Saatnya Gunakan Cat Kayu Water Based Untuk Kusen Tampak Baru

Jangan sampai Anda ketinggalan trend terbaru, gunakan cat kayu water based untuk kusen, pintu, jendela atau perabotan lain tampak baru.

Memberikan tampilan yang baru pada furniture atau home building seperti kusen, pintu, jendela sangat tepat pada saat momen ramadhan kali ini. Sebelum menyambut lebaran maka saat ini saatnya yang tepat untuk Anda memperbaharui tampilan dari dengan melakukan proses recoating atau pengecatan kembali. Tidak hanya dinding rumah saja tetapi Anda bisa melakukan recoating pada perabotan sedikit demi sedikit di waktu senggang. Produk kayu khususnya yang digunakan sebagai home buliding seperti kusen pasti memiliki life time. Nah sisi ketahanan ini akan lebih baik jika ditunjang dengan penggunaan lapisan coating. Tetapi lapisan coating juga punya jangka waktu tersendiri mengingat banyak faktor yang mempengaruhi seperti perubahan cuaca baik itu panas maupun hujan, terkena goresan ataupun karena serangga perusak kayu. Di sini Anda seharusnya lebih waspada dan care dalam melakukan perawatan. Misalnya saja pada kusen yang memiliki dua sisi indoor dan outdoor. Sisi outrdoor tentu lebih cepat memudar warnanya daripada indoor. Hasilnya kusen akan tampak belang dan mengurangi keindahan penampilan rumah. Dengan tidak mengurangi penampilan tersebut maka pentingnya proses recoating harus di sadari.

Penampilan hunian adalah yang utama, produk coating sendiri berbeda-beda setiap merk mengenai ketahananya. Biasanya coating yang baik mampu bertahan kurang lebih tiga tahun dan Anda harus melakukan proses recoating dalam jangka waktu tersebut. Di pasaran ada dua jenis coating atau cat yang bersaing yaitu coat solvent based dan cat water based. Jika cat solvent based memang sudah digunakan sejak zaman dahulu mengingat solvent based sendiri adalah produk finishing yang peratama kali diciptakana yaitu plitur dan pernis. Dalam menimbang produk mana yang lebih bagus Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini : cara aplikasi yang mudah, harga yang sesuai dengan kantong, kualitas yang tahan lama serta hasil warna atau penampilan yang sesuai. Misalnya saja Anda memilih cat kayu water based untuk kusen, Anda akan mendapatkan kemudahan cara mengecat kusen yaitu hanya dengan kaus dan air saja. Hal seperti itulah yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

Alasan Mengapa Harus Memilih Cat Kayu Water Based

Jika Anda akan memilih apakah cat kayu solvent based atau cat kayu water based untuk kusen maka sebaiknya pahami terlebih dahulu apakah jenis produk finishing keduanya itu. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan akan tetapi Anda bisa memilih yang paling banyak kelebihannya. Baik itu cat solvent based dan cat water based memiliki bahan yang sama yaitu resin. Jika solvent based menggunakan resin yang dicampur solvent maka akan mudah membuat cairan. Sedangkan cat water based sulit dibuat karena resin dan air bukanlah bahan yang mudah menyatu. Dibutuhkan bahan emulsi yang mampu menyatukan baik resin dan juga air dan disebut dengan surfactants. Ada juga bahan kimia yang dibutuhkan untuk membuat cat kayu water based cepat kering, memiliki kecepatan kering yang baik, mudah diaduk, mudah daiplikasikan dan menciptakan lapisan film yang bagus.

Biovarnish-series

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cat kayu water based untuk kusen, jendela, pintu, dll ini akan membentuk lapisan film yang melindungi. Bahan perlindungan ini ditujukan untuk melindungi kayu dari serangan panas, hujan, kelembapan, serangga seperti rayap, goresan, dll. Dalam membentuk lapisan film yang kuat, cepat dan irit maka dibutuhkan solid content yang tinggi karena semakin tinggi solid content maka semakin cepat Anda menciptakan lapisan film. Solid content pada cat water based rata-rata sekitar 30% tetapi ada juga yang mencapai 50%. Padahal produk solvent hanya memiliki solid content sekitar 25 % saja. Anda bisa membuktikannya ketika menginginkan lapisan film dengan ketebalan 4mm. Jika Anda menggunakan cat kayu water based dengan solid content 35% maka akan mendapatkan keteblan film 1.4 mm sedangakn jika menggunakan cat solvent based akan mendapatkan ketebalan sekitar 0.8 mm saja. Dilihat dari ini maka untuk ketebalan 4mm maka Anda membutuhkan 5 lapisan coating dari solvent based sedangkan waterbased hanya membutuhkan 3 lapisan saja. Hal inilah yang menguntungkan dan Anda tidak akan boros mengunakan produk cat.

Jika dilihat dari kecepatan kering dan hasilnya, cat kusen yang bagus ini hanya memebutuhkan kering sentuh sekitar 5 hingga 10 menit saja. Itupun tanpa tergantung panas matahari dan hasilnya akan sempurna. Jika menggunakan cat solvent based Anda membutuhkan panas matahari, jika tidak ada panas matahari maka hasilnya akan menimbulkan bercak atau bayangan putih. Hal ini dipengaruhi karena solvent yang tidak menguap secara baik maka akan meninggalkan bekas pada permukaan kayu. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan produk cat kayu water based karena dalam cuaca apapun kayu tetap akan kering sempurna.

Biovarnish Cat Kayu Water Based Untuk Kusen Lama Tampak Baru

Jika Anda mencari cat kayu water based untuk kusen, pintu, jendela atau furniture lainnya produk Biovarnish menjadi produk yang direkomendasikan. Produk ini akan memenuhi kebutuhkan recoating Anda mengingat kusen atau produk kayu yang lama pasti akna memiliki tekstur yang tidak rata. Bahkan bisa juga banyak cacat tekstur yang muncul selama proses pemakaian produk. Cacat tekstur ini dapat diperbaiki dengan Biovarish Wood Filler yang akan menutup cacat kayu. Biovarnish Wood Filler berperan sebagai dempul kayu dapat diaplikasikan dengan pisau scrape/ pallet. Proses pewarnaan juga akan didapatkan jika Anda menggunakan Biovarnish Wood Stain, pilihan warna natural akan memberikan tampilan alami pada kusen rumah Anda. Serat kayu yang mungkin awalanya tidak terlalu terlihat akan diekspose dengan baik jika Anda mengamplas habis lapisan coating sebelumnya hingga serat kayu terlihat. Untuk sentuhan akhir Anda bisa mengunakan Biovarnish Clear Coat Doff aau Gloss. Kedua tampilan ini sama-sama akan membentuk lapisan film yang kuat dan terpenting tidak menimbulkan efek menguning.

Jenis clear yang menguning pasti banyak yang menimbulkan efek yellowing karena kandungan formalin atau amonia yang tinggi. Ini bisa dibuktikan dengan bau yang menyengat keluar dari cairan cat. Biovarnish sebagai cat kayu water based untuk kusen, jendela, pintu atau perabotan lainnya tidak mengandung formalin atau amonia bahkan tidak ada kandungan timbal dan formalin. Maka Biovarnish termasuk produk yang aman dan ramah lingkungan dan bisa Anda gunakan kapan saja. Kemudahan aplikasi yaitu hanya dengan kuas dan dilarutkan dengan air membuat Anda hemat dan tidak membutuhkan keahlian khusus dan hal aplikasi.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.