Cat Warna Charcoal Yang Banyak Digunakan Di Tahun 2018

417
Cat Kayu Warna Charcoal Yang Banyak Digunakan Di Tahun 2018

Warna charcoal atau yang disebut dengan warna arang adalah warna trend di tahun 2018 ini bersama dengan warna patina. Warna charcoal sendiri adalah warna yang mempresentasikan warna hitam keabu-abuan dari kayu yang telah terbakar.

Penyebutan warna charcoal sendiri pertama kali muncul dalam bahasa Inggris tahun 1606. Dalam ISCC-NBS Dictionary of Color Names (1995) sample warna charcoal terdapat pada sample #187, #229 dan # 234. Sedangkan warna charcoal gray terdapat pada sample warna #266 dan # 267 dan warna charcoal grey pada sample warna #266.

Menurut beberapa desainer warna charcoal yang banyak digunakan di tahun 2018 ini menjadi warna netral yang sangat baik ketika dipadukan dengan warna hitam dan warna netral alternative yang lainnya. Jadi warna charcoal dapat digunakan pada skema warna apa saja.

at Kayu Warna Charcoal Yang Banyak Digunakan Di Tahun 2018

CS Biovarnish

Bagaimana Anda bisa menggunakan cat warna charcoal agar bisa tampak nyata dan memberikan kesan yang dalam? Anda bisa menggunakan sebagai warna aksen dinding yang digunakan pada lemari buku atau lemari yang lainnya. Bahkan warna ini akan memberikan efek yang dramatis pada ruang rias. Warna gelap abu-abu dari charcoal akan memberikan efek lebih dramatis dibantu dengan efek pencahayaan ruangan yang efektif.

Salah satu produk cat  warna charcoal yang banyak digunakan adalah produk Bioduco. Produk cat Bioduco warna charcoal yang sangat popular di pasaran khususnya di tahun 2018 ini. Warna charcoal yang kaya dengan tampilan keabuan dengan sedikit efek kehangatan membuat tampilan yang menarik pada pekerjaan furniture kayu.

Alasan Anda Harus Memilih Warna Charcoal Di Tahun 2018

Di tahun 2018 ini akan ada dua warna yang mendominasi adalah  warna patina dan juga warna charcoal. Warna patina dan warna charcoal adalah warna keabuan yang akan memberikan nuansa baru dalam ruangan. Namun untuk warna charcoal sendiri lebih condong pada tampilan warna kaebuan yang gelap seperti kayu yang telah terbakar khas arang.

Ada beberapa alasan penting mengapa Anda harus memilih warna charcoal untuk furniture di rumah Anda selain dapat digunakan dalam memberikan aksen dinding. Berikut ini beberapa alasannya;

  • Anda akan mendapatkan nuansa kehangatan

Tidak hanya warna natural kayu saja yang bisa memberikan efek kehangatan. Namun warna charcoal dengan abu-abu gelap  juga bisa memberikan kehangatan karena warna yang dihasilkan tetap dekat dengan alam yaitu kayu.

  • Bisa diaplikasikan pada apa saja

Tidak seperti warna natural yang hanya bisa digunakan pada serat alam saja. Warna charcoal yang digunakan di dalam ruangan juga bisa diaplikasikan pada material selain kayu seperti besi. Warna charcoal juga bisa Anda gunakan sebagai aksen ruangan misalnya seperti pada tirai, sofa, karpet permadani dan lain sebagainya.

  • Bisa digunakan pada berbagai macam desain

Seperti para kata desainer luar negeri bahwa warna charcoal adalah warna yang bisa digunakan pada banyak jenis gaya. Maka warna ini tidak jauh seperti warna natural yang akan masuk ketika digunakan pada gaya-gaya seperti mid century, gaya klasik, gaya futuristic, gaya minimalis dan gaya yang lainnya.

Sangat bervariasi memang warna charcoal yang menjadi trend di tahun 2018 ini. Anda bisa melakukan proses recoating furniture natural Anda menggunakan cat kayu warna charcoal seri Bioduco yang bisa Anda dapatkan melalui website ini.

Aplikasi Warna Charcoal Pada Furniture

Sebelum masuk ke dalam produk cat kayu warna charcoal maka ketahuilah di mana saja warna charcoal dapat digunakan dan bisa menghiasi ruangan. Jika Anda ingin mendapatkan warna charcoal ini aplikasinya sangat luas pada berbagai macam jenis furniture.

Baik itu pada gaya mid century modern, pada gaya futuristik bahkan pada gaya minimalis. Warna charcoal akan mewujudkan ruangan yang penuh dengan tampilan segar dan juga unik. Ingin tahu dimana saja warna charcoal cocok digunakan pada furniture? Berikut ini macam-macam aplikasi warna charcoal.

Cat Kayu Warna Charcoal Yang Banyak Digunakan Di Tahun 2018
Tempat tidur gaya kontemporer dengan warna charcoal
Cat Kayu Warna Charcoal Yang Banyak Digunakan Di Tahun 2018
Dining set gaya mid century modern dengan warna charcoal
Cat Kayu Warna Charcoal Yang Banyak Digunakan Di Tahun 2018
Tampilan coffee table dengan warna charcoal
Cat Kayu Warna Charcoal Yang Banyak Digunakan Di Tahun 2018
Gaya vintage warna charcoal
Cat Kayu Warna Charcoal Yang Banyak Digunakan Di Tahun 2018
Top table warna charcoal

Jenis Cat Kayu Warna Charcoal Yang Aman Digunakan

Alasan mengapa warna charcoal muncul adalah karena pelapukan kayu atau pembakaran kayu yang menimbulkan efek artistic pada kayu itu sendiri. Namun untuk mewujudkan tampilan warna charcoal bukan berarti Anda harus membakar kayu hingga munculwarna charcoal itu sendiri. Prosesnya bisa menggunakan cat kayu warna charcoal yang kini tersedia dalam merk cat kayu BioColours Bioduco Colours.

Produk ini  merupakan produk cat kayu warna charcoal yang terbuat dari air. Jadi sangat berbeda dengan cat kayu warna solid berbahan solvent. Hasiil warna charcoal yang dihasilkan akan sangat mendekati warna aslinya yaitu hitam keabuan. Cat water based ini akan sangat menghemat bahan baku dan menghemat budget finishing Anda.

Proses aplikasi seluruhnya menggunakan spray system yang akan menghasilkan tampilan lebih rata dan juga tahan lama. Kehebatan dari produk Bioduco ini adalah daya tutup yang sempurna dengan daya sebar sekitar 8 hingga 10 kg/ m2. Tanpa harus menutup serat kayu Anda akan mendapatkan finishing dengan pori kayu terbuka khas dengan tampilan arang pada aslinya.

Cat kayu BioColours Bioduco aman dan juga ramah lingkungan karena sifat water based yang diberikan. Pembuatan produk ini sesuai dengan standar regulasi ECHA dan US EPA yang membatasi penggunaan bahan logam berat yang berbahaya bagi tibu manusia. Jadi selain tampilan yang mendekati warna charcoal, keamanan cat juga sangat terjamin.

Jika Anda mengaplikasikan pada furniture kayu maka cat kayu BioColours Bioduco ini akan memberikan perlindungan dari segi jamur hingga rayap karena telah mengandung bahan anti jamur dan juga anti rayap. Anda akan aman apabila furniture digunakan pada area outdoor.

Pemilihan cat kayu ini juga menjadi pertimbangan yang sangat penting. Karena warna charcoal terbilang warna baru dan bukanlah warna standar maka ada banyak sekali tingkatan warna charcoal dari setiap merk cat kayu. Bahkan dari setiap merk tersebut akan memberikan efek yang berbeda.

Harga cat kayu warna charcoal biasanya juga menjadi salah satu pertimbangan khususnya bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia industry. Jika Anda menggunakan cat kayu BioColours water based ini maslaha budget tentu akan sangat hemat dibandingkan dengan cat solvent dimana Anda juga harus membeli dan menyiapkan bahan solvent yang tidak murah.

Jadi selain aman dan ramah lingkungan, cat kayu BioColours Bioduco juga memberikan hemat budget bahkan memberikan warna dan perlindungan pada furniture di rumah Anda dengan baik.

Cara Membuat Warna Charcoal Pada Furniture Dengan Bioduco Charcoal

Anda ingin langsung praktek menciptakan furniture dengan warna charcoal? Jangan khawatir karena Anda bisa langsung aplikasi menggunakan produk BioColours Bioduco charcoal. Untuk mengaplikasikan sebelumnya Anda harus mempersiapkan furniture yang menggunakan kayu solid.

Cat Kayu Warna Charcoal Yang Banyak Digunakan Di Tahun 2018
Hasil finishing Bioduco Charcoal

Kayu solid memiliki tekstur kayu yang keras dan juga kaus sehingga proses pembuatan serat kayu atau rustic lebih mudah dibandingkan dengan kayu buatan seperti venner terlebih lagi blockboard. Jenis kayu solid yang direkomendasikan adalah kayu jati atau kayu mindi.

Setelah furniture sudah Anda siapkan maka langkah selanjutnya adalah menciptakan tekstur, caranya mudah yaitu menggunakan sikat kawat dan disikatkan ke permukaan kayu hingga tercipta tekstur seperti kayu yang sudah berumur lama.

Apabila pembentukan tekstur sudah selesai Anda bisa langsung mengkhaluskan permukaan kayu dengan kertas amplas nomor 240. Namun perhatikan jangan sampai tekstur yang telah dibuat hilang. Cukup untuk menghaluskan permukaan kayu saja.

Bersihkan permukaan menggunakan kain apabila proses amplas dirasa sudah cukup dan permukaan kayu sudah halus. Untuk membersihkan serbuk amplas dalam cekungan kayu Anda bisa menghilangkannya menggunakan sikat gigi.

Apabila persiapan kayu sudah selesai maka Anda bisa masuk ke tahapan pengecatan menggunakan Bioduco Charcoal. Siapkan bahan BioColours Bioduco Charcoal, BioColours Top Coat Matt, gelas plastik, air, pengaduk dan juga spray gun. Jangan lupa amplas alumunium oxide nomor 400.

Cara aplikasi warna charcoal adalah sebagai berikut:

  • Campurkan BioColours Bioduco dengan air perbandingan 1 bahan : 2 air kemudian diaduk di dalam gelas plastik.
  • Semportkan ke seluruh permukaan furniture kayu hingga rata tipis-tipis saja.
  • Tunggu permukaan menjadi kering sekitar 60 menit tanpa dijemur pada panas matahari cukup diangin-anginkan saja.
  • Amplas ambang dengan kertas amplas 400 hingga permukaan rata.
  • Aplikasikan kembali campuran Bioduco dengan spray gun ke seluruh permukaan kayu hingga rata.
  • Tunggu permukaa menjadi kering kemudian langkah terakhir adalah aplikasi top coat.
  • Campurkan BioColours Top Coat Matt dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk dan semprotkan ke seluruh permukaan kayu.
  • Diamkan furniture sekitar satu malam dalam kondisi ruangan yang bersih dan bebas debu.

Cara aplikasi di atas bisa Anda aplikasikan pada berbagai macam jenis furniture. Untuk hasil yang lebih maksimal lagi Anda bisa mengaplikasikan BioColours Top Coat Matt dua kali. Aplikasi dua kali akan memberikan lapisan film yang lebih kuat bahkan tahan terhadap goresan.

Jika Anda ingin mendapatkan produk BioColours Bioduco Charcoal ini Anda bisa datang langsung ke alamat Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta. Bagi Anda yang sedang melakukan proyek maka Anda bisa memesan dalam skala besar. Untuk pemesanan dari wilayah luar jogja bisa langsung menghubungi ke nomor 0274 388301.

Bagi Anda yang ingin melihat langsung cara aplikasi cat kayu BioColours Bioduco, datang ke booth Bio Industries pada Ifex 2018 yang bertempat di Jakarta Convention Hall tanggal 9 hingga 12 Maret 2018. Anda bisa bertanya langsung pada pakar finishing charcoal dari Bio Industries yang akan mengajarkan finishing secara live.