6 Tips dan Trik Mengecat Pintu, Refinishing Furniture Menjadi Baru

Pintu rumah Anda terlihat kusam bahkan sudah banyak cat yang rusak? Pelajari tips dan trik mengecat pintu lama agar terlihat baru kembali.

Pintu utama menjadi tempat keluar masuknya tamu dan juga penghuni rumah. Pintu utama adalah salah satu bagian rumah yang sering terkena panas matahari dan hujan atau perubahan cuaca lainnya. Oleh karena itu pintu dari awal sudah difinishing dengan produk terbaik.

Tetapi produk finishing terbaik pun pasti memiliki umur sehingga pintu Anda ada kalanya akan terlihat buruk. Ada dua tingkat kerusakan yang harus Anda pahami sebelum melakukan perbaikan pada pintu.

— Rusak Ringan —

Kerusakan yang terlihat dari pintu ini adalah warna sedikit memudar, adanya jamur permukaan pada pintu. Kerusakan ringan ini tidak terlalu memakan energi untuk dilakukan proses pengecatan ulang. Bahkan bahan yang digunakan pun tidak terlalu banyak. Pada tahapan ini Anda hanya membutuhkan top coat saja karena kerusakan ringan biasanya hanya mempengaruhi lapisan cat pintu kayu paling atas saja yaitu top coat. Untuk mencegah jamur permukaan Anda bisa mencampur top coat dengan obat anti jamur permukaan BioCide Film Perservati. Perlakuakn ini sangat mudah karena Anda hanya melakukan aplikasi satu kali saja dengan dua produk baik coating dan juga obat anti jamur permukaan.

— Rusak Parah —

Kerusakan ini bisa dibilang 70% lapisan coating sudah tidak berfungsi lagi. Cirinya adalah warna pintu sudah sangat pudar, banyak cat pintu kayu yang terkelupas bahkan bisa juga banyak kerusakan pada kayu yang timbul karena tidak adanya perlindungan dari lapisan coating. Hal ini perlu penanganan khusus, sehingga Anda perlu tips dan trik cara mengecat pintu kayu yang sudah rusak parah. Tapi bukan tidak mungkin untuk mengubah pintu lama yang rusak parah terlihat seperti baru kembali.

Ikuti Tips dan Trik Mengecat Pintu Ini

Proses-Pengelupasan-Cat

Kerusakan parah pada pintu akan menuntut Anda harus melakukan proses pengecatan ulang. Bagiamanakah pengecatan pintu tanpa tukang? Mengecat sendiri akan memberikan banyak keuntungan mulai dari hemat biaya, Anda bisa sedikit berolahraga dan hasil yang didapatkan pasti memberikan kepuasan batin. Hal seperti inilah yang Anda butuhkan, berikut ini tips dan trik mengecat pintu rumah sendiri tanpa bantuan tukang:

√ Bersihkan Pintu

Dalam membersihkan pintu ini Anda perlu menghilangkan coating yang lama. Bisa menggunakan Bio Remover atau dengan diamplas bersih (gunakan amplas kasar no. 180). Pastikan permukaan kayu bersih, jika perlu kerok lapisan coating yang lama bisa menggunakan cutter tetapi harus hati-hati agar tidak merusak tekstur kayu.

√ Tutupi Bagian yang Tidak dicat dengan Lakban

Gunakan lakban kertas untuk menutupi knob pintu yang tidak ingin dicat dan pada engsel pintu. Hal ini dilakukan agar cat tidak menempel pada bagian yang tidak ingin dicat, cat akan sulit dibersihkan jika mengenai bagian pintu seperti knob.

√ Ratakan Permukaan Kayu

Pintu yang rusak parah pasti memiliki banyak cacat tekstur. Gunakan wood filler untuk mengisi permukaan kayu yang rusak tersebut. Gunakan kain katun bersih dan putih untuk mengoleskan pada cacat tekstur sambil ditekan agar filler dapat mengisi dengan baik.

√ Kuas Untuk Mengecat

Tidak perlu repot dengan kompresor atau spet seperti pada industri furniture. Cukup gunakan kuas saja untuk mengecat. Jika perlu dapatkan produk warna plitur yang tidak meninggalkan brush mark seperti Biovarnish Wood Stain. Anda bisa menggunakan kuas kecil untuk bagian yang kecil seperti pada ketebalan pintu, dan kuas yang besar untuk bidang pintu yang lebar.

√ Ulangi pengecatan

Untuk hasil warna yang menarik ulangi pengecatan bisa hingga 2 sampai 3 kali. Pemberian lapisan cat ini akan membuat tampilan pintu tidak terlalu tipis, lapisan coating yang tebal tentu akan memberikan perlindungan yang lebih baik.

√ Aplikasikan Top Coat

Untuk perlindungan pintu yang lebih baik lagi gunakan top coat. Top coat akan menimbulkan lapisan film yang kuat untuk melindungi pintu dari perubahan cuaca dan juga jamur atau serangga. Aplikasi  top coat juga akan memberikan penampilan yang menarik dari tingkat glossnya.

Tentukan Produk Cat Mengubah Pintu Lama Terlihat Baru

Dari 6 tips dan trik mengecat pintu di atas, maka kunci keberhasilannya ada pada produk yang Anda gunakan. Berbeda dengan pengecatan ulang pada pintu yang tidak terlalu rusak parah dimana Anda hanya memerlukan satu produk yaitu top coat saja.

Pada pintu yang rusak parah Anda membutuhkan varian tiga produk mulai dari base coat, coloring dan juga top coat. Pemberian ketiga produk ini akan memenuhi fungsinya masing-masing dalam memperbaiki pintu lama Anda.

Base coat berfungsi sebagai dempul kayu, dalam mendapatkan produk yang terbaik Anda bisa melihat dari daya tariknya dengan pisau scrape. Ketika tarikannya panjang dan tidak patah-patah atau mucul keretakan maka dempul akan mengisi cacat tekstur dan pori-pori kayu dengan baik.

tips dan trik mengecat pintu menggunakan biovarnish

Fungsi Coloring

Fungsi coloring sendiri adalah untuk memberikan warna sekaligus lapisan film pada pintu. Warna pintu boleh kusam tetapi dengan adanya coloring ini maka warna pintu akan berubah cerah kembali. Jika Anda menginginkan warna natural transparan maka gunakanlah wood filler yang akan menutup pori-pori kayu tetapi tidak merusak warna kayu atau menutup warna kayu.

Fungsi top coat sendiri adalah untuk memberikan lapisan film yang kuat. Seperti yang telah dijelaskan pada tips dan trik mengecat pintu diatas, pada bagian 6 top coat berfungsi untuk memberikan lapisan film dan juga penampilan. Bentuk dari top coat adalah cairan bening tetapi setelah selesai diaplikasikan maka akan memberikan tingkat glossy sesuai dengan yang Anda pilih.

— Gunakan Biovarnish —

Melihat pentingnya produk ini Anda bisa menggunakan seri produk Biovarnish. Produk ini lengkap mulai dari dempul yaitu Biovarnish Wood Filler,  coloring yaitu Biovarnish Wood Stain dan juga  top coat yaitu Biovarnish Clear Coat baik gloss atua doff.

Keunggulan Biovarnish yaitu tidak meninggalkan brush mark karena produk ini adalah cat water based. Bahan dasar air dan juga bahan pelarutnya air ini adalah jenis cat yang diperlukan masyarakat modern ini. Banyakanya benda yang menimbulkan polusi tidak terkecuaili cat akan membahayakan kesehatan Anda.

Untuk mengatasi hal tersebut, Biovarnish hadir dalam produk cat yang tidak menimbulkan polusi yaitu gas bercun yang menimbulkan polusi udara. Pembuatan produk Biovarnish sudah sesuai dengan standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan juga US EPA (Enviromental Protection Agency). Kedua regulasi terbuat mengatur tentang penggunaan bahan kimia yang berbahaya.

Bahkan EPA sendiri melarang 82 jenis bahan kimia berbahaya untuk digunakan di dalam bahan kimia seperti cat. Bahan kimia yang termasuk dalam VOC (Volatile Organic Compound) seperti timbal, formalin, merkuri, amonia, ftalat, dll. Ciri produk cat yang aman dan sesuai kedua regulasi tersebut salah satunya adalah tidak memiliki bau yang menyengat.  Semoga artikel tips dan trik mengecat pintu ini bisa membantu Anda dalam menampilkan pintu lama terlihat baru serta aman dan ramah lingkungan menggunakan produk cat Biovarnish.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU