3 Tips Memilih Cat Kayu Warna Putih yang Bagus dan Aman Pada Furniture

Furniture kayu yang di cat dengan warna putih masih banyak digemari dan digunakan. Berbagai gaya finishing kayu dengan menggunakan cat warna putih untuk furniture menjadi salah satu alasannya. Terutama, jika Anda memilih tema dekorasi ruangan minimalis, maka furniture kayu dengan cat warna putih akan sangat cocok digunakan.

Sebenarnya, banyak warna cat yang bisa digunakan untuk melakukan finishing furniture. tetapi, kembali lagi warna putih juga masih menjadi salah satu warna favorit. Tema ruangan dengan gaya minimalis dan shabby chic adalah beberapa penyebabnya. Seperti warna hitam dan coklat yang punya pesona tersendiri pada furniture, begitu pula dengan warna putih.

Apakah Anda juga tertarik untuk mendekorasi ruangan dengan finsihing furniture menggunakan cat warna putih? Lalu apakah Anda juga sedang bingung untuk mementukan merk cat apa yang harus Anda gunakan? Sebelum melakukan finishing, sebaiknya simak artikel ini karena kami akan membahas secara lengkap mengenai cat kayu warna putih yang terbaik untuk Anda gunakan.

Baca Juga: Warna Merah Putih Pilihan Menarik Pintu Bambu

Alasan Memilih Warna Putih Pada Furniture

Pernahkah Anda memilih warna putih pada furniture? Kebanyakan orang tidak memilih warna putih karena takut kotor dan rusak. Tidak semua warna putih dipilih karena keindahannya dan beberapa dipilih karena menyesuaikan gaya dan desain ruangan. Namun apapun alasannya warna putih termasuk sering digunakan untuk furniture.

Melakukan Finishing Tepat Pada Lantai Kayu Ulin

Warna putih pada furniture memang memberikan efek warna yang bersih, beberapa furniture minimalis menggunakan cat kayu warna putih mengkilap. Alasannya adalah furniture mudah dibersihkan dan tidak akan mudah memperlihatkan goresan karena tingkat kilapnya.

Furniture warna putih tidak sulit didapatkan, dengan menggunakan produk cat kayu yang tepat dan cara aplikasi yang benar maka warna putih akan bertahan lama. Seringkali para DIY pemula pasti mengalami kesulitan untuk mengaplikasikan cat warna putih dan hasilnya tampilan furniture menjadi kotor.

Menghindari hal tersebut ada teknik tertentu yang perlu digunakan. Tidak lupa bahan finishing atau produk yang tepat juga harus diterapkan. Apabila Anda tidak menggunakan produk yang tepat maka cat akan mudah mengelupas. Belum lagi jika Anda menggunakan furniture untuk kebutuhan outdoor atau di tempat yang lembab.

Pemilihan merk cat warna putih yang berkualitas dan memberikan hasil terbaik tentu perlu dilakukan. Sebelum membeli cat yang akan Anda gunakan, sebaiknya simak tips memilih cat kayu warna putih terlebih dahulu untuk mendapat finishing terbaik bagi furniture Anda.

Tips Memilih Cat Kayu Warna Putih untuk Furniture

Pemilihan cat kayu adalah langkah awal yang cukup berat untuk dijalankan sebelum proses mengecat. Karena jika Anda salah dalam memilih merk cat yang digunakan, tentu saja hasil finishing furniture menjadi tidak maksimal. Meski demikian, pemilihan merk cat adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan karena akan menentukan hasil akhir dari finishing furniture yang Anda lakukan.

Memilih dengan benar manakah cat yang akan digunakan dan teknik apakah yang harus digunakan akan menjadi dasar Anda mendapatkan furniture yang tahan lama. Nah, ada beberapa syarat yang bisa dijadikan pedoman untuk memilih cat yang berwarna putih. Berikut ini syarat syarat yang harus dipenuhi:

√ Tidak Berubah Warna

Cat warna putih yang tahan lama tidak boleh berganti warna di kemudian hari meski telah lama diaplikasikan. Cat tidak boleh berubah warnanya selama furniture digunakan beberapa tahun ke depan. Apabila warna cat berubah warna, artinya cat tidak bisa bertahan lama dan tidak cukup berkualitas.

Biasanya, salah satu penyebab cat dapat berubah warna adalah karena kandungan formalin yang tinggi. Formalin adalah bahan organik yang menjadi salah satu bahan yang harus ada dalam cat. Namun, kandungan formalin dalam cat juga bisa menjadi penyebab buruknya kualitas cat di kemudian hari. Contohnya dalam cat dengan warna putih yang berubah warna setelah lama diaplikasikan.

Jika kandungan formalin dalam cat berlebihan, maka akan menimbulkan efek menguning pada cat. Inilah yang harus Anda hindari saat memilih cat yang akan digunakan. Pastikan cat tidak mengandung bahan organik tinggi seperti formalin.

√ Good Flow

Cat warna putih mendapatkan hasil terbaik jika diaplikasikan dengan alat semprot. Menggunakan alat semprot artinya cat harus memiliki good flow atau aliran yang terbaik. Cat tidak boleh mengendap di dalam tabung alat semprot. Artinya, cat harus menyatu dengan bahan pelarutnya sehingga tidak menimbulkan penyumbatan pada nozzle saat akan diaplikasikan.

Warna Cat Kayu Warna Putih yang Bagus Pada Furniture

Pada saat cat diaplikasikan dengan alat semprot maka akan menempel dan mengikuti aliran semprot dengan benar. Cat warna putih tentu tidak akan menimbulkan sagging selama Anda menggunakan jenis dan bahan pelarut yang tepat.

√ Cat Tidak Berbau

Apapun cara aplikasinya, cat yang digunakan tidak boleh menimbulkan bau yang menyengat. Ketika Anda mengaplikasikan cat khususnya menggunakan alat spray tentu saja akan menyebarkan bau yang kuat jika menggunakan cat solvent. Thinner sebagai bahan pelarut mengandung bahan organik tinggi yang menjadi pemicu amonia.

Ketika cat menimbulkan bau secara langsung akan mengganggu konsentrasi Anda. Nah inilah yang harus dihindari. Proses mengecat akan menjadi sangat terganggu, walaupun sudah menggunakan masker dan respirator, bau amonia bisa sangat berbahaya bagi kesehatan di masa depan.

Rekomendasi Merk Cat Warna Putih Terbaik

Sumber : Youtube Bio Paint

Saat Anda memilih merk cat yang akan digunakan, pastikan produk yang Anda pilih sudah memenuhi ketiga syarat yang sudah dijelaskan diatas. Sebagai rekomendasi bagi Anda, cat warna putih merk Bioduco adalah pilihan yang tepat. Tentu saja produk ini telah memenuhi ketiga syarat dari tips memilih cat yang sduah dijelaskan sebelumnya.

Cat Duco Aman

Bioduco adalah cat kayu water based dengan warna solid yang aman dan ramah lingkungan untuk diaplikasikan. Produk cat ini menggunakan bahan dasar air, sehingga cara aplikasinya juga sangat mudah. Karena Anda hanya membutuhkan air bersih sebagai bahan pengencernya.

Aplikasi cat Bioduco jelas aman dan tidak akan menimbulkan bau yang menyengat. Hal ini karena Anda tidak memerlukan thinner untuk bahan pengencer cat yang menjadi penyumbang utama terciptanya bau menyengat yang berbahaya bagi kesehatan.

Cat kayu Bioduco adalah cat kayu water based dengan hasil warna putih tahan lama tanpa menimbulkan efek warna berubah atau menguning. Jika ingin mendapatkan hasil finishing yang maksimal, Anda bisa menggunakan empat produk dari Bioduco Series. Diantaranya yakni Bioduco Wood Putty, Bioduco Primer Coat, Bioduco Solid Stain, dan Bioduco Top Coat.

Cat Duco Aman

Keempat produk series ini akan Anda temukan di produk Bioduco. Penggunaannya haruslah sesuai urutan untuk mendapatkan warna putih yang tahan lama dan cerah. Tampilan akhir yang didapatkan dari cat kayu water based Bioduco adalah warna putih mengkilap dan matte.

Apabila Anda tidak ingin mendapatkan furniture yang terlalu terlihat tampilan goresan maka gunakanlah top coat gloss. Selain mudah dan aman saat diencerkan, Bioduco juga sangat fleksibel untuk diaplikasikan. Anda bisa menggunakan kuas maupun menggunakan alat semprot. Semuanya bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Cara Aplikasi Cat Kayu Warna Solid agar Tahan Lama

Sumber : Youtube Bio Paint

Aplikasi warna putih pada furniture kayu adalah tantangan terakhir yang harus dilalui oleh pada DIY. Warna putih yang menghasilkan tampilan bersih tergantung dengan tempat yang bersih juga. Apakah Anda sudah mengecek tidak pada debu dalam ruangan apalagi cat yang tumpah? Jika tidak menggunakan ruangan tersebut dan pastikan sirkulasi udara terjaga dengan baik.

Warna Cat Kayu Warna Putih yang Bagus Pada Furniture

1. Lakukan persiapan

Persiapan yang perlu dilakukan untuk proses finishing adalah pengamplasan. Kuasai teknik pengamplasan yang benar apabila furniture memiliki permukaan yang tidak datar dan bergelobang misalnya furniture ukiran. Pastikan semua bagian kayu telah diamplas dengan baik.

Cara Mendapatkan Sanding Sealer Terbaik Di Indonesia

Amplaslah hingga permukaan kayu berubah menjadi lebih halus dan merata. Untuk memastikannya gunakan rabaan jemari tangan dan pastikan tidak ada permukaan yang masuh kasar. Bersihkan debu amplas dengan kain dan dengan vakum apabila permukaannya sangat luas.

Gunakan lap sekali lagi sebelum memulai pengecatan. Jika permukaan dan ruang kerja sudah siap dilakukan langkah kedua yaitu pengecatan.

2. Aplikasikan Wood Putty

Setelah pengamplasan selesai dan furniture siap untuk difinishing, mulailah dengan menggunakan Bioduco Wood Putty untuk menutup lubang pada kayu. Anda bisa mengaplikasikan wood putty dengan pisau palet kemudian ratakan hingga menutup seluruh permukaan furniture.

Tunggu wood putty mengering tanpa perlu Anda jemur dibawah sinar matahari langsung. Setelah lapisan wood putty kering, lanjutkan dengan proses pengamplasan. Anda bisa menggunakan amplas alumunium oxyde nomor 240. Pastikan permukaan kayu merata dan bersihkan sisa debu pengamplasan.

3. Gunakan Primer Coat

Lanjutkan dengan tahap pengecatan yang dimulai dengan aplikasi Bioduco primer coat. Campurkan primer coat dengan air bersih dalam sebuah wadah. Aduk merata menggunakan perbandingan 2 bahan: 1 air.

Berani Gunakan Cat Kayu Hitam Doff? Ini Produk Andalannya

Tuang larutan prier coat ke tabung alat spray, lalu Anda bisa memulai dengan menyemprotkan secara merata ke  seluruh permukaan kayu. Tunggu lapisan primer coat kering sekitar 60 menit setelah diaplikasikan dan lanjutkan dengan pengamplasan ambang. Jika warna belum menutup seluruh permukaan furniture, aplikasikan primer coat sekali lagi.

4. Aplikasikan Cat Warna Putih

Lanjutkan dengan aplikasi warna menggunakan Bioduco Solid Colour White. Campurkan cat dengan air bersih ke dalam wadah dengan gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk larutan hingga homogen dan masukan ke dalam tabung alat semprot.

Sekali lagi aplikasikan cat hingga merata ke seluruh permukaan furniture. Tunggu lapisan kering dengan diangin angikan selama 60 menit. Kemudian, Anda bisa melanjutkan dengan pengamplasan ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxyde nomor 400. Jika hasil warna kurang putih sempurna, Anda bisa mengaplikasikan cat sekali lagi.

5. Gunakan Top Coat

Lapisan akhir yang bisa Anda gunakan adalah Bioduco Top Coat gloss atau matte. Campurkan top coat dengan air ke dalam wadah seperti gelas plastik. Gunakan perbandingan sama yaitu 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Semprotkan top coat ke seluruh permukaan kayu dan tunggu kering.

Pada lapisan akhir ini furniture harus dikeringkan selama 24 jam dan semalaman. Furniture akan kering benar setelah 24 jam jadi pastikan tempat pengeringan bersih dan kering.

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Produk Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami via Whatsapp dan telepon disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail Klik Disini.

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone: 0274 287 1834
Hp / WhatsApp: Klik Disini
e-mail: Klik Disini

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: Klik Disini

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phone: 0231 320759
e-mail: Klik Disini

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "BioDuco"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.