Furniture Dengan Warna Patina Antik

175
Furniture Dengan Warna Patina Antik

Jika Anda ingin mendapatkan furniture terlihat menua dari warna yang sesungguhnya maka dibutuhkan teknik finishing tertentu. Dengan teknik yang tepat Anda akan mendapatkan kayu baru terlihat seperti lama atau Anda akan mendapatkan gaya shabby chic pada berbagai macam furniture, lantai dan pagar.

Teknik yang bisa digunakan ada berbagai macam salah satunya adalah mencampur beberapa jenis wood stain. Anda juga bisa menggunakan beberapa material yang ada di rumah untuk mengubah warna kayu secara alami tidak menggunakan cat. Penggunaan teknik tertentu ini tergantung dengan keinginan Anda dan seberapa jauh Anda akan mendapatkan hasil finishing yang sesuai.

Kesan antik dari warna patina adalah salah satu jenis tampilan atau gaya yang tahun 2018 ini banyak diminati. Untuk mendapatkan warna patina Anda bisa memilih cara dan teknik mana yang paling mudah dan sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Furniture Dengan Warna Patina Antik

CS Biovarnish

Berbagai jenis teknik bisa Anda pilih juga tergantung dengan jenis kayu yang digunakan karena aplikasi pada jenis kayu yang memiliki warna berbeda juga akan memiliki hasil yang berbeda. Imajinasi Anda dalam proses finishing harus disesuaikan dengan warna kayu yang Anda miliki.

Misalnya saja Anda memiliki warna kayu yang terlalu gelap. Untuk mendapatkan kayu yang terlihat tua maka warna kayu pasti akan pudar. Bayangkan saja sebuah furniture kayu yang telah terkena perubahan cuaca terus menerus dan juga goresan pasti memiliki warna yang sangat pudar.

Cara Membuat Warna Patina Dengan Alami

Ketika Anda ingin mendapatkan warna kayu patina secara alami maka Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah terlebih dahulu. Namun cara ini harus dicoba terlebih dahulu pada material kayu yang lainnya agar Anda bisa mengetahui sejauh mana hasil yang diinginkan.

Untuk mendapatkan hasil warna patina secara alami ini juga tergantung dengan warna kayu. baik itu warna patina grey, patina grey brown, dan patina black grey. Sebelum memulai aplikasi Anda bisa mempersiapkan bahan yaitu steel wool yang direndam dengan air cuka selama satu malam.

Air cuka yang digunakan terlebih dahulu dicampurkan dengan air perbandingan 1 air : 1 cuka. Setelah direndam selama satu malam maka steel wool akan berkarat dan Anda bisa langsung mengetes hasilnya pada sebuah bidang kayu yang sama dengan furniture yang akan Anda finishing.

Aplikasikan menggunakan kuas pada permukaan kayu kemudian amati apakah hasilnya sudah sesuai dengan yang Anda inginkan. Pada kebanyakan jenis kayu akan terlihat efek warna patina sesaat setelah bahan mengering. Jika permukaan kayu belum mendapatkan perubahan maka diamkan beberapa saat kembali hingga mengering atau aplikasikan bahan kembali.

Furniture Dengan Warna Patina Antik
Campuran cuka dan steel wool.

Tips agar Anda mendapatkan hasil yang sempurna adalah jangan langsung mengaplikasikan dalam jumlah banyak pada furniture. Namun Anda bisa mengaplikasikan perlahan pada bagian yang tidak terlalu terlihat. Cairan akan menampilkan efek yang kuat atau tipis karena akan menyesuaikan dengan jenis kayu yang digunakan.

Lalu bagaimana dengan jenis kayu yang memiliki warna lebih gelap? Atau Anda hanya memiliki contoh kayu yang memiliki warna lebih gelap dibandingkan dengan furniture aslinya? Apakah memungkinkan mendapatkan hasil warna patina antik yang sama?

Jika Anda mendapatkan kasus seperti ini maka Anda harus mengatur tingkat keenceran dari cairan cuka yang telah direndam dengan steel wool semalaman. Perlu Anda ketahui cairan yang terlalu kental akan menghasilkan warna yang lebih gelap sehingga jika Anda ingin mendapatkan warna yang lebih terang pada jenis kayu gelap Anda bisa menambahkan air pada cuka.

Ketika cairan sedang bekerja mengubah warna kayu atau Anda diamkan dan setelah kering, aplikaskan kembali cairan untuk menghasilkan warna patina instanr greyed. Cara ini sangat efektif untuk menghasilkan warna patina antik pada kayu balsa dengan permukaan yang kasar karena telah diberikan efek rustik terlebih dahulu.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Cuka Untuk Tampilan Patina Antik

Ada banyak cara dan juga efek yang akan Anda dapatkan jika menggunakan cara alami yaitu menggunakan cuka. Sehingga banyak pengrajin furniture yang akhirnya memilih cat untuk memberikan hasil warna patina antik karena lebih mudah.

Furniture Dengan Warna Patina Antik
Hasil finishing patina antikmenggunakan cuka.

Namun bagi sebagian besar penghobi suka melakukan percobaan salah satunya adalah menggunakan cara alami ini. Namun perlu Anda ketahui bahwa hasil yang diberikan tidak pasti dan Anda harus memiliki waktu luang untuk mencoba hasilnya di material lain.

Perlu diketahui pula sebelum menggunakan cara alami ini apa saja kelebihan dan kekurangan yang akan didapatkan jika Anda menggunakan cuka untuk mendapatkan hasil warna patina grey:

  • Cara finishing mengunakan cuka ini memiliki hasil yang berbeda tergantung dengan jenis kayu yang digunakan. Untuk jenis kayu yang keras maka akan lambat dalam menyerap cairan cuka. Sedangkan untuk bentuk cairan yang kuat akan memperlihatkan tampilan kayu lebih tua warnanya. Misalnaya saja pada kayu balsa dan basswood akan berubah menjadi abu-abu gelap atau cokelat kehitaman tergantung dengan kekuatan dari cairan cuak. Sedangkan untuk kayu oak akan menjadi paling gelap.
  • Tingkat keasaman cuka yang tinggi berarti cairan ini tidak cocok digunakan pada material miniature yang membutuhkan kualitas tinggi. Tidak cocok juga digunakan pada material kayu yang akan disimpan dalam lemari seperti kerajinan. Namun efek dari tingkat keasaman dapat dihentikan jika Anda menggunakan lapisan coating dari cat acrylic seperti pernis water based yang akan melindungi barang lainnya terkena efek dari keasaman tersebut.
  • Finishing dengan cara alami ini tidak akan menghilangkan efek glue line. Maka pastikan material kayu yang akan difinishing dengan cara ini telah dihilangkan dari glue line. Untuk menghindari kerusakan sebaiknya Anda melakukan proses finishing ini sebelum melakukan pengelaman. Jika permukaan kayu tidak akan diberikan wood stain maka sebaiknya gunakan cat akrilik water based untuk menciptakan warna patina antik.

Cara Finishing Furniture Warna Patina Black Grey

Cara aplikasi dengan cuka adalah cara yang paling mudah jika area Anda jauh dari toko bahan bangunan atau Anda ingin melakukan finishing patina antik sendiri dengan cara yang sangat mudah. Namun tentu saja Anda harus mengetahui hasil yang diberikan tidak akan sempurna seperti ketika Anda mengaplikasikan menggunakan cat.

Cara aplikasi untuk mendapatkan hasil finishing warna patina antik menggunakan cat sebenarnya buknalah hal yang terlalu sulit. Karena buktinya banyak pengrajin yang memilih menggunakan cat dibandingkan dengan menggunakan bahan alami.

Furniture Dengan Warna Patina Antik
Hasil finishing furniture patina black grey.

Karena kesulitan perawatan furniture jika menggunakan bahan alami lebih banyak dibandingkan dengan cat. Jika menggunakan cat, maka akan didapatkan hasil yang menarik sekaligus perlindungan pada kayu. Untuk proses lebih mudahnya Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Pastikan kayu sudah kering dengan MC kayu 12% dan bersih dari debu atau kotoran. Pastikan minyak kayu juga tidak naik agar tidak mempengaruhi penampilan nantinya.
  • Untuk hasil sempurna maka aplikasikan White Agent 250 terlebih dahulu. Campurkan White Agent 250 dengan air perbandingan 1 bahan : 1 air kemudian Anda bisa mengoleskan pada seluruh permukaan kayu secara merata. Tunggu kering hingga warna kayu yang diinginkan didapatkan dan bilas dengan air yang sudah dicampur dengan detergen untuk menghentikan proses memutihkan. Jemur kayu hingga kering benar.
  • Untuk memulai aplikasi Anda bisa menggunakan BioColours Wood Stain Black yang dicampur dengan air perbandingan 1 bahan : 5 air dan semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata dan tunggu kering sekitar 60 menit tanpa dijemur pada panas matahari.
  • Amplas ambang permukaan kayu hingga rata kemudian Anda bisa langsung membersihkan sisa debu amplas dengan kain bersih.
  • Untuk mendapatkan efek patina Anda bisa mengaplikasikan BioColours Bioduco black yang sudah dicampur dengan air perbandingan 1 bahan : 5 air hingga benar-benar encer. Semprotkan bahan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu kering sekitar 60 menit kemudian Anda bisa mengamplas dengan kertas amplas no. 400.
  • Terakhir untuk memberikan perlindungan aplikasikan BioColours Top Coat matte yang telah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian semprotkan hingga merata. Tunggu cat mengering semalaman hingga kering benar.

Cara aplikasi menggunakan cat BioColours yang merupakan cat akrilik water based menjadi solusi Anda yang paling mudah. Anda bisa memilih seberapa jauh Anda akan memberikan warna pada kayu dan sejauh mana hasil yang Anda inginkan.