You are currently viewing Tips dan Trik Dekorasi Rumah Industrial dengan Kayu Jati Belanda 

Tips dan Trik Dekorasi Rumah Industrial dengan Kayu Jati Belanda 

Rumah bergaya industrial bisa dibilang adalah desain yang belum selesai atau unfinished design. Gaya industrial ini cukup diminati dengan beragam desain alternatif, salah satunya memanfatakan material kayu jati belanda.

Jenis kayu yang satu jati belanda ini murah dan sangat mudah didapatkan serta dapat memperkuat kesan industrial pada sebuah hunian. Anda yang ingin membuat kamar, ruang tamu atau ruang keluarga dengan desain ini bisa memaksimalkan jati belanda. 

Bagaimana caranya dan seperti apa tips serta trik agar kayu bisa berubah menjadi dekorasi yang memperkuat desain industrial? Simak penjelasannya. 

Baca Juga : tips dan trik cara untuk mengkilapkan furnitur kayu pallet dengan mudah

7 Tips dan Trik Membuat Rumah Bergaya Industrial Menggunakan Jati Belanda

Dekorasi kayu jati belanda pada ruang tamu industrial

Ciri utama dari desain industrial dapat dilihat dari bagian dinding yang belum selesai difinishing. Bisa juga hanya dengan memberikan warna aksesn abu-abu dari dinding yang baru selesai diplamir. 

Tidak hanya dinding, pada bagian lantai biasanya juga memanfatakan material seperti beton, ubin, atau newport. Berbeda dengan dinding dan lantai yang warnanya cenderung abu-abu, pada bagian dekorasi ada dua material yang banyak digunakan, yakni kayu dan logam.

Baca Juga : tips dan trik membuat bambu mengkilap dengan cat untuk bambu mengkilap

Oleh karena itu, kayu jati belanda bisa menjadi alternatif dekorasi terbaik. Selain menghemat budget, kayu ini juga bisa menampilkan kesan yang tak kalah dengan kayu mahal lainnya. 

Berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk mewujudukan desain industrial di rumah. 

1. Head Bed Jati Belanda Bekas 

Memanfaatkan material bekas adalah salah satu trik untuk mendaur ulang. Anda bisa memanfaatkannya di ruang tidur. Berikan head bed dari jati belanda bekas yang mungkin saja sudah memiliki finishing sedikit mengelupas dan berpenampilan rustic. 

Head bed ini akan memperkuat kesan industrial yang terkesan belum selesai di finishing. Anda bisa menggunakan kayu palet yang disusun secara horizontal sebagai head bed. Jika perlu pergunakan juga kayu untuk bagian alas tempat tidur. 

Sangat tepat jika Anda menggunakan konsep tempat tidur lesehan dengan alas kayu palet disusun berbentuk kerangka. Biarkan warna asli dari kayu untuk bagian tempat tidurnya. 

2. Menggunakan Stool sebagai Pengganti Nakas 

Masih ada di bagian kamar tidur, Anda bisa mendekorasi bagian samping kasur dengan nakas berupa stool (bangku kecil). Stool dari jati belanda akan tampak artistik dengan finishing natural. 

Pilih stool dengan ketinggian yang sesuai sehingga nyaman digunakan untuk meletakan barang di atasnya. Anda bisa menyesiakan warna stool ini dengan tempat tidur agar tampak harmoni. 

Apabila masih terlihat seperti kosong, di sebelah stool sejajar dengan dinding bisa juga ditambahkan pot. Pilih pot yang tingginya mirip dengan stool. Trik ini akan mengurangi kekosongan dari dinding yang polos. 

3. Box Kayu Palet sebagai Tempat Buah 

Beralih ke area dapur atau ruang makan, sebagai dekorasi Anda bisa menyusun box kayu palet sebagai tempat buah. Layaknya display di supermarket bahan organik, Anda bisa meletakan sayuran atau buah di dalamnya. 

Warna palet kayu yang putih ini akan membuat penampilan dapur dan ruang makan jadi lebih bersih. Anda bisa memilih finishing matte pada box kayu ini agar terlihat lebih natural. 

Bisa juga meletakan box kayu di atas meja makan khusus untuk tempat buah dan roti. Sesuaikan ukuran box kayu supaya tidak terlalu memenuhi meja. 

4. Peti Jati Belanda sebagai Meja Ruang Tamu 

Dekorasi ini sangat bermanfaat bagi pemilik rumah, karena Anda juga bisa menyimpan aneka barang di dalamnya. Jika biasanya meja yang dipilih terbuat dari besi dengan top table kaca, kali ini Anda bisa menggantinya dengan sebuah peti. 

Pilih desain peti dengan kunci gembok besi dari desain klasik kemudian buat peti dari kayu. Sesuaikan ukuran besi dengan besar kecilnya ruang tamu. Anda bisa memasukan barang seperti bantal sofa di dalamnya. 

Selain dekorasi yang menarik, meja dari peti ini juga sangat kokoh. Finishing bisa menggunakan warna senada dengan satu seta sofa atau kursi tamu. 

5. Tangga Kayu sebagai Rak 

Jika peti kayu berfungsi sebagai mebel dan dekorasi, Anda juga bisa mendapatkan fungsi yang sama dengan meletakan tangga kayu yang berfungsi sebagai rak atau tempat gantungan. 

Pilih tangga yang dibuat dari batang kayu jati belanda langsung sehingga masih terlihat banyak mata kayunya. Jika ingin digunakan sebagai gantungan Anda bisa meletakkannya di kamar mandi dan bisa dimanfaatkan, terutama sebagai tempat handuk. 

Untuk rak, Anda perlu menambahkan dudukan di setiap anak tangga sebagai tempat meletakan barang. Rak yang sudah jadi bisa digunakan sebagai dekorasi sekaligus menjadi tempat meletakan pernak pernik kecil. 

6. Rak Gantung 

Trik selanjutnya adalah memanfaatkan jati belanda sebagai rak gantung. Rak gantung bisa digunakan untuk dapur atau kamar tidur. Jika digunakan di dapur, Anda bisa menggunakannya untuk meletakan bumbu dapur dan peralatan dapur lainnya. 

Apabila di kamar, Anda bisa membuatnya sedikit lebih artistik hanya sebagai dekorasi atau untuk digunakan meletakan buku. Rak gantung ini dibuat terbuka sehingga Anda bisa lebih kreatif dalam menata pernak pernik di dalamnya. 

7. Pintu Geser dari Palet Bekas 

Terakhir, Anda bisa memanfatakan palet bekas yang sudah dicat warna berbeda untuk disusun kemudian dijadikan pintu. Kayu palet jati belanda akan memiliki tampilan sebagai pintu yang sangat menarik dan bisa Anda manfaatkannya sebagai bagian dari dekorasi. 

Buatlah pintu geser yang akan menghemat ruang. Selain itu, gunakan rell dan roda dari besi berukuran besar. Pemanfaatan kedua material ini akan memperkuat desain industrial di rumah Anda. 

Berhubung palet memiliki aneka warna, untuk membuatnya tetap awet, Anda perlu memberikan lapisan clear coat. Warna transparan dari clear coat tidak akan merusak warna aslinya. 

Pilihan Clear Coat Terbaik untuk Kayu Jati Belanda 

harga biovarnish clear coat

Semua dekorasi dari jati belanda pada rumah bergaya industrial akan jauh lebih aman jika Anda menggunakan lapisan clear coat yang akan membentuk film. Lapisan film ini nantinya dapat melindungi kayu. 

Biovarnish Clear Coat hadir dalam dua pilihan produk yaitu matte dan gloss yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Khusus untuk desain industrial sangat dirasankan untuk menggunakan clear coat matte. 

Aplikasi Biovarnish Cear Cot ini cukup mudah, karena cukup menggunkaan air sebagai pelarut dan aplikasi menggunakan kuas. Selama Anda mengikuti petunjung dengan benar dan lapisan cat sebelumnya adalah water based, Biovarnish akan memberikan perlindungan ekstra.

Anda bisa mendapatkan dekorasi berbahan kayu jati belanda yang bertahan lama. Tidak hanya jenis kayu jati belanda, Anda juga bisa menggunakannya pada kayu jati, mahoni, sonokeling dan lainnya.

Menyusun desain untuk rumah bergaya industrial memang tidak mudah, banyak aspek yang perlu diperhatikan. Salah satunya dekorasi, yang bisa memanfaatkan bahan kayu murah, mudah ditemukan dan diolah layaknya jati belanda.