Finishing Kayu Jati Belanda dengan Sanding Sealer Biovarnish

Jika Anda adalah seorang penggemar kayu jati belanda, maka jangan lupa untuk memberikan lapisan bahan cat yang berkualitas seperti sanding sealer water based.

Kayu jati belanda adalah jenis kayu yang banyak digunakan modern ini. Alasan kuat mengapa digunakan adalah murahnya harga jati belanda dan sangat mudah untuk didapatkan. Setelah kayu jati belanda dibentuk menjadi furniture atau kerajinan maka sangat penting untuk melapisi furniture menggunakan cat kayu water based.

Sanding Sealer BioColours Terbaik Untuk Finishing Kayu Jati Belanda

Kayu jati belanda memiliki tampilan serat yang cukup menarik tidak berbeda seperti kayu jati tua. Hanya saja warnanya adalah putih cerah dengan serat kayu yang berwarna kekuningan. Jika Anda ingin mendapatkan tampilan ini maka sanding sealer Biovarnish menjadi kunci yang sangat penting bagi Anda untuk finishing.

Produk sanding sealer Biovarnish menjadi salah satu andalan produk water based karena produk ini akan memberikan lapisan yang tepat pada furniture kayu jati belanda. Jika melihat dari segi kebutuhan pada kayu jati belanda, Anda tidak bisa melupakan aplikasi dari sanding sealer ini. Alasannya adalah kayu jati belanda memiliki pori yang sangat halus dan tergolong kayu lunak. Sanding sealer Biovarnish akan membuat kayu jati belanda memiliki pori kayu tertutup dan tidak akan mudah menyerap kelembaban udara.

Kayu jati belanda yang telah difinishing menggunakan sanding sealer berkualitas terlebih lagi sanding sealer water based maka akan memiliki tampilan natural transparan yang sangat menarik. Bahan water based yang tidak mengandung logam berat seperti formalin membuat tampilan setelah aplikasi bahan finishing tidak akan menguning.

Sama halnya dengan top coat water based dari Biovarnish yang juga tidak akan memberikan efek yellowing karena tidak ada bahan formalin. Jika Anda ingin menggunakan Sanding Sealer Biovarnish untuk kayu jati belanda maka Anda bisa menggunakannya sekarang juga.

Fungsi Sanding Sealer Biovarnish Pada Kayu Jati Belanda

Lalu sebelum masuk ke dalam aplikasi cat kayu water based, apakah sebenarnya fungsi sanding sealer Biovarnish pada kayu jati belanda? Apakah fungsinya hanya untuk memberikan warna transparan atau memiliki fungsi yang lainnya? Fungsi utama dari produk sanding sealer adalah untuk menutup pori-pori serat kayu agar memiliki permukaan yang halus. Anda bisa mengkatagorikan sanding sealer sebagai base coat. Selain sebagai base coat sanding sealer juga dapat menjadi lapisan intermediate lapisan costing di bawah dan juga di atasnya.

Sanding Sealer BioColours Terbaik Untuk Finishing Kayu Jati Belanda

Melihat fungsi dari sanding sealer yang sangat penting ini maka sangat dibutuhkan produk yang berkualitas seperti sanding sealer Biovarnish. Produk Biovarnish semua terbuat dari bahan water based yang telah teruji. Misalnya saja daya rekatnya yang kuat tidak akan membuat lapisan cat mudah mengelupas dan juga mudah memudar. Penting halnya dengan kebutuhan kayu jati belanda yang memiliki serat halus dan juga termasuk dalam katagori kayu lunak yang mudah rusak karena kelembaban.

Sanding Sealer Sebagai Lapisan

Sebagai lapisan intermediate sanding sealer bisa digunakan diantara lapisan Wood Filler dan juga Liquid Stain. Bisa juga digunakan sebagai lapisan intermediate antara Top Coat dan juga Liquid stain. Dengan adanya sanding sealer ini fungsi Liquid Stain setelah diaplikasikan akan memiliki warna yang lebih tajam dan terbentuk lapisan film yang lebih kuat. Sama seperti fungsi top coat kayu yang menjadi lebih kuat.

finishing metode spray

Kelebihan yang dimiliki oleh sanding sealer Biovarnish adalah dibuat sesuai dengan karakter sifat PH, kekerasan, kelenturan dan sifat fisika dari kimia substrat kayu. Maka setelah diaplikasikan memiliki kelenturan yang akan mengikuti ukuran substrat kayu. Tidak akan terbentuk lapisan cat yang murah retak apalagi mengelupas.

Pada saat proses aplikasi sanding sealer Biovarnish pada substrat kayu jati belanda, Anda tidak membutuhkan panas matahari untuk penjemuran seperti yang terjadi pada sanding sealer solvent. Kecepatan kering hanya dalam waktu sekitar 60 menit dalam ruangan yang bersih dan juga kering dengan sirkulasi udara yang baik, tidak tergantung dengan cuaca. Hal ini akan mempermudah proses finishing yang bisa dilakukan kapan saja dan juga dimana saja.

Produk kayu jati belanda yang menggunakan sanding sealer Biovarnish akan memiliki ketahanan terhadap jamur dan juga rayap.

Cara Aplikasi Sanding Sealer Biovarnish

Secara keseluruhan cara aplikasi sanding sealer Biovarnish pada furniture kayu jati belanda ada dua cara tergantung dengan hasil yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mengaplikasikan untuk hasil warna natural transparan maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Spray gun

  • Pastikan terlebih dahulu kayu jati belanda yang akan diaplikasikan sudah kering dengan MC kayu standar yaitu 12%. Pastikan juga kayu sudah bersih dari debu dan kotoran.
  • Campurkan air dengan sanding sealer Biovarnish perbandingan 2 bahan dengan 1 air. Pastikan tercampur rata kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu jati belanda. Tunggu kering selama 60 menit kemudian amplas ambang dengan kertas amplas nomor 400 hingga permukaan halus.
  • Aplikasikan Biovarnish Clear Coat Matte yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa langsung menyemprotkan ke seluruh permukaan kayu jati belanda. Tunggu kering sekitar satu malam.

Kursi Jati

Cara di atas adalah penggunaan sanding sealer Biovarnish untuk warna natural transparan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan cat kayu water based yang memiliki warna natural seperti warna kayu jati, mahoni, sonokeling, walnut maka Anda bisa menggunakan warna dari Biovarnish Liquid Stain.

Cara aplikasinya adalah sebagai berikut ini :

  • Pastikan terlebih dahulu kayu jati belanda yang akan diaplikasikan sudah kering dengan MC kayu standar yaitu 12%. Pastikan juga kayu sudah bersih dari debu dan kotoran.
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mendapatkan warna asli kayu jati maka gunakan wood filler ramin. Aplikasikan dengan pisau scratch ke seluruh permukaan kayu sehingga rata. Tunggu kering sekitar 20 menit, kemudian lakukan pengamplasan dengan kertas amplas nomor 240 hingga serat kayu terlihat dan menjadi halus serta rata.
  • Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain sesuai warna yang diinginkan. Campurkan Liquid Stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa langsung semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu kering sekitar 60 menit setelah itu Anda bisa langsung mengamplas ambang dengan kertas amplas nomor 400 hingga lapisan cat berubah menjadi halus.
  • Lapisan terakhir adalah dengan top coat. Gunakan Biovarnish Clear Coat Matte untuk hasil natural. Untuk cara aplikasi bisa langsung dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa langsung mencampur dan menyemprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata.
  • Anda bisa mengulangi aplikasi hingga dua lapisan setelah menunggu kering sekitar 60 menit. Untuk kering sempurna Anda bisa menunggu sekitar satu malam pada ruangan yang kering dan bersih. Jika Anda menyimpan dalam ruangan yang kotor maka Anda juga akan mendapatkan lapisan yang bersih dan kotor.

Sangat mudah Anda melakukan finishing menggunakan sanding sealer, baik itu untuk mendapatkan hasil warna natural atau hasil warna kayu lainnya. Ditambah lagi dengan bahan pelarut air yang murah dan mudah untuk didapatkan.

Untuk mendapatkan produk Sanding Sealer Biovarnish ini Anda bisa datang langsung membeli di kantor resmi Bio Industries di wilayah Jogja, Jepara dan Cirebon, atau membeli pada agen-agen resmi kami disini.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Biovarnish"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.