Mengapa Harus Menggunakan Primer Coat? Kenali Dulu Fungsinya

Primer coat untuk kayu adalah sebuah lapisan base coat yang akan melapisi kayu sebelum Anda melapisinya dengan cat.

Berencana untuk melanjutkan proyek DIY di rumah? Langkah terakhir yaitu finishing kayu membutuhkan perhatian yang lebih tinggi. Proyek DIY akan menjadi istimewa ketika Anda memberikan lapisan coating dengan benar. Namun apakah jenis coating yang menarik dan terbaik untuk digunakan?

Anda bisa saja membutuhkan primer coat ketika akan menggunakan lapisan coating pada kayu. Bahkan jika Anda menggunakan cat duco maka primer dibutuhkan untuk memberikan warna duco menjadi lebih tajam. Fungsi dari primer coating sangat penting dalam finishing furniture kayu. 

Apa Itu Primer untuk Kayu Temukan Primer Terbaik untuk Digunakan - primer coat

Apa saja yang perlu Anda ketahui mengenai cat primer? Kapan harus digunakan dan apa fungsinya? Produk primer apa saja yang berada di pasaran dan yang terbaik untuk digunakan? Yuk ikuti ulasannya di sini. 

Fungsi Primer dan Kapan Harus Digunakan

 Penggunaan primer coat sebagai base coat sangat penting dan akan memberikan banyak fungsi lainnya. Primer diaplikasikan bisa dengan berbagai macam alat seperti kuas, roller, hingga spray gun. Pada standar pabrik, biasanya diaplikasikan dengan mesin roller coater. 

Ada beberapa fungsi dari primer coating yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut ini. 

  1. Meningkatkan perlindungan pada lapisan coating.
  2. Memastikan tingkat perlekatan pada permukaan cat lebih tinggi. 
  3. Membantu lapisan coating menjadi lebih tahan lama. 
  4. Menutup warna kayu untuk mempertajam warna cat di atasnya.

Apa Itu Primer untuk Kayu Temukan Primer Terbaik untuk Digunakan - primer coat 2

dari segi waktu kapankah Anda harus menggunakan lapisan primer tergantung dengan kayu yang akan dicat. Secara umum, penggunaan dari lapisan coating sendiri adalah sesudah aplikasi dempul atau bisa langsung di atas lapisan kayu yang sudah di amplas. Anda harus mengaplikasikan primer dengan kualitas bagus untuk bisa menutup warna dan serat kayu.

Mengenal Macam-Macam Primer di Pasaran

Cat primer adalah base coat dan sangat penting untuk diaplikasikan. Maka memilih produk yang terbaik sangat penting. Ada dua jenis primer sesuai dengan bahan pembuatnya yaitu berbasis air dan solvent. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mengetahuinya akan membuat Anda lebih mudah memilih yang tepat untuk digunakan.

Perbedaan apa saja yang ada pada primer solvent dan berbasis air? Inilah perbedaan dari keduanya yang perlu anda ketahui! 

Primer Berbasis Solvent

Bahan dasar solvent atau minyak lebih sering direkomendasikan pada permukaan furniture yang sering digunakan atau sering dipegang. Misalnya saja pada pintu kayu, jendela dan juga kabinet dapur. Primer berbasis solvent menggunakan thinner sebagai bahan pelarutnya. Jika Anda bekerja dengan kayu yang memiliki banyak masalah seperti cedar maka sebaiknya gunakan primer ini. Solvent sebagai bahan dasar primer sangat baik untuk menutup kerusakan seperti permukaan yang tidak rata hingga masalah cacat warna seperti blue stain. 

Apa Itu Primer untuk Kayu Temukan Primer Terbaik untuk Digunakan - primer coat solvent

Primer Berbasis Air

Primer ini disebut sebagai primer water based yang sangat fleksibel untuk digunakan. Sangat tidak beresiko untuk cracking setelah mengering. Anda bisa mengaplikasikannya dengan lebih mudah pada permukaan kayu yang belum dilapisi dengan dempul. Sebelum Anda mengaplikasikan pada permukaan kayu yang belum dilapisi apapun sebaiknya dilakukan percobaan. Biasanya primer water based terbaik adalah terbuat dari bahan acrylic resin. 

Bagaimana Cara Mengaplikasikan Primer Coat?

Banyak yang masih bertanya bagaimana cara mengaplikasikan primer? Anda bisa memilih alat kemudian mengetahui dimana letak lapisan primer sebaiknya berada. Ada dua alternatif yang bisa dipilih sesuai dengan hasil finishing dan juga jenis kayunya. Baik itu diaplikasikan langsung atau di atas lapisan dempul. 

Alat apapun bisa digunakan, namun sebagai contoh Anda bisa menggunakan kuas. Kuas adalah alat yang paling mudah digunakan, jika Anda menggunakannya pastikan saran pada kemasan primer menggunakan kuas sebagai alat aplikasi. Berikut ini perbedaan dari kedua aplikasi primer yang bisa diperhatikan. 

Cara 1. Aplikasi Primer Pada Permukaan Kayu Langsung

Cara pertama adalah mengaplikasikan primer diatas permukaan kayu langsung. Setelah Anda memilih primer yang tepat maka ada empat langkah yang bisa dilakukan. Karena proses aplikasinya langsung di atas permukaan kayu maka lapisan coating dari primer akan lebih banyak dibutuhkan. 

Berikut ini keempat langkah yang bisa diikuti:

  1. Pengamplasan, amplas permukaan kayu hingga semua kotoran dan debu menghilang. Amplas dengan kertas amplas maksimal nomor 220. 
  2. Pelarutan primer, larutkan primer dengan bahan pelarutnya sesuai pada keterangan kemasan. Aduk dan pastikan tidak ada yang mengendap. 
  3. Penguasan, sapukan primer dengan kuas searah saja. Pastikan coating merata dan tidak menimbulkan brush mark. 
  4. Tunggu kering dan amplas kembali. Anda bisa mendiamkan atau menjemur coating hingga kering sesuai dengan jenis primer. Setelah itu amplas ambang dengan kertas amplas yang halus. 

Apa Itu Primer untuk Kayu Temukan Primer Terbaik untuk Digunakan - aplikasi primer coat

Khusus untuk aplikasi pertama ini Anda bisa mengaplikasikan ulang hingga tiga atau lebih lapisan. Masing-masing lapisan harus dibuat tipis saja sehingga cepat kering dan mudah untuk di amplas. 

Cara 2. Aplikasi Primer setelah Dempul Kayu

Pendempulan sangat dibutuhkan jika kerusakan pada permukaan kayu sangat parah. Anda bisa menggunakan dempul sesuai dengan jenis primer yang digunakan. Sehingga lapisan primer akan melekat dengan sempurna di atas kayu. Pendempulan dilakukan pertama kali. 

Anda bisa mengikuti beberapa langkahnya berikut ini:

  1. Oleskan dempul di atas permukaan kayu dengan scrape secara merata. Diamkan hingga kering kemudian amplas dengan rata.
  2. Bersihkan debu amplas kemudian buatlah campuran primer sesuai dengan yang tertera pada kemasan. Pastikan perbandingan bahan pelarutnya tepat. 
  3. Kuaskan primer di atas permukaan ke satu arah saja kemudian tunggu lapisan menjadi kering. 
  4. Amplas ambang permukaan primer yang sudah kering dengan kertas amplas nomor 400. 

Produk Primer Coat yang Terbaik untuk Kayu

Di antara berbagai merk cat primer, akan lebih baik jika Anda menggunakan primer berbasis air. Alasan utamanya adalah masalah kesehatan lingkungan. Primer berbasis air memiliki resiko pencemaran lingkungan yang lebih rendah. Sehingga siapa saja yang menggunakannya tidak akan terancam masalah kesehatan. 

Logam berat adalah alasan mengapa kadar toxic di dalam primer menjadi tinggi. Sedangkan primer berbasis air memiliki kadar logam berat yang dibatasi oleh berbagai macam regulasi internasional. Nah di Indonesia, cat primer yang mematuhi aturan regulasi tersebut adalah Bioduco primer coat. 

cat primer

Sebagai produk primer lokal, keterbatasan logam berat di dalamnya sangat rendah bahkan di bawah aturan dari regulasi. Jadi soal keamanan, Bioduco primer coat ini akan lebih aman digunakan. Selain itu Anda bisa mengaplikasikannya dengan lebih mudah. Lapisan cat primer lebih mudah mengering tanpa Anda harus menjemurnya. 

Cat bisa mengering dalam waktu 60 menit dan Anda bisa mengaplikasikannya dengan lebih cepat. Daya tutup dan sebarnya yang sangat tinggi akan menghemat biaya finishing. Bahkan bahan pelarutnya yaitu air juga turut serta dalam memangkas biaya finishing. Tertarik untuk menggunakan Bioduco primer coat? Anda bisa membelinya di agen terdekat yang bisa dihubungi secara langsung. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.