Cara Menciptakan Lapisan Cat Paling Aman untuk Box Bayi Kayu

Memilih cat box bayi kayu yang aman tentu sangat penting, box bayi kayu harus difinishing dengan cat yang aman untuk bayi. Kemanan cat saat melakukan finishing box bayi harus diutamakan. Hal ini tentu saja berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan box untuk digunakan oleh bayi.

Cat Box Bayi Kayu

Menggunakan cat yang paling aman untuk box bayi kayu bukanlah hal yang sulit. Saat ini sudah tersedia berbagai jenis cat yang bisa digunakan untuk finishing box bayi. Meski demikian, tidak semua jenis cat yang beredar di pasaran aman digunakan untuk finishing box bayi. Cat yang aman dan ramah lingkungan untuk digunakan adalah hal yang utama.

Pastikan anda memperhatikan keamanan bahan dari cat yang akan digunakan untuk finishing box bayi. Jangan sampai anda mengecat box bayi yang akan digunakan oleh si buah hati dengan cat sembarangan yang tidak aman digunakan. Seperti apa cat yang paling aman digunakan untuk box bayi? Anda bisa temukan tips memilih cat kayu untuk box bayi pada artikel ini!

Tips Memilih Cat Kayu untuk Box Bayi

Harus ada pertimbangan lain saat anda akan mengecat box bayi kayu, bukan hanya tentang hasil akhir berupa tampilan tetapi juga tentang keamanan. Anda harus mampu memastikan bahwa cat yang digunakan untuk mengecat box bayi anak anda adalah cat yang paling aman. Pasti anda tidak ingin jika bayi anda mengalami masalah kesehatan karena masalah ini bukan?

Cat yang digunakan untuk finishing box bayi kayu harus memenuhi beberapa kriteria. Diantaranya adalah cat tersebut tidak mengadung bahan kimia berbahaya sehingga aman untuk digunakan. Keamanan bahan kimia ini dapat anda pastikan dan anda cermati saat membeli cat kayu yang akan anda gunakan untuk box bayi.

Pastikan cat kayu yang anda pilih tidak mengandung formaldehyde yang akan meninggalkan bau menyengat. Bukan hanya bau yang mengganggu, tetapi juga bahaya yang mengintai saat kita menghirupnya juga akan berbahaya bagi bayi anda. Bau menyengat pada cat yang mengandung formaldehyde biasanya akan ditemui pada cat solvent based. Ditambah lagi dengan penggunaan thinner akan membuat cat tersebut lebih berbau.

Bau menyengat pada cat tersebut akan berdampak pada masalah kesehatan terutama pernapasan. Dalam jangka panjang bahkan bisa mengakibatkan kanker jika digunakan terus menerus. Pastikan anda menghindari penggunaan jenis cat ini karena akan sangat berbahaya bagi buah hati tercinta. Gunakanlah cat yang tidak mengandung bahan kimia dan aman untuk diaplikasikan. Tidak ada bau menyengat dan cat yang cepat kering akan lebih sesuai untuk finishing box bayi anda.

Cat Kayu Water Based untuk Box Bayi

Dari semua tips yang telah dibahas diatas, penggunaan cat solvent based untuk finishing box bayi sepertinya memang tidak direkomendasikan. Sebaiknya, anda menggunakan jenis cat lain yang lebih aman dari cat solvent based yaitu cat water based. Cat kayu dengan jenis water based pasti lebih aman untuk digunakan untuk box bayi, sesuai dengan tips di atas.

Cat water based tidak memiliki bau menyengat yang akan bertahan lama pada box bayi. Selain itu, proses aplikasi cat ini juga lebih mudah karena hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarutnya. Ketakutan anda mengenai kandungan bahan kimia berbahaya pada cat tidak akan anda temukan disini. Formulasi cat water based juga lebih aman dibandingkan dengan cat solvent based.

Cat Plitur Kayu Pernis

Meski demikian anda perlu menggunakan cat water based yang telah memiliki sertifikat keamanan bahan kimia. Sertifikasi keamanan bahan kimia dengan sesuai standar dari US EPA dan ECHA telah dikantongi oleh Biovarnish. Cat water based Biovarnish adalah solusi yang tepat untuk finishing box bayi anda. Tidak semua merk cat water based telah mengantongi sertifikasi resmi. Tetapi Biovarnish telah memiliki sertifikat resmi yang membuat anda lebih nyaman untuk melakukan finishing.

Cat kayu water based Biovarnish juga tersedia dalam berbagai varian produk sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan proses finishing anda. Cara aplikasinya juga sangat fleksibel, anda bisa menggunakan kuas maupun alat spray. Anda juga dapat melakukan finishing dengan lebih cepat karena cat kayu Biovarnish lebih cepat kering tanpa harus dijemur dibawah sinar matahari langsung.

Cara Finishing Natural Box Bayi dengan Biovarnish

Tema finishing natural untuk box bayi masih memiliki banyak peminat, sehingga tidak ada salahnya jika anda juga menerapkan tema ini. Memilih gaya natural untuk finishing pada box bayi bisa anda peroleh dengan melakukan finishing dengan benar.

Berikut ini cara finishing natural pada box bayi yang bisa anda lakukan menggunakan cat kayu water based Biovarnish:

>> Lakukan Persiapan

Persiapan finishing box bayi dapat anda mulai dengan mengamplas seluruh permukaan box bayi kayu. Gunakan kertas amplas dari grit kasar hingga halus, anda bisa menggunakan kertas amplas nomor 240 hingga amplas 400. Lakukan pengamplasan hingga halus dan merata.

>> Aplikasikan Liquid Stain

Tahap selanjutnya, anda bisa melanjutkan dengan proses pewarnaan. Pada tahap ini, anda bisa menggunakan Biovarnish Liquid Stain sesuai dengan warna yang anda inginkan. Encerkan dengan air bersih pada perbandingan 2:1.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Liquid Stain

Anda bisa mengaplikasikan dengan kuas maupun alat spray hingga cat merata pada seluruh bagian box bayi kayu. Tunggu lapisan cat mengering sekitar 20 menit setelah diaplikasikan, lalu amplas ambang dengan menggunakan kertas amplas 400. Bersihkan debu sisa pengamplasan kemudian lanjutkan proses finishing.

>> Gunakan Sanding Sealer

Aplikasi sanding sealer sangat penting dilakukan pada proses finishing natural. Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer sama dengan cara anda mengaplikasikan Biovarnish Liquid Stain. Sanding Sealer berfungsi untuk mengisi pori pori kayu pada box bayi. Selain itu, sanding sealer juga dapat memotong bulu kayu agar permukaan box bayi menjadi lebih halus.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Sanding Sealer Biovarnish

Pengaplikasian Biovarnish Sanding Sealer pada finishing natural adalah hal yang sangat penting. Selain kedua fungsi di atas, sanding sealer juga dapat membantu membuat lapisan coating di atas dan dibawahnya agar lebih terikat. Lapisan coating akan tampak lebih natural dan memiliki warna yang tajam.

>> Aplikasikan Top Coat

Sebagai lapisan finishing terakhir, anda bisa mengaplikasikan top coat. Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat sebagai lapisan top coat untuk melindungi box bayi. Aplikasi top coat dapat membentuk lapisan film yang melindungi lapisan liquid stain dan sanding sealer pada box bayi.

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - Biovarnish Clear Coat

Anda bisa mengaplikasikan Bovarnish Clear Coat sama seperti cara aplikasi Biovarnish Liquid Stain dan Biovarnish Sanding Sealer. Anda bisa memilih tingkat glossy yang anda inginkan untuk hasil akhir finishing box bayi kayu. Tunggu lapisan Clear Coat mengering sempurna selama kurang lebih 24 jam setelah diaplikasikan. Cukup angin anginkan pada suhu ruang tanpa perlu dijemur dibawah sinar matahari langsung, kemudian box bayi bisa langsung anda gunakan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Biovarnish Liquid Stain"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU