Warna Charcoal Grey Banyak Digunakan Tahun 2018

2847
Warna Charcoal Grey Banyak Digunakan Tahun 2018

Di tahun 2018 ini sudahkah Anda memilih warna yang menjadi warna pada gaya Anda hingga penghujung akhir tahun ini? Apa warna yang sedang trend di tahun 2018 ini? Jika melihat trend warna menurut Milan Furniture Fair 2018 warna-warna yang akan tersingkir adalah warna cerah seperti dapur dengan warna putih yang mengkilap, warna-warna floreal yang cerah dan juga furniture minimalis yang menampilkan tingkat gloosy yang tinggi.

Warna Charcoal Grey Banyak Digunakan  Tahun 2018

Nah untuk tahun 2018 ini menurut Milan Furniture Fair 2018 warna-warna yang akan trend justru warna dingin seperti warna charcoal grey yang tidak memiliki tingkat glossy.Tak hanya itu warna dari natural stones juga akan muncul.

Misalnya saja tampilan dari dapur yang khas dengan warna gelap, perpaduan dari  warna charcoal grey dengan warna stone natural akan menjadi perpaduan yang banyak digunakan sepanjang tahun 2018 ini. Sedangkan untuk dekorasi portable lighting akan menjadi trend yang juga tinggi.

CS Biovarnish

Dengan begitu warna charcoal grey adalah warna yang akan banyak menghiasi hunian Anda sepanjang tahun 2018. Untuk persiapan trend yang akan datang setelah warna charcoal grey ini Anda juga bisa mempersiapkan bahan suede dan akan banyak desainer yang berkolaborasi dengan furniture-furniture branded.

Jenis Warna Grey

Warna-warna gelap adalah warna-warna yang akan menjadi trend di tahun 2018. Jika Anda ingin mengkombinasikna warna gelap dalam sebuah ruangan maka gunakan warna grey salah satunya adalah warna charcoal grey. Warna grey sendiri ada banyak macam dan berikut ini beberapa daftar warna grey yang bisa menjadi pilihan Anda sebagai warna yang akan menjadi pilihan untuk furniture di rumah:

  • Gainsboro
  • Light Grey
  • Silver
  • Medium Gray
  • Dark Medium Gray
  • Spanish Gray
  • Gray
  • Dim Gray
  • Davy’s gray
  • Jet
  • Middle Grays

Selain pilihan warna grey ada pula warna yang mendketai warna akromatik grey dengan pembagian sebagai berikut ini:

  • Platinum

Warna Charcoal Grey Banyak Digunakan  Tahun 2018

Warna platinum adalah warna yang merupakan logam putih keabu-abuan pucat yang menyerupai platinum logam. Seharusnya warna metalik namun terdapat mekanisme yang menampilkan warna logam seperti pada layar computer datar.  Penggunaan platina yang tercatat sebagai nama warna dalam bahasa Inggris adalah pada tahun 1918. (Maerz and Paul A Dictionary of Color New York:1930)

  • Ash Gray

Warna Charcoal Grey Banyak Digunakan  Tahun 2018

Warna yang ditampilkan adalah abu-abu sesuai dengan warna abu dari benda yang telah terbakar dan menjadi abu. Penggunaan warna ash gray ini pertama kali menjadi nama warna dalam bahasa Inggris adalah tahun 1374. (Maerz and Paul, p. 189; Color Sample of Ash grey)

  • Battleship Gray

Warna Charcoal Grey Banyak Digunakan

Warna cat yang muncuk dari battleship gray adalah dari warna abu-abu dari cat hematit specular micaceous yang digunakan pada kapal besi dan baja tahan karat. (Thornton Kay SalvoNEWS: Shining ore, blotters, black lead and battleship grey)

  • Gunmetal

Warna jenis ini mengacu pada warna abu-abu yang memiliki warna ungu kebiruan.

  • Nickle

Warna Charcoal Grey Banyak Digunakan

Warna nickel ini adalah warna metalik.

  • Charcoal

Warna Charcoal Grey Banyak Digunakan

Warna arang ini adalah warna yang menampilkan warna abu-abu gelap hamper kehitaman efek dari kayu yang terbakar. Warna arang tercatat digunakan dalam bahasa Inggris sejak tahun 1606. (Maerz and Paul)

Psikologi Warna Charcoal Grey Dalam Ruangan

Sebelum membahas lebih lanjut ke dalam psikologi warna abu-abu atau grey atau charcoal grey, sebenarnya mengapa warna charcoal menjadi warna yang trend di tahun 2018? Sebenarnya ada alasan yang emndasar mengapa warna charcoal menjadi trend di tahun 2018.

Di zaman modern ini pembakaran hutan dan juga semua bencana alam mengakibatkan perubahan dari alam itu sendiri salah satunya adalah kayu. Pohon yang terbawa banjir atau pembakaran hutan secara liar ini menghasilkan kayu yang memiliki warna unik seperti warna charcoal, drift wood dan juga warna patina.

Jenis warna yang dihasilkan dari kayu yang dibakar adalah warna arang yang akan memberikan nuansa berbeda ketika diaplikasikan ke dalam ruangan. Bahkan warna charcoal tidak diaplikasikan pada matrial kayu saja namun juga diaplikasikan pada home duco atau material besi.

Ketika warna charcoal grey ini diaplikasikan pada sebuah ruangan maka akan memberikan efek yang berbeda. Warna grey sendiri memiliki efek positif yaitu sifat netral. Dampak psikologi warna abu-abu menurut jurnal dari beberapa peneliti di Inggris warna abu-abu tidak memiliki dampak psikologi secara langsung.

Walaupun kebanyakan orang menganggap bahwa warna abu-abu menggambarkan sifat dperpesi dan menunjukan kurangnya kepercayaan diri dan rasa takut, namun efeknya akan sangat berbeda ketika diaplikasikan di dalam ruangan.

Warna charcoal grey yang digunakan di dalam ruangan akan menunjukan efek dekat dengan alam dan menciptakan suasa nyaman. Karena efek dari warna netral yang didapatkan akan membuat sebuah ruangan menjadi nyaman.

Jika warna charcoal grey menjadi warna yang mendominasi ruang tidur Anda akan membuat istirahat Anda menjadi lebih nyaman. Jadi sangat tepat jika Anda mengikuti trend warna charcoal grey tahun 2018 ini.

Produk Cat Warna Charcoal Grey Untuk Furniture

Anda ingin mendapatkan warna charcoal  grey namun masih bingun bagaimana menempatkan dan memilih jenis warna dengan tingkatan yang tepat. Atau Anda ingin menggunakan home decor warna charcoal grey? Anda harus melihat produk cat warna charcoal grey manakah yang digunakan karena setiap produk cat memiliki warna charcoal yang berbeda.

Salah satu trik untuk mendapatkan warna charcoal Anda bisa menggunakan cat kayu water based warna charcoal atau warna black. Jika material Anda kayu maka gunakan cat kayu BioColours Bioduco Black dengan takaran yang tepat untuk memunculkan warna charcoal grey.

Produk Bioduco ini sangat cocok jika digunakan untuk furniture kayu  pada seluruh jenis ruangan baik itu ruang kamar, ruang keluarga atau ruang tamu. Tak hanya memberikan tampilan cat kayu BioColours Bioduco akan melindungi furniture dari gangguan luar seperti jamur, rayap dan juga cuaca atau kelembaban.

Gangguan tersebut akan membuat furniture yang telah selesai di finishing akan mudah rusak. Jamur akan mudah timbul atau bahkan rayap akan mudah untuk timbul ketika Anda menggunkan cat dengan kualitas yang buruk.

Proses aplikasinya juga sangat mudah yaitu hanya menggunakan air sebagai bahan pelarut yang akan menghemat budget finishing Anda. Proses aplikasi menggunakan spray system.

Cara Menggunakan Cat Warna Charcoal Water Based

Menciptakan furniture warna charcoal tidaklah sulit. Apabila Anda tidak memiliki atau mendapatkan warna charcoal maka Anda bisa menggunakan warna black. Alternatif ini juga bisa Anda praktekan langsung menggunakan BioColours Bioduco Black. Proses aplikasinya diawali dengan proses rustic.

Warna Charcoal Grey Banyak Digunakan
Hasil apllikasi akhir BioColours Bioduco Black untuk warna charcoal grey pada kayu mindi

Ketika Anda akan aplikasi pilihlah terlebih dahulu jenis kayu yang akan dicat. Untuk furniture sebaiknya Anda menggunakan kayu solid yang memiliki kekuatan lebih baik dibandingkan dengan kayu buatan seperti mdf atau partikel board.

Jenis kayu yang banyak digunakan adalah pilihan kayu jati atau kayu mindi bahkan bisa menggunakan kayu sonokeling yang memiliki serat baik. Bentuklah tekstur pada kayu terlebih dahulu menggunakan sikat kawa. Hingga serat kayu terbentuk dengan baik.

Warna Charcoal Grey Banyak Digunakan
Menciptakan tekstur pada kayu

Setelah itu amplas dengan kertas amplas nomor 240 hingga permukaan cukup halus namun jangan sampai merusak tekstur yang telah Anda buat. Jika permukaan sudah cukup halus siapkan produk-produk dan alat yang digunakan.

Alat yang digunakan adalah spray gun dan kompresor, amplas nomor 400. Produk yang dibutuhkan adalah cat kayu BioColours Sanding Sealer, BioColours Bioduco Black dan BioColours Top Coat Matt.

Proses aplikasi yang lengkap adalah sebagai berikut ini:

  • Siapkan permukaan kayu yang sudah selesai di rustic dan sudah benar benar kering dengan MC kayu 15%.
  • Campurkan BioColours Sanding Sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa langsung semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata.
  • Tunggu kering sekitar 60 menit tanpa harus dijemur pada panas matahari setelah itu Anda bisa mengamplas dengan kertas amplas 400. Amplas secara ambang.
  • Campurkan BioColours Bioduco Black dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa langsung semprotkan ke seluruh permukaan kayu.
  • Tunggu kering 60 menit jika sudah kering amplas dengan kertas amplas 400 dan amplas ambang saja.
  • Campurkan BioColours Top Coat Matt dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian semprotkan ke seluruh permukaan hingga rata.
  • Tunggu furniture hingga kering semalaman kemudian baru furniture bisa Anda gunakan.

Bagi Anda yang ingin langsung membeli produk BioColours Bioduco maka bisa langsung membeli di alamat Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta. Bahkan Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut mengenai finishing warna charcoal dan finishing warna lainnya.

Jika Anda berkesempatan untuk datang pada acara Ifex 2018 di Jakarta Convention Hall maka Anda akan langsung dapat melihat praktek aplikasi cat kayu water based untuk warna trend tahun 2018 hingga 2020.

 

 

 

 

CS Biovarnish