Apa Warna Cat yang Cocok untuk Kusen Kayu Rumah? Simak Disini!

Anda memiliki rumah modern dan ingin cat ulang bagian kusen kayu, namun bingung memilih warna yang cocok untuk digunakan? Nah kini saatnya Anda memilih beribu-ribu warna yang tersedia dalam berbagai macam merk cat.

Namun Anda harus tetap hati-hati jangan karena Anda suka dengan warna yang dimiliki sebuah merk cat Anda tidak memperhatikan kualitas jenis cat yang digunakan. Jadi untuk mengecat ulang atau mengeceta sebuat kusen kayu rumah modern Anda harus memperhatikan pemilihan warna sekaligus kualitas cat yang akan digunakan.

Terkahir pastikan juga Anda telah memiliki alat yang digunakan untuk mengoles cat kusen rumah Anda. Dalam artikel ini Anda akan mengetahui bagaimana cara memilih warna untuk kusen rumah modern Anda, merk cat apa yang terbaik untuk digunakan bahkan bagaimana cara aplikasinya.

Cara Memilih Warna Cat untuk Kusen Kayu

Pertama

Menguasai apa yang menarik. Pilih warna cat yang Anda sukai. Jika warna membuat Anda bahagia, Anda akan menyukai tampilannya di ruangan mana pun. Tidak yakin dengan preferensi warna Anda? Poskan item inspirasional (majalah, katalog, dan halaman kalender, kartu pos gambar, foto panorama, dan swatch kain) yang menyenangkan mata Anda di papan tulis. Tinjau papan untuk menemukan untaian warna umum. Anggaplah warna itu sebagai titik awal Anda.

Kedua

Melihat warna kusen rumah tetangga. Ambil warna warna cat yang digunakan di ruang yang berdekatan. Bawalah warna itu ke dalam ruang yang Anda lukis untuk menciptakan aliran ruang-ke-ruang yang menyenangkan. Variasikan intensitas warna, penempatan, dan peran dominan atau pendukung untuk membuat desain menonjol yang masih menyatu dengan keseluruhan. Misalnya, jika satu ruangan memiliki dinding sherbet oranye, pilih warna oranye dua atau tiga nuansa lebih terang untuk digunakan di langit-langit ruangan tempat Anda bekerja.

Ketiga

Jangan mengabaikan perabotan di ruangan. Perapian, lemari, lantai, peralatan, dan permukaan menyumbangkan blok warna yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih warna cat. Pilih warna cat dengan nada yang cocok dengan warna emas, merah, oranye, atau abu-abu dalam finishing kayu sebuah ruangan. Pilih warna cat yang mencerminkan urat marmer, meningkatkan peralatan baja tahan karat, atau melengkapi warna bata.

Keempat

Ambil putaran roda warna. Pilih warna yang jatuh di samping satu sama lain untuk merancang skema analog yang mudah dilihat. Pilih warna yang saling berhadapan di roda untuk membentuk palet komplementer berdampak tinggi. Atau, pilih satu warna dan lapisan dalam berbagai nuansa warna cat untuk diam-diam menyusun desain monokromatik. Tentukan apakah rona utama Anda berbunyi keren atau hangat dan apakah itu aktif, pasif, atau netral; menimbang kualitas ini ketika Anda memilih warna aksen dan mengecat.
Contoh Pengecatan

Kelima

Jalankan tes terakhir. Beli sampel warna cat yang paling Anda suka dan cat persegi 2×2-kaki di dinding. Tinggalkan semua perabotan di ruangan, karena warna, pola, dan tekstur lainnya akan mempengaruhi bagaimana warna cat muncul. Periksa bagaimana warna terlihat di bawah cahaya alami dan buatan dan pada waktu yang berbeda-beda selama beberapa hari. Ulangi proses pengujian sampai Anda puas dengan warna cat yang sangat sesuai dengan tujuan Anda.

Jenis Cat Kayu Yang Cocok Digunakan Pada Kusen

Kini Anda sudah bisa memilih warna warna cat kayu yang Anda inginkan bahkan untuk mendapatkan warna Anda sudah menjalankan beberapa tes di rumah. Namun apakah Anda sudah mendapatkan jenis cat yang tepat dan sesuai?

Jangan-jangan jenis cat yang Anda beli adalah cat yang mengandung banyak timbal atau formalin. Jika dalam kandungan cat yang Anda beli terkandung bahan-bahan tersebut maka hindari dari sekarang.

Anda tentu tidak ingin anak cucu Anda terkena penyakit karena Anda salah menggunakan jenis cat berlogam berat pada kusen di rumah Anda. Jika Anda mendapatkannya ganti cat dengan jenis cat aman dan ramah lingkungan.

Anda kini sudah bisa menggunakan cat water based yang aman bahkan ramah lingkungan. Cat water based memiliki keunggulan tersendiri jika Anda mengaplikasikannya pada kusen rumah Anda.

Tidak perlu repot dengan bau menyengat dari cat yang tidak hilang selama berhari-hari. Adanya cat water based tidak akan meninggalkan bau tersebut karena penguapan yang terjadi adalah bahan air yang sama sekali tidak mengandung logam berat.

Penggunaan dari cat water based lebih aman dibandingkan cat solvent. Bahkan kini tersedia beragam warna yang bisa Anda aplikasikan menggunakan kuas saja dan bahan pelarut air. Untuk lebih menyengankan Anda bisa mengecat bersama putra-putri Anda di rumah.

Cara Mengecat Kusen Kayu Rumah Modern

Enamel Paint

Untuk mengecat Anda harus menetepakan satu merk cat untuk digunakan. Sebagai bahan cat kusen di sini kami menyarankan Anda untuk menggunakan cat kayu water based Orchid. Cat ini termasuk salah satu jenis cat enamel water based yang tersedia dalam 24 warna termasuk warna metalik.

Anda bisa mendapatkan warna sesuai dengan kebutuhan sesuai dengan cara di atas. Untuk lebih mudahnya berikut ini cara pengaplikasian cat enamel water based Orchid pada kusen di rumah Anda.

Cara Aplikasi Cat Enamel Orchid

  1. Pertama-tama pastikan semua kusen jendela jauh dari furniture lain, Anda juga bisa melakban bagian dinding dan juga lantai agar tidak terkena cipratan cat. Pastikan juga permukaan kusen sudah bersih. Jika Anda akan mengecat kusen lama hilangkan lapisan cat terdahulu dan Anda sudah tidak perlu bermasalah dengan hal itu lagi.
  2. Untuk mengecat kusen kayu berilah dasaran primer coat. Anda bisa menggunakan BioColours / Biovarnish Primer Coat White yang akan menutup warna dan juga serat kayu. Anda bisa mengaplikasikannya setelah dicampur dengan air dan menguaskan ke seluruh permukaan kusen.
  3. Tunggu permukaan primer coat benar-benar kering biasanya akan membutuhkan waktu satu jam saja. Lalu haluskan permukaan kusen dengan mengamplas menggunakan kertas amplas 400 secara ambang saja. Jika warna dan serat kayu masih terlihat gunakan primer coat sekali lagi.
  4. Selanjutnya adalah menggunakan cat enamel Orchid. Campurkan dengan sedikit air setidaknya perbandingan 4 bahan : 1 air dan aduk pada wadah terpisah. Kemudian kuaskan satu arah pada kusen jendela untuk mendapatkan hasil yang rata dan juga halus.
  5. Tunggu cat mengering selama 60 menit lagi dan Anda bisa mengulangi pengamplasan. Amplas hingga rata dan halus gunakan balok kayu agar pekerjaan semakin mudah. Hilangkan debu amplas dan Anda bisa mengulangi pengecatan sekali lagi untuk mendapatkan lapisan warna yang kuat dan juga tebal.
  6. Biarkan kusen jendela mengering selama 24 jam, namun setelah 60 menit Anda bisa melepaskan lakban dan menata kembali furnitur. Dalam waktu tersebut cat sudah mengering jika disentuh.

Penggunaan cat Orchid sendiri sangat cocok pada kusen jendela rumah karena sudah mengandung bahan yang tahan terhadap cuaca khususnya perubahan suhu udara panas maupun hujan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.