Mengapa Harus Memilih Finishing Cat Kayu Chalk Paint? Ini Alasannya

Jika Anda sangat mendalami seni dan kerajinan maka melakukan proyek DIY untuk dekorasi rumah, chalk paint pasti sudah tidak asing lagi didengar. Jika Anda tidak familiar dengan chalk paint dan cobalah untuk bertanya seperti apakah produk chalk paint yang beredar di pasaran.

Proyek DIY adalah kesempatan yang sangat baik untuk memanfaatkan dan mengetahui lebih dalam apa itu chalk paint. Jika Anda ingin memperbarui furniture lama menjadi baru maka chalk paint adalah pilihan yang tepat.

Lalu apakah chalk paint itu? Bagi pemula perlu diketahui bahwa chalk paint berbeda dengan cat untuk finishing papan tulis. Dimana cat tersebut akan melapisi sebuah papan yang dapat digunakan untuk menulis dengan kapur dan dapat dihapus.

Chalk paint yang dimaksud disini bukan itu, cat yang dimaksud dapat digunakan untuk mengecat apapun. Secara umum chalk paint dapat diaplikasikan pada kabinet dapur, bahan kayu dan metal bahkan kain.

Cat yang dimaksud adalah cat yang dapat memberikan warna solid yang lembut dan tampilan matte. Biasanya chalk paint juga dikombinasikan dengan soft wax yang akan mengubah tampilan matte menjadi satin.

Mengapa Harus Memilih Finishing Cat Kayu Chalk Paint? Ini Alasannya

Jika dilihat dari hasil finishingnya, chalk paint berbeda dengan hasil finishing cat duco. Biasanya cat duco memberikan tampilan warna solid utuh dan mengkilap. Menggunakan chalk paint akan memberikan tampilan yang benar-benar baru dalam rumah Anda.

Beberapa DIY tidak memilih untuk membeli chalk paint karena produk ini masih jarang di Indonesia. Kebanyakan chalk paint adalah produk impor yang harganya sangat mahal untuk diperoleh. Maka banyak yang membuat chalk paint sendiri.

Cara untuk membuat chalk paint sendiri adalah dengan mencampurkan bubuk chalk paint dengan cat latex. Pelarutan memerlukan air sehingga bubuk chalk paint dan latex dapat menyatu. Proses pencampuran cukup mudah karena Anda bisa mengatur seberapa pekat warna yang ingin didapatkan.

Setelah cat chalk paint selesai dibuat maka bisa langsung diaplikasikan. Jangan lupa untuk melakukan proses pengadukan karena cat biasanya mengendap.

Keuntungan Finishing Chalk Paint

Setelah mengetahui apa itu chalk paint, mengapa para DIY banyak memilihnya? Apa kehebatan finishing cat kayu chalk paint dibandingkan cat duco? Ketika Anda memulai mengetahui cara aplikasinya maka chalk paint akan menjadi prioritas utama dibandingkan cat duco.

Banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan ketika mengecat dengan chalk paint. Mulai dari proses finishing hingga hasilnya memberikan banyak kemudahan. Berikut ini keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan chalk paint.

  • Bahan pembuatnya

Tidak perlu takut dengan cat yang mengandung solvent, Anda bisa memilih chalk paint karena terbuat dari bahan dasar air. Air adalah bahan cat yang aman sehingga Anda tidak perlu takut akan polusi udara.

Cat chalk paint yang Anda buat sendiri terbuat dari campuran air dan latex. Beberapa produk yang diimpor juga tidak menggunakan bahan dasar solvent. Jadi apapun merk cat yang Anda beli tidak mengandung unsur berbahaya bagi kesehatan lingkungan.

  • Tidak membutuhkan banyak persiapan

Jika Anda akan melakukan finishing natural maka pengamplasan yang halus, kebersihan permukaan menjadi bagian yang sangat penting. Kini tidak lagi, Anda tidak perlu menggunakan primer coat dan pengamplasan yang halus.

Mengapa Harus Memilih Finishing Cat Kayu Chalk Paint? Ini Alasannya

Hasil yang didapatkan bukan mengkilap jadi Anda tidak perlu mendapatkan permukaan kayu yang benar-benar rata. Anda akan mengurangi penggunaan waktu untuk persiapan.

  • Tidak terpaku pada tampilan sempurna

Apa yang menarik dari hasil finishing chalk paint adalah ketidaksempurnaan. Tujuannya adalah untuk menciptakan tampilan sebuah furniture yang telah lama digunakan dan sedikit kerusakan.

Anda bisa membuat tampilan cat memperlihatkan bekas sapuan kuas yang justru membuat kesempurnaan dalam chalk paint. Jika Anda ingin membuat tampilan distress maka itu adalah pilihan yang lebih baik.

  • Hasil finishing matte

Ketika cat mengering Anda tidak akan dilihat kilap. Tidak ada pantulan cahaya yang muncul dari furniture. Anda akan mendapat tampilan finishing matte dan sangat terkenal sebagai finishing gaya antik.

  • Cocok untuk furniture antik

Memiliki furniture klasik di rumah? Anda bisa mengecat ulang untuk menjadi tampilan antik dengan chalk paint. Cat ini sangat cocok pada ornamen seperti ukiran yang terdapat pada furniture. Sehingga sangat tepat untuk proyek refinishing Anda.

  • Proses pengecatan dapat dikuas atau disemprot
Mengapa Harus Memilih Finishing Cat Kayu Chalk Paint? Ini Alasannya

Aplikasi chalk paint bisa menggunakan kuas atau alat semprot. Jika terdapat beberapa bagian yang sulit dijangkau dengan kuas maka Anda bisa menggunakan alat semprot. Alat semprot merupakan pilihan yang terbaik dan dapat mempercepat waktu finishing.

  • Waktu kering yang cepat

Setidaknya finishing furniture membutuhkan waktu sekitar seharian lebih bahkan hingga beberapa minggu. Cat yang lama mengering menjadi hambatan untuk bisa cepat menyelesaikan proyek furniture.

Menggunakan chalk paint Anda akan menghemat waktu dua kali lipat. Bahan dasar air membuat chalk paint cepat mengering. Anda bisa menyelesaikan proyek finishing dalam satu hari saja.

  • Tampilan satin dengan wax

Tidak hanya tampilan matte saja yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda ingin mendapatkan sedikit kilap pada furniture terapkan wax setelah finishing benar-benar kering. Hasilnya akan meningkatkan tingkat kilau hingga level satin.

Tampilan satin bisa bertahan lama apabila Anda mengaplikasikan wax secara berkala. Minimal Anda bisa mengaplikasikan ulang wax sebulan atau dua bulan sekali ketika tampilan satin memulai berkurang.

Langkah Mudah Finishing Chalk Paint

Apabila Anda ingin memulai langkah finishing chalk paint maka terdapat lima langkah yang bisa diikuti. Lima langkah singkat ini akan mengantarkan Anda pada finishing chalk paint yang sempurna.

  • Memilih furniture yang masih layak untuk di finishing ulang
Mengapa Harus Memilih Finishing Cat Kayu Chalk Paint? Ini Alasannya

Proyek pertama bisa menggunakan furniture lama yang telah di finishing sebelumnya. Anda bisa memilih furniture dengan gaya vintage yang dicat dengan warna natural. Memilih furniture dengan tampilan natural akan mempermudah proses pengelupasan cat lama.

  • Membersihkan furniture

Setelah furniture dipilih, Anda perlu melepaskan semua bagian misalnya seperti laci dan perangkat keras yang menempel. Cara ini akan mempermudah Anda untuk menghilangkan lapisan cat kayu yang lama.

Bersihkan terlebih dahulu seluruh permukaan kayu dengan air sabun. Jangan gunakan wax untuk membersihkan kotoran. Jemur furniture hingga kering setelah bersih kemudian gunakan paint stripper.

HIlangkan lapisan cat yang lama dengan benar dan warna kayu asli terlihat. Jika sudah memulai amplas seluruh permukaan kayu dengan amplas grit maksimal 220.

  • Gunakan ujung kuas untuk aplikasi

Inilah cara untuk mendapatkan hasil finishing chalk paint. Setelah cat disiapkan celupkan ujung kuas (gunakan kuas nilon), Anda harus berhati-hati untuk mendapatkan beka sapuan kuas ke satu arah.

Mengapa Harus Memilih Finishing Cat Kayu Chalk Paint? Ini Alasannya

Anda tidak perlu mendapatkan hasil sehalus mungkin namun Anda perlu mendapatkan beka sapuan kuas yang tepat. Sapukan kuas merata ke seluruh furniture, khusus untuk top table Anda bisa menggunakan 2 lapisan cat.

  • Pengamplasan untuk membuat tampilan lama

Inilah yang sangat penting yaitu membuat furniture terlihat lama dengan teknik distress. Pastikan Anda menggunakan kertas amplas yang cukup kasar karena semakin kasar maka akan semakin dalam goresan yang dibentuk.

Cat harus benar-benar kering sebelum Anda memulai mengamplas. Ambil bagian dari furniture yang biasanya memiliki warna cat cepat hilang. Misalnya saja pada bagian siku atau dekat dengan knop laci.

Anda bisa mengamplas hingga bagian tersebut memperlihatkan warna kayu asli. Jangan takut untuk kesalahan amplas karena terlalu dalam karena Anda bisa mengaplikasikan cat kembali.

  • Bersihkan debu bekas pengamplasan

Setelah pengamplasan cukup memperlihatkan kerusakan pada furniture, bersihkan debu amplas. Gunakan kain kering untuk membersihkan debu kering bekas pengamplasan.

Hanya dengan lima langkah di atas Anda akan mendapat furniture berpenampilan baru. Kesan vintage akan didapatkan dan jika terdapat ukiran Anda bisa melihatnya dengan baik. Berbeda dengan kesan natural yang alami, chalk paint akan membuat furniture lebih berwarna.

Jenis-Jenis Tampilan Chalk Paint

Perlu Anda ketahui juga dengan chalk paint Anda bisa melakukan lebih dari satu modifikasi hasil finishing. Jenis-jenis finishing dengan chalk paint ini akan memberikan tampilan bahkan lebih dari satu warna.

Berikut ini tiga jenis hasil finishing dari chalk paint yang patut dipertimbangkan:

  • Tampilan mengkilap

Seperti yang telah dijelaskan, Anda bisa mendapatkan furniture dilapisi chalk paint menjadi mengkilap. Gunakan produk Biopolish Linseed Oil yang biasanya digunakan untuk finishing natural.

Mengapa Harus Memilih Finishing Cat Kayu Chalk Paint? Ini Alasannya

Ambil sedikit pasta linseed oil dengan kain kering setelah lapisan chalk paint selesai. Usapkan secara merata ke seluruh permukaan furniture. Lakukan hingga tampilan sedikit mengkilap dan berubah menjadi satin.

  • Chalk paint modern

Apabila Anda tidak menyukai tampilan chalk paint yang memperlihatkan furniture terlihat lama maka Anda bisa mencoba tampilan modern. Beberapa orang menyukai kerusakan pada furniture tidak terlalu terlihat.

Caranya adalah dengan memberikan seluruh lapisan furniture dua kali coating chalk paint. Anda perlu mengeringkan di antara lapisan sebelum mengaplikasikan coating kedua. kemudian diamplas terlebih dahulu lapisan coating pertama, bersihkan debu.

Aplikasikan lapisan coating kedua namun lebih tipis dibandingkan dengan lapisan pertama. Anda bisa menambah air pada larutan cat jika kesulitan untuk memperoleh lapisan coating yang tipis.

Lakukan merata ke seluruh furniture bahkan sampai pada bagian yang telah diamplas habis. Maka furniture akan tampak lebih modern dengan finishing chalk paint.

  • Finishing chalk paint dua warna

Pernahkah Anda melakukan finishing dengan dua warna? Cara ini biasanya dilakukan untuk mendapatkan tampilan rustic seperti patina. Nah Anda bisa juga mendapatkannya dengan cat chalk paint.

Jika Anda ingin mendapatkan dua warna dalam satu furniture pastikan, warna yang pertama harus lebih gelap dibandingkan dengan warna kedua atau sebaliknya. Cara ini akan memperlihatkan tampilan kontras.

Mengapa Harus Memilih Finishing Cat Kayu Chalk Paint? Ini Alasannya

Pastikan juga lapisan coating kedua lebih tipis seperti cara melakukan finishing chalk paint tampilan modern. Perpaduan warna yang dipilih misalnya saja hijau tosca sebagai warna pertama dan biru tua sebagai warna kedua.

Anda bisa melakukan variasi dengan memberikan warna lapisan kedua tidak merata, berikan pada bagian permukaan yang datar. Memberikan dua warna ini perlu percobaan, bagi Anda yang belum terbiasa perlu memadukan warna dengan tepat.

Lakukan latihan mengecat pada permukaan kayu seperti triplek atau kayu jati belanda yang murah dan mudah didapatkan. Pastikan langkah yang dilakukan sama dengan langkah yang nanti akan digunakan finishing pada furniture.

Artikel "Finishing Kayu"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.