishing dapat dilakukan kapan saja, termasuk saat menyambut lebaran.

Suasana lebaran akan semakin hangat dengan tampilan yang baru pada pintu rumah anda. Untuk membuat pintu kupu tarung lebih awet, anda juga bisa menambahkan obat anti jamur pada bahan finishing yang digunakan. Pastikan anda menggunakan bahan finishing dengan kualitas terbaik agar hasil refinishing pintu kupu tarung di rumah anda lebih baik dibandingkan hasil finishing sebelumnya.

Untuk mencapainya, anda perlu mengetahui seperti apa bahan dan cara finishing yang terbaik untuk pintu kayu di rumah anda. Simak ulasan lengkapnya di artikel ini agar hasil finishing ulang anda menjadi lebih berkualitas.

Tips Memilih Bahan Refinishing Pintu Kupu Tarung

Pemilihan bahan finishing yang berkualitas untuk melakukan finishing ulang pintu kayu adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Anda harus memastikan menggunakan jenis cat yang terbaik, bahkan harus lebih baik daripada cat kayu yang anda gunakan sebelumnya. Agar proses finishing dapat anda lakukan kapan saja, sebaiknya anda memilih menggunakan jenis cat kayu yang fleksibel terhadap cuaca.

Sehingga anda dapat tetap melakukan finishing meskipun dalam kondisi hujan maupun kondisi penuh terik sinar matahari. Jangan lupa untuk memilih bahan finishing yang bisa dikombinasikan dengan obat anti jamur agar pintu dapat lebih terawat.

Pintu Minimalis Anti Jamur

Pemilihan bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan juga diperlukan. Hal ini tentu akan berdampak pada kondisi kesehatan keluarga anda di kemudian hari. Usahakan untuk menggunakan cat kayu yang tidak berbau menyengat akibat zat formaldehyde. Apalagi jika anda menggunakan thinner sebagai bahan pengencernya. Sebaiknya, gunakanlah cat yang tidak berbau dan dapat diencerkan dengan air bersih. Anda bisa menggunakan cat kayu water based dari biovarnish yang lebih aman dan mudah untuk diaplikasikan.

Penggunaan cat water based biovarnish juga lebih fleksibel terhadap perubahan cuaca. Selain itu, aplikasi cat water based juga akan membantu proses finishing yang anda lakukan menjadi lebih hemat karena anda hanya membutuhkan air sebagai bahan pengencernya. Tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli bahan pengencer lain seperti thinner untuk mengaplikasikannya.

Finishing Ulang Anti Jamur untuk Pintu Kupu Tarung Minimalis

Melakukan finishing ulang adalah salah satu cara memberikan perawatan yang lebih baik pada furniture. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti anti jamur pada proses ini. Seperti yang bisa anda lakukan pada finishing ulang pintu kupu tarung minimalis di rumah anda. Kombinasi antara biovarnish dengan obat anti jamur dapat membuat pintu kupu tarung milik anda akan lebih terlindungi.

Plitur Kayu Jati

Menggunakan obat anti jamur pada pintu sangat penting, apalagi saat musim hujan. Pintu utama pada bagian luar rumah anda tentu sering terkena air hujan. Kotoran yang dengan mudahnya menempel pada permukaan pintu juga dapat menjadi penyebab munculnya jamur jika jarang dibersihkan.

Untuk melakukan perawatan sekaligus perlindungan yang praktis pada pintu kayu, sebaiknya anda melakukan finishing ulang. Tentu saja dengan menambahkan obat anti jamur pada lapisan catnya. Pastikan anda menggunakan obat anti jamur yang tidak merusak warna cat maupun merusak serat alami kayu. Anda bisa menggunakan Biocide Surface Film Preservative.

Obat anti jamur ini mengandung bahan aktif berupa Diuron dan Carbendazim Calcium bis (dodecylbenzenesulfonate). Bahan ini membuat Biocide SFP menjadi produk yang efektif untuk mencegah dan membasmi jamur permukaan, lumut, serta bakteri. Anda bisa mengaplikasikannya bersamaan dengan aplikasi top coat.

Cara Mengecat Ulang Pintu Kupu Tarung Minimalis Anti Jamur

Berikut ini cara finishing ulang pintu tarung minimalis anti jamur dengan cat water based biovarnish:

  1. Pastikan pintu kupu tarung sudah dalam keadaan bersih dan kering. Lakukan Pengamplasan untuk menghilangkan lapisan cat sebelumnya hingga bersih. Jangan lupa bersihkan debu sisa pengamplasan.
  2. Selanjutnya, aplikasikan Biovarnish wood filler menggunakan pisau palet. Aplikasikan secara tipis dan merata berlawanan arah serat kayu. Tunggu kering sekitar 20 menit, lalu amplas menggunakan amplas 240. Lanjutkan proses pengamplasan hingga serat kayu terlihat, jangan lupa membersihkan debu sisa pengamplasan.
  3. Lanjutkan dengan proses pewarnaan menggunakan Biovarnish wood stain. Pilih warna yang anda inginkan lalu campurkan wood filler dengan air bersih perbandingan 2 : 1. Atau campurkan hingga mencapai warna yang anda inginkan. Aplikasikan secara merata dengan kuas busa searah dengan serat kayu. Lalu tunggu hingga kering kurang lebih 60 menit, kemudian amplas ambang dengan amplas 400. Anda dapat mengulangi tahap ini jika diperlukan.
  4. Terakhir, gunakan Biovarnish clear coat yang dicampur dengan Biocide Surface Film Preservative (SFP). Campurkan clear coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air lalu tambahkan 1% Biocide SFP. Aduk sampai homogen lalu kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Biarkan lapisan mengering selama 24 jam.

Nah, dengan langkah mudah  finishing ulang di atas maka pintu kupu tarung minimalis di rumah anda akan tampil dengan warna yang baru. Selain itu, pintu kayu anda akan lebih tahan terhadap serangan jamur. Hasil finishing tetap natural dengan serat kayu yang menonjol. Penampilan ini bisa bertahan sekitar 3 tahun sejak proses finishing ulang dilakukan. Meski demikian, anda juga bisa melakukan perawatan rutin pada pintu kayu dengan menggunakan obat anti jamur dari Biocide SFP.

Gunakan cat water based biovarnish untuk tampilan furniture kayu yang lebih menarik. Perlu finishing ulang pintu maupun furniture kayu lainnya di rumah anda? Yuk, kuasin aja pakai air!

Dimanakah Anda bisa Membeli Biovarnish dan Biocide?

Anda bisa membeli berbagai varian produk biovarnish maupun biocide di service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162

Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan Jepara, Jawa Tengah 59417

Phn: +62.291.598992

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phn: +62 231 320759

e-mail: [email protected]

Anda juga dapat membeli berbagai varian produk biovarnish secara online melalui beberapa kanal kami berikut ini:

Website : https://www.biovarnish.com/

Facebook : https://www.facebook.com/officialbiovarnish/

Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.