Mau Hasil Wash Finishing dengan Cat Duco? Pilih Produk Bioduco

Wash finishing, bagi Anda yang masih awam dengan finishing kayu pasti masih asing mendengarnya. Namun bagi Anda yang sudah sering berkecimpung dengan dunia finishing, wash finishing adalah salah satu jenis cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil finishing unik.

Segi unik yang ditampilkan adalah memperlihatkan kayu baru atau kayu yang masih bagus tanpak telah berumur lama. Sehingga Anda tidak perlu menunggu kayu atau furniture lama memiliki tampilan benar-benar lama. Anda bisa membuatnya dengan teknik aplikasi wash ini.

Bioduco, Finishing Wash Dengan Cat Duco Untuk Kayu

Modern ini justru tampilan dari furniture lama ini menjadi salah satu idola dan juga menjadi salah satu hal yang bisa memberikan nuansa baru dalam ruangan. Anda tidak harus membeli furniture baru karena Anda dapat memanfaatkan furniture yang lama untuk memberikan tampilan wash ini.

Sebelum masuk ke dalam cara aplikasi, ketahui terlebih dahulu apa finishing wash dan jenis cat apa saja yang bisa digunakan untuk mendapakan hasil finishing tersebut. Semuanya akan dibahas dalam artikel kali ini.

Mengenal Wash Finishing

Teknik finishing wash adalah tampilan yang memberikan nilai seni dengan adanya lapisan warna semi transparan. Teknik ini akan menggunakan sapuan tinta atau cat air yang diencerkan, biasanya mneggunakan satu atau dua warna. Dahulu teknik wash ini hanya digunakan pada pembuatan lukisan saja.

Untuk mewujudkan teknik wash ini kunci keberhasilannya terdapat pada sejumlah besar pelarut dan cat dalam jumlah yang sedikit. Untuk mendapatkan teknik ini Anda bisa menggunakan beberapa teknik berikut ini:

  • Menggunakan media yang berbasis air seperti tinta, cat akrilik, cat air, sikat basah yang telah dicelupkan pada air.
  • Menggunakan media berbasis minyak seperti cat minyak, teknik yang sama seperti yang digunakan pada aplikasi cat air di atas. Walaupun bukan air, namun cat minyak harus dilarutkan benar-benar cair. Bedanya cat minyak atau yang terkenal dengan cat solvent ini memiliki waktu yang lebih lama untuk kering dibandingkan dengan cat berbasis air.
  • Untuk teknik wash dalam desain interior, teknik ini digunakan untuk menciptakan efek bertekstur yang dikenal dengan faux finish.
  • Sedangkan teknik wash yang digunakan pada keramik biasanya hasil oksidasi pewarna yang ditipiskan dengan air yang telah diaplikasikan untuk mencapai efek yang mirip dengan glasir.

Teknik finishing wash yang dijelaskan di atas adalah teknik yang digunakan zaman dahulu hingga sekarang. Hanya saja modern ini teknik finishing yang dilakukan dimodifikasi menggunakan tidak hanya satu atau dua produk saja. Anda akan menggunakan lebih dari dua atau tiga bahan finishing yang digunakan.

Cat Tepat Untuk Finishing Wash Pada Furniture

Untuk melakukan proses finishing yang akan menghasilkan finishing wash ada beberapa teknik yang memang harus digunakan. Pemilihan cat menjadi salah satu kunci keberhasilan Anda akan mendapatkan finishing wash yang berhasil.

Anda bisa memilih jenis cat sesuai dengan teknik wash yang akan diterapkan. Seperti yang tadi telah dijelaskan bahwa ada dua jenis bahan finishing yang bisa digunakan untuk teknik wash ini yaitu cat air atau cat yang berbasis air adapula cat yang berbasis minyak atau solvent yang digunakan.

Bioduco, Finishing Wash Dengan Cat Duco Untuk Kayu

Anda bisa memilih jenis cat manakah yang akan digunakan, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa memilih cat berbasis air karena memiliki kecepatan kering cepat namun Anda bisa dengan mudah menghilangkannya jika terjadi kesalahan pada proses pengecatan hanya menggunakan air.

Bioduco adalah salah satu produk yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan hasil finishing wash. Mengapa Anda bisa menggunakan Bioduco? Produk ini adalah produk cat BioColours Bioduco yang berbasis air jadi Anda bisa menggunakannya dengan mudah.

Cat Bioduco ini bisa Anda kombinasikan dengan cat water based yang lainnya seperti Biovarnish, Glaze dan Top Coat water based untuk mendapatkan hasil finishing wash. Produk ini dapat Anda gunakan pada berbagai macam jenis kayu solid seperti misalnya jenis kayu jati, kayu mindi, kayu sungkai, kayu oak dan kayu white ash.

Teknik finishing wash ini hanya dapat diaplikasikan pada jenis kayu solid yang keras dan tidak lunak. Kayu yang memiliki sifat lunak seperti kayu jati belanda, kayu pinus tidak akan memiliki kemampuan yang baik jika Anda menggunakan aplikasi finishing white wash.

Alasan utamanya adalah karena jenis kayu lunak tidak memiliki serat yang menarik laykanya kayu yang keras seperti kayu jati atau kayu oak. Jenis kayu yang lunak dan memiliki serat lurus berpadu tidak cocok untuk aplikasi finishing ini. Ingat jika finishing wash adalah jenis finishing yang akan memperlihatkan keindahan dari serat kayu yang dimiliki.

Macam-Macam Jenis Finishing Wash Pada Furniture

Anda yang belum mengenal dengan finishing wash ini pasti hanya berfikir bahwa finishing wash dapat diaplikasikan menggunakan bebagai macam jenis warna. Namun khusus untuk finishing wash ini Anda bisa memilih beberapa warna sesuai dengan hasil yang diinginkan. Berikut ini beberapa warna yang bisa Anda gunakan untuk finishing wash:

  • Black antique grey

Bioduco, Finishing Wash Dengan Cat Duco Untuk Kayu

  • Black wash antique

Bioduco, Finishing Wash Dengan Cat Duco Untuk Kayu

  • Brown antique grey

Bioduco, Finishing Wash Dengan Cat Duco Untuk Kayu

  • Black antique white

Jenis Serat Kayu

  • Brown antique white

Jenis Serat Kayu

Jika melihat warna dari beberapa tampilan wash di atas, hasil tampilannya adalah antik. Untuk mendapatkan efek antik ini Anda harus menggunakan teknik rustic sebelum finishing. Teknik ini dimaksudkan untuk mendapatkan tekstur sekaligus serat kayu yang lebih terlihat.

Tanpa adanya efek rustik maka Anda akan mendapatkan hasil yang tidak maksimal. Karena serat kayu akan tetap terlihat rata dan tidak akan mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Teknik rustic ini bisa dikatakan sebagai dasar apabila Anda ingin mendapatkan hasil kayu yang terlihat lama.

Ketika teknik wash digunakan atau diaplikasikan maka cat yang digunakan akan tertinggal di sela-sela serat kayu yang telah dibentuk. Ketika cat menempel dan tertinggal pada bagian tertentu saja maka Anda akan mendapatkan tampilan kayu antik. Untuk mendapatkan hasil ini Anda bisa mengkombinasikan beberapa warna.

Namun tetap ingat Anda harus memilih jenis warna yang sesuai dengan Bioduco. Jangan gunakan warna yang terlalu cerah karena warna yang cerah tidak akan menimbulkan kesan antik pada kayu. Warna kayu antik biasanya memilih pilihan warna gelap sepert cokelat, hitam dan juga abu-abu tua seperti pada hasil finishing di atas.

Keunggulan Produk Bioduco

Anda mungkin masih bertanya-tanya bagaimana fungsi dari cat duco yang biasanya menutup serat kayu di sini justru akan memperlihatkan serat kayu menjadi lebih terlihat. Sebenarnya, fungsi dari cat duco kayu adalah memberikan kesan warna gelap, di sini Anda harus pintar dalam menentukan jumlah pelarut yang digunakan.

Apabila Anda ingin mencoba gunakan terlebih dahulu BioColours Bioduco pada bidang yang lain. Jangan langsung gunakan pada furniture yang akan difinishing. Jika Anda sudah berhasil mengaplikasikan pada bidang lain maka Anda bisa langsung praktek pada furniture langsung untuk mendapatkan hasil yang sama.

Notifikasi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa BioColours Bioduco akan memberikan kemudahan karena tergolong dalam cat water based yang tidak sulit untuk dibersihkan ketika Anda melakukan kesalahan dalam finishing. Tak hanya itu saja karena cat Bioduco juga akan memberikan berbagai perlindungan yang baik pada furniture.

Cat BioColours Bioduco diciptakan sesuai dengan standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan juga US EPA (United Statets Enviromental Protection Agency). Produk cat yang telah sesuai dengan standar tersebut menandakan bahwa produk tersebut memiliki kadar yang sangat rendah terhadap VOC (Volatile Organic Compound) dimana kandungan tersebut akan berbahaya bagi kesehatan manusia dan pencemaran lingkungan.

Nah dengan adanya batasa VOC yang digunakan Anda akan menggunakan aman dan juga nyaman. Ketika Anda ingin membuktikannya sendiri Anda bisa langsung mencium aroma yang keluar dari cat. Jika kandungan VOC tinggi maka akan keluar aroma menyengat seperti halnya cat solvent atau cat minyak.

Ingin menggunakan cat BioColours Bioduco sebagai bahan finishing furniture di rumah atau di industri Anda menggunakan teknik wash? Anda bisa menggunakannya dengan menghubungi langsung ke alamat Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta atau di agen kota Anda. Untuk pembelian online Anda bisa langsung menghubungi ke nomor costumer service yang tersedia.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Tips Memilih Bahan Finishing"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.