2 Langkah Mudah dan Tahapan Finishing Kusen Kayu dengan Pernis

Kusen kayu adalah salah satu bagian dari rumah yang memiliki peranan sangat penting membutuhkan pernis. Di dalam rumah kusen kayu berperan untuk menjadi tempat pemasangan dari pintu, jendela, kaca, teralis bahkan lubang angin. Namun peranannya yang penting ini masih kurang dipahami oleh banyak masyarakat luas.

Jika sebuah rumah tidak ada kusen maka untuk pemasangan dari pintu dan jendela sulit dilakukan. Bentuk dari kusen kebanyakan terbuat dari balok kayu namun kini ada juga kusen untuk pintu yang terbuat dari bahan aluminium. Karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk merawat kusen maka seringkali kusen menjadi cepat rusak.

Banyak faktor yang mengakibatkan kerusakan mulai dari jenis bahan yang digunakan adalah kayu dengan kualitas buruk atau karena lapisan coating yang digunakan berkualitas rendah.

2 Tahapan Mengecat Kusen Kayu Dengan Pernis Mudah Untuk Dilakukan Siapa Saja

Apabila cat kusen kayu cepat rusak akibat dari lapisan coating yang buruk jangan khawatir karena Anda bisa memperbaiknya dengan mengecat ulang kembali. Namun ada baiknya jika Anda akan mengecat kusen dari awal sudah mempertimbangkan jenis cat pernis kayu yang akan digunakan.

Karena lapisan coating akan menentukan apakah kusen di rumah Anda bertahan lama atau tidak. Cara mengecat pintu kayu baru maupun kusen lama agar terlihat seperti baru sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Bahkan Anda tidak perlu memanggil tukang untuk mengecat kusen. Ada dua tahapan mengecat kusen yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan akan dijelaskan secara terperinci dalam artikel kali ini.

Tahap Pertama : Persiapan

2 Tahapan Mengecat Kusen Kayu Dengan Pernis Mudah Untuk Dilakukan Siapa Saja

Dari tiga tahapan yang harus Anda lakukan yang pertama adalah persiapan. Ketika Anda akan mengecat kusen maka persiapkan kusen dengan baik. Kusen yang baru saja jadi dipasang dalam sebuah rumah pasti memiliki permukaan yang kotor baik itu karena cat dinding dan juga debu bahan bangunan yan menempel. Anda bisa mengamplas kusen terlebih dahulu menggunakan kertas amplas kasar sekitar nomor 180 hingga 240.

Proses pengamplasan sendiri dilakukan hingga pada bagian lelukan kusen. Apabila Anda merasa kesulitan maka gunakan amplas yang dibalut dengan spon. Cara ini memduahkan Anda untuk menjangkau daerah lekukan pada kusen. Jika permukaan rata maka Anda bisa menggunakan balok kayu yang dibalut dengan amplas. Sehingga hasilnya akan rata dan juga halus. Fungsi pegamplasan adalah untuk membuka pori kayu sehingga nantinya cat yang melapisi masuk dan mengikat pori.

Pastikan juga kusen kayu sudah kering dengan MC atau kelembaban kayu rata-rata 12%. Kayu harus kering sebelum dicat agar nantinya minyak kayu dan unsur air di dalam kusen tidak naik setelah dicat dan menimbulkan jamur.

Setelah pengamplasan selesai maka bersihkan kayu dari debu amplas menggunakan kain yang bersih dan juga kering. Selanjutnya siapkan alat yang digunakan untuk finishing. Karena Anda adalah pemula maka Anda dapat menggunakan kuas yang halus. Penggunaan kuas sebagai alat finisishing adalah alat yang mudah didapatkan dan juga murah. Siapkan juga gelas plastik untuk pencampuran cat dan juga pisau pallet.

Persiapan Bahan

Selanjutnya adalah persiapan bahan atau produk cat. Untuk warna natural sebaiknya Anda menggunakan pernis atau clear kayu seperti produk Biovarnish. Ada tiga seri untuk produk cat biovarnsh yang digunakan yaitu Biovarnish wood filler, Biovarnish Wood Stain dan juga Biovarnish Clear Coat. Agar pengecatan memiliki hasil yang rapi sebaiknya Anda melapisi bagian yang tidak ingin terkena cat dengan isolasi kertas. Sedikit reibet memang tapi cara plitur kayu ini terbukti rapi dan menghindari cat kusen untuk mengenai bagian dinding atau kaca.

Tahap Kedua : Pengecatan

2 Tahapan Mengecat Kusen Kayu Dengan Pernis Mudah Untuk Dilakukan Siapa Saja

Jika persiapan dari material kusen dan juga peralatan bahan mengecat sudah siap maka selanjutnya masuk ke tahapan pengecatan. Awal dari tahapan pengecatan menggunakan pernis kayu adalah pendempulan. Dempul yang digunakan adalah Biovarnish wood filler.

Anda bisa langsung mengaplikasikan dengan pisa pallet khususnya pada bagian yang cacat lubang kecil. Anda bisa langsung mengisi lubang dengan wood filler. Tunggu hingga wood filler mengering sendiri sekitar 20 menit. Lalu amplas dengan kertas amplas nomor 240 hingga permukaan kayu terlihat serat kayunya.

2 Tahapan Mengecat Kusen Kayu Dengan Pernis Mudah Untuk Dilakukan Siapa Saja

Aplikasi dempul telah selesai selanjutnya Anda bisa mencampurkan Biovarnish Wood Stain sesuai dengan kebutuhan.

Campurkan Biovarnish Wood Stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air di dalam gelas plastik dan aduk hingga benar-benar menjadi rata. Kuaskan cat ke permukaan kayu searah serat dan tunggu kering sekitar 60 menit saja.

Lalu amplaslah permukaan kusen dengan kertas amplas alumunium oxide nomor 400 hingga permukaan beanr-benar halus. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal atau warna lebih gelap maka bisa aplikasikan Biovarnish Wood Stain sekali lagi.

Terakhir adalah pemberian lapisan clear untuk cat kayu yang akan membentuk lapisan film yang kuat dan juga keras. Gunakan Biovarnish Clear Coat dengan pilihan tampilan gloss atau matt sesuai dengan kebutuhan.

Cara aplikasinya mudah sekali Anda cukup mencampurkan clear coat dengan air perbandingan 2 bahan ; 1 air di dalam gelas plastik. Lalu oleskan ke seluruh permukaan  menggunakan kuas searah serat kayu seperti ketika Anda mengaplikasikan Biovarnish Wood Stain. Tunggu lapisan coating mengering sekitar satu malam maka kusen akan memiliki lapisan film sekaligus warna natural yang menarik.

Tips Mengecat Kusen Kayu dengan Pernis

Jika mengikuti kedua tahapan pengecatan kusen menggunakan pernis kayu Biovarnish maka tidak akan terlalu sulit bagi Anda untuk melakukannya. Proses pengecatan hanya membutuhkan bahan pengecer air saja yang sangat mudah untuk diaplikasikan, dicampurkan dan juga sangat cepat kering dibandingkan dengan produk yang lainnya.  Apabila Anda ingin mendapatkan produk Biovarnish maka bisa langsung membeli melalui agen terdekat.

Dalam proses pengecatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa mengikuti beberapa tips mengecat kusen berikut ini:

— Pertama —

Mengecat menggunakan cat water based dimulai dari jenis kuas yang digunakan. Agar hasilnya maksimal maka gunakan jenis kuas nylon. Jenis kuas nylon tidak akan membuat bulu kuas mudah rontok. Berbeda jika Anda menggunakan kuas bulu babi untuk cat water based maka akan banyak bulu kuas yang terlepas bahkan menempel pada permukaan kusen kayu.

— Kedua —

Untuk hasil yang lebih halus lagi Anda bisa menggunakan kuas yang dibalut dengan kain katun putih yang kering. Ikatlah kain pada kuas hingga sangat kencang. Cara ini akan mempermudah untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan juga rata.

— Ketiga —

Cara aplikasi kuas menyesuaikan dengan permukaan kusen yang akan dicat. Jika Anda akan mengecat permukaan yang lebar maka penggunaan kuas bisa secara horisontal agar proses aplikasi bisa luas sedangkan untuk bagian sudut maka bisa menggunakan kuas secara vertikal agar bisa menjangkau bagian yang tersudut.

— Keempat —

Pemilihan warna kusen dengan jendela atau pintu bahkan kusen untuk lubang angin harus sama. Pemilihan yang sama akan memberikan tampilan atau hasil akhir yang harmoni.

Apakah pernis pintu rumah Anda telah berubah menjadi kusam atau Anda ingin mulai memberikan tampilan baru pada kusen di rumah Anda? Maka Anda bisa menggunakan cat kayu Biovarnish. Ingin mendapatkan produk Biovarnish? Datangi segara agen Biovarnish di kota Anda. Kami juga membuka kesempatan untuk menjadi agen cat kayu Biovarnish. Bagi Anda ingin membuka usaha sampingan yang ringan maka daftarkan diri Anda segera dengan mengisi fomulir di website ini.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU