You are currently viewing Dapatkan Tampilan Baru Jendela Rumah saat Lebaran dengan Cara Ini

Dapatkan Tampilan Baru Jendela Rumah saat Lebaran dengan Cara Ini

Tampilan baru pada jendela rumah akan membuat suasana lebaran terasa lebih menyenangkan. Anda bisa mendapatkan tampilan baru jendela sebelum lebaran dengan bahan finishing terbaik untuk mengubah tampilan jendela jadi baru sebelum lebaran.

Tampilan Baru Jendela Rumah Sebelum Lebaran

Hampir setiap inci rumah Anda membutuhkan perawatan, termasuk jendela pada bagian depan rumah Anda. Jendela-jendela yang telah lama dicat rentan terjadi chipping dari waktu ke waktu, dan membutuhkan sentuhan pembaharuan. Anda bisa mendapatkan tampilan baru pada jendela di rumah anda dengan melakukan finishing ulang.

Proses finishing ulang dapat dilakukan kapan saja termasuk saat menyambut lebaran. Pastikan anda memilih bahan finishing berkualitas hingga akan mendapatkan hasil finishing ulang yang lebih baik dibandingkan dengan kualitas jendela sebelumnya.

Tips Tampilan Baru Jendela Jelang Lebaran

Anda bisa mengecat ulang jendela untuk mendapatkan tampilan baru sebelum hari raya lebaran. Agar hasil finishing jendela di rumah anda lebih baik dibandingkan hasil finishing sebelumnya, sangat penting untuk menggunakan cat kayu terbaik. Gunakanlah cat kayu Biovarnish yang diformulasikan sesuai standar keamanan bahan kimia internasional.

Sebelum melakukan finishing ulang, anda perlu melakukan persiapan yang benar. Simak tips persiapan finishing ulang jendela kayu berikut ini:

1. Pemilihan Warna

Dalam memilih warna cat yang akan digunakan untuk finishing ulang jendela, sebaiknya perhatikan jenis kayu yang digunakan pada jendela. Anda bisa memilih warna sesuai dengan warna alami kayu. Bisa juga anda memilih menggunakan warna yang digunakan pada finishing sebelumnya.

Langkah Mengecat Kusen Kayu

2. Pilih Tampilan Akhir yang diinginkan

Jendela bagian luar yang sering terkena sinar matahari langsung pasti membutuhkan lapisan film yang kuat. Selain untuk memperindah tampilan jendela, tampilan akhir yang anda pilih juga akan berkaitan dengan kekuatan lapisan film yang digunakan. Produk Biovarnish memiliki jenis cat yang tepat dengan tampilan glossy sehingga menimbulkan lapisan film yang sangat kuat untuk Anda gunakan.

3. Gunakan Bahan Penghilang Cat

Untuk melakukan reparasi atau pengecatan ulang jendela sebelum lebaran, Anda membutuhkan remover cat. Bahan ini digunakan untuk menghilangkan lapisan cat lama. Terlebih lagi jika lapisan cat yang lama adalah cat duco. Anda bisa menggunakan water based remover apabila lapisan cat lama adalah cat water based. Namun jika tidak Anda bisa menggunakan paint remover khusus solvent jika lapisan cat yang lama adalah cat solvent.

4. Cara Mengecat

Anda harus mengetahui bagaimana cara mengecat atau langkah-langkah mengecat agar lebih cepat menyelesaikannya. Untuk proses aplikasi cat Anda bisa memilih menggunakan alat yang telah Anda miliki. Alat ini bisa berupa kuas atau alat semprot. Pilihlah alat yang paling mudah Anda gunakan misalnya saja menggunakan kuas. Cat water based dari biovarnish yang diaplikasikan dengan kuas tidak akan meninggalkan brush mark. Karena produk cat Biovarnish telah dirancang untuk bebas brush mark.

Memperbarui Tampilan Jendela dengan Biovarnish

Periksa semua engsel dan ambang jendela. Jika mereka kotor atau berisi kumpulan jaring laba-laba maka jendela perlu dibersihkan sebelum Anda melakukan proses finishing ulang. Jendela kayu memiliki karakter yang kaya dan keindahan tersendiri, jadi untuk mengecat ulang Anda perlu memperhatikan seluruh persiapannya dengan tepat.

Tampilan Baru Jendela Rumah Sebelum Lebaran

Maka persiapan awal yang perlu Anda lakukan adalah menghilangkan lapisan cat lama dengan bahan yang telah Anda persiapkan. Ikuti petunjuk dalam kemasan bahan tersebut untuk mengaplikasikannya. Bahan remover atau penghilang lapisan cat biasanya keras. Maka sebaiknya Anda berhati-hati dengan bau yang keras agar cairan remover tidak sampai terkena tangan.

Gunakan alat pelindung diri agar aplikasi remover cat lebih aman untuk anda lakukan. Minimal, anda perlu menggunakan sarung tangan dan masker. Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa melindungi kulit dan saluran pernapasan anda. Bau amonia yang menyengat akan keluar dari produk remover cat tersebut sehingga anda perlu mengantisipasinya. Setelah aplikasi remover, Anda bisa langsung menghilangkan lapisan cat menggunakan pisau scrape. Pastikan seluruh cat sudah benar-benar terkelupas.

Jika jendela kayu sudah bersih dari lapisan cat yang lama, Anda bisa langsung menggunakan selotip kertas untuk melindungi bagian-bagian yang tidak ingin Anda cat. Misalnya saja teralis jendela dan juga dinding jendela. Setelah seluruh proses persiapan sudah selesai, maka anda sudah bisa melakukan finishing ulang pada jendela.

Proses Mengecat Jendela Kayu Warna Natural dengan Biovarnish

Hal selanjutnya setelah anda melakukan persiapan finishing ulang dengan benar adalah memulai pekerjaan refinishing. Untuk mendapatkan tampilan natural terbaik pada jendela, anda bisa melakukan finishing ulang dengan cat water based biovarnish.

Tampilan Baru Jendela Rumah Sebelum Lebaran

Berikut ini langkah aplikasi yang bisa anda lakukan:

1. Aplikasikan Wood Filler

Tahap finishing ulang yang dapat anda lakukan pertama kali adalah dengan mengaplikasikan Biovarnish wood filler. Anda bisa memilih wood filler warna sesuai dengan keinginan anda.

Wood Filler Water Based

Dempul kayu ini bisa anda aplikasikan dengan menggunakan pisau scrape ke seluruh permukaan kayu. Aplikasikan secara tipis dan merata. Jika ada bagian yang berlubang Anda bisa mengisinya dengan wood filler. Produk ini akan mengering dengan cepat dan mengisi bagian lubang pada jendela.

Jika permukaan jendela sudah kering dilapisi dengan wood filler, Anda bisa langsung mengamplasnya dengan kertas amplas no. 240. Aplikasikan dengan ditekan agar lapisan permukaan menjadi halus dan lapisan atasnya bisa melekat dengan baik.

2. Gunakan Biovarnish Wood Stain

Permukaan jendela sudah halus dan rata, kini saatnya Anda menggunakan cat kayu water based Biovarnish wood stain. Anda juga dapat memilih warna wood stain sesuai dengan keinginan anda.

Biovarnish wood stain

Aplikasikan wood stain yang telah diencerkan dengan air bersih pada perbandingan 2:1. Aduk sampai homogen lalu aplikasikan hingga merata. Anda bisa menggunakan kuas ataupun alat spray untuk aplikasi cat ini. Cat water based akan memberikan hasil maksimal jika Anda mengaplikasikannya dengan tipis sehingga cat akan melekat dengan benar. Tunggu lapisan wood stain mengering kurang lebih setelah 60 menit. Kemudian amplas ambang dengan kertas amplas nomor 400. Anda bisa mengulang proses pewarnaan ini jika diperlukan.

Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika mengaplikasikan wood stain. Jika menggunakan kuas, anda bisa menguasnya searah serat kayu. Anda juga dapat mengaplikasikan cat ini secara tipis terlebih dahulu, biarkan meresap hingga sempurna untuk melihat hasilnya. Jika kurang maksimal, anda bisa mengulang proses pewarnaan.

3. Terakhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat

Langkah terakhir adalah aplikasikan clear coat Biovarnish. Anda bisa memilih tampilan gloss agar lapisan film lebih tahan lama terlebih lagi pada perubahan cuaca yang akan mengganggu penampilan cat jendela bagian luar.

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - biovarnish clear coat

Selain itu tampilan gloss akan memberikan lapisan yang mewah dan lebih menarik. Anda akan mendapatkan jendela seperti baru kembali. Proses aplikasi clear coat sama dengan proses aplikasi wood stain.

Yang perlu diperhatikan pada saat aplikasi clear coat adalah waktu keringnya. Lama kering clear coat lebih lama daripada wood stain. Jadi jika Anda akan melapisi untuk kedua kalinya perlu diperhatikan tingkat kekeringan dari cat dengan menekannya menggunakan ibu jari. Jika terdapat bekas ibu jari Anda maka cat belum mengering dan belum siap untuk dilapisi ulang.

Namun jika cat sudah mengering benar Anda bisa langsung mengaplikasikan kembali dengan mengamplas terlebih dahulu. Jika aplikasi sudah selesai dan cat mengering Anda bisa melepaskan isolasi yang menempel dan jendela Anda sudah mendapatkan penampilan barunya.

Kuasin aja pakai air untuk dapat tampilan finisihing ulang jendela lebih mudah dengan cat water based dari Biovarnish.