10 Tips Ampuh Pemula untuk Mengecat Menggunakan BioDuco Chalk Paint

Mengecat dengan chalk paint bisa menjadi salah satu alternatif cara mudah bagi Anda yang ingin melakukan finishing. Tidak dibutuhkan alat dan bahan yang sulit serta merepotkan, karena tentunya Anda bisa melaksanakan kegiatan woodworking dengan lebih maksimal.

Pernahkah Anda mengecat dengan menggunakan produk Chalk Paint? Di Indonesia, Bioduco Chalk Paint adalah satu-satunya produk yang baru muncul jika Anda membutuhkan jenis cat ini. Biasanya para pengrajin harus memesan Chalk Paint dari luar negeri. Kini dengan hadirnya Bioduco Chalk Paint siapa saja bisa mengecat dengan  mudah untuk mendapatkan warna pastel yang unik. 

Tidak banyak yang tahu bagaimana cara mengecat menggunakan chalk paint. Kebanyakan orang masih berpedoman dengan cat kayu solid dengan empat lapisan yaitu dempul, primer, cat solid dan top coat. Namun kini Anda akan mengecat dengan lebih mudah bahkan tanpa spray gun. 

10 Tips Ampuh Saat Mengecat Menggunakan Chalk Paint - chalk paint

Pengecatan dengan chalk paint memberikan lebih banyak kemudahan. Pertama adalah bisa diaplikasikan hanya dengan menggunakan kuas, kedua tidak perlu terlalu banyak lapisan coating yang diberikan. Chalk paint bekerja sebagai primer coat yang sekaligus juga memiliki warna. Anda bisa mengecat furniture untuk mendapatkan kesan antik, rustic dan juga konvensional hanya dengan menggunakan produk ini. 

Teknik menarik yang bisa diaplikasikan pada pengecatan chalk paint adalah dengan teknik distressing. Yaitu Anda akan mengamplas bagian tertentu pada furniture untuk memunculkan kesan usang. Jadi untuk berkreasi dengan chalk paint tidak ada batasnya. Lalu bagaimana cara ampuh untuk lebih mudah bekerja dengan chalk paint? Tenang saja karen Anda bisa mengikuti tipsnya disini. 

10 Tips Mengecat dengan Chalk Paint bagi Pemula

Untuk Anda yang merasa sebagai pemula di dunia woodworking termasuk juga finishing, tak perlu khawatir karena Anda tetap bisa melakukan finishing dengan mudah. Terlebih dengan menggunakan produk cat water based dari Bioduco Chak Paint.

Ingin tahu apa saja tips yang bisa Anda terapkan untuk bisa lancar melakukan finishing dengan produk ini? Simak 10 tips mengecat dengan chalk paint berikut ini:

1. Memilih Kuas untuk Mengecat Chalk Paint

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan jenis kuas yang akan digunakan. Bioduco chalk paint sendiri adalah jenis cat kayu yang terbuat dari bahan dasar air. Jadi kuas yang digunakan harus berbulu nilon, namun jika Anda tidak menemukannya ganti dengan kuas busa. Kuas dengan bulu nilon akan mengaplikasikan chalk paint dengan lebih sempurna. 

10 Tips Ampuh Saat Mengecat Menggunakan Chalk Paint - kuas chalk paint

Pemilihan kuas berbulu nylon ataupun kuas busa dilakukan untuk meminimalisir adanya efek brush mark yang bisa saja terjadi jika Anda tidak menginginkannya. Tentunya hal tersebut juga terjadi karena ada andil dalam salahnya pemilihan jenis kuas yang digunakan. Lain cerita jika Anda akan melakukan finishing rustic, vintage, antik atau distress yang justru membutuhkan kesan brush mark.

Kuas yang dipilih juga harus disesuaikan dengan ukuran furniture. Pilih kuas dengan permukaan yang lebih runcing sehingga aplikasi warnanya bisa lebih merata. Kemudian kuas juga harus dipilih yang memiliki kualitas tinggi. Sehingga bulu pada kuas tidak mudah rontok ketika diaplikasikan dan bisa digunakan berulang kali. 

2. Teknik Mengaplikasikan Kuas pada Furniture

Ada dua teknik untuk menggunakan kuas pada saat mengaplikasikan chalk paint. Pertama adalah untuk teknik yang perlu dilakukan agar mendapatkan hasil yang halus. Anda bisa melakukannya dengan cara menguaskan chalk paint secara ringan. Cara ini sama seperti ketika Anda mengecat pernis pada umumnya. Cukup gunakan sudut 45 derajat kemudian tarik dengan lebih ringan. 

10 Tips Ampuh Saat Mengecat Menggunakan Chalk Paint - mengecat

Teknik kedua adalah teknik yang dilakukan untuk memunculkan kesan brush mark. Cara ini digunakan untuk membuat kesan permukaan kayu tampak lebih artistik. Caranya adalah masih gunakan sudut 45 derajat namun ketika menarik Anda harus sedikit menekan. Pada cara ini tidak masalah jika Anda akan mengulangi penguasan karena brush mark justru yang dibutuhkan. 

3. Kenali Finishing Rustic dan Antik dengan Chalk Paint

Anda harus mengetahui perbedaan antara antik dan juga rustic dengan chalk paint. Antik adalah memperlihatkan furniture terawat dengan benar, artinya permukaan kayu yang digunakan harus lebih halus. Meskipun halus beberapa bagian cat pada furniture akan tampak usang. Material kayu akan terlihat di beberapa titik. 

10 Tips Ampuh Saat Mengecat Menggunakan Chalk Paint - chalk paint

Sedangkan hal yang berbeda diperoleh saat Anda membutuhkan tampilan rustic. Untuk membuat tampilan rustic, furniture kayu harus terlebih dahulu di rusak di beberapa bagian. Perusakan ini harus dilakukan dengan benar dan mengikuti serat kayu agar terkesan lebih natural.

4. Belajar Menggunakan Teknik Distressing

Ketika Anda hendak mengecat untuk mendapat hasil finishing hasil rustic dan juga antik, maka pelajari bagaimana teknik distressing yang benar. Teknik ini adalah teknik mengamplas yang dilakukan pada bagian furniture sehingga warna kayu atau cat di bagian bawahnya bisa terlihat. Anda bisa menggunakan teknik ini pada satu atau lebih lapisan chalk paint. 

Rustic

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah tentukan bagian mana saja yang akan di amplas. Bagian ini harus memperlihatkan furniture sering digunakan. Misalnya bagian siku atau bagian yang telah dirusak oleh mesin rustik. Kemudian yang kedua, lakukan pengamplasan hanya pada bagian tersebut dengan menggunakan kertas amplas nomor 320. Lakukan pengamplasan hingga warna kayu asli yang digunakan bisa terlihat. 

5. Memadukan Warna Chalk Paint

Anda juga bisa memadukan chalk paint dari dua warna hingga tiga warna. Memadukan warna dari chalk paint ini akan memberikan kesan usang yang lebih kuat. Namun Anda harus memadukan warna yang akan digunakan dengan tepat. Agar hasilnya maksimal, Anda juga bisa membuat percobaan antar warna sebelum mengaplikasikannya pada furniture adalah cara yang tepat. 

Glaze

Cobalah untuk mengkombinasikan warna kontras dimana warna terang diletakan sebagai warna dasar. Kemudian warna yang tua cukup disebarkan secara tidak merata ke bagian furniture yang hendak di distress. Cukup kuaskan cat di atas warna dasar dengan satu sapuan kuas sehingga warnanya sedikit samar. Hasilnya? Anda tidak akan menyesal karena pasti akan terpukau.

6. Persiapan Material Kayu yang Tepat

Walaupun Anda akan menutup warna kayu asli dengan chalk paint, namun jangan pernah melupakan persiapan material. Persiapan yang dilakukan harus sesuai dengan hasil yang diinginkan. Misalnya Anda akan mengecat furniture dengan hasil rustic, maka cobalah untuk membuat kesan rustic dengan mesin atau palu. Untuk mempermudah, Anda juga bisa memanfaatkan kayu bekas peti kemas atau palet untuk disusun dan diolah menjadi furniture.

Namun jika Anda hendak mendapatkan hasil yang halus, cukup amplas permukaan kayu dengan lebih halus. Manfaatkan mesin amplas untuk mendapatkan pengamplasan yang rata. Jangan lupa untuk menghilangkan semua debu dan kotoran bekas pengamplasan.

7. Proses Pengeringan yang Sesuai

Pengeringan chalk paint lebih mudah dibandingkan dengan jenis cat lainnya. Entah itu jenis cat enamel, cat solid bahkan hingga vernis. Anda tidak perlu menjemur furniture karena chalk paint akan mengering dengan sendirinya. Proses pengeringan Bioduco chalk paint juga cenderung terjadi sangat cepat. Anda hanya perlu menunggu selama satu jam dan cat akan mengering. 

Hindari untuk menjemur furniture dibawah teriknya sinar matahari secara langsung. Karena hal tersebut hanya akan menimbulkan efek mengelupas akibat cat yang dipaksa terlalu cepat untuk mengering. Pengeringan yang dilakukan nantinya juga harus dilanjutkan dengan pengamplasan secara ambang. Anda bisa menggunakan kertas amplas alumunium oxyde grit 320 ataupun 400.

8. Proses Pengamplasan Antar Lapisan ChalkPaint

Jangan lupa untuk mengamplas juga di antara lapisan coating. Apalagi jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang halus dan merata. Pertama, tunggu lapisan coating yang pertama mengering secara sempurna. Kemudian siapkan kertas amplas nomor 400 dengan jenis alumunium oxyde. 

amplas

Proses pengamplasan ini tidak membutuhkan mesin, Anda bisa mengamplasnya secara manual. Cukup amplas ringan saja searah dengan serat kayu, jangan sampai warna dari chalk paint menghilang. Kemudian bersihkan semua debu bekas pengamplasannya. 

9. Berikan Minimal Dual Lapisan Coating

Cat primer seperti chalk paint berfungsi untuk menutup warna kayu dan seratnya. Untuk memaksimalkan fungsi ini Anda harus mengaplikasikannya dengan cara yang benar. Caranya adalah dengan mengaplikasikan chalk paint minimal dua kali lapisan. Masing-masing lapisan harus diaplikasikan secara tipis namun merata.

Dua lapisan coating yang diaplikasikan tersebut akan menutup warna kayu dan seratnya secara maksimal. Tentu saja jika warna kayu dan seratnya masih terlihat Anda harus mengulangi proses aplikasi. Ingat ingat bagaimana caranya dan cukup ulangi hingga beberapa kali lapisan. 

10. Berikan Lapisan Terakhir Top Coat atau Beeswax

Ketika chalk paint sudah diaplikasikan pada furniture, Anda harus memberikan lapisan perlindungan terakhir. Ada dua jenis lapisan yang bisa dipilih, yaitu dengan menggunakan Bioduco top coat atau Biopolish Beeswax. Jika menggunakan top coat Anda bisa memilih Bioduco top coat matte. Tampilan matte akan memberikan kesan lebih usang. 

Sedangkan jika Anda ingin menggunakan beeswax, pastikan terlebih dahulu bahwa cat sudah mengering benar.  Aplikasikan Beeswax menggunakan kain bersih. Kemudian gosokkan beeswax ke permukaan furniture secara rutin . Lakukan perawatan rutin selama tiga minggu atau satu bulan sekali. Tampilan furniture akan berubah sedikit mengkilap dan lebih terlindungi dari rayap serta jamur. 

Poles_Kayu_Biopolish_Beeswax

Itu dia 10 tips finishing menggunakan Chalk Paint yang bisa Anda tiru dan lakukan saat akan mengaplikasikan cat ini. Sangat mudah bukan? Maka sebenarnya, siapapun Anda pasti bisa untuk melakukan finishing kayu karena cara aplikasinya juga mudah.

Butuh inspirasi lain untuk menggunakan chalkpaint?

Jika anda membutuhkan inspirasi lainnya mengenai teknik mengecat dengan chalk paint?

Website : https://www.biovarnish.com/
Facebook : https://web.facebook.com/biovarnish/
Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCLlPdr6osQD3eUWbLQDJJzQ

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Produk Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industries termasuk Chalk Paint secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

https://www.tokopedia.com/biopaint102

https://www.tokopedia.com/bioindustrieso

https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

https://www.tokopedia.com/bioindustries

https://www.tokopedia.com/rayapjamur

https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish

https://shopee.co.id/biovarnish.official

https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

https://www.tokopedia.com/catkayu

https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industries termasuk Bioduco Chalk Paint secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "BioDuco"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.