Finishing Kusen yang Aman dan Ramah Lingkungan, Ini Kuncinya

Kusen merupakan komponen bangunan yang sangat krusial fungsinya, maka diperlukan finishing yang tepat. Bagian ini merupakan bagian yang sangat diperlukan guna menyatukan daun pintu, daun jendela. Dan juga digunakan untuk fentilasi yang bermanfaat sebagai sirkulasi udara. Kusen dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis gaya hunian rumah atau bangunan. Dari bergaya klasik sampai modern, tidak lepas menggunakan kusen untuk menyambungkan daun jendela atau pintu.

Di Indonesia, sebagian hunian rumah selalu menggunakan kusen warna alami agar dapat menyatu dengan alam, seperti warna coklat, atau krem. Namun, kusen kadangkala berinteraksi langsung dengan paparan matahari mengakibatkan warna kusen cepat memudar. Sehingga memerlukan perawatan untuk kusen tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah aplikasi finishing dengan cat kusen yang bagus dan tepat.

Gambar-kusen-pintu-Minimalis-Sliding

subsidi ongkir

Pada umumnya, finishing yang sering digunakan adalah cat solvent based karena penggunaannya yang mudah didapat dan diaplikasikan. Tersebarnya cat solvent based di pasaran menjadikan cat yang sering digunakan, selain itu harga yang ditawarkan beragam, ada yang standar, murah atau bahkan mahal. Tak kalah dengan cat solvent based, cat water based menjadi cat yang direkomendasikan karena lebih ramah lingkungan. Jadi, untuk menjaga kualitas warna kusen Anda, perlu memilih bahan finishing kusen dengan kualitas yang bagus.

Pilihan Yang Tepat Untuk Finishing Kusen

Cat solvent based bukanlah cat yang bisa dikatakan aman karena menggunakan pelarut thinner, spirtus, atau minyak turunan lainnya yang cenderung mengandung kimia yang tinggi. Kandungan kimianya yang tinggi ini lah, cat solvent based tidak disarankan untuk aplikasi furniture indoor atau eksterior yang notabene berinteraksi langsung terhadap keluarga atau hewan peliharaan Anda.

Dampak bau yang ditimbulkan oleh cat solvent based biasanya akan menimbulkan pusing-pusing, gangguan kulit jika ia terdapat alergi seperti gatal-gatal, gangguan syaraf atau bahkan akan terjangkit kanker. Maka, disarankan menggunakan cat water based untuk finishing kusen kayu rumah Anda.

Memilih cat yang aman dan ramah lingkungan adalah cara yang tepat digunakan untuk kusen atau furniture rumah Anda. Interaksi langsung terhadap keluarga atau hewan peliharaan Anda adalah hal yang perlu diperhatikan demi keamanan dan kenyamanan keluarga Anda. Kenapa menggunakan cat water based? Karena dengan penggunaan air sebagai pelarut merupakan bahan yang tidak berbahaya dan cenderung tidak mencemari lingkungan.

Untuk menjaga kualitas kayu kusen, lakukan langkah-langkah finishing kusen berikut :

  • Haluskan permukaan kusen dengan menggunakan amplas guna menghilangkan debu, kotoran atau minyak yang masih tertempel pada kusen.
  • Jika terdapat bagian-bagian kusen yang rusak atau berlubang, aplikasikan dempul guna menyamarkan lubang.
  • Aplikasikan amplas kembali pada bagian yang sudah didempul sampai merata. Tujuan amplas pada bagian yang didempul tersebut agar permukaan rata. Jika permukaan kusen merata maka akan memudahkan untuk mengaplikasikan cat.
  • Aplikasikan cat dengan menggunakan kuas yang sudah dilapisi kain.Tunggu sampai kering lalu ulangi kembali langkah tersebut sampai mendapatkan warna kilap yang sempurna.

Cat water based untuk saat ini tidaklah begitu sulit untuk didapatkan. Salah satu cat water based di indonesia adalah Biovarnish Series. Cat tersebut merupakan cat water based yang diformulasikan sesuai dengan standarisasi keamanan internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH. Untuk mendapatkan informasi lebih detai mengenai Biovarnish atau cat water based lainnya silahkan menghubungi customer care Bio Industries via telp DISINI atau WA  DISINI.

Biovarnish Series merupakan cat water based yang dapat menggantikan plitur konvensional. Dan juga pernis berbahan dasar shellac gum untuk pengaplikasian pada kayu furniture baik indoor maupun eksterior. Biovarnish juga sangat efektief dan efisien membentuk lapisan film pada furniture, selain itu cat tersebut juga lebih cepat kering, tidak lengket, tahan air dan tahan cuaca. Jadi, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan keluarga Anda, gunakan cat water based sebagai pilihan yang tepat pada kusen atau furniture rumah Anda. Pilih warna alami pada kusen untuk menampilkan kesan natural agar dapat menyatu dengan alam. Demikian, ulasan singkat mengenai finishing kusen yang tepat. Semoga Bermanfaat!

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.