Variasi Cara Mengecat Motif Serat Kayu Lebih Mudah

942
Variasi Cara Mengecat Motif Serat Kayu Lebih Mudah

Finishing warna natural bertumpu pada tampilan dari serat kayu yang indah. Namun sayangnya anatara satu jenis kayu dengan yang lainnya memiliki serat yang berbeda. Lalu bagaimana jika Anda memiliki kayu yang tidak punya serat menarik namun Anda ingin mendapatkan tampilan serat? Misalnya saja Anda memiliki kayu mahoni dengan serat lurus namun Anda ingin memberikannya tampilan serat seperti kayu jati?

Hal tersebut sangat mungkin terjadi di dalam dunia  finishing. Anda bisa menggunakan teknik cara mengecat motif kayu baik itu dengan tangan maupun dengan alat. Menciptakan serat kayu adalah salah satu proses yang akan menampilkan tampilan serat kayu di jenis kayu yang lainnya.

Pada jenis kayu yang memiliki serat kayu teknik ini akan menduplikasi tampilan serat kayu yang indah dan juga teksturnya. Sehingga kayu akan memiliki efek yang lebih hangat dan juga menampilkan tampilan yang lebih eksotis.

Namun mengecat motif serat kayu adalah salah satu cara untuk menciptakan kamuflase tampilan dari kayu. Seperti dempul yang digunakan untuk memperbaiki permukaan kayu berlubang menjadi datar dan rata.

CS Biovarnish

Dengan praktek yang sering mempelajari bagaiamana serat kayu yang ingin diduplikasi. Jika Anda sudah mempelajari bagaiaman penampilan dari serat kayu maka akan lebih mudah Anda mengimitasi atau menduplikasi serat kayu jenis apapun yang diinginkan.

Menciptakan serat kayu mulai popular di tahun 1800an di daerah Amerika. Pada saat itu jenis kayu keras yang memiliki tampilan serat kayu menarik mulai mahal harganya sehingga para pekerja kayu menggunakan kayu lunak dan menciptakan serat kayu yang mirip dengan kayu keras.  Jenis-jenis serat yang sering ditiru adalah kayu oak, kayu cherry, kayu mahoni.

Teknik aplikasi serat kayu membutuhkan beberapa tahapan yang dimulai dari memberikan lapisan base coat yang dibiarkan untuk kering. Kedua adalah dengan mengaplikasikan glaze untuk menciptakan motif dan terakhir adalah dengan aplikasi top coat.

Variasi Cara Mengecat Motif Serat Kayu Lebih Mudah

Glaze yang berwarna diaplikasikan untuk menciptakan motif dengan beberapa macam alat untuk motif seperti sisir, rubber grain, rollers dengan motif, mottlers bahkan bisa juga dengan ray marker. Untuk peralatan menciptakan motif Anda bisa langsung untuk membelinya di toko peralatan bahan finishing atau bisa menghubungi ke nomor costumer service di situs ini.

Menciptakan Motif Serat Kayu Dengan Tangan

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa untuk menciptakan motif serat kayu Anda bisa menggunakan tangan atau bisa juga menggunakan alat. Ulasan pertama yang akan dibahas adalah menciptakan motif serat kayu menggunakan tangan.

Cara ini lebih mudah dan bisa Anda aplikasikan apabila tidak mendapatkan toko bahan finishing yang menyediakan peralatan untuk menciptakan motif serat kayu.

Proses ini dimulai dengan menyiapkan substrat kayu terlebih dahulu. Untuk menciptakannya Anda perlu untuk memberikan lapisan wood filler yang akan memperbaiki lubang pada kayu. Jika sudah gunakan tunggu kering dan substrat kayu siap untuk diaplikasikan.

Untuk melanjutkan proses aplikasi dengan tangan Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Persiapan dan aplikasi glaze

Aplikasikan wood stain yang juga berfungsi sebagai base coat sekaligus main coat. Anda bisa memilih warna wood stain yang sesuai dengan warna kayu yang ingin Anda dapatkan. Kuaskan atau juga bisa dengan spray satu lapisan wood stain dan tunggu kering, lakukan pengamplasan ambang dengan kertas amplas halus no. 400.

Variasi Cara Mengecat Motif Serat Kayu Lebih Mudah

Lalu aplikasikan glaze dengan warna gelap atau warna sesuai dengan serat kayu yang ingin didapatkan. Kuaskan glaze ke seluruh permukaan substrat kayu hingga rata. Untuk memulai membuat motif serat kayu ikatkan kain dengan sangat kencang ke tiga jari tengah Anda kemudan gambar motif serat kayu menggunakan jari tersebut. Lakukan beberapa kali dan gambar secara tipis-tipis saja secara bergelombang atau garis pararel.

  • Mempertegas garis motif kayu

Untuk menciptakan garis motif serat kayu tampak lebih nyata dan menarik gunakan kuas untuk meluksi berukuran kecil pada garis motif yang tadi telah dibuat. Gambar secara perlahan pada garis aslinya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pegang kuas dengan sudut 90°. Jika Anda ingin mendapatkan hasil mata kayu maka Anda bisa menghapus beberapa motif serat kayu sehingga membentuk diamond atau bentuk oval yang tidak beraturan. Berikan titik seperti mata kayu menggunakan kain pada jari Anda. Anda bisa melakukannya berulangkali karena glaze tidak mudah mengering. Lakukan secara berulangkali hingga Anda mendapatkan bentuk serat yang diinginkan.

  • Jika serat kayu yang didapatkan sudah sesuai maka langsung saja untuk menutup dengan top coat. Lapisan top coat yang menimpa glaze yang selesai dibentuk akan membuat kering. Aplikasi pertama top coat harus Anda tunggu kurang lebih satu malam sebelum Anda menggunakannya atau mengaplikasikan top coat secara berulang.

Menciptakan Motif Serat Kayu Dengan Alat

Cara membuat motif serat kayu menggunakan peralatan manual seperti di atas tentu membutuhkan banyak latihan. Sehingga Anda tidak bisa langsung melakukan aplikasi pada furniture langsung. Sebaiknya lakukan percobaan pada material kayu yang lainnya.

Jika Anda mendapatkan kesulitan alternative yang cukup mudah adalah aplikasi menggunakan alat. Proses aplikasi menggunakan alat cukup mudah. Yang perlu Anda pastikan adalah alat yang digunakan sudah pernah Anda coba sebelumnya.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna menggunakan alat maka pastikan bahwa kayu atau substrat telah memiliki permukaan yang rata dan juga halus. Semakin rata dan halus permukaan kayu maka hasil aplikasi motif serat kayu juga semakin halus.

Beberapa tahapan yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut ini:

  • Persiapan substrat kayu

Dalam persiapan ini tidak terlalu jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Anda bisa memilih warna wood stain sesuai dengan warna kayu yang ingin Anda dapatkan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil warna yang maksimal maka pilih produk yang berkualitas karena hasilnya pasti sangat mirip.

  • Lakukan simulasi dengan alat

Seperti yang telah diungkapkan untuk aplikasi jangan langsung menggunakan furniture atau substrat kayu yang akan digunakan. Namun lakukan aplikasi pada susbtrat kayu yang lainnya. Di sini fungsinya adalah untuk melihat apakah motif sudah sesuai dengan yang Anda inginkan. Setiap alat rubber grain memiliki motif yang berbeda-beda.

Variasi Cara Mengecat Motif Serat Kayu Lebih Mudah

Aplikasikan glaze pada seluruh permukaan kayu seperti ketika akan melakukan aplikasi dengan tangan di atas. Untuk mendapatkan simulasi motif kayu seperti kayu oak maka berikan tanda di seluruh permukaan susbtstrat kayu secara garis lurus pararel hingga ujung awal akhir. Untuk mendapatkan motif kayu yang lebar seperti pada kayu mahoni maka gunakan metal rubber graining comb ke seluruh permukaan. Alat tersebut akan menciptakan motif kayu yang halus bergelombang dari awal hingga akhir.

  • Panghalusan motif serat kayu

Ketika lapisan glaze masih basah maka secara perlahan gambar dengan sapuan kuas yang kering. Lakukan perlahan dari awal hingga akhir dan ulangi kembali mengikuti garis motif kayu. Cara ini akan mengaburkan garis motif yang tadi telah dibuat.

Variasi Cara Mengecat Motif Serat Kayu Lebih Mudah

Produk yang direkomendasikan untuk finishing motif kayu buatan Anda bisa menggunakan BioColours Glaze. Produk ini sangat lengkap dimulai dari wood filler, wood stain hingga top coat. BioColours akan memberikan Anda hasil yang maksimal karena salah satu produk water based.

Untuk masa keringnya cepat sehingga setelah aplikasi wood filler dan wood stain Anda bisa langsung menggunakan BioColours Glaze. Hasilnya pun sangat memuaskan karena terbuat dari air maka Anda akan mendapatkan finishing yang menghasilkan warna transparan tanpa efek menguning.