5 Langkah Mudah Menggunakan Wood Stain Liquid untuk Kusen Jendela

Kusen jendela adalah salah satu bagian dari rumah yang tidak boleh dilewatkan langkah mengecat nya dalam proses finishing. Apakah Anda pernah memperhatikan kusen rumah yang mungkin telah digunakan selama beberapa tahun? Jika tidak cobalah untuk memperhatikannya sekarang. Apakah Anda dilihat adanya rayap, jamur bahkan adanya kayu yang keropos? Jika kusen sudah mulai keropos artinya Anda harus segera bergerak cepat.

Segera perbaiki kusen jendela rumah dengan langkah mengecat yang tepat, mengisinya dengan dempul hingga rata kembali.  Dempul kayu yang digunakan untuk hasil finishing warna natural adalah wood filler, sedangkan untuk hasil warna solid adalah wood putty.

Pada beberapa kasus misalnya saja kerusakan yang sangat dalam, maka dibutuhkan wood putty karena bentuk dari partikelnya yang lebih besar. Kemudian untuk mendapatkan hasil warna natural Anda bisa menumpuk wood putty yang telah kering dan diamplas dengan wood filler.

Dengan begitu Anda akan menghasilkan kusen kayu yang merata dan juga halus. Jika Anda kesulitan, cobalah untuk memperbaiki permukaan yang bukan kusen kayu. Misalnya saja kayu bekas.

Melalui berbagai percobaan Anda juga bisa mendapatkan hasil warna sesuai dengan yang diinginkan. Selanjutnya adalah bagaimana Anda melakukan pengecatan mulai dari persiapan hingga mendapatkan permukaan kusen jendela yang halus dan rata.

Langkah 1 Mengamplas Kusen Jendela Sebelum Mengecat

kusen-kayu-yang -butuh-pengamplasan

Hasil finishing yang halus pada kayu apapun bahkan tidak hanya kusen selalu dimulai dengan pengamplasan. Mulailah dengan mengamplas kayu dengan amplas alumunium oxide nomor 100. Proses pengamplasan sangat penting untuk membentuk permukaan kayu yang akan meresap cat dengan rata.

Tujuan Anda mengamplas adalah menghilangkan bulu halus, bekas penggergajian kayu yang tidak rata, menghaluskan serat kayu yang kasar. Berbagai kerusakan lain disebabkan oleh kotoran, beka sidik jari dan tidak sempurna mesin potong kayu.

Jangan mengamplas berlawanan dengan arah serat kayu karena cat nantinya tidak dapat meresap dengan rata. Alat pengamplasan yang Anda pilih tergantung dengan ukuran kusen jendela yang akan di finishing.

Jika Anda ingin mengamplas bagian yang lebih luas gunakan orbital sander karena mampu mengamplas dan menghaluskan dengan cepat. Pengamplasan dengan tangan bisa dilakukan untuk bidang datar menggunakan balok kayu sedangkan bagian curva bisa menggunakan busa.

Bagian kusen yang memiliki celah sempit bisa Anda amplas menggunakan kertas amplas yang dilipat. Pastikan Anda berhenti pada saat yang tepat dan gantilah kertas amplas secara berkala.

Anda dapat melihat dengan mudah apakah bagian tersebut sudah halus. Jika kurang yakin cobalah untuk meraba. Masalah lain yang biasanya timbul adalah efek terbakar di beberapa bagian .

Cukup sulit untuk menghilangkannya karena luka yang muncul diakibatkan mesin pemotong ini dalam. Anda harus menggunakan kertas amplas baru dan melakukanya dengan cepat.

Langkah 2 Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan untuk Mengecat

Bahan dan alat wajib Anda apapun proyek yang akan Anda finishing. Sebaiknya Anda menggunakan liquid stain (wood stain) dan juga pernis kayu water based yang hasilnya tidak kalah dengan cat water based.

Perhatikan bagaimana Anda memilih bahan finishing karena tidak semuanya aman dan ramah lingkungan. Cat water based memiliki keunggulan tersebut yang tidak dimiliki oleh cat solvent.

Anda sebaiknya memilih wood stain dan pernis kayu merk Biovarnish. Sebagai cat kayu water based, produk ini mudah diaplikasikan yaitu hanya menggunakan kuas saja. Bagi Anda yang masih pemula sangat cocok untuk menggunakan cat kayu water based ini.

Bahan pelarut yang digunakan tidak akan membuat Anda terganggu penciumannya karena aroma yang menyengat. Bahkan karena air, Anda tidak perlu repot membeli thinner yang mahal dan juga boros.

Jadi menggunakan Biovarnish adalah pilihan yang hemat dan mudah. Hasil finishingnya akan membentuk lapisan coating yang melindungi kusen jendela dari panas, hujan dan perubahan suhu.

Pernis yang terbentuk akan melindungi warna yang dihasilkan sehingga Anda tidak perlu khawatir kusen cepat kusam. Sanding sealer juga tersedia sebagai cat dasar kayu yang akan mempermudah liquid stain meresap secara rata ke permukaan kayu.

Jika Anda menggunakan step lengkap maka kusen jendela akan memiliki penampilan dan perlindungan sempurna. Selain bahan Anda juga harus mempersiapkan peralatan apa saja yang dibutuhkan.

Peralatan yang dibutuhkan :

  1. Peralatan sanding, amplas alumunium oxide nomor 120 hingga 220 untuk mengamplas permukaan kayu yang kasar. Amplas nomor 400 yang halus untuk mengamplas antar lapisan coating.
  2. Kuas, siapkan kuas berbulu nilon ukuran 2 ½ inci. Siapkan beberapa kuas agar Anda tidak kesulitan untuk mencuci dan menggunakan kembali. Belilah kuas dengan kualitas yang baik.
  3. Kain katun 100% yang baru. Belilah satu kilo kain katun yang asli sehingga ketika mengaplikasikan cat bisa rata.
  4. Gelas plastik, Anda perlu tempat untuk mencampurkan cat, jangan lupa sekaligus dengan pengaduknya.

Sebuah ruangan yang bersih untuk bekerja sangat penting. Debu akan mempengaruhi tingkat kehalusan finishing yang akan menimbulkan kotoran. Jika Anda memiliki banyak kotoran di luar ruangan dekat kusen jendela sebaiknya bersihkan terlebih dahulu.

Jika Anda akan melakukan pengamplasan sebaiknya tunggu beberapa jam hingga debu tidak lagi berterbangan di udara. Gunakan vakum untuk menyedot debu sehingga tidak ada lagi debu di permukaan kusen dan di dalam ruangan.

Pastikan semua ventilasi udara tidak menimbulkan angin yang membawa debu. Jika Anda membutuhkan ruangan tertutup tidak masalah karena cat kayu water based Biovarnish tidak akan membahayakan kesehatan Anda walaupun bekerja di ruangan tertutup.

Langkah 3 Proses Mengecat / Aplikasi Liquid Stain pada Kusen Jendela

produk-Biovarnish-liquid-stain

Kunci untuk mendapatkan kusen jendela yang dilapisi liquid stain merata adalah menghapus liquid stain rata menggunakan kain katun baru. Mulailah dengan melarutkan Biovarnish liquid stain yang telah Anda pilih warnanya dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air.

Aduk liquid stain hingga tidak ada bagian yang mengendap. Lanjutkan dengan proses penguasan, celupkan kuas ke dalam larutan sebanyak 3 inci kemudian ketukan kuas pada bibir gelas plastik untuk mengurangi cat yang menyerap pada bulu kuas.

Sapukan bulu kuas dengan memegang kuas 45 derajat searah dengan serat kayu. dilakukan hingga satu sapuan penuh dan cat yang ada dalam bulu menempel semuanya pada permukaan kayu. Aplikasikan sekali lagi dan selesaikan pekerjaan hingga merata dilakukan dengan cepat.

Bersihkan permukaan kusen yang masih basah menggunakan kain searah dengan serat kayu. Fungsinya adalah untuk membuat lapisan cat meresap dengan rata ke dalam pori kayu. Buat tekanan seperti ketika Anda sedang memoles.

Cara ini sangat praktis jika Anda tidak ingin menggunakan cat dasar kayu seperti sanding sealer. Ambil lap baru jika kain sudah meresap terlalu banyak cat karena sapuannya akan menjadi tidak merata.

Diamkan hingga akhirnya liquid stain mengering. Jika Anda ingin mendapatkan warna yang sesuai sangat penting untuk mengetes masing-masing warna pada kusen. Sebaiknya gunakan kayu lain yang memiliki warna kayu yang sama.

Cobalah untuk membuat sample pada beberapa warna dan kayu. Lakukan aplikasi yang sama seperti ketika Anda hendak melakukan finishing pada kusen asli. Pastikan berapa jumlah lapisan coating yang akan Anda buat.

Semakin tebal lapisan coating warna yang dihasilkan akan semakin gelap. Anda cukup membandingkan dua atau tiga warna saja yang benar-benar menarik perhatian. Jangan terlalu banyak agar tidak menguras waktu sebelum finishing.

Hasil dari masing-masing warna terhadap warna kayu bisa saja berbeda. Inilah yang membuat Anda harus melakukan percobaan sebelum mengaplikasikan pada kusen. Penting untuk memperhatikan pilihan warna ini sebelum Anda kecewa.

Langkah 4 Mengaplikasikan Sanding Sealer setelah Liquid Stain

Sanding sealer tidak hanya digunakan untuk mengisi pori dan meratakan permukaan kayu. Fungsi lainnya adalah lapisan intermediate untuk liquid stain dan juga pernis kayu. Saat ini Anda bisa menggunakan sanding sealer setelah wood stain mengering.

Buatlah larutan Biovarnish sanding sealer dengan campuran air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk merata dalam gelas plastik. Proses aplikasi tidak lagi menggunakan kain namun hanya kuas nilon.

Aplikasikan sanding sealer searah dengan serat kayu dan merata, maka tampilan transparan dan basah ketika cat belum mengering akan muncul. Jangan lupa sebelum mengaplikasikan ketukan kuas pada bibir gelas plastik untuk menghilangkan kelebihan pada bulu kuas.

Diamkan lapisan coating ini hingga kering selama 60 menit kemudian Anda bisa mengamplasnya dengan kertas amplas halus nomor 400. Amplas searah dengan serat kayu secara ambang jadi tidak memerlukan tekanan yang kuat.

Bersihkan debu amplas dengan kain katun hingga tidak ada lagi debu khususnya pada bagian sela atau siku kusen jendela. Anda bisa mengaplikasikan sanding sealer kembali hanya saja setiap lapisan yang dibentuk harus tipis.

Sebelum dan sesudah aplikasi sanding sealer yang kering Anda harus tetap mengamplas untuk menciptakan goresan yang mempermudah cat diatasnya melekat.

Langkah 5 Langkah Finishing dengan Pernis Water Based

Pada langkah terakhir saatnya untuk Anda mengaplikasikan pernis kayu. Warna dari pernis adalah transparan namun memiliki kemampuan membentuk lapisan film yang kuat. Seperti yang telah disarankan, sebaiknya Anda menggunakan Biovarnish clear coat yang merupakan pernis water based.

Anda bisa memilih dua hasil tampilan yaitu natural dengan matte dan mengkilap dengan gloss. Khusus untuk kusen sebaiknya Anda menggunakan clear coat gloss karena akan lebih baik untuk menyamarkan goresan yang akan muncul nantinya ketika penggunaan.

Biovarnish clear coat gloss perlu dilarutkan dengan air sehingga mudah untuk diaplikasikan. Larutkan pernis dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk merata di dalam gelas plastik.

Kuaskan pernis kayu searah dengan serat kemudian tunggu mengering semalaman. Pada lapisan ini Anda juga tidak membutuhkan cat yang tebal pada kusen melainkan tipis saja karena di bawahnya sudah terdapat beberapa lapisan coating.

Pernis kayu akan mengering selama semalaman jadi sebaiknya buka jendela Anda sehingga kusen akan mengering dengan baik. Jika Anda menemukan brush mark maka jangan panik dan menghapusnya dengan kain.

Sebaiknya Anda menunggu kering selama satu atau dua jam baru lanjutkan dengan mengamplasnya. Amplas permukaan yang rusak tersebut menggunakan kertas amplas 400 secara ambang. Bersihkan debunya kemudian kuaskan kembali cat secara tipis pada bagian tersebut.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.