WA-250 sebagai Cairan Desinfektan untuk Cegah Corona di Rumah

Melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh bagian rumah, terutama benda-benda yang paling sering disentuh untuk cegah penyebaran virus Corona.

Penyebaran corona virus (COVID-19) saat ini sudah meluas ke seluruh penjuru dunia, tercatat ada 157 negara yang sudah mengalami serangan virus ini di wilayahnya. Sebagai langkah preventif pencegahannya, World Health Organization (WHO) telah memberikan himbauan untuk rutin menjaga kebersihan dan kesehatan. Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan menjaga kondisi kebersihan lingkungan terutama di sekitar rumah anda dengan menggunakan cairan disinfektan.

Anda dapat melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh bagian rumah anda, terutama benda-benda yang paling sering disentuh dan digunakan oleh banyak orang. Penggunaan cairan desinfektan diharapkan dapat menjadi langkah awal pencegahan penyebaran virus corona. Sehingga bahan aktif yang terdapat pada disinfektan juga diharapkan dapat bekerja dengan optimal untuk menghalau tersebarnya virus corona yang sangat cepat.

Penyemprotan Disinfektan untuk Cegah Corona

Sebagai langkah pencegahan untuk menjaga kondisi lingkungan dan rumah anda dari bahaya virus corona, anda perlu menjaga sanitasi lingkungan dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan rutin menjaga kebersihan rumah anda, menjaga ketersediaan air yang bersih dan aman, serta tentunya menjaga keamanan dan kebersihan udara di sekitar.

Penyebaran virus dan kuman dapat terjadi karena kondisi lingkungan yang buruk dan kotor. Oleh karena itu, perlu dilakukan penyemprotan desinfektan. Anda perlu melakukan penyemprotan desinfektan ke seluruh bagian rumah dan benda yang paling sering disentuh oleh banyak orang. Seperti, gagang pintu, meja, kursi, tempat tidur, kamar mandi, dan lain lain.

Disinfektan adalah cairan pembersih yang sering digunakan untuk menjaga sanitasi lingkungan. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat disinfektan adalah alkohol. Namun, anda bisa membuat disinfektan tanpa alkohol karena ada bahan lain yang lebih efektif kinerjanya yaitu sodium hypocloride. Bahan ini cocok digunakan sebagai bahan desinfektan karena efektif untuk membunuh bakteri, virus, kuman, protozoa, dan mikroorganisme berbahaya lainnya pada permukaan benda mati atau ruangan.

Desinfektan dapat anda gunakan untuk menjadi salah satu cara menjaga sanitasi lingkungan yang juga berdampak pada kesehatan anda dan keluarga. Sanitasi lingkungan yang baik akan menciptakan kondisi lingkungan yang sehat dan lebih nyaman bagi anda untuk beraktifitas. Penyemprotan desinfektan adalah salah satu langkah preventif yang efektif cegah meluasnya corona.

Manfaat Sodium Hypocloride untuk Disinfektan

Sodium hypocloride atau natrium hipoklorit (NaClO) adalah senyawa yang dapat digunakan untuk menjadi bahan aktif pembuatan desinfektan karena sangat efektif membunuh bakteri. Bahan ini bekerja dengan cara merusak membran sel bakteri secara cepat. Senyawa hipoklorit memiliki kemampuan untuk membersihkan lingkungan dari mikroorganisme, membunuh virus, bakteri, dan lain-lain.

Sodium hipoklorit termasuk dalam golongan halogenated yang oxygenating. Sodium hipoklorit dalam larutan akan membentuk hypochlorus acid (HOCl) dan oxychloride (OCl).  Penggunaan desinfektan dengan bahan dasar klorin (Cl2) membuat larutan ini memiliki kemampuan sebagai desinfektan derajat tinggi (high level disinfectants). Karena aplikasinya akan sangat aktif pada semua bakteri, virus, jamur, parasit, dan beberapa spora.

Bahan ini juga dapat bekerja sangat cepat atau fast acting. Bahkan penggunaan bahan ini juga sangat efektif digunakan untuk melawan Hepatitis B virus (HBV) dan Human Immunodeficiency Virus (HIV). Pemakaian sodium hipoklorit sebagai desinfektan dengan konsentrasi 0,5%. Sehingga pemilihan sodium hypocloride sebagai bahan dasar pembuatan desinfektan adalah pilihan yang tepat.

WA-250 adalah bahan pemutih kayu yang diformulasikan dengan bahan aktif 25% sodium hypocloride. Sehingga penggunaan WA-250 adalah bahan yang potensial untuk menjadi bahan disinfektan. Anda dapat membuat disinfektan dengan mudah, murah, dan masal dengan WA-250.

 Apa itu WA-250?

Antisipasi COVID-19 Disinfektan

White Agent (WA-250) adalah bahan pemutih kayu (wood bleaching) yang memiliki bahan aktif sodium hypocloride (natrium hypocloride) atau NaClO yang memiliki fungsi untuk membersihkan dan menyeragamkan warna kayu, menurunkan beda warna kayu teras dan kubal, menghilangkan noda bekas blue stain, menyamarkan warna alur minyak (kayu doreng) degan mudah, cepat, hemat, aman dan ramah lingkungan.

Penggunaan WA-250 sebagai pemutih kayu sangat mudah, bahan ini juga memiliki beberapa keunggulan diantaranya:

  • Tidak menyebabkan iritasi pada kulit normal
  • Relatif tidak menyebabkan karat / korosi pada logam
  • Efektif memutihkan atau mencerahkan warna kayu
  • Hasil warna kayu lebih cerah dan tampak natural
  • Tidak perlu dijemur di bawah terik matahari
  • Mudah digunakan pada semua jenis kayu atau bahan sejenis kayu

Selain efektif digunakan sebagai bahan pemutih kayu, WA-250 juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan cairan disinfektan. Ada banyak merk disinfektan yang mudah didapat, namun dengan kondisi penyebaran virus corona yang sangat cepat saat ini, harga cairan disinfektan di pasaran juga melonjak tinggi dengan stok yang semakin menipis.

Anda bisa membuat disinfektan cairan pemutih sendiri di rumah. Dengan menggunakan WA-250, ada cara mudah bikin disinfektan sendiri yang bisa anda lakukan. Ingin tahu bagaimana cara membuat disinfektan sendiri untuk cegah corona? Yuk simak langkah pembuatannya dibawah ini!

Membuat Desinfektan Murah Meriah dengan WA-250

Anda dapat membuat desinfektan dengan mudah dan murah untuk menjaga kebersihan lingkungan pada rumah anda. Anda perlu menurunkan konsentrasi sodium hypocloride pada WA-250 hingga mencapai 0,5% agar efektif digunakan sebagai disinfektan dengan cara melakukan pengenceran. Berikut ini cara murah meriah membuat  disinfektan dengan WA-250:

  • Larutkan 1 lt WA-250 = 50 lt air bersih = 50 liter desinfektan
  • Anda juga dapat membuat dalam skala kecil: 100 ml + 4900 ml air bersih = 5 liter desinfektan
  • Aduk hingga merata campuran WA-250 yang telah dilarutkan dengan air bersih
  • Simpan di alat atau botol semprot untuk memudahkan proses aplikasi desinfektan.

Sebagai tambahan, Anda juga dapat menambahkan bahan deterjen pembersih lantai maupun pembersih lantai saat membuat larutan desinfektan WA-250.

Hanya dengan bahan dan cara yang sederhana, anda dapat membuat desinfektan dengan mudah, cepat dan tentu saja murah. Penasaran berapa biaya yang perlu anda keluarkan untuk membuat desinfektan dengan WA-250? Yuk kita hitung rincian biayanya!

Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam unutk membuat desinfektan dengan WA-250. Tidak percaya? Ini dia biaya yang anda butuhkan untuk membuat desinfektan dengan WA-250:

Harga 1 kg WA-250 = Rp. 86.000

1 kg wa250 dapat anda larutkan dengan air bersih hingga menjadi 50 lt desinfectan

Maka, jika dihitung harga per liter desinfektan WA-250 adalah Rp. 100.000/50lt = Rp. 1.720 / lt

Anda hanya mengeluarkan biaya Rp. 1.720 / 1 liter desinfektan WA-250. Harga ini tentu jauh lebih murah  jika dibandingkan harga desinfektan di pasaran saat ini. Selain murah, anda juga dapat membuat disinfektan dalam skala besar (masal) hanya dengan bahan ini. Sangat mudah dan murah meriah bukan?

Cara Mudah Membersihkan Rumah dengan Disinfektan Cegah Corona

Untuk melakukan penyemprotan disinfektan, anda perlu mengetahui prosedur penyemprotan disinfektan yang tepat. Berikut ini adalah rekomendasi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) untuk bersihkan rumah dengan cairan disinfektan:

  • Gunakan APD (Alat Pelindung Diri) yang lengkap jika tersedia
  • Minimal, gunakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan permukaan dengan desinfektan untuk menghindari paparan langsung dengan virus atau bakteri
  • Gunakan masker saat membersihkan rumah dengan desinfektan
  • Cuci atau sikat dengan deterjen dan air jika lantai atau permukaan barang dan ruangan di rumah anda terlalu kotor sebelum disemprot dengan disinfeksi
  • Jika permukaannya terlihat bersih, cukup semprotkan larutan desinfektan lalu lap dan biarkan mengering
  • Bersihkan benda-benda yang sering disentuh secara teratur setiap 2 jam sekali

Referensi:

  1. Jurnal of school of nursing USP DOI: 10.1590/S0080-623420150000400020
  2. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0195670185800141
  3. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prepare/cleaningdisinfection.html?CDC_AA_refVal=https%3A%2F%2Fwww.cdc.gov%2Fcoronavirus%2F2019-ncov%2Fcommunity%2Fhome%2Fcleaning-disinfection.html
  4. Jurnal Pengaruh Desinfektan dan Lama Perendaman pada Sterilisasi Eksplan Daun Sukun (Artocarpus altilis (Parkinson ex. F.A Zorn) Fosberg)  Nur Asni Setiani, Fitri Nurwinda, Dewi Astriany. Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia
  5. Jurnal Larutan desinfektan sodium hipoklorit dan klorhexidin (The color changes of acrylic resins denture base material which are immersed in Sodium hypochlorite and chlorhexidine) David* dan Elly Munadziroh** * Mahasiswa PPDGS ** Bagian Ilmu Material dan Teknologi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga Surabaya

Mau Beli WA-250?

Anda dapat membeli WA-250 di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162 Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417

Phn: +62.291.598992

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04,

Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phn: +62 231 320759

e-mail: [email protected]

Anda juga dapat membeli WA-250 secara online melalui:

WhatsApp : 082264411073

Website : https://www.biovarnish.com/

Facebook : https://www.facebook.com/officialbiovarnish/

Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Isu Kesehatan Dan Lingkungan"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.