Bisakah Menggunakan Pernis Plitur Kayu Pada Multiplek dan Triplek?

Apakah jenis kayu buatan dari triplek dan mulitplek ini mampu menyaingi kualitas dari kayu solid pada umumnya menggunakan pernis. Bahkan banyak yang masih ragu apakah triplek atau multiplek ini dapat difinishing layaknya kayu solid. Untuk menjawab keraguan dan pertanyaan-pertanyaan tersebut maka artikel ini dibuat untuk memberikan jawaban untuk pertanyaan tersebut. Diharapkan setelah membaca artikel ini Anda bisa mengambil langkah tepat dalam menggunakan triplek atau multiplek dan cara finishingnya.

Bisakah Menggunakan Pernis Kayu Pada Multiplek dan Triplek?

Kenali Dulu Apa Itu Triplek dan Mulitplek

Bisakah Menggunakan Pernis Kayu Pada Multiplek dan Triplek?

Sebelum masuk ke tahapan finishing menggunakan pernis kayu pada triplek dan mulitplek, sebaiknya Anda mengenali terlebih dahulu apakah bahan tersebut? Triplek dan multiplek adalah kayu buatan (engineering wood) yang diciptakan untuk menghemat pohon untuk ditebang. Bagaimana triplek dan multiplek dapat menghemat? Jika sebelumnya penggunaan kayu solid yaitu menggunakan kayu utuh untuk membuat sebuah furniture sangatlah boros, engineering wood ini sangat berlawanan. Proses pembuatan dari engineering wood sendiri sangat hemat bahan karena satu pohon bisa menjadi beberapa multiplek atau triplek bahkan kayu buatan yang lainnya.

Menghemat kayu ini dilakukan dengan cara membelah kayu menjadi ukuran yang sangat tipis kemudian merangkainya menggunakan bahan perekat menjadi sebuah triplek atau multiplek. Bahkan ada pula kayu buatan yang memanfaatkan serbuk kayu berukuran besar atau kecil yang diolah menggunakan bahan perekat untuk menjadi kayu. Jenis kayu buatan ini disebut dengan partkel board atau MDF (Medium Density Board) dan HDF (High Density Board).

Bisakah Menggunakan Pernis Kayu Pada Multiplek dan Triplek?

Lalu bagaimana dengan triplek dan mulitplek? Masih dalam kayu buatan kedua bahan ini sering disebut juga dengan kayu lapis (plywood). Perbedaannya adalah pada jumlah lapisan yang digunakan. Triplek menggunakan 3 buah lapisan sedangkan multiplek menggunakan lebih dari 3 lapisan kayu hingga 5 lapis kayu. Penempatan kayu apda setiap lapisan berbeda, maksudnya adalah setiap lapisan memiliki serat yang berlawanan 90˚. Penyilangan serat ini difungsikan agar kayu dapat merekat dengan kuat. Jumlah lapisan kayu yang digunakan adalah ganjil karena berfungsi untuk membuta konstruksi menjadi lebih stabil dibandingkan dengan lapisan jumlah genap. Apabila lapisan kayu lapis genap juga akan menimbulkan pembelokan yang membuat konstruksi mudah roboh.

¤ Ketebalan

Ketebalan lapisan kayu yang disebut dengan veneer ini memiliki ukuran yang berbeda. Pada lapisan veneer triplek, bagian tengah memiliki ketebalan yang lebih rendah karena difungsikan untuk perlindungan lapisan triplek ketika terjadi pemuaian serta penekanan ketika triplek ditekuk. Baik triplek dan juga multiplek memiliki ukuran standar 120cm X 240 cm. Ketebalan kayu lapis ini mulai dari 0,8mm, 3 mm, 4mm, 9mm, 18mm, bahkan hingga 25mm.

Bisakah Menggunakan Pernis Kayu Pada Multiplek dan Triplek?

Jenis-jenis kayu yang digunakan dalam pembuatan kayu lapis triplek dan multiplek ini adalah jenis kayu berkualitas tinggi. Kayu berkualitas ini memiliki ciri lebih keras, memiliki diamter yang lebih panjang. Kayu akan diletakan secara horisontal dan diputar menurut dengan sumbunya saat pisau kayu ditekan dan lapisan tipis kayu akan mengelupas. Setelah lembaran kayu ini selesai dipotong maka akan direkatkan lalu dipanggang dalam suhu minimal 140˚C dan pada tekanan 1.9 Mpa (280 psi) untuk membuat panel kayu lapis. Perekatan tentu tergantung akan dibuat sebagai triplek atau multiplek.

Jenis-jenis kayu yang digunakan sebagai bahan pembuatan multiplek atau triplek ini tergantung dengan seratnya. Biasanya untuk jenis kayu yang akan menimbulkan serat yang indah adalah kayu jati, kayu nyatoh, kayu sungkai, kayu sengon dan juga kayu pinus.

Variasi Penggunaan Triplek dan Multiplek Sebagai Furniture

Banyak yang memiliki pendapat bahwa triplek dan juga multiplek yang termasuk dalam kayu buatan ini tidak kuat dan tahan lama. Namun pada kenyataannya, baik itu multiplek dan juga triplek dapat digunakan hingga beberapa puluh tahun lamannya. Jenis-jenis furnitur yang menggunakan triplek dan multiplek adalah sebagai berikut ini:

√ Meja

Furnitur meja biasanya menggunakan material multiplek yang lebih tebal atau memiliki lapisan lebih banyak. Misalnya saja untuk jenis meja makan, meja belajar atau meja kantor yang digunakan dengan banyak benda di atasnya.

Bisakah Menggunakan Pernis Kayu Pada Multiplek dan Triplek?

√ Lemari

multiplek dan triplek seringkali digunakan dalam pembuatan lemari baik itu lemari pakaian dan juga lemari buku. Karena struktur kayu kapis sangat kokoh jadi sangat kuat apabila digunakan sebagai tempat penyimpanan benda berat.

Bisakah Menggunakan Pernis Kayu Pada Multiplek dan Triplek?

√ Pintu

Kebanyakan rumah dengan harga murah menggunakan material triplek yang lebih tipis dan juga lebih murah. Pintu dengan triplek cukup tahan terhadap panas dan juga tahan lama. Bertanya yang ringan membuat pintu mudah untuk dibuka karena sifat memuainya tidak terlalu tinggi seperti kayu solid.

√ Kursi

Pembuatan kursi menggunakan multiplek sudah tidak menjadi hal yang asing lagi. Terlebih pada kursi anak-anak. Beratnya yang ringan namun tetap kokoh membuat anak-anak mudah untuk memindahkannya.

Bisakah Menggunakan Pernis Kayu Pada Multiplek dan Triplek?

√ Dipan atau tempat tidur

Siapa bilang mutliplek atau triplek tidak dapat digunakan sebagai tempat tidur? Justru karena kekuatannya yang cukup bagus dan berharga murah dibandingkan kayu solid bahan ini sering digunakan. banyak sekali saat ini dipan yang menggunakan triplek dikombinasikan dengan multiplek.

Walaupun penggunaan triplek dan juga multiplek ini bervariasi selalu ingat bahwa material ini tidak dapat bertahan digunakan pada outdoor. Triplek dan juga multiplek tidak dapat bertahan dengan perubahan cuaca ekstrim terus meneris seperti panas dan hujan apalagi jika bersentuhan langsung. Pengerjaan furnitur juga harus teliti apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan.

Jenis Pernis Kayu Yang Cocok Untuk Finishing Triplek dan Multiplek

Kini Anda sudah mengetahui apa itu triplek dan mutliplek serta penggunaannya dalam furnitur. Ada satu hal lagi yang perlu Anda ketahui mengenai kayu lapis yaitu masalah finishing. Menjawab mengenai masalah finishing triplek dan juga multiplek maka penggunaan pernis kayu bisa menjadi solusinya. Biasanya jika Anda ingin mendapatkan triplek dan juga multiplek yang sudah difinishing dengan membeli plywood melaminto yang banyak diaplikasikan pada pintu, baik pintu rumah maupun pintu mebel.

Namun pintu melamin atau kayu dengan lapisan plywood melaminto ini memiliki tekstur yang licin dengan warna yang belum tentu sesuai dengan keinginan. Melaminto adalah triplek dan melamin yang telah dilapisi dengan bahan polyester dan melamin sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan refinishing pada triplek atau multiplek.

Keuntungan Pernis Kayu

Menggunakan pernis kayu memberikan banyak keuntungan pada Anda dibandingkan menggunakan melaminto. Pertama Anda bisa memilih jenis pernis kayu yang aman karena melaminto lebih banyak mengandung bahan logam berat dibandingkan pernis kayu. Kedua, hasil yang diinginkan bisa sesuai dengan keinginan misalnya warna pernis kayu yang lebih transparan dengan seratnya lebih terlihat. Ketiga dengan menggunakan pernis kayu Anda bisa melakukan proses refinishing apabila furnitur kayu Anda sudah tidak memiliki tampilan yang menarik lagi.

Nah untuk jenis pernis kayu yang bisa Anda gunakan pada finishing furnitur dari material triplek dan juga multiplek adalah pernis kayu water based. Pernis kayu yang berbahan dasar air lebih mudah diaplikasikan dan juga lebih mudah untuk mendapatkan hasil yang transparan. Berbanding terbalik ketika Anda menggunakan pernis kayu dari solvent yang mengandung formalin tinggi pasti akan menimbulkan efek yang menguning.

Tak hanya masalah nilai transparan atau hasilnya saja, dalam proses aplikasi pernis kayu water based juga lebih mudah. Kemudahan ini didapatkan dengan abhan pelartu yang menggunakan air. Jika Anda ingin mendapatkan finishing murah maka bahan pelarut air dapat mengatasinya dibandingkan jika Anda harus membeli bahan pelarut thinner yang tidak murah. Bahkan air yang tidak menguap akan lebih irit dibandingkan dengan thinner yang cepat sekali menguap dan menimbulkan keborosan.

Cara Finishing Triplek dan Multiplek Dengan Pernis Kayu Biovarnish

Lalu apakah cara finishing pada material triplek dan juga multiplek sama ketika finishing pernis kayu pada kayu solid? Tidak ada perlakukan berbeda untuk cara finishing keduanya karena pada intinya triplek dan juga mutliplek adalah kayu dan juga turunannya. Jadi untuk cara finishing tidak ada perlakuan sepesial atau berbeda dengan kayu solid. Untuk merk pernis kayu yang disarankan sebaiknya menggunakan pernis kayu Biovarnish. Pernis ini adalah pernis kayu water based yang sangat mudah diaplikasikan pada kayu lapis dan hasil yang sempurna. Ada lima warna unggulan yang bisa Anda pilih dari Biovarnish yaitu candy brown, salak brown, yellow ox, walnut brown dan juga light brown. Kelima warna unggulan ini akan membuat furniture dari triplek atau multiplek tampak mewah dan elegan.

Cara finishing menggunakan Biovarnish series ini dapat dimulai menggunakan filler, coloring kemudian clear coat. Untuk langkah penggunaan pernis kayu water based langkap bisa mengikuti langkah berikut ini:

  1. Pastikan triplek dan multiplek sudah diamplas halus dan pori kayu terbuka.
  2. Aplikasikan Biovarnish wood filler pilihan warna sesuai dengan hasil yang diinginkan dengan kain bal ke seluruh permukaan. Usapkan memutar arah jarum jam hingga rata, setelah itu Anda bisa langsung menunggu kering tanpa dijemur sekitar 20 menit. Jika sudah kering sanding dengan amplas nomor 240 hingga permukaan terlihats erat kayunya.
  3. Tahapan coloring menggunakan Biovarnish Wood Stain dengan memilih 5 warna unggulan yang telah tersedia. Campurkan Wood Stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian diaduk hingga rata. Kuaskan searah serat kayu hingga rata kemudian tunggu kering sekitar 60 menit dan sending kayu secara ambang dengan kertas ukuran amplas kayu nomor 400.
  4. Tahapan terakhir adalah penggunaan clear coat dengan Biovarnish Clear Coat. Tidak hanya tampilan gloss namun Anda juga bisa memilih tampilan doft. Campurkan bahan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian tunggu kering semalaman.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU