You are currently viewing Produk Primer Coat Paint yang Rekomended untuk Finishing Duco

Produk Primer Coat Paint yang Rekomended untuk Finishing Duco

Walaupun penggunaan lapisan coating berupa primer coat untuk duco ini akan meningkatkan budget finishing, namun penggunannya tidak boleh dilupakan bahkan dihindari. Sangat penting untuk memastikan bahwa lapisan primer akan memberikan kerekatan yang sangat tinggi terhadap lapisan yang ada di atasnya.

Primer Coat Paint, Cat Penting Untuk Finishing Duco

Primer coat adalah lapisan yang terbilang cukup awal untuk finishing duco ketika akan diaplikasikan pada kayu. Lapisan ini berfungsi untuk memasikan bahwa kerekatan lapisan di atasnya bagus seperti cat duco atau lapisan top coat. Primer coat juga penting untuk memastikan bahwa pori-pori kayu telah terisi dengan benar selain dari wood putty. Bahkan primer coat juga mencegah timbulnya bleeding pada aplikasi cat duco.

Jadi fungsi primer coat ada dua, yaitu untuk memperkuat lapisan cat ducp, dan yang kedua adalah untuk meningkatkan penampilan dari furniture kayu. Melihat pentingnya fungsi primer ini sangat penting bagi Anda untuk tidak melewatkan penggunaannya.

Jenis Primer Dan Aplikasinya

Sangat penting untuk mengaplikasikan primer coat pada permukaan kayu yang bersih dan juga kering sebelum finishing duco. Lapisan primer memberikan efek untuk meningkatkan permukaan kayu jika permukaan telah selesai diamplas dengan kertas amplas. Maka debu bisa langsung Anda hilangkan dengan kain lap sebelum Anda mengaplikasikan cat. Setelah primer selesai diaplikasikan permukaan kayu bisa Anda aplikasikan setelah beberapa hari hingga permukaan kayu yang terlapisi primer kering benar.

Jika Anda menggunakan jenis primer yang mengandung logam berat maka pastikan jika Anda mengaplikasikan cat pada tempat yang tepat. Biasanya tempat yang tepat adalah untuk mengaplikasikan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Selalu gunakan masker dan juga sarung tangan pada saat Anda mengaplikasikan primer.

Nah cara aplikasi primer ini juga dibedakan dengan bahan pelarut sesuai dengan primer yang Anda gunakan. Misalnya Anda menggunakan primer berpelarut solvent maka Anda bisa menggunakan thinner. Sedangkan jika Anda menggunakan primer coat water based maka Anda bisa menggunakan bahan pelarut air.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa jenis primer coat yang bisa Anda aplikasikan berdasarkan dengan bahan pelarutnya. Namun tidak hanya itu saja jenis bahan primer coat yang Anda gunakan. Ada beberapa tipe primer yang terbuat dari minyak, latex, dan juga shellac bahkan penemuan terbaru adalah pirmer coat water based.

1. Primer dari Oil

Primer Coat Paint, Cat Penting Untuk Finishing Duco

Primer coat jenis ini termasuk cepat kering dan memiliki kecepatan kering yang sangat lambat bahkan proses pengeringannya mengeluarkan VOC (Volatile Organic Compound). Bahan mineral atau logam berat terkandung di dalamnya selain itu juga pori kayu juga akan masuk ke dalam sehingga mendapatkan finishing yang lebih halus. Kebanyakan primer coat dari oil digunakan pada jenis kayu yang memiliki cacat kayu seperti retakan dan kerusakan yang lainnya. Kayu yang belum difinishing, kayu yang telah di berikan pernis dan juga kayu yang memiliki ciri untuk menimbulkan bleeding.

2. Primer Coat Latex

Primer Coat Paint

Primer kayu yang muncul ini adalah latex yang memberikan kecepatan kering tinggi selain itu juga sangat banyak digunakan. Latex primer sangat cocok untuk finishing dinding karena akan memberikan efek tekstur dan juga memberikan tampilan yang lebih mengkilap. Kelebihan dari latex primer ini adalah kuat menahan air dan tidak mudah mengelupas dalam waktu yang lama. Kebanyakan latex primer digunakan pada metal yang mengandung galvanis, softwood, dinding yang belum difinishing namun harus kering.

3. Shellac Primer

Jenis primer ini adalah primer coat yang akan mengering dengan sangat cepat. Primer ini membutuhkan bahan pealrut berupa alcohol dan juga thinner (campuran keduanya). Performance dari shellac primer ini termasuk tinggi namun banyak yang tidak tahan dengan aroma yang dikeluarkan dan tidak begitu mudah untuk diampokasikan. Jenis primer ini kebanyakan digunakan pada material plaster, kayu, plastik yang membutuhkan kecepatan kering tinggi.

4. Water Based Primer Coat

Anda akan dengan mudah mendapatkan water based primer coat kini karena modern ini primer coat banyak digunakan menggantikan tipe primer lainnya. Primer coat water based bisa Anda gunakan pada berbagai macam jenis material seperti kayu, bambu, rotan dan juga berbagai macam jenis serat alam yang lainnya. Bahan pelarut air ini akan memberikan kesempatan bagi Anda yaitu seperti tidak mencemarkan bahan beracun seperti logam berat yaitu timbal, merkuri dan juga formalin. Masalah voc pun tidak akan memberikan pencemaran udara di lingkungan.

Merk Primer Water Based Modern Ini

Anda mungkin sudah mulai melakukan proses finishing menggunakan primer coat. Namun apakah Anda sudah menggunakan produk primer coat yang berkualitas dan juga primer coat yang Anda butuhkan? Jika Anda mengenal produk cat kayu sebenarnya apakah semua produk baik? Tentu saja untuk mendapatkan produk yang baik akan sulit, namun untuk mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan adalah salah satu kunci Anda untuk mendapatkan hasil finishing yang terbaik.

cat primer bioduco dasar kayu

Produk yang diperkenalkan untuk Anda mendapatkan hasil finishing yang terbaik adalah primer coat water based BioDuco. Produk BioDuco adalah produk yang bisa Anda gunakan dan dengan menggunakan spray gun. Anda bisa memilih produk BioDuco dari dua warna yaitu warna hitam untuk hasil warna BioDuco yang gelap dan kedua adalah produk BioDuco primer coat warna putih untuk hasil finishing warna terang.

Primer coat BioDuco juga bisa Anda gunakan pada bagian furniture yang akan ditimpa dengan cat enamel seperti cat kayu besi Orchid pada kayu. Fungsi primer adalah untuk menutup pori kayu dan juga untuk menutup tampilan dari serat kayu agar tidak timbul setelah difinishing menggunakan cat enamel.

BioDuco Primer Coat ini juga memiliki kandungan bahan anti jamur bahkan anti serangga. Pencegahan dari kerusakan kayu akibat jamur dan juga serangga bisa dilakukan dengan menggunakan primer coat ini. Kemampuannya yaitu keras tapi lentur membuat Anda akan mendapatkan finishing yang tahan terhadap perubahan cuaca atau outdoor.

Dengan menggunakan cat Duco Primer Coat water based ini Anda akan meningkatkan tampilan dari lapisan cat kayu di atasnya. Tampilan dan kekuatan lapisan cat diatasnya baik itu cat duco maupun cat enamel akan lebh tahan lama dan memiliki penampilan yang menarik.

Finishing Marmer Menggunakan Primer Coat

Penggunaan primer coat tidak sebatas hanya penggunaan finishing furniture warna solid saja. Namun Anda bisa berkreasi dan juga bisa menggunakan berbagai macam cara bahkan teknik unik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satunya adalah finishing marmer. Pernahkah Anda mendapatkan finishing furniture kayu dengan hasil warna atau tampilan marmer? Anda kini bisa melakukannya pada material kayu seperti triplek, MDF, Plywood, dan juga LVL (Laminated Venyl Lumber).

Moti marmer kayu

Pernahkah Anda membayangkan triplek yang Anda gunakan memiliki tampilan yang menarik?

Tentu saja berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil finishing marmer.

  • Triplek yang sudah Anda amplas hingga mendapatkan permukaan yang halus dan juga rata. Pastikan triplek kering dan bersih dari debu amplas.
  • Aplikasikan wood putty yang sudah dicampur dengan air hingga agak encer agar mudah untuk diaplikasikan. Gunakan pisau scrape dan aplikasikan wood putty ke seluruh permukaan kayu. Jika sudah rata Anda tunggu kering sekitar 20 menit dan amplas dengan kertas amplas nomor 240. Pastikan permukaan kayu berubah menjadi lebih halus dan juga kering.
  • Aplikasikan BioDuco primer coat warna putih yang sudah dicampur dengan air sehingga mendapatkan viskositas 10-12 detik nk2. Aplikasikan dengan cara spray hingga merata kemudian tunggu kering sekitar 60 menit tanpa harus dijemur pada panas matahari. Jika sudah Anda bisa langsung mengamplas dengan kertas amplas nomor 320.
  • Aplikasikan BioDuco Primer Coat white dengan cara yang sama dan tunggu kering. Amplas dengan kertas amplas nomor 400.
  • Gunakan Biothane 1K yang sudah dicampur dengan air hingga mendapatkan viskositas 10-12 detik nk2. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata dan tunggu kering sekitar satu malam.
  • Untuk menciptakan motif gunakan kain kassa. Siapkan Biovarnish Wood Stain Black yang sudah dicampur dengan air hingga sangat encer dengan perbandingan sekitar 1 bahan : 5 air. Setelah itu aplikasikan menggunakan kain kassa dengan cara ditutul. Cara ini sangat efektif untuk menciptakan efek warna kayu seperti marmer.
  • Tunggu kering maka hasilnya akan berubah mejadi maksimal.

Tips Umum

Proses finishing warna marmer ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Untuk memecah motif warna stain menjadi motif marmer hanya bisa Anda dapatkan menggunakan wood stain water based. Anda akan mendapatkan kesulitan apabila melakukannya menggunakan wood stain solvent.

Alasannya adalah bahan thinner yang digunakan untuk melarutkan wood stain akan menghilangkan lapisan di bawahnya yaitu primer coat dan juga top coat. Jika efek terjadi maka dasaran triplek akan terlihat dan hasil finishing marmer akan gagal.

Selain itu juga budget yang Anda keluarkan untuk melakukan proses finishing marmer tentu saja lebih murah dibandingkan dengan proses finishing menggunakan cat solvent. Jika finishing menggunakan cat solvent Anda harus membeli thinner sebagai bahan pelarut yang tentu saja harganya tidak mahal. Sedangkan untuk finishing menggunakan cat water based Anda bisa membeli bahan pelarut yang murah.

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Produk Bioduco Chalk Paint yang Berkualitas Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

https://www.tokopedia.com/biopaint102

https://www.tokopedia.com/bioindustrieso

https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

https://www.tokopedia.com/bioindustries

https://www.tokopedia.com/rayapjamur

https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish

https://shopee.co.id/biovarnish.official

https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

https://www.tokopedia.com/catkayu

https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]