Mengenal Sanding Sealer Adalah Lapisan Dasar Pada Finishing Kayu

Sanding Sealer adalah lapisan cat pertama dan merupakan alas untuk lapisan atas cat berikutnya. Tujuannya adalah untuk menutup pori-pori kayu sambil memberikan adhesi dan alas untuk lapisan akhir. Sealer juga bisa menjadi larutan campuran, untuk aplikasi diencerkan dari bahan yang sama dengan lapisan atas. Lapisan sealer kadang-kadang disebut sebagai base coat karena aplikasi yang menipis.

Shellac juga merupakan sealer yang sangat baik yang dapat digunakan di bawah lapisan cat apa pun. Sanding sealer hanya digunakan sebagai lapisan dasar dan harus diampelas sedikit setelah dikeringkan untuk menghilangkan semua ketidaksempurnaan lapisan akhir yang akan menimbulkan kotor. Gunakan amplas halus, setidaknya 200 grit, dan jangan ampls melalui alat amplas listrik.

Jika Anda melakukan amplas dengan alat listrik, aplikasikan kembali sealer dan amplas ringan lagi. Jika pori permukaan kayu kasar, lapisan kedua sealer mungkin dibutuhkan. Juga harus diperhatikan bahwa sealer diaplikasikan setelah pewarna atau pewarna. Sealer akan mencegah penetrasi noda atau pewarna ke dalam kayu.

Sebagai aturan umum, pengamplasan sealer terbaik adalah yang khusus datang dengan merek cat yang Anda beli. Misalnya,produk laquer diciptakan dalam berbagai formulasi dan banyak merek akan memiliki sealer pengamplasan terpisah yang dimaksudkan untuk melengkapi hasil finsihing mereka.

Pilihan lain yang digunakan oleh banyak pekerja kayu dengan hasil yang baik adalah menggunakan lapisan yang dipilih dan mengencerkan lapisan pertama dengan pelarut yang direkomendasikan sekitar 25%. Ini memberikan perendaman yang baik ke dalam pori kayu sebelum lapisan akhir yang penuh dengan lapisan yang diterapkan.

Lapisan film yang lembut seperti minyak umumnya dimaksudkan untuk tampilan “di dalam kayu”. Pengamplasan lapisan pertama minyak ke dalam kayu dan menghapus kelebihan akan menutup pori-pori kayu. Sanding sealer diproduksi untuk berbagai tujuan, seperti pengisian pori-pori, fleksibilitas untuk topcoats dan, tentu saja, kemudahan pengamplasan.

Ada yang beranggapan bahwa menggunakan lapisan sanding selaer saja sudah cukup tanpa harus diberikan lapisan top coat di atasnya, tetapi ini bukan merupakan ide yang bagus karena mereka tidak memiliki ketahanan yang diberikan seperti topcoat. Karena sealer dimaksudkan untuk menjadi fondasi untuk topcoat, sebaiknya gunakan hanya satu atau dua lapis sebelum lapisan atas, dan ini bukan rencana yang baik untuk mencoba mengapitnya di antara lapisan topcoat.

Merk Sanding Sealer Ternama

Jika sanding sealer memiliki peranan yang sangat penting dalam finishing maka manakah merk yang bisa digunakan? Di Indonesia sendiri banyak sekali merk dari produk cat khususnya sanding sealer yang paling banyak dicari oleh pengrajin. Seperti yang disebutkan di atas, produk sanding sealer harus bisa mengisi pori kayu dan memiliki fleksibilitas dengan transparansi yang bagus.

Jika Anda mencari produk dengan transparasi terbaik maka akan disarankan mengunakan sanding sealer berbasis air. Adanya sanding sealer water based ini memudahkan ketahanan jangka panjang sebuah furnitur yang difinishing dengan warna natural.

Anda tidak perlu bingung dan juga khawatir tentang penampilan meja, kursi atau tempat tidur yang menggunakan kayu mahal. Jika Anda menggunakan sanding sealer berbasis air maka penampilan transparan tidak akan pernah berubah.

Masalah fleksibilitas, kini sanding sealer water based sudah dikembangkan sehingga dapat digunakan untuk furnitur outdoor. Dahulu produk cat water based sangat terkenal tidak tahan terhadap kelembapan, hujan dan panas. Namun semua sudah berkembang dan Anda akan dengan mudah mendapatkan cat water based yang dapat digunakan untuk furnitur outdoor.

Kemudahan yang diberikan sanding sealer water based membuat Anda harus menggunakannya. Keuntungan utama dari cat water based yang sudah menjadi rahasia umum adalah cat ini bebas bahan beracun. Anda bisa mendapatkan produk dengan sangat mudah dan juga aman.

Mengenal Sanding Sealer Adalah Lapisan Dasar Pada Finishing Kayu

Salah satu merk yang terjangkau dan bisa Anda gunakan adalah BioColours sanding sealer. Lengkap dengan kemudahan aplikasinya Anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika menggunakan cat dengan merk ini. Bahkan tidak hanya sanding sealer saja Anda bisa mendapatkannya dalam berbagai fungsi seperti wood stain, top coat bahkan dempul kayu water based.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan finishing kayu pori tertutup maka sangat disarankan untuk menggunakan BioColours wood filler sebelum mengaplikasikan sanding sealer. Rangkaian proses mudah ini didukung dengan kecepatan kering.

Jika rata-rata cat water based merk lain membutuhkan hingga 2 jam agar cat mengering jika Anda menggunakan BioColours sanding sealer maka Anda hanya membutuhkan waktu 60 menit. Selanjutnya Anda bisa melakukan pengamplasan dan melapisi dengan produk cat kembali.

Cara Mudah Aplikasi BioColours Sanding Sealer

Apabila Anda tertarik dan ingin menggunakan sanding sealer BioColours? Maka ada rangkaian produk yang perlu Anda gunakan untuk finishing kayu pori terbuka. Sanding sealer yang merupakan lapisan dasar akan memainkan peranannya dengan sangat baik.

Pertama persiapkan kayu yang akan difinishing. Jika itu adalah kayu dalam bentuk furnitur lepas bagian logam atau tutup dengan isolasi sehingga lapisan cat tidak akan mengotori bagian tersebut bahkan menciptakan karat. Lanjutkan dengan pengamplasan seluruh permukaan kayu fungsinya adalah membuka pori kayu.

Kedua jika material sudah siap dan dibersihkan dari debu atau serbuk amplas Anda bisa memulai dengan mencampurkan sanding sealer. Campurkan sanding sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Siapkan kompresor dan alat semprot.

Masukan larutan ke dalam alat semprot jangan terlalu penuh. Aplikasikan hingga merata ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu lapisan mengering tanpa Anda harus menjemur di bawah sinar matahari langsung. Cat akan mengering sempurna dengan sendirinya. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400.

Mengenal Sanding Sealer Adalah Lapisan Dasar Pada Finishing Kayu

Lapisan kedua tergantung apakah Anda akan menggunakan wood stain atau top coat. Jika Anda berniat memberikan lapisan warna maka disarankan untuk memilih warna dari BioColours wood stain. Ada 20 pilihan warna natural yang akan mewarnai kayu Anda sesuai dengan yang diinginkan. Cara aplikasinya mudah cukup dengan campurkan wood stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata.

Mulai semprotkan seluruh larutan ke permukaan kayu hingga merata. Tunggu kering tanpa dijemur kemudian amplas dengan amplas 400. Jika sudah selesai namun warna yang diinginkan belum sesuai Anda bisa mulai mengaplikasikan wood stain kembali hingga warna yang diinginkan tercapai.

Pada lapisan akhir Anda membutuhkan BioColours top coat. Jika kesan natural yang ingin didapatkan sangat tinggi maka disarankan bagi Anda untuk menggunakan top coat matte. Campurkan top coat matte dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian semprotkan secara merata.

Lapisan akan mengering setelah 24 jam, Anda bisa mengulangi aplikasi jika ingin mendapatkan lapisan film yang tebal cukup hingga 2 kali lapisan saja. Jangan lupa untuk mengamplas ambang sebelum Anda mengaplikasikan top coat kembali.

 

Artikel "Featured"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.