Apa Itu Chalk Paint? Mengenal Sejarah Hingga Pilihan Merk Terbaik

Mengenal sejarah hingga merk chalk paint terbaik adalah hal menarik, selain untuk menambah wawasan, manfaat lainnya anda dapat mengaplikasikan chalk paint dengan baik. Merk chalk paint terbaik tentu harus kita ketahui, seperti apa sejarah cat ini dibuat juga menairk untuk diketahui.

Baca juga : 10 Tips Ampuh Pemula Untuk Mengecat Menggunakan BioDuco Chalk Paint

Mengapa Harus Memilih Finishing Cat Kayu Chalk Paint? Ini Alasannya

Ketika Anda sedang menjelajahi internet tentang dunia DIY perkayuan, maka banyak sekali tutorial yang menjelaskan tentang sejarah hingga finishing merk chalk paint. Hasil finishing ini sangat indah dan terlihat vintage pada furniture.

Walaupun jenis finishing ini telah banyak digunakan, dalam beberapa tahun terakhir ini dan seringkali terjadi kesalahan. Ada beberapa kesalahpahaman mengenai chalk paint mulai dari fungsi penggunaannya dan digunakan untuk apa.

Baca juga : 8 Alasan Mengapa Harus Memilih Finishing Cat Kayu Chalk Paint

Mengenal Sejarah dan Merk Chalk Paint

Penting untuk mengetahui lebih lengkap dan benar apa itu chalk paint. Cat chalk paint telah populer sebagian besar berkat internet. Hingga kini masih banyak orang yang mempertanyakan apakah perbedaannya dengan cat tradisional.

Apakah Itu Chalk Paint Mulai dari Sejarah Hingga Merk Terbaik - chalk paint

Sekilas chalk paint dikenali dengan sejarah hasil finishing nya yang halus dan berpenampilan matte. Cat ini menyerupai furniture kayu yang ditutup dengan kapur, inilah yang membuatnya disebut sebagai chalk paint. Cat ini sebagian besar berbahan dasar lateks artinya Anda bisa membersihkannya dengan air bukan lagi thinner. Hasil finishingnya juga cenderung lebih tebal, mudah dikerjakan dibandingkan cat konvensional.

Penting untuk mengetahui apa yang bukan termasuk dalam chalk paint. Meskipun memiliki namanya yang mirip, chalk paint berbeda dengan chalkboard paint. Chalkboard paint adalah produk khusus yang populer lainnya. Fungsinya adalah untuk mengubah permukaan apapun menjadi papan tulis.

Anda bisa menulis dengan kapur diatas permukaan yang telah dilapisi chalkboard paint namun bukan chalk paint. Chalk paint lebih mirip dengan cat dinding hanya dengan finishing berbeda. Intinya adalah jangan menulis diatas lapisan chalk paint karena Anda bisa merusak permukaanya.

Sejarah Chalk Paint

Istilah dari chalk paint sendiri merupakan merek dagang salah satu cat di luar negeri yaitu Annie Sloan. Cat kapur asli diciptakan pada tahun 1990. Annie Sloan, adalah pendiri perusahaan yang menggunakan nama cat dengan namanya sendiri.  Ia menginginkan cat yang membutuhkan persiapan lebih sedikit dan lebih mudah untuk dikerjakan. Ketika dia tidak dapat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhannya maka ia menciptakan chalk paint.

Apakah Itu Chalk Paint Mulai dari Sejarah Hingga Merk Terbaik - annie sloan

Selama beberapa dekade berikutnya, formula cat masih diolah sehingga cat akan melekat pada hampir semua permukaan dan membutuhkan sedikit persiapan. Karakteristik adalah kunci lain dari chalk paint yang asli. Menurut pendirinya, ia tidak mengandung pigmen hitam, sehingga warna dapat dicampur tanpa menjadi kusam atau berlumpur.

Alasan itulah yang membuat cat membuat berbagai corak unik, yang semuanya akan memiliki sentuhan seperti kapur yang indah. Berkat sifat-sifat unik ini, cat kapur dengan cepat memperoleh popularitas, menjadi pilihan bagi siapapun yang membuat furnitur yang terkesan vintage atau dekorasi yang lusuh.

Cara Penggunaan Terbaik untuk Chalk Paint

Panduan dalam menggunakan cat biasanya menekankan perlunya pembersihan yang luas dan persiapan permukaan lainnya sebelum menerapkan cat. Anda kini sudah bisa sedikit lega karena proses persiapan tidak membutuhkan cara yang lama.

Pengamplasan dan pembersihan dasar dapat dilakukan atau tidak tergantung dengan permasalahan pada kayu seperti minyak atau getahnya. Chalk paint pada umumnya diaplikasikan pada furniture karena dapat memberikan penampilan yang lembut dan terlihat lama.

Pilihan bagus ketika mengerjakan desain furnitur yang rumit, karena Anda tidak perlu mengamplas atau melapisi permukaan yang akan Anda cat. Cat ini sama seperti ketika melukis. Tidak masalah jika terjadi kesalahan dalam mengecat karenanya membuat pilihan yang baik bagi pemula yang mempelajari dunia DIY.

Apakah Itu Chalk Paint Mulai dari Sejarah Hingga Merk Terbaik - before after chalk paint

Cat kapur sama sekali tidak terbatas pada furnitur. Cat sangat fleksibel karena menempel pada hampir semua permukaan, dan dapat digunakan di dinding, lantai, dan bahkan logam. Banyak orang menggunakan chalk paint pada lemari dapur mereka, terutama dalam dekorasi bergaya lusuh atau bergaya vintage.

Cara mudah lainnya untuk menggunakan chalk paint adalah dengan menciptakan dua paduan warna. Pada dasarnya jika Anda mengecat pasti menggunakan warna dasar lalu menutupnya dengan warna lain.

Proses penggunaannya hampir sama, namun bedanya adalah setelah lapisan kedua kering Anda bisa mengamplas dengan lebih hingga bagian bawah yaitu lapisan cat pertama terlihat. Cara tersebut sangat mudah dan akan menghasilkan tampilan menarik pada furniture dengan kesan distressing.

Apakah Cat Kapur dapat Bertahan Lama?

Salah satu kekhawatiran paling umum tentang cat kapur adalah apakah cat ini cukup tahan lama untuk digunakan pada furniture yang sering digunakan. Jawaban singkatnya adalah ya, tetapi hanya jika Anda meluangkan waktu untuk menutupnya dengan lapisan akhir yang benar.

Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk menghasilkan tampilan furniture yang sempurna. Khususnya untuk lapisan yang akhir, yaitu yang pertama adalah dengan menggunakan wax atau bahan poles. Fungsinya adalah untuk menutupi cat dan Anda membutuhkan dua atau tiga kali lapisan diatas permukaan furniture.

Pastikan lilin dioleskan hingga rata ke seluruh permukaan kayu. Biasanya pada kemasan cat tidak dijelaskan mengenai penggunaan zat lilin ini sehingga Anda harus membelinya secara terpisah.

cara aplikasi chalk paint

Lapisan wax akan memungkinkan untuk membuat furniture lebih berpenampilan indah dan tahan lama. Jika permukaan kayu sudah memulai terlihat lusuh, Anda bisa mengulangi aplikasi wax secara berkala.

Cara kedua adalah Anda bisa menutup permukaan chalk paint dengan pernis (top coat) atau polyurethane untuk menciptakan segel pada chak pain. Banyak orang yang memilih metode ini dan bekerja dengan baik untuk meningkatkan daya tahan.

Namun Anda harus menggunakan top coat yang memiliki tampilan matte. Hindari untuk menggunakan lapisan top coat yang berpenampilan gloss.

Tips Mengaplikasikan Chalk Paint dengan Sempurna

Tekstur yang lentur serta warna kapur yang cantik, chalk paint akan mengubah furniture biasa seperti yang terdapat pada toko barang bekas menjadi karya seni menarik. Cat tidak berbau dan secara alami bebas dari VOC.

10 Tips Ampuh Saat Mengecat Menggunakan Chalk Paint - Chalk Paint

Bioduco Chalk Paint merupakan cat kapur yang aman digunakan. Produk ini terbuat dari acrylic based yang tidak kalah dengan jenis cat import seperti Annie Sloan. Anda bisa menemukan berbagai macam warna cat kayu yang akan menghidupkan kembali tampilan furniture lama.

Berbahan dasar air membuat cat hanya membutuhkan bahan pelarut air dan juga membutuhkan kuas untuk aplikasinya. Tidak banyak lapisan cat yang diaplikasikan, Anda bisa mengaplikasikan chalk paint langsung atau melapisi bagian akhir dengan top coat.

Tertarik untuk membuat lapisan Bioduco Chalk Paint? Ada beberapa tips untuk bisa mengaplikasikan dengan mudah. Ikuti beberapa tipsnya berikut ini:

Baca juga : 5 Kreasi Pengecatan Dengan Bioduco Chalk Paint Untuk Meja Tamu

√ Gunakan sapuan kuas berbeda untuk berbagai efek

Jadilah kreatif dengan sapuan kuas chalk paint Anda untuk penampilan yang sama sekali berbeda. Pastikan Anda bekerja dengan cepat, ciptakan bekas sapuan kuas untuk memperlihatkan kesan tidak sempurna.

10 Tips Ampuh Saat Mengecat Menggunakan Chalk Paint - Amplas

Ada beberapa efek yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan kuas. Pertama efek crosshatch yaitu seperti tampilan kain linen. Cobalah untuk menyapukan kuas secara vertikal di atas sapuan horizontal.

Hasil stipple yaitu membuat bagian cat yang tepat di area kecil dan ikuti dengan mengoleskan kuas. Terakhir adalah tampilan halus. Caranya adalah dengan mengecat area kecil dengan cepat kemudian lapisi dengan sapuan terus menerus di atasnya.

√ Membuat efek distress

Efek distress adalah menciptakan ilusi usia pada permukaan kayu. Anda harus menggunakan amplas dan hindari mengamplas dengan rata. Anda bisa membayangkan bagaimana furniture vintage yang asli dan mengamplas bagian yang sering digunakan.

Memulai dengan siku berbentuk 90 derajat dan pegangan atau knop dengan titip tinggi dari permukaan. Bungkuslah amplas grit 220 dengan balok kayu atau busa tergantung dengan jenis permukaan kayu.

Lakukan pengamplasan dengan penekanan yang intens dan pastikan Anda menghilangkan lapisan cat bagian atas sehingga sedikit memperlihatkan warna kayu aslinya.

Efek distressing

Baca juga : Belajar Teknik Distress Furniture Dengan Cat Duco Chalk Paint

√ Mencampur dua warna chalk paint

Anda bisa menggunakan lebih dari satu warna, warna pertama dan warna kedua akan menimbulkan perpaduan warna furniture yang apik. Tampilannya sangat eye catching, Anda hanya perlu melapisi permukaan warna dasar secara merata.

Lapisan warna kedua diaplikasikan secara hati-hati dan tidak merata. Pemilihan warna yang tepat akan sangat mempengaruhi penampilan hasil akhir. Gunakan warna gelap untuk bagian dasar sehingga menghasilkan tampilan kedalaman maksimum.

√ Mengaplikasikan wax untuk kesan lentur

Hasil chalk paint saja hanya akan menimbulkan tampilan yang kering atau terasa berkapur. Untuk mengatasinya maka tambahkan wax setelah lapisan chalk paint benar-benar mengering.

Aplikasikan wax menggunakan kain katun yang bersih dan kering. Hasilnya bening jadi tidak akan mempengaruhi warna.

√ Mengamplas untuk hasil halus

Walaupun chalk paint seringkali dikaitkan dengan hasil finishing yang sangat bertekstur dan lapuk, cat juga bisa menghasilkan tampilan yang lain. Yaitu memberikan tampilan yang halus untuk permukaan seperti pintu kabinet.

Kandungan mineral pada chalk paint membuatnya sangat mudah untuk di amplas dan ini adalah kunci utama dari hasil finishing yang halus. Caranya adalah lapisi permukaan kayu dengan tipis saja kemudian amplas ringan dengan amplas nomor 240. Tujuannya bukan mengamplas untuk dua warna tetapi untuk menghaluskan bekas sapuan kuas. Kemudian lapisi dengan lapisan cat kedua

Produk Chalk Paint Indonesia

Seperti yang telah dijelaskan bahwa salah satu merk chalk paint dari Indonesia yang perlu Anda coba untuk gunakan adalah Bioduco Chalk Paint. Produk ini adalah buatan lokal yang kualitasnya tidak jauh berbeda dengan produk asing.

Bagi Anda para pemula DIY yang ingin mencoba bermain warna dengan cat kayu, Bioduco Chalk Paint ini bisa menjadi andalan. Proses aplikasi dengan sapuan kuas yang ringan membuat cat menjadi lebih mudah menyebar.

Bioduco chalk paint

Proses pengeringan dan pengamplasan juga menjadi tambahan yang tidak akan Anda temukan dari produk lokal lainnya. Pengeringan bisa didapatkan dengan cara mudah yaitu di dalam ruangan yang memiliki ventilasi udara baik selama satu jam.

Cat akan mengering dengan sendirinya tanpa harus dijemur dibawah terik matahari. Proses pengamplasan yang ringan antar lapisan coating bisa Anda lakukan secara ambang saja. Dengan menggunakan amplas nomor 400 Anda bisa menghilangkan bekas sapuan kuas yang tidak diinginkan.

Bahan dasar air membuat Anda tidak lagi perlu takut akan masalh toxic yang sering mengganggu. Tidak ada lagi polusi udara yang akan membuat udara dalam ruangan tercemar. Bahkan selama proses finishing Anda tidak akan terganggu pernapasannya karena bau cat yang menyengat.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "BioDuco"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU