You are currently viewing Saatnya Beralih Menggunakan Cat Kayu Water Based, Ini Alasannya

Saatnya Beralih Menggunakan Cat Kayu Water Based, Ini Alasannya

Kapan lagi Anda akan melakukan recoating kusen di rumah? Jangan lupa gunakan cat kayu water based untuk kusen tampak seperti baru.

cat kayu water based untuk kusen mengggunakan biovarnish

Bagi Anda pemerhati rumah atau hunian agar tampak selalu baru, selalu indah setiap tahunnya maka pasti akan rutin melakukan proses recoating. Ada banyak benda atau perabotan yang perlu dilakukan proses recoating seperti meja makan, jendela, pintu, kusen, kursi, tempat tidur, almari, dll.

Dari banyaknya perabotan di rumah Anda bisa saja menjadi bingung harus mulai darimana? Produk apa yang harus digunakan agar lebih tahan lama? Produk coating seperti cat memiliki masa atau umur. Tidak mungkin sebuah produk akan bertahan selamanya karena mengingat banyak faktor yang mempengaruhi lapisan cat memudar karena perubahan cuaca baik hujan maupun panas, kelembapan udara atau adanya mikro organisme perusak, dll.

Anda tentu tidak bisa menghindari faktor-faktor tersebut baik itu perabotan yang ada di luar rumah dan juga di dalam rumah. Contohnya saja kusen baik kusen pintu maupun kusen jendela.  Kusen memiliki dua sisi, satu sisi mengarah ke luar ruangan di sisi lain menghadap ke dalam ruangan. Hal ini yang sering terjadi, kusen memiliki salah satu sisi yang warnanya cepat pudar sehingga timbul warna yang berbeda. Perbedaan warna ini tentu akan mengurangi keindahan hunian Anda.

Demi menjaga keindahan dari segi warna dan penampilan Anda harus melakukan proses recoating. Melakukan proses recoating ini tergantung masa atau ketahanan lapisan coating yang lama. Setiap merk produk coating memiliki ketahanan yang berbeda-beda biasanya kurang lebih tiga tahun. Ada banyak jenis produk cat saat ini yang ada dipasaran dan saling bersaing.

Menurut bahan pembuat dan bahan pearutnya ada dua jenis cat yang bersaing yaitu cat water based dan cat solvent based. Kedua bahan tersebut sama-sama bisa Anda gunakan untuk recoating hanya saja Anda harus menilai dari banyak faktor mulai dari harga, cara aplikasi, kualitas/ ketahanan dan warna yang dihasilkan.

Ketika Anda sudah bisa membandingkan faktor tersebut maka Anda akan mendapatkan produk yang sesuai. Misalnya saja cat kayu water based untuk kusen maka Anda hanya membutuhkan kuas dan air saja untuk proses aplikasinya, bahkan melihat dari segi harga saja tentu tidak akan menguras kantong Anda.

Mengapa Lebih Memilih Cat Kayu Water Based?

Sebelum memasuki penggunaan cat kayu water based untuk kusen atau furniture lainnya dalam proses recoating sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu cat kayu water based? Secara umum dari bahan kimia cat kayu water based sama dengan cat kayu solvent hampir sama yaitu terdiri dari resin, dan bahan kimia yang membuat resin dalam bentuk cairan.

Hanya saja cat water based lebih rumit karena bahan kimia yang digunakan untuk membuat resin menjadi bahan liquid adalah air. Telah dikenal bahwa resin dan air bukanlah bahan yang mudah menyatu atau tidak cocok, maka dibutuhkan emulsi yang menyatukan keduanya, bahan ini dikenal dengan surfactants. Selain dari resin, air dan juga surfactants dibutuhkan bahan kimia lainnya yang akan membentuk produk cat water based memiliki kecepatan kering yang baik, mudah diaduk dan diaplikasikan, dan mengurangi buih atau busa.

cat kayu water based biovarnish

Dari bahan yang digunakan tersebut, cat kayu water based untuk kusen yang akan Anda gunakan akan membentuk lapisan film luar yang kuat. Lapisan film ini akan membentuk dinding pelindung kusen atau perabotan kayu lainnya dari luar.

Lapisan film lebih baik karena akan memberikan perlindungan dari perubahan cuaca panas atau hujan, kelembapan, goresan serta mikro organisme perusak kayu. Sifat cat kayu water based di atas tidak hanya memberikan lapisan film saja tetapi juga mempermudah dan memberikan banyak keuntungan untuk Anda seperti tidak membutuhkan banyak produk ketika aplikasi.

Untuk mendapatkan ketebalan lapisan film tergantung dengan solid contentnya. Semakin tinggi solid content maka semakin cepat juga Anda menyelesaikan proses recoating dan semakin sedikit lapisan coating yang akan digunakan. Cat water based memiliki solid content sekitar 30% bahkan ada juga yang mencapai 50% sedangkan produk cat solvent hanya 20% -25 % saja.

Contohnya saja Anda membutuhkan lapisan coating ketebalan 4 mm. Jika solid content hanya 20% saja maka ketika lapisan film setelah kering akan mendapatkan ketebalan 0.8 mm. Sedangkan water based dengan solid content 35% akan mendapatkan ketebalan 1.4 mm, maka dengan water based Anda hanya membutuhkan tiga kali lapisan saja untuk mendapatkan ketebalan 4.2 mm sedangkan dengan solvent Anda membutuhkan kurang lebih lima lapisan inilah yang menimbulkan keborosan.

Dari segi kecepatan kering, cat untuk kusen kayu water based atau untuk perabotan yang lainnya hanya membutuhkan waktu kering sentuh sekitar 5 hingga 10 menit saja jika suhu ruangan kering. Bahkan Anda tidak membutuhkan panas matahari untuk menunggu bahan pelarutnya yaitu air menguap.

Padahal jika Anda menggunakan solvent maka dibutuhkan panas matahari agar bahan pelarutnya yaitu thinner menguap dengan cepat dan memberikan hasil yang bagus. Jika solvent dikeringkan tanpa panas matahari maka hasilnya juga tidak sempurna bahkan warna bisa berubah dan menimbulkan bercak-bercak putih.

Kelebihan Biovarnish sebagai Cat Kayu Water Based untuk Kusen Lama

Sebagai produk cat kayu water based yang sangat direkomendasikan Anda bisa menggunakan produk dengan merk Biovarnish. Pada produk ini Anda akan menemukan banyak sekali kelebihan yang dibutuhkan sebagai cat kayu water based untuk kusen atau perabotan lainnya yang hendak di recoating. Anda bisa melihat dari cara aplikasinya, proses aplikasi Biovarnish meliputi produk Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat baik doff atau gloss.

Jika Anda cermati kusen lama pasti memiliki tekstur permukaan yang tidak rata akibat perubahan cuaca. Bisa juga permukaan bergelombang atau cacat kayu yang dulu tertutup sekarang mulai tampak. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa menggunakan Bovarnish Wodd Filler yang proses aplikasinya bisa menggunakan pisau scrape.

Untuk memberikan warna Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Stain yang diaplikasikan dengan kuas dan air tentu saja pilihan warna –warna natural akan menampilkan serat kayu. Mungkin Anda ragu apakah serat kayu bisa terlihat dengan baik karena lapisan coating yang lama dan juga kayu yang terlihat buruk. Anda bisa mengatasinya dengan mengamplas habis semua lapisan cat yang lama hingga serta kayu terleihat kembali.

Merk cat kusen yang bagus atau recoating perabotan kayu lainnya tidak lengkap jika Anda belum menggunakan produk Biovarnish Clear Coat. Produk ini akan memberikan tampilan akhir baik itu doff atau gloss sesuai dengan selera Anda.

Yang menarik adalah tidak ada efek menguning atau yellowing yang biasanya ditimbulkan oleh cat solvent based. Ini diakibatkan tidak ada kandungan formalin atau amonia yang terkandung dalam semua produk Biovarnish. Tanpa adanya bahan kimia seperti formalin menandakan cat Biovarnish aman dan ramah lingkungan sehingga bisa digunakan dengan aman dan nyaman.