Jenis Cat Kayu Untuk Tampilan Kayu Antik

617

Di tahun 2018 ini furniture dengan tampilan antik menjadi favorit. Tampilan antik tidak berhubungan dengan klasik namun memiliki tampilan furniture tampak telah melalui beberapa dekade dan  telah teruji dalam perubahan cuaca. Maka tampilan dari furniture justru tampak rusak dan itulah yang paling banyak digemari di tahun 2018 ini.

Melihat tingginya minat dari furniture antik ini maka Anda tidak perlu menunggu furniture bertahun-tahun untuk mendapatkan tampilannya. Namun Anda bisa memilih jenis cat kayu untuk digunakan dalam membuat tampilan furniture terlihat antik.

Jenis Cat Kayu Untuk Tampilan Kayu Antik

Dalam menciptakan furniture antik ini para desainer cukup membuat tampilan dari furniture lebih tua. Untuk membuatnya maka kebanyakan jenis cat seperti pernis dengan teknik menciptakan efek retakan akan menmabah nilai histori dari furniture.

CS Biovarnish

Beberapa metode lainnya menggabungkan antara pernis dan juga glaze. Bahkan adapula yang menggunakan glaze kemudian dicampur dengan warna lainnya untuk mendapatkan tampilan antik. Walaupun lebih cepat dibandingkan Anda menunggu furniture untuk rusak benar, namun membuat furniture tampak antik juga cukup memakan waktu.

Ada banyak langkah dan banyak jenis cat kayu yang digunakan untuk menampilkan furniture telah memiliki umur lama dan tampak rusak atau bahkan sering digunakan. Para desainer akan menggunakan amplas, pisau scrape untuk menghilangkan beberapa bagian pada furniture yang telah diberikan lapisan cat sempurna.

Namun pada furniture yang belum difinsihing maka para desainer akan merusak kayu terlebih dahulu bisa menggunakan alat khusus seperti palu, sikat kawat, bleaching kayu kemudian baru memberikan lapisan cat.

Sebelum cat mengering, cat harus dihapus menggunakan kain kering sehingga yang tertinggal hanyalah cat yang meresap ke dalam serat kayu maupun pada bagian kayu yang sudah dirusak. Teknik ini tidak jauh berbeda ketika Anda melakukan finishing white wash.

Karena kebutuhkan cara tersebut maka dibutuhkan jenis cat kayu yang mudah untuk dihapus namun cepat mengering agar mudah menempel pada furniture. Jenis cat yang banyak digunakan adalah cat kayu water based. Produk ini mudah mengering namun juga mudah untuk dihapus karena sifat air yang mudah menguap dan juga mudah untuk dihapus hanya menggunakan air.

Jika Anda menggunakan air untuk membantu menghapus cat yang telah diaplikasikan maka tidak akan merusak lapisan cat yang ada di bawahnya seperti halnya thinner. Maka untuk mendapatkan hasil finishing antik ini sebaiknya Anda memilih jenis cat kayu water based seperi cat kayu water based BioColours.

Cara Membuat Kayu Tampak Antik

Membuat kayu memiliki tampilan antik atau tampak lebih tua dari umur sesungguhnya membutuhkan cara tertentu. Anda harus memilih beberapa jenis cara yang bervariasi. Cara aplikasi ini merupakan cara untuk membuat dekorasi seni pada sebuah furniture atau objek tampil lebih tua dan memberikan efek telah terkena cuaca selama beberapa lama adalah triknya.

Membuat furniture terlihat tua dilihat juga sebagai cara untuk melakukan refinishing dalam pandangan tradisional. Cara yang dilakukan adalah membuat kayu dirusak penampilannya sehingga tidak memperlihatkan penampilan yang sempurna.

Jenis Cat Kayu Untuk Tampilan Kayu Antik

Salah satu contohnya adalah ketika seorang desainer menghilangkan beberapa bagian car dan meninggalkan beberapa lapisan cat saja. Jadi jika Anda ingin mengubah tampilan furniture yang sempurna pada awalnya tidak perlu Anda melakukan proses finishing ulang dari awal. Anda cukup menghilangkan beberapa bagian cat saja dan meninggalkan lapisan cat seolah-olah furniture telah berumur lama dan rusak terkena perubahan cuaca.

Penampilan antic yang dibuat ini menjadi tampilan yang sangat popular di tahun 2018 ini. Buktinya pada pameran ifex 2018 lalu sebagian besar industri furniture menampilkan furniture kayu dengan tampilan antik ini. Untuk menciptakan tampilan antic ini teknik wash finishing menjadi teknik yang banyak digunakan.

Nah teknik wash yang menjadi salah satu andalan untuk menciptakan furniture antik bisa Anda gunakan selama tahun 2018 berlangsung. Selain penggunaan teknik wash, demi mendukung tampilan furniture antic teknik aplikasi patina, natural drift wood pun turut serta meramaikan di tahun 2018 ini. Karena furniture berpenampilan antik maka dapat digunakan dalam beberapa macam gaya salah satunya adalah vintage.

Pembuatan furniture antik ini pun tidak hanya dapat digunakan pada furniture kayu namun bisa juga Anda gunakan pada material lainnya seperti kaca, metal, plastik, batu dan juga plaster.

Teknik Apliksi Brown Antique Grey

Jika di atas telah sekilas digambarkan bagaimana menciptakan furniture antik maka kali ini akan dibahas lebih detail mengenai proses finishing yang bisa Anda dapatkan. Untuk itu dapat dimulai dengan mempersiapkan bahan yang akan digunakan.

Untuk menciptakan furniture dengan tampilan brown antique grey misalnya maka Anda tidak membutuhkan pernis. Namun Anda cukup menggunakan cat duco water based. Anda bisa langsung menggunakan jenis cat kayu BioColours Bioduco. Pilihlah warna brown sebagai dasaran dan warna grey untuk menimbulkan kesan antik. Terakhir pilih top coat matt BioColurs untuk memberikan lapisan film akhir sekaligus perlindungan.

Jenis Cat Kayu Untuk Tampilan Kayu Antik
Brown Antique Grey Pada Kayu jati

Jika jenis cat kayu sudah Anda siapkan maka selanjutnya adalah mempersiapkan alat dan substrat kayu. Untuk alat pada proses aplikasi Anda bisa menggunakan spray gun, amplas aluminium oxide no. 400 dan kain lap.

Persiapkan furniture kayu yang telah kering dengan MC kayu 12% kemudian ciptakan efek cacat pada furniture menggunakan sikat kawat. Sikatkan ke seluruh permukaan kayu hingga mendapatkan kayu yang bertekstur searah serat kayu. Jika sudah bersihkan debu dan kotoran yang akan menghampat kinerja cat dengan kain lap.

Jika semua sudah siap maka Anda bisa melanjutkan dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Siapkan lapisan pertama adalah BioColours Bioduco warna brown yang dicampur dengan air perbandingan 1 bahan : 1 air. Campurkan dalam gelas plastik dan dapatkan tingkatc kenceran hingga 11-12 detik NK2. Lalu semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata kemudian tunggu kering sekitar 60 menit.
  • Amplas seluruh permukaan secara ambang saja untuk membuka pori kayu kembali dan jangan lupa untuk menghilangkan debu dan juga kotoran.
  • Siapkan lapisan kedua yaitu BioColours Bioduco warna grey dan dicampur dengan air perbandingan 1 bahan : 1 air dan dapatkan larutan 11-12 detik NK 2. Semportkan kembali ke seluruh permukaan kayu tipis-tipis saja agar tidak menutup seluruh bagian kemudian tunggu kering. Fungsi pada lapisan kedua ini hanya untuk memberikan lapisan khusus pada serat kayu.
  • Setelah itu Anda bisa mengamplas kembali dengan kertas amplas sama dan bersihkan sisa debu amplas dengan kain lap saja.
  • Lapisan terakhir Anda bisa menggunakan BioColours Top Coat Matte yang sudah dicampur dengan air perbandingan 1 bahan : 1 air kemudian semprotkan hingga rata untuk mendapatkan tampilan antik yang lebih natural. Tunggu furniture mengering sempurna sekitar satu malam.

Teknik Aplikasi Finishing Black Antique Wash

Teknik aplikasi lainnya yang lebih mudah pun juga bisa Anda lakukan untuk mendapatkan furniture berpenampilan antik. Untuk mendapatkan tampilan ini pun Anda tidak membutuhkan banyak jenis kayu hanya dua saja yaitu menggunakan BioColours Wood Stain Black dan BioColours Top Coat Matte.

Jenis Cat Kayu Untuk Tampilan Kayu Antik
Black Antique Wash Pada Jati

Teknik finishing ini akan menghasilkan warna black antique wash. Proses aplikasi dan juga persiapan tidak jauh berbeda ketika Anda melakukan persiapan finishing brown antique grey di atas. Untuk proses pengecatannya Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Aplikasikan BioColours Wood Stain Black murni tanpa campuran air. Semprotkan secara merata namun tipis-tipis saja kemudian tunggu kering biasanya sekitar 60 menit. Kemudian Anda bisa langsung melakukan proses pengamplasan dengan kertas amplas secara ambang saja agar permukaan cukup halus.
  • Terakhir Anda bisa mengaplikasikan BioColours Top Coat Matte yang telah dicampur dengan air perbandingan 1 bahan : 1 air kemudian Anda bisa langsung menyemprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata dan tunggu kering sekitar satu malam.

Dengan dua langkah di atas Anda akan mendapatkan hasil finishing antik. Keunggulan Anda menggunakan cat kayu water based adalah Anda tidak perlu menjemur furniture setelah Anda mengaplikasikan cat.

Khusus cat water based BioColours Anda tidak membutuhkan panas matahari cat cepat mengering. Anda cukup mengeringkannya dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara bagus. Cat akan mengering bahkan dengan waktu yang cepat.

Tidak sulit untuk menciptakan furniture antik Anda. Cukup dengan produk BioColours tampilan furniture akan berubah menjadi antik.

CS Biovarnish