Pengertian Pernis dalam Finishing dan Segala Jenis Fungsinya

Apakah sebenarnya pengertian pernis dan fungsinya yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari? Pelajari selengkapnya dalam artikel ini.

Mengerti arti kata pernis akan mengantarkan ke dalam pengertian yang sesungguhnya. Apa itu pernis? Apakah fungsinya yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari? Pernis yang dikenal dengan varnish ini barasal dari bahasa latin yang disebut dengan “vernix”.

Arti kata tersebut adalah resin yang memiliki bau. Pernis sendiri mulai dikenal dan berkembang dari negara Mesir, India, Cina, Jepang dan juga Korea. Sebelum pernis masuk ke negara Korea terlebih dahulu banyak digunakan di negara Cina dan juga India. Awalnya pernis dibuat dari campuran resin antara resin dan juga getah pinus dan cara aplikasinya adalah menggunakan kuas.

Setelah diaplikasikan maka pernis akan membentuk lapisan yang sangat kuat dan juga tebal yang berfungsi untuk melindungi media di bawahnya. Untuk hasil tampilannya, media akan terlihat ada efek keemasan atau kekuningan tetapi tetap memiliki transparansi agar serat kayu terlihat.

Perkembangan pernis zaman modern ini tidak hanya keemasan saja untuk pilihan tampilannya tetapi ada juga yang memberikan tampilan doff.  Apa saja media yang dapat diaplikasikan oleh pernis ini? Semua jenis produk serat alam seperti kayu, rotan, bambu dan juga pelepah pisang dapat diaplikasikan dengan pernis.

Dilihat dari pengertian pernis dan fungsinya yang akan dibahas dalam paragraf selanjutnya maka semua jenis serat alam membutuhkan produk pernis. Dalam hal perlindungan dan juga penampilan agar lebih tahan lama dan dapat memiliki penampilan yang menarik. Untuk jenis kuas yang sering digunakan pada zaman dahulu adalah jenis kuas dengan bulu babi.

Kuas ini tidak akan menggumpal bulunya ketika diaplikasikan berbeda dengan jenis kuas nylon yang saat ini sangat banyak, kuas nylon akan mudah menggumpal dan juga rusak. Modern ini, pernis dicampur dengan thinner. Fungsi thinner adalah untuk bahan pelarut sehingga pernis akan lebih mudah diaplikasikan.

Apakah Pengertian Fungsi Pernis dan Peranannya di Kehidupan Sehari-Hari

Setelah mengetahui sejarah dari pernis dan artinya maka bisa diambil kesimpulan bahwa pernis adalah bahan finishing yang banyak digunakan untuk semua media serat alam baik dalam skala industri maupun end user seperti penghobi kayu.  Dalam tahapan aplikasi, pernis bisa diaplikasikan langsung maupun bisa juga ditambahkan dengan bahan coating lainnya karena pernis sendiri adalah bahan yang sangat mudah diaplikasikan.

Lalu apakah fungsi dari pernis sendiri? Fungsi yang pertama tentu saja adalah untuk memberikan proteksi terhadap furniture. Proteksi ini meliputi dari panas matahari, hujan, rayap dan juga jamur. Maka tidak heran pernis diciptakan untuk memberikan lapisan film yang tebal dan juga kuat.

Fungsi yang kedua adalah untuk memberikan tampilan. Dari segi tampilan ini pernis akan memberikan warna sekaligus transparansi yang memperlihatkan serat kayu. Jika Anda mengenal finishing natural maka gunakanlah pernis sebagai bahan finishingnya. Pernis zaman dahulu masih menggunakan resin alami dan menimbulkan bau sedangkan untuk jenis pernis yang modern ini bahkan ada yang dicampur air sehingga untuk asli transparansinya lebih baik.

pernis-kayu-water-based

Dengan mamahami pengertian pernis dan fungsinya ini maka, Anda bisa langsung memilih manakah pernis yang akan Anda gunakan saat ini. Lalu apakah kegunaan pernis di dalam kehidupan sehari-hari? Dan bagaimanakah peranannya berguna bagi kehidupan atau lingkungan sekitar? Pernis selalu ada di sekitar kita baik itu di rumah, di kantor maupun di outdoor.

Mungkin hal ini belum ada sadari tetapi mengingat pernis masih banyak yang membutuhkan bahan pelarut solvent Anda harus lebih berhati-hati. Karana larutan solvent ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Solvent sendiri banyak mengandung zat kimia jahat yang mempengaruhi kesehatan tubuh seperti timbal, merkuri dan juga formalin. Tetapi jangan khawatir karena saat ini sudah banyak pernis kayu berbahan dasar air bukan solvent sehingga tidak ada kandungan bahan kimia berbahaya yang akan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda .

Langkah-Langkah Menggunakan Pernis Kayu Water Based

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pernis kayu yang aman adalah pernis dengan bahan dasar air dan lebih dikenal dengan istilah pernis kayu water based. Pernis water based ini tidak jauh berbeda dengan pernis solvent dalam hal aplikasinya.

Proses aplikasinya adalah dengan kuas dan juga bahan pelarut air. Sesuai dengan pengertian pernis dan fungsinya yaitu aplikasi menggunakan kuas, berikut ini langkah-langkah aplikasi pernis yang mudah dan bisa Anda praktekan di rumah:

  1. Memastikan media kayu sudah siap untuk difinishing yaitu dengan MC kayu 12%. Pernis juga harus memiliki permukaan yang halus dan juga bersih atua bebas dari serbuk kayu amplas. Permukaan kayu yang sudah halus inilah akan membuat Anda lebih mudah dalam finishing dan hasilnya lebih halus dan rata.
  2. Aplikasikan dempul kayu dengan pisau pallet ke seluruh permukaan kayu terutama pada bagian kayu yang cacat. Tunggu dempul hingga kering lalu baru diamplas halus hingga serat kayu terlihat.
  3. Aplikasikan wood stain dengan pilhan warna sesuai selera. Campurkan wood stain dengan air dan aduk hingga rata di dalam gelas plastik. Aplikasikan wood stain ke seluruh permukaan kayu hingga rata dan tunggu kering. Amplas ambang permukaan kayu yang sudah kering, apabila warna belum sesuai yang didapatkan maka Anda bisa mengaplikaskanannya kembali.
  4. Aplikasikan pernis kayu yang sudah dicampur dengan air kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu pernis hingga kering sekitar satu malam.

Kenali Keunggulan Produk Biovarnish

Melihat dari pengertian pernis dan fungsinya ini maka Anda bisa mengapliaksikannya dengan kuas dan mamanfaatkan keuntungan dari tampilannya. Lalu bagaimana dengan produk pernis water based yang bisa Anda gunakan? Di Indonesia sendiri sangat banyak produk pernis kayu water based yang telah dijual di pasaran.

Manakah kira-kira yang memenuhi kriteria Anda? Baik dari segi kemudahan aplikasi dan juga hasilnya? Gunakan produk pernis kayu Biovarnish yang saat ini sudah banyak digunakan dalam industri furniture yang dikirim ke luar negeri.

Produk Biovarnish ini tidak akan menimbulkan brush mark karena formula yang diciptakan sangat mudah untuk dikuaskan dan juga memiliki penampilan yang halus dan rata. Sedangkan dalam perlindungan produk Biovarnish sudah mengandung anti jamur dan juga anti rayap.

Sehingga Anda tidak perlu kahwatir apabila jamur dan juga rayap meruska furniture. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan furniture lebih terlindungi dari rayap dan jamur, Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide dan juga BioCide Surface Film Preservative.

Selain pernis, Anda juga bisa mendapatkan varian warna dari Biovarnish Wood Stain. Ada banyak pilihan warna seperti dark brown, salak brown, red mahogany, walnut brown, light walnut, sonokeling, dll. Untuk masalah tampilan, Anda bisa memilih tingkat glossy yaitu gloss maupun doff.  Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk ini bisa menghubungi nomor 08122-525-9280 atau telepon di 0291-598992.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.