3 Langkah Mudah Aplikasi Cat Kayu Tahan Air untuk Kusen Jendela

Menggunakan cat kayu tahan air untuk kusen jendela adalah salah satu cara agar jendela menjadi lebih awet, pastikan anda memilih cat kayu yang tepat. Gunakan cat kayu Biovarnish untuk kusen jendela di rumah anda agar lebih terawat dengan baik.

Langkah Mengecat Kusen Kayu

Jendela merupakan salah satu unsur hunian yang selalu ada guna memberikan sirkulasi pada hunian rumah agar stabil. Di Indonesia, masih banyak sekali rumah yang menggunakan jendela dengan bahan kayu. Karena, banyaknya sumber daya alam yang mudah dijumpai serta dimanfaatkan.

Kayu yang digunakan sebagai media pembuatan jendela tentu sangat rentan mengalami kerusakan. Apalagi jika sering terkena pengaruh lingkungan seperti hujan. Sangat penting untuk melakukan perawatan yang tepat untuk jendela, salah satu caranya adalah dengan memilih bahan finishing yang tepat. Anda perlu menggunakan cat kayu anti air yang mampu melindungi kusen jendela agar tetap terawat dengan baik.

Memilih Cat Kayu Tahan Air Pada Jendela

Jendela memerlukan lapisan pelindung yang terbaik agar lebih tahan lama. Cat yang bagus digunakan untuk jendela adalah cat yang diformulasikan khusus tahan cuaca dan tahan air. Banyak kita jumpai cat kayu yang ada dipasaran memiliki karakter ini namun sangat bahaya bagi kesehatan dan lingkungan yaitu cat solvent based. Cat jenis tersebut memang sudah lama digunakan di Indonesia, namun dampak penggunaan cat ini sangat berbahaya.

Sebagai alternatif pengganti cat kayu solvent based maka manufaktur cat di Indonesia mulai mengembangkan cat kayu berbahan dasar air. Berbahan dasar air atau dikenal dengan cat water based, Biovarnish jauh lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya serta rendah VOC. Cat water based dengan kualitas yang baik adalah Biovarnish.

Wood Filler

Diformulasikan sesuai standar keamanan bahan kimia internasional, Biovarnish menjadi cat water based yang aman dan ramah lingkungan untuk digunakan. Standar keamanan internasional seperti regulasi US EPA dan ECHA telah terpenuhi.

Cat ini sangat cocok diaplikasikan pada media alam seperti kayu, MDF, plywood, bambu, rotan atau serat alam lainnya. Karena terdapat fitur-fitur yang mempermudah serta memerikan tampilan maksimal pada media tersebut. Berikut kelebihan yang dimiliki oleh cat kayu Biovarnish:

  1. Berbahan water based acrylic yang aman
  2. Transparansi warna yang bagus
  3. Tidak beracun dan rendah VOC
  4. Anti air
  5. Daya rekat film yang kuat
  6. Mudah diaplikasikan
  7. Cepat kering

Persiapan untuk Mengecat Jendela Rumah

Sama seperti pengecatan furniture kayu, persiapan adalah bagian yang sangat penting untuk dilakukan. Persiapan ini penting agar proses finishing nantinya akan berjalan dengan lancar. Jendela diciptakan dengan rangkaian kayu yang bisa saja memiliki serat kayu yang bertolak belakang.

Jadi untuk menghindari munculnya brush mark karena arah serat yang berbeda, Anda harus mempersiapkan untuk mengecatnya perlahan sesuai dengan arah serat kayu. Cat untuk jendela kayu harus cepat kering maka daripada menggunakan cat solvent yang lama keringnya sebaiknya gunakan cat water based.

Apa saja faktor penting yang harus diperhatikan pada saat mengecat jendela? Produk apa yang harus digunakan? Dalam artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana cara menggunakan cat kayu jendela yang benar.

Apa saja persiapan yang harus dilakukan untuk mempersiapkan material siap di finishing? Pada proses ini Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Lepaskan pengait jendela

Cara Menggunakan Cat Kayu Jendela Yang Benar

Jendela dapat dibuka dan tentu akan menggunakan pengait untuk menahan daun jendela. Lepaskan pengait tersebut karena Anda tidak ingin membuatnya kotor terkena bahan cat. Selain itu pengait ini juga akan mengganggu proses pengecatan. Gunakan obeng untuk melepaskan sekrup yang memasang pengait. Sisihkan dan simpan untuk dipasang kembali nanti.

2. Siapkan kawat sementara untuk membuka jendela

Proses finishing tentu harus memastikan jendela tetap terbuka. Jendela yang terbuka memungkinkan Anda untuk mengecat bagian yang sulit. Gunakan kawat yang tebal dan kaitkan pada paku yang dipasang pada kusen. Anda bisa melepasnya nanti. Pastikan kawat ini mampu menahan jendela untuk tetap terbuka.

3. Pengamplasan

Siapkan jendela dengan pengamplasan. Pengamplasan ini bisa menggunakan kertas amplas alumunium oxide nomor 240 dan 320.

Cara Menggunakan Cat Kayu Jendela Yang Benar

Gunakan amplas untuk membuka pori kayu dan membuat lapisan cat kayu nantinya meresap ke dalam pori dengan mudah. Lakukan pengamplasan hingga pada bagian yang sulit terjangkau.

4. Bersihkan debu amplas

Setelah pengamplasan selesai maka Anda harus membersihkan debu bekas pengamplasan. Debu ini akan menghilang dengan mudah menggunakan sikat berbulu halus atau kain lap. Untuk menghilangkan debu yang lembut gunakan kain microfiber yang telah dibasahi. Kemudian tunggu jendela mengering.

5. Tutup bagian kaca

Agar finishing lebih rapi, maka Anda harus menutup bagian kaca jendela. Khususnya pada bagian yang dekat dengan kayu. Gunakan isolasi kertas yang lebar agar kaca jendela tidak terkena cat pada saat penguasan cat berlangsung.

Kini jendela Anda sudah siap untuk di finishing. Persiapan ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Kecuali jika terdapat lapisan cat lama yang harus dihilangkan. Maka Anda membutuhkan bahan khusus yaitu paint remover.

Gunakan paint remover sebelum pengamplasan berlangsung, dan pastikan lapisan cat lama benar-benar hilang. Bagian siku jendela tidak boleh terlupakan jika terdapat banyak kotoran gunakan pisau palet untuk menghilangkannya.

Cara Aplikasi Cat Kayu Jendela yang Cepat Kering

Apabila jendela sudah dipersiapkan kini saatnya Anda memilih produk yang akan digunakan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil finishing warna natural, cat kayu water based Biovarnish bisa menjadi solusinya. Cat kayu ini cepat kering karena penguapan yang terjadi adalah bahan pelarut air.

Cat kayu water based ini juga tidak menimbulkan bau yang keras karena akan mengganggu proses finishing. Produk Biovarnish tidak menimbulkan bau karena mengandung bahan organik yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Proses finishing ini tidak akan membahayakan kesehatan bahkan pada saat cat masih menguap.

Proses finishing yang berlangsung tidak membutuhkan waktu yang lama. Cat mudah mengering dan memberikan hasil yang sangat maksimal. Aplikasi menggunakan kuas adalah solusi terbaik karena dapat meraih pada bagian yang sangat sempit, tidak boros cat hingga tidak akan mengotori jendela.

Cat kayu Biovarnish akan memberikan hasil yang bebas brush mark apabila Anda menggunakan perbandingan cat yang benar. Berikut ini cara aplikasi yang mudah:

Langkah 1 : Aplikasikan Biovarnish Wood Filler

Wood Filler

Anda bisa memilih wood filler sesuai dengan warna yang diinginkan. Aplikasikan secara menyeluruh ke permukaan jendela dengan menggunakan pisau palet. Tunggu lapisan kering kemudian lanjutkan dengan pengamplasan. Gunakan amplas alumunium oxide no. 240 hingga permukaan merata. Bersihkan debu amplas.

Langkah 2 : Siapkan Biovarnish Wood Stain

Selanjutnya, gunakan wood stan sesuai dengan warna yang diinginkan. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk merata. Ambil kuas dan celupkan ke dalam larutan cat. Aplikasikan cat ke seluruh permukaan jendela mengikuti serta kayu. Ingat jendela memiliki serta kayu yang bisa saja berlawanan, pastikan Anda mengikuti arah serat kayu tersebut.

Teknik Aplikasi Pewarna Kayu Water Based Biovarnish Wood Stain Pada Dinding 4

Tunggu lapisan cat wood stain kering, biasanya hanya membutuhkan waktu 60 menit saja. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas aluminum nomor 400. Amplas dengan ambang dan bersihkan jendela kayu yang sudah kering. Anda bisa mengaplikasikan kembali wood stain pada jendela hingga mendapatkan warna sesuai dengan yang diinginkan.

Langkah 3 : Lanjutkan dengan aplikasi Biovarnish Clear Coat Gloss

Tampilan glossy dipilih karena jendela harus bisa tahan lama. Tampilan mengkilap akan membuat jendela lebih tahan lama. Campurkan cat kayu dengan air menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk clear coat hingga tercampur merata dan tidak ada endapan.

Pernis Kayu Jati Belanda

Aplikasikan dengan kuas sama seperti aplikasi wood stain. Pada lapisan clear coat ini Anda harus menunggu selama semalaman atau 24 jam. Cat harus mengering dengan benar sebelum jendela digunakan.

Walaupun Anda harus menunggu selama 24 jam hingga jendela benar-benar kering namun Anda sudah bisa melepaskan isolasi dan juga penyangga jendela setelah beberapa jam aplikasi cat terakhir. Tentu saja dilakukan harus berhati-hati, keesokan harinya Anda bisa memasang kembali penyangga kayu yang terbuat dari besi. Jika sudah kering benar Anda bisa menutup jendela dengan rapat.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

catkayu.com