Pemanfaatan Kayu Palet Murah Meriah Menjadi Berbagai Furniture

Furniture menggunakan kayu palet? Kenapa tidak. Simak informasi jenis furniture yang dapat memanfaatkan kayu palet selengkapnya disini.

Kayu palet, sebenarnya muncul karena digunakan sebagai berbagai macam kegiatan industri seperti pergudangan, komoditi ekspor pengiriman dalam jumlah besar dan lain sebagainya. Kebanyakan palet kayu terbuat daru berbagai macam jenis kayu mulai dari kayu keras, kayu albasia atau sengon, multiplak, triplek.

Ketika palet kayu digunakan sebagai kemasan paket maka ada banyak aturan yang dipenuhi namun jika tidak maka kayu palet hanya menjadi limbah. Namun setelah digunakan sebagai kemasan barang kayu palet pun menjadi tidak digunakan kembali.

Palet kayu adalah salah satu barang yang dapat digunakan kembali sebenarnya, jika Anda dapat mengolahnya dengan benar. Anda akan mendapatkan benda atau bahkan furniture yang artistik. Bahkan adanya kreativitas Anda akan membuat palet kayu menjadi barang berharga.

Ada banyak kelebihan dari palet kayu ketika digunakan. Anda akan mendapatkan berbagai macam keuntungan sama halnya seperti Anda menggunakan limbah kayu. Bagusnya lagi karena palet kayu telah diuji sebelum digunakan ketika Anda menggunakan palet yang selesai digunakan, kemampuannya masih sama bahkan dapat menahan beban seberat 30 ton.

Kelebihan lainnya yang bisa Anda rasakan adalah dapat dibentuk menjadi berbagai macam barang atau serba guna. Kayu palet banyak diproduksi sehingga Anda akan dengan mudah menemukannya, Bobotnya cukup ringan sehingga pengolahan menjadi barang baru terbilang mudah. Terakhir karena mudah ditemukan harganya pun tidak mahal alias murah.

Melihat ada banyaknya kelebihan yang diberikan palet kayu kepada Anda pasti Anda sudah tidak sabar untuk mengolahnya menjadi furniture. Daripada Anda membeli furnitur baru, sebaiknya Anda memanfaatkan palet kayu dan menggunakannya sebagai furniture pekerjaan tangan Anda sendiri.

Macam-Macam Jenis Furniture dari Kayu Palet

Apabila Anda masih bingung ingin mengubah kayu palet menjadi furnitu berikut ini beberapa inspirasi yang bisa Anda dapatkan. Ada banyak jenis furnitur yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan tampilan baru dari furnitur.

√ Kabinet Dapur

Anda masih belum memiliki kabinet dapur? Jika membeli yang baru pastinya harga sangat mahal. Anda bisa menciptakan kabinet dapur dengan palet kayu. Kualitasnya tidak kalah baik dengan beli di toko. Bahkan Anda bisa menciptakan sesuai dengan ukuran dapur Anda.

Kabinet dapur dari palet kayu termasuk pekerjaan kayu yang cukup sulit jadi para profesional akan memilih membuat kabinet dapur.

√ Headbed

Memanfaatkan Kayu Palet Murah Untuk Furnitur Lebaran

Anda ingin mendapatkan pekerjaan yang sedang tidak terlalu sulit namun juga tidak terlalu mudah? Maka membuat headbed dari palet kayu adalah pekerjaan yang sangat tepat. Anda bisa membentuk headbed yang artistik. Bahkan Anda bisa menggunakannya pada kamar tidur anak Anda.

√ Bangku Taman

Anda memiliki taman kecil di dalam rumah? Namun Anda belum memiliki furnitur yang tepat agar Anda bisa menikmati permandangan taman di kala sore hari. Atau Anda berencana untuk memiliki pesta kebun saat lebaran maka bangku taman sangat dibutuhkan.

Ciptakan bangu taman di rumah dengan menggunakan palet kayu. Anda akan mendapatkan palet kayu kokoh sebagai bangku taman walaupun sering terkena panas dan juga hujan.

√ Meja Kerja

Anda mungkin membutuhkan meja kerja yang baru setelah lebaran. Jika sebelumya Anda menggunakan meja kerja yang terbuat dari MDF dan cepat melengkung maka buatlah meja kerja yang baru dengan menggunakan palet kayu. Dapatkan sausana antik dalam meja kerja Anda dengan finishing rustik yang akan membantu palet kayu menjadi lebih bermakna.

√ Rak Sepatu

Tidak lagi menggunakan rak sepatu plastik yang cepat pudar warnanya bahkan mudah sekali rusak jika Anda meletakannya di luar ruangan. Anda bisa menciptkan rak sepatu yang baru dengan menggunakan palet kayu. Bahkan jika Anda ingin mendapatkan yang lebih tahan lama dan membuat rak sepatu dalam bentuk tertutup.

Jika dijabarkan ada lebih banyak lagi furnitur yang bisa Anda manfaatkan dari palet kayu. Namun beberapa inspirasi di atas bisa Anda praktekan terlebih dahulu menyesuaikan dengan jumlah palet kayu yang Anda miliki.

Jenis Finishing Palet

Furniture tidak akan tampak menarik tanpa adanya finishing terlebih lagi furnitur yang terbuat dari palet kayu. Ada usaha yang sangat keras bagi Anda untuk menghaluskan permukaan terlebih dahulu.

Permukaan kayu palet selalu kasar dan tidak halus jadi tips sebelum Anda finishing adalah menggunakan mesin amplas jika Anda ingin mempercepat penghalusan dan gunakan kertas amplas kasar nomor 180.

Memanfaatkan Kayu Palet Murah Untuk Furnitur Lebaran

Selain pengamplasan yang harus diperhatikan, pemilihan jenis finishing juga akan sangat menentukan. Berikut ini beberapa jenis finishing yang bisa Anda manfaatkan untuk finishing furnitur dari palet kayu.

1. Finishing Natural

Memang tidak ada yang bisa menandingi furnitur natural karena Anda akan mendapatkan serat kayu serta warna asli dari kayu. Bahkan Anda akan mendapatkan penampilan yang sangat berbeda dengan gaya yang mungkin awalanya tidak terbayangkan seperti gaya mediterania.

Untuk finishing natural ini Anda bisa menggunakan produk Biovarnish series. Anda bisa menggunakan Biovarnish wood filler jati untuk menutupu pori kayu palet. Setelah itu gunakan Biovarnish liquid stain dengan warna pilihan Anda. Ada 20 pilihan warna natural yang bisa Anda gunakan dan pilih. Setelah itlu, aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer.

Jika Anda ingin terlihat lebih natural pada lapisan terakhir Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat death matte.

2. Finishing Rustik / Rustic

Ada banyak orang yang menyukai finishing rustik alasannya karena finishing rustik akan memberikan kesan tua dan Anda bisa menggunakannya pada banyak gaya. Kunci utama dalam finishing rustik pada palet adalah bagaimana Anda menciptakan tekstur kayu.

Gunakan sikat awan dan gunakan searah serat kayu maka Anda akan mendapatkan tekstur yang diinginkan. Selanjutka aplikasikan Biovarnish wood stain sesuai warna yang diinginkan dengan kuas. Lalu Anda bisa mengaplikasikan Glaze black dan kuaskan secara merata. Ketika setengah kering Anda dapat menggunakan lap basah untuk menghilangkan sisa cat dan meninggalkan cat dalam teksyur serat kayu.

Lapisan terakhir adalah menggunakan Biovarnish Cleat Coat Matte lalu tunggu semalaman agar cat benar-benar mengering.

3. Finishing Recycle

Anda ingin mendapatkan nuansa yang berebeda seperti kayu bekas yang digunakan kembali? Anda bisa menggunakannya dengan cat kayu besi Orchid dengan dua atau tiga warna.

Sebelumnya Anda bisa mendasari warna dengan Biovarnish wood stain. Tunggu wood stai mengering lali aplikasikan cat kayu besi Orchid murni menggunakan pisau pallet plastik secara vertikal seperti Anda sedang mengaplikasikan dempul.

Pastikan permukaan cat menjadi tidak rata dan tunggu mengering. Setelah kering, Anda bisa mengaplikasikan kembali cat kayu besi Orchid warna kedua dengan cara yang sama. Maka hasilnya Anda akan mendapatkan permukaan kayu dengan warna recycle.

Jika Anda ingin kayu menjadi lebih terjaga dan tahan lama Anda bisa melapisinya dengan cat kayu Biovarnish Clear Coat matte, dan tunggu hingga kering benar sekitar satu malam.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.