Yuk Ikuti Tiga Langkah Mudah Mengecat Ulang Tempat Tidur Kayu

Sebelum Anda masuk ke dalam tahapan pengecatan maka ada hal yang perlu Anda ketahui dan lakukan. Yaitu apakah lapisan cat yang lama harus dihilangkan atau tidak. Baik itu ketika Anda akan melakuan pengecatan tempat tisur kayu atau pada material furnitur lama lainnya.

Kadang-kadang kayu hanya membutuhkan sedikit sendituhan pengecatan ulang karena tidak banyak cacat yang timbul. Sebaliknya jika banyak lapisan cacat pada cat maka Anda perlu mengecat ulang semua bagian.

Ketika Anda membeli tempat tidur bekas dari toko barang bekas maka Anda perlu melakukan beberapa perbaikan. Namun ada juga yang beranggapan bahwa tidak melakukan pengecatan ulang pada mebel antik adalah hal yang wajib. Nah daripada Anda bingung mengatasi pendapat tersebut maka Anda harus jeli dand apat menentukan sendiri apakah Anda akan melakukan pengecatan ulang atau tidak.

Jika Anda bertanya-tanya apa tanda-tanda yang harus Anda cari ketika memutuskan untuk mempolitur mebel antik atau jika Anda harus mendiamkannya saja. Ada beberapa pertimbangan awal untuk dilihat.

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Pengecatan Ulang

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melihat bagian yang unik dan menentukan apakah perlu melakukan proyek pengecatan ulang pada tempat tidur kayu lama Anda atau tidak. Tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan berikut:

  • Apakah karya itu telah dicat? Jika sebuah karya dicat, biasanya ada alasan untuk itu. Pemilik mengecat tempat tidur ketika mereka mencoba untuk menutupi penyok, cacat dan ketidaksempurnaan lainnya. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin lebih baik memilih sepotong yang hanya memiliki pernis di atasnya. Ketika Anda memilih tempat tidur dari kayu yang dicat dengan pernis maka Anda bisa lebih mudah melihat apakah terjadi cacat pada permukaan kayu.
  • Apakah tempat tidur itu dibuat dengan kokoh? Furnitur buatan sebelum tahun 1960-an umumnya dibuat dari kayu solid. Furnitur apa pun setelah itu biasanya tidak terbuat dari kayu solid namun terbuat dari laminasi dan papan partikel. Bahan-bahan ini biasanya tidak layak untuk digunakan bahkan dicat ulang. Di sisi lain, furnitur kayu yang lebih tua dari sebelum 1850 bisa sangat berharga. Jika Anda tidak yakin nilai furnitur itu, konsultasikan dengan ahli barang antik sebelum memulai proyek pengecatan.
  • Tiga Langkah Mudah Mengecat Ulang Tempat Tidur Kayu Apakah konstruksi stabil dan tidak perlu ditata ulang? Uji kekuatannya. Jika bergoyang dari satu sisi ke sisi atau jika tidak rata atau terlepas di beberapa bagian, maka perlu dipisahkan dan dilem ulang untuk memastikannya stabil. Tanyakan pada diri Anda apakah ini langkah yang bisa Anda lakukan. Jika ya, bisakah Anda melakukan ini sendiri atau apakah Anda harus menyewa seorang ahli untuk melakukannya? Jika Anda secara khusus bertanya-tanya bagaimana cara memoles lemari kayu, perhatikan bagian seluruhnya dan apakah Anda dapat melakukannya sendiri.
  • Apa hasil yang akan didapatkan setelah dicat ulang dan diperbaiki? Seringkali ketika barang antik diperbaiki, warnanya akan berubahlebih gelap dari kayu asli. Untuk mendapatkan gambaran tentang seperti apa keadaan yang sudah selesai, temukan area bagian yang masih asli dan in-tact. Apa pun warnanya, Anda bisa membayangkan warna apakah yang akan menjadi hasilnya. Juga, tanyakan pada diri Anda apakah Anda suka serat kayu atau tidak. Jika tidak, maka tidak ada gunanya menginvestasikan waktu Anda untuk megecat ulang dengan pernis, Anda bisa memilih warna duco untuk menutupnya.

Berdasarkan jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda harus dapat menentukan berapa banyak watu Anda sendiri yang bisa di investasikan ke dalam proyek pengecatan ulang furnitur. Jika Anda memutuskan untuk bergerak maju dengan proyek perbaikan furnitur setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, maka langkah selanjutnya adalah menentukan bagaimana Anda akan melakukannya.

Langkah Pegecatan Tempat Tidur

Bingkai tempat tidur kayu dapat menambah karakter ke kamar tidur. Kayu memiliki sifat solid, dan dapat menunjukan keindhan serta kekuatan. Namun, banyak bingkai tempat tidur kayu berasal dari pabrikan yang memiliki wood stain tampak lebih gelap dan tidak menampilkan serat kayu. Tapi, Anda tidak harus menggunakan tempat tidur dengan warna tersebut itu. Wood stain hanya beberapa sentimeter dalamnya. Anda dapat mengampelasnya dengan tangan dan mengaplikasikannya kembali.

Sebelum Anda mulai memperbaiki bingkai tempat tidur Anda, hapus semua linen, kasur, dan kotak pegas, dan sisihkan. Anda bisa memasangnya kembali atau mengganti dengan yang baru.

Untuk hasil dan keamanan terbaik, bongkar rangka tempat tidur menjadi beberapa bagian agar Anda dapat dengan mudah melepaskannya dari kamar tidur dan letakkan di area berventilasi baik, seperti garasi atau teras tertutup.

Tiga Langkah Mudah Mengecat Ulang Tempat Tidur Kayu

Penting bahwa Anda bekerja di area yang berventilasi baik ketika mengerjakan proyek sebesar ini sehingga semua asap dan debu pengamplasan kimia dapat dengan mudah keluar dari area tersebut. Disarankan juga agar Anda mengenakan masker atau respirator untuk mencegah Anda menghirup bahan kimia atau mengampelas debu.

  1. Pembersihan

Debu, kotoran, dan partikel lain menumpuk dari waktu ke waktu. Penting bahwa Anda menghilangkannya sebelum memulai perbaikan. Jika Anda menerima bingkai tempat tidur Anda pernah digunakan, itu bahkan lebih penting bahwa Anda membersihkannya karena alasan sanitasi. Anda harus selalu membersihkan perabotan bekas sebelum menggunakan.

Untuk hasil terbaik, gunakan larutan air dan cuka untuk membersihkan perabotan kayu. Ini tidak hanya membantu menghilangkan bau, tetapi itu juga cara alami untuk menyingkirkan kuman.

Jika Anda khawatir tentang kuman lain, kutu busuk, atau hama lainnya di bingkai tempat tidur, semprotlah dengan semprotan disinfektan dan / atau penyemprotan serangga dalam ruangan yang aman.

Kiat: Jika Anda menyemprotkan semprotan serangga ke bingkai tempat tidur, usap ke bawah setelah mengering untuk menghilangkan residu apa pun. Gunakan produk khusus penghilang serangga seperti BioCide yang aman.

  1. Perbaikan dan Pengamplasan

Setelah rangka tempat tidur benar-benar bersih dan kering, perbaiki area yang rusak. Gunakan wod filler atau dempul untuk mengisi retakan, penyok atau cacat dalam bingkai. Jika rangka Anda rusak parah, Anda mungkin perlu mengganti bagian bingkai dengan potongan kayu baru atau menggunakan lem kayu dan klem untuk memperkuat bagian rangka yang rusak.

Biarkan bagian yang diperbaiki kering semalam atau hingga 24 jam, tergantung pada jenis perbaikan yang Anda buat.

Ketika dempul kayu, wood filler atau lem kering, tempelkan seluruh frame dengan amplas dengan grit yang tinggi untuk menghaluskan permukaan dan menghilangkan kelebihan dempul, wood filler atau lem. Untuk hasil terbaik, dan untuk membantu tangan Anda dari kram, gunakan sander listrik atau blok pengamplasan.

Bersihkan seluruh frame dengan lap lembab untuk menghilangkan debu pengamplasan yang berterbangan.

  1. Pengecatan

Cat atau wood stain bingkai tempat tidur Anda, tergantung pada tampilan yang Anda inginkan untuk bingkai tempat tidur Anda.

  • Jika Anda ingin mengecat bingkai tempat tidur Anda dengan warna solid, gunakan beberapa lapisan tipis primer. Untuk hasil terbaik, gunakan cat sprayer untuk mengaplikasikan primer dan cat. Ini juga akan memungkinkan Anda menyelesaikan pekerjaan lebih cepat daripada menggunakan roller dan / atau kuas. Setelah primer mengering, aplikasikan beberapa lapis tipis cat warna solid.
  • Jika Anda ingin mendapatkan warna natural dari rangka tempat tidur Anda, aplikasikan wood staindan tindak lanjuti dengan poliuretan untuk mengunci dan melindungi wood stain. Pastikan untuk mengikuti petunjuk label penggunaan wood stain dan poliuretan karena setiap merk memiliki kondisi dan jumlah campuran pelarut berbeda-beda.

Setelah Anda mengecat atau menggunakan wood stain pada bingkai tempat tidur Anda, biarkan kering semalam atau sampai tidak lagi lengket. Kemudian, kembalikan bingkai ke kamar tidur dan kembalikan lagi. Tempat tidur Anda sekarang siap untuk digunakan.

Apakah Produk yang Bagus untuk Tempat Tidur Kayu Warna Natural?

Pada hasil pengecatan, warna natural adalah yang paling mudah dicapai hasil sempurnanya dibandingkan warna solid. Alasannya adalah warna natural menggunakan cat kayu dengan warna transparan. Otomatis hasilnya akan lebih halus, walaupun Anda tidak berpengalaman mengecat sekalipun. 

Jenis cat natural yang tepat untuk diaplikasikan adalah water based, karena cat ini rendah kandungan organik seperti timbal dan formalin. Selain itu keamanannya akan terjamin, membuat tempat tidur nyaman digunakan untuk beristirahat. Anda tak perlu terganggu dengan aroma menyengat dari cat. 

Biovarnish, adalah produk yang sangat direkomendasikan. Produk berpelarut air ini tidak mengeluarkan aroma menyengat karena kandungan bahan organiknya sangat dibatasi. Tingkat keamanannya yang terjamin bukan hanya keamanannya yang diberikan. Tapi baik dari segi aplikasi, hasil tampilan dan perlindungannya sangat dibutuhkan furniture. 

Kualitas Biovarnish untuk Tempat Tidur Kayu

Setiap produk cat selalu memiliki kelebihannya masing-masing. Khusus untuk Biovarnish ada beberapa aspek yang menjadikannya banyak dipilih pengrajin dan DIY. Hemat adalah kata yang tepat untuk menggambarkan produk ini. Karena Anda hanya membutuhkan bahan air sebagai pelarutnya sebagai pengganti thinner yang biasa digunakan pada cat solvent. 

Dari segi tampilan, proses aplikasi dan perlindungan, inilah kualitas yang diberikan dari cat pernis Biovarnish.

  • Proses aplikasi hanya dengan kuas

Kuas adalah salah satu pilihan alat yang paling sederhana selain spray gun. Alat ini paling sering digunakan untuk DIY dan pengrajin furniture untuk meningkatkan daya jual mebel.  Kuas juga merupakan alat yang paling mudah ditemukan dengan harga murah. Biovarnish hanya membutuhkan kuas untuk mengaplikasikannya. 

Jenis kuas yang dipilih haruslah berbulu nilon dan hindari kuas bulu alami. Karena nilon adalah bahan yang kompatibel dengan air. Kuas tak akan mengeras bahkan mudah rontok. 

  • Hasil sapuan halus 

Banyak yang ragu dengan kuas karena takut bekas sapuan kuas muncul. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan Biovarnish. Cat Biovarnish adalah jenis yang mudah larut dengan air, tidak mengendap bahkan mengeras. Anda tentu akan mendapatkan hasil sapuan yang halus pada permukaan tempat tidur. 

Jika ingin halus lagi, belajar teknik menguas akan sangat membantu. Hasil finishing tempat tidur pun tak kalah rapinya dengan yang Anda beli di toko. 

  • Memiliki banyak pilihan warna

Biovarnish terdiri dari empat produk yaitu wood filler, liquid stain, sanding sealer dan clear coat. Di antara keempat produk, liquid stain berfungsi untuk memberikan warna natural. Dan bisa memilih 20 warna natural yang telah disediakan. Warna natural ini yang bisa disesuaikan dengan desain ruangan. 

Mulai dari warna jati, mahoni, oak, sonokeling, walnut, cherry dan masih banyak lainnya. 

  • Ketahanannya terhadap kelembaban

Ketika Biovarnish diaplikasikan secara lengkap dan benar maka lapisan pelindung pada tempat tidur kayu akan terbentuk. Lapisan ini akan melindungi furniture Anda dari serangan kelembaban yang sering terjadi. Tak hanya itu, perlindungan dari jamur serta perubahan cuaca pun cukup tinggi. 

Tak heran jika Biovarnish bukan hanya bisa digunakan untuk melindungi furniture indoor tetapi juga outdoor. 

  • Daya rekat tinggi tak mudah retak

Biovarnish adalah jenis cat yang bisa memberikan kekuatan pelindung. Oleh karena itu daya rekatnya dirancang sangat baik. Sekali diaplikasikan akan melekat ke dalam pori kayu. Selain lapisannya keras dan kuat tetapi juga fleksibel. Kayu yang memiliki sifat memuai dan menyusut ini tak akan mempengaruhi lapisan coating. 

Inilah kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan Biovarnish untuk finishing tempat tidur di rumah. Jika ingin mendapatkan produk secara langsung bisa melalui link berikut ini:

  1. https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish
  2. https://shopee.co.id/biovarnish.official
  3. https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU