Ikuti 4 Cara Mudah Mengecat Kayu dengan Pernis Plitur Water Based

Apakah Anda adalah pemula di bidang finishing? Jika iya sebaiknya pelajari terlebih dahulu bagaimana cara  mengecat kayu untuk mendapatkan hasil finishing yang terbaik. Jika tidak maka hasil finishing terutama untuk finishing varnish tidak sesuai dengan harapan Anda. Ada banyak kendala jika Anda tidak melakukan proses finishing dengan baik dan sesuai seperti proses aplikasi yang kotor atau proses pengamplasan yang tidak tepat. Oleh karena itu Anda harus memperhatikan apa saja yang harus diperhatikan ketika finishing menggunakan varnish.

Iklan Biothane utama

Cara Mengecat Kayu

Mengecat kayu tidak bisa asal-asalan karena ada banyak sekali cara yang harus dilakukan jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu berikut ini tiga tips yang bisa digunakan jika Anda masih pemula dan sering merasakan banyak kesalahan dalam hal finishing.

— Bersihkan Alat —

Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan alat yang digunakan. misalnya saja Anda menggunakan kuas untuk proses finishing. Sebaiknya Anda menggunakan alat yang bersih dan juga kering. Gunakan alat yang barus jika untuk kuas.

Tentu saja untuk kuas Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Berbeda jika anda menggunakan spray system. Pastikan spet tidak buntu caranya adalah gunakan air untuk membersihkannya kemudian semprotkan pada bidang yang tidak terpakai.

Kuas yang kotor akan membuat sisa cat kering yang menempel pada kuas bisa saja terjatuh ketika Anda mengaplikasikan. Sama halnya dengan spray system jika Anda menggunakan spet yang kotor maka cat tidak akan keluar dengan sempurna dan hasilnya tidak rata.

— Kebersihan Tempat Penyimpanan —

Selain kebersihan alat Anda juga harus memperhatikan kebersihan tempat penyimpanan cat. Oleh karena itu sebaiknya Anda lebih baik menggunakan produk cat yang baru dan jangan menggunakan produk cat yang lama.

Produk cat yang lama adalah cat yang sudah Anda simpan namun pada bagian kemasan dalam kaleng terdapat cat yang mengering. Nah ketika pengadukan maka akan membuat cat yang mengering tercampur menjadi satu. Ketika cat kering bercampur ke dalam cat yang akan diaplikasikan maka permukaan furnitur yang akan diaplikasikan akan tidak rata.

— Persiapan —

Persiapan mengenai kayu atau material yang akan difinishing. Pada persiapan material Anda harus memastikan bahwa sudah siap untuk difinishing. Sebaiknya material sudah diamplas terlebih dahulu.

Pengamplasan akan membantu permukaan kayu yang menjadi lebih halus dan rata. Tak hanya itu, pengamplasan juga akan membuka pori kayu agar produk varnish bisa masuk ke dalam kayu dan melekat dengan baik. Jika permukaan material ini sudah diamplas dan memiliki permukaan yang bersih dan juga halus maka tinggal menentukan posisi dari material yang digunakan sebelum diaplikasikan.

Posisi dari material yang akan diaplikasikan sebaiknya horisontal bukan vertikal. Ketika cara Anda melakukan pengecatan secara vertikal maka Anda akan merasakan banyak kesulitan ketika Anda mengecat kayu. Maka selalu posisikan serat furnitur baik itu meja atau kursi secara horisontal agar lebih mudah untuk mengaplikasikan baik itu kuas maupun spray.

— Proses Aplikasi —

Tips terakhir ini adalah ketika Anda mengaplikasikan cat. Apabila Anda mengaplikasikan menggunakan maka jangan meletakan atau menggunakan bibir tutup kaleng untuk menhilangkan kelebihan kandungan cat di dalam kuas. Ini akan membuat banyak sisa cat yang menimbulkan kerak di dalam kaleng cat. Ini akan mempersulit penyimpanan sisa cat jika ada sisa atau kelelbihan cat. Sisanya adalah proses pengeringan.

Selalu ingat proses pengeringan varnish yang merupakan top coat atau clear coat kayu ini dibutuhkan waktu tidak hanya setengah hari bahkan dibutuhkan waktu hingga semalaman. Bahkan ada juga jenis cat yang membutuhkan full curing selama 7X24 jam. Ini akan memakan waktu yang sangat lama.

Maka ketika tahpan ini Anda harus memastikan bahwa ruangan benar-benar bersih dan jua bebas dari debu. Ketika masih ada debu yang berterbangan dan juga masih banyak sisa debu amplas maka debu tersbut menempel pada permukaan furniture yang belum kering sehingga permukaan kayu tidak akan rata dan juga hasil finishing tidak akan maksimal.

Kenali Dulu Varnish Yang Digunakan

Sebelum Anda menggunkana produk varnish maka Anda harus memperhatikan dan juga memilih bahan finishing yang akan digunakan. Selalu tentukan pertama adalah jenis varnish apakah yang akan Anda gunakan lalu hasil finishing apakah yang akan dinginkan. Di Indonesia terdapat dua jenis bahan varnish yang bisa Anda pilih yaitu water based varnish dan solvent based.

finishing-varnish

Pada zaman dahulu jenis varnish yang digunakan adalah varnish resin yang dicampur dengan solvent kemudian sebelum digunakan varnish ini harus dilarutkan dengan spritus. Jneis varnish inilah yang disebut dengan shelac gum bentuknya padat dan seperti kepingan. Jenis varnish yang saat ini banyak digunakan adalah varnish solvent seperti polyurethane yang memiliki ketahanan lebih bagus dan juga tinggi. Varnish solvent ini mampu digunakan pada furnitur indoor maupun outdoor. Namun ada juga jenis varnish lain yang bisa anda pilih dan juga gunakan.

Jenis vanrish yang lain adalah varnish water based. Berbeda dengan varnish solvent yang terbuat dari resin dan juga solvent. Varnish water based memang menggunakan resin namun jumlahnya sangat sedikit dan menggunakan bahan pelarut air, bukan thinner maupun spiritus. Jika Anda ingin membandingkan keduanya baik itu solvent dan juga water based maka Anda bisa melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah dalam hal jenis varnish yang direkomendasikan adalah produk varnish water based. Saat ini maslaha mengenai kesehatan menjadi perhatian yang sangat tinggi dan juga menjadi perhatina di berbagai negara. Maka diciptakanlah produk varnish water based yang bebas logam berat yang menjadi pemicu utama dari masalah kesehatan. Dibandikan dengan solvent yang memiliki kandungan logam berat yang sangat berbahaya dan varnish water based menjadi produk yang sangat direkomendasikan.

Hasil Varnish Water Based

Jika dilihat dari segi hasil, produk varnish water based akan diunggulkan karena memiliki hasil yang lebih baik dan juga proses aplikasi yang lebih mudah. Jika varnish solvent sangat mudah untuk menguning, varnish water based tidak karena produk ini tidak mengandung formalin yang tinggi dan akan menimbulkan gas amonia. Tak hanya itu proses aplikasi varnish water based sangat mudah yaotu tidak tergantung dengan panas matahari. Proses kering tanpa panas matahari bisa didadapatkan kapan saja baik itu pada saat musim penghujan kering yang didapatkan adalah kering sempurna tidak mengembun.

Produk Biovarnish Yang Direkomendasikan

wood stain

Rekomendasi produk untuk jenis varnish water based ada di hadapan Anda sekarang ini. Anda bisa menggunakan produk Biovarnish sebagai bahan finishing warna natural transparan yang tidak akan menguning dan akan memperlihatkan efek mengembun. Produk Biovarnish adalah produk cat kayu yang memiliki banyak pilihan warna dengan warna favorit yaitu walnut brown, yallow ox, candy brown, light brown dan salak brown.

Produk Biovanrish adalah produk yang mudah diaplikasikan yaitu dengan kuas dan juga air. Anda tidak membutuhkan perlatan yang sulit jika akan melakukan proses finishing furnitur kayu, riotan dan juga bambu. Kapan saja Anda bisa mengaplikasikannya cukup dengan suhu udara ruang dan diangin-anginkan saja cat Biovanrish akan kering dalam waktu sekitar 60 menit saja. Jadi jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda bisa menggunakan produk Biovarnish.

Alasan lain mengapa Anda harus memilih produk Biovarnish adalah karena perlindungan yang didapatkan yaitu sudah dilengkapi dengan bahan anti jamur, anti rayap dan juga dibentuk lapisan film yang kuat dan tahan oleh perubahan cuaca. Maka Anda tidak perlu kahwatir jika ingin menggunakan produk Biovarnish untuk finishing furnitur outdoor. Untuk mendapatkan produk cat kayu Biovarnish ini Anda bisa menghubungi agen Biovarnish di kota Anda atau bisa juga menghubungi HotLine kami pada link ini https://bit.ly/InfoLanjutanCatKayu.

Iklan Biothane Banner perkenalan

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Coating Schedule"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.