Biovarnish, Cat Kayu untuk Furniture Berjamur dengan Aplikasi Mudah

Jangan buang furniture kayu Anda yang berjamur, hanya menggunakan cat untuk mengatasi tampilan yang berjamur, karena jamur merusak tampilan. Anda tidak perlu membuangnya tetapi Anda bisa melakukan refinishing tampilan dari kayu.

Masalah jamur memang sering menjadi permasalahan yang terkadang membuat pusing. Mungkin Anda pernah menemukan tipe jenis jamur yang sangat mudah dihilangkan dengan di lap saja itu disebut dengan jamur permukaan. Sekali Anda lupa menghilangkan jamur tersebut maka jamur akan terus tumbuh terlebih lagi Anda meletakannya pada ruangan yang lembab.

Menghilangkan jamur pada furniture bukan perkara yang sulit. Perkara ini tidak jauh berbeda ketika Anda menemukan dinding rumah yang berjamur karena kelembapan atau atap yang bocor. Yang perlu Anda lakukan adalah menghilangkan jamur kemudian melakukan finishing ulang.

Bahan finishing yang digunakan untuk mengecat pun tidak boleh sama, dalam arti kata jangan menggunakan cat yang tidak akan melindungi furniture dengan baik karena percuma saja, jamur juga akan tumbuh lagi dengan cepat.

Fungsi cat kayu di antaranya adalah sebagai pelapis kayu anti rayap dan berjamur, Sehingga Anda bisa memilih cat dengan lapisan kuat dan juga bahan anti jamur dan anti rayap untuk furniture Anda. Setelah Anda menghilangkan jamur kemudian melapisinya dengan cat yang dilengkapi dengan bahan anti jamur dan rayap tentu saja furniture akan lebih tahan lama bahkan bisa lebih dari tiga tahun.

Cara Menghilangkan Furniture Kayu Berjamur

proses-bleaching-furnitur-yang-berjamur

Langkah pertama yang Anda harus lakukan adalah menghilangkan daerah berjamur dengan cat, jika tidak akan menjadi masalah yang besar hingga kerusakan permanen pada furniture kayu. Jika Anda mengabaikan adanya jamur pada furniture bahkan pada furniture yang baru saja Anda beli, Anda mungkin akan kesulitan dalam ,menghilangkannya di kemudian hari.

Prosedur yang dilakukan tidakla rumit untuk menghilangkan jamur tapi memang memerlukan cukup banyak kerja keras. Ini juga merupakan proses yang membutuhkan waktu untuk bekerja secara efektif sehingga jangan mencoba untuk mempercepatnya.

Langkah 1 – Scrubbing

Mulailah dengan mencampur deterjen dalam air. Anda perlu berlutut dengan sikat seluruh bagian furniture untuk menghilangkan jamur. Jamur yang masih baru akan memudahkan Anda menghapus semuanya. Jika jamur sudah menyeluruh bahkan pada bagian yang sulit terhjangkau, Anda hanya akan menghapus lapisan paling atas karena pasi masih ada sisa bentuk dari jamur yang tumbuh.

Langkah 2 – Bleaching

Selanjutnya, Anda perlu mengaplikasikan bleaching kayu (pemutih kayu) untuk mennyamakan  seluruh warna bekas jamur. Anda bisa menggunakan pemutih kayu WA 250 dengan rasio 1 bahan : 1 air. Setelah mengaplikasikan seluruh bagian furniture dengan larutan ini, gosok dengan menggunakan sikat penggosok tangan yang kuat untuk menghilangkan jamur. Ini harus berfungsi untuk menembus lebih jauh ke dalam jamur.

Langkah 3 – Scrub Brush

Jika langkah sebelumnya menggunakan pemutih masih belum dapat menghilangkan jamur sepenuhnya maka Anda harus melanjutkannya dengan cara ini. Gosok bagian permukaan yang ditumbuhi jamur dengan scrub brush.  Gunakan sikat scrub brush yang panjang sehinga akan memberikan penagruh yang besar. Anda bisa menggosoknya dengan sekuat tenaga, dan hasilnya akans edikit menghitamkan kayu, namun pada tahapan ini yang perlu Anda ingat adalah jamur harus hilang.

Langkah 4 – Mesin Vakum

Jika jamur sudah ada pada furniture kayu dalam waktu yang lama dan menembus hingga pada bagian yang paling dalam maka Anda harus menggunakan mesin vakum khusus yang bisa menghisap jamur dengan tekanan yang kuat. Caranya sngat mudah, Anda bisa mencampurkannya dengan sedikt air dan gunakan. Jika sudah selesan dan benar-benar kering, Anda bisa mendiamkannya dalam waktu semalam jika suhu udara di daerah Anda sangat lembab.

Langkah 5 – Mencegah Mold Datang Kembali

Untuk mencegah jamur datang kembali, Anda perlu menerapkan larutan BioCide Wood Fungicide yang merupakan obat pencegah jamur yang dilarutkan dengan air. Rendamkan furniture atau oleskan menggunakan kuas obat jamur ke sleuruh permukaan furniture hingga rata. Kemudian tunggu hingga benar-benar kering. Obat ini adalah obat keras sebaiknya ketika mengaplikasikan gunakan sarung tangan karet dan alat pelindung tubuh lainnya.

Langkah 6 – Pengamplasan

Setelah kayu benar-benar kering, gunakan amplas halus (sekitar 200 grit) di atas area yang telah terkena dampak jamur dan juga area lain di dekatnya yang warnanya berubah warna. Amplas sampai halus. Setelah itu, gunakan kain katun kering untuk menghilangkan semua debu amplas.

Cara Finishing Menggunakan Cat Kayu Biovarnish

Furniture yang sudah bersih dan bebas dari jamur maka bisa dilakukan langkah akhir yaitu finishing. Nah ada banyak cara untuk melakukan finishing pada furniture.

Cara ini sama dengan cara ketika melakukan finishing pada kayu pertama kali. Bahan finishing untuk hasil warna natural tidak lain adalah cat kayu Biovarnish. Cat kayu Biovarnish penggunaannya sangat mudah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Kayu yang akan di cat harus kering dengan tingkat kelembapan kayu 12%. Ini akan memudahkan cat untuk meresap serta jamur tidak akan mudah tumbuh. Kayu yang masih lembab khususnya pada bagian dalam akan memicu timbulnya jamur kembali.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler ke seluruh permukaan kayu dengan pisau pallet, setelah itu tunggu kering sekitar 20 menit dalam suhu ruangan tanpa dijemur pada panas matahari. jika sudah kering amplas permukaan dengan kertas amplas alumunium oxide no. 240 hingga permukaan halus dan serat kayu terlihat.
  3. Langkah kedua adalah dengan mencampurkan Biovarnish Wood Stain dengan air rasio yang digunakan 2 bahan : 1 air. Setelah itu Anda bisa mengaplikasikan dengan kuas ke seluruh permukaan kayu hingga rata searah serat kayu. Tunggu cat mengering dalam suhu ruangan dan tidak dijemur pada panas matahari sekitar 60 menit. Setelah itu Anda bisa mengamplas dengan kertas amplas no. 400 hingga permukaan halus. Jika terdapat warna yang belum sesuai Anda bisa mengulanginya kembali.
  4. Langkah terahir adalah mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat, campurkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aplikasikan dengan kuas ke seluruh permukaan kayu searah serat kayu. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang natural Anda bisa memilih Clear Coat Doft. Agar furniture kering maka tunggu sekitar satu malam.

Kelebihan Biovarnish

Hasil finishing dengan cat kayu Biovarnish sangat transparan dan tidak akan menimbulkan efek yellowing atau menguning yang biasanya ditemukan dalam cat solvent karena kandungan formalin yang tinggi. Cat Biovarnish juga sudah dilengkapi dengan bahan anti jamur dan anti rayap, Anda tidak perlu takut lagi akan serangan jamur.

Bahkan Anda bisa menggunakannya pada furniture interior dan outdoor. Ketahanannya terhadap goresan dan perubahan cuaca dapat dijamin. Ingin segera membeli cat kayu Biovarnish? Anda bisa langsung membelinya melalui agen-agen kami yang terbesar di Indonesia. Atau bagi Anda yang tertarik menjadi salah satu agen Biovarnish bisa langsung menghubungi di sini.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.