3 Teknik Menggunakan Dempul Kayu untuk Perbaikan Kusen Berlubang

Kusen kayu adalah sasaran empuk para rayap, sehingga membutuhkan dempul untuk mengatasinya. Bagi Anda yang menggunakan kusen kayu pada pintu dan juga jendela, cobalah melakukan pengecekan sekarang juga. Apakah Anda menemukan serbuk kayu di sekitar kusen? Apakah muncul lubang-lubang kecil bekas rayap? Jika ada, artinya rayap mulai merusak bagian tersebut. 

Jangan khawatir, ada langkah mudah untuk memperbaiki kusen kayu seperti semula. Anda hanya perlu memperbaikinya dengan dempul kayu. Sebelum memberikan dempul, ada baiknya bagi Anda untuk menggunakan bahan kimia pengusir rayap seperti BioCide Insecticide. 

Sebelum menggunakan dempul kayu dan bahan pembasmi rayap kayu ini, Anda hanya perlu membersihkan kusen. Kusen harus bebas dari lapisan coating lama dan kotoran. Langsung saja mengamplas permukaan kusen dengan amplas kasar. Kemudian lanjutkan dengan proses  membersihkan debu dengan kain. 

Anda juga bisa membersihkan debu bekas pengamplasan dengan mesin vakum. Pastikan saja jika semua permukaan kayu berubah menjadi lebih halus. Selain itu jika terdapat permukaan rusak karena rayap sebaiknya amplas juga. Fungsinya untuk mempermudah dempul untuk melekat dengan sempurna. 

Membersihkan Rayap dari Kusen Kayu

Sebelum mengaplikasikan dempul, kusen kayu harus dibersihkan terlebih dahulu dari rayap. Langkah ini sangat penting agar tidak ada rayap yang bersembunyi di dalam kusen dan merusak kusen nantinya setelah dempul selesai diaplikasikan. Bahan kimia yang digunakan adalah Biocide Insecticide. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda gunakan. 

  1. Bersihkan sekali lagi kusen jendela dengan kain. 
  2. Campurkan BioCide Insecticide dengan air, jangan lupa gunakan pelindung tubuh seperti sarung tangan dan masker karena bahan ini cukup keras. 
  3. Kuaskan campuran BioCide ke seluruh permukaan kusen secara merata. Pastikan bagian berlubang terisi dengan bahan secara penuh. 
  4. Diamkan  kusen jendela selama beberapa jam agar obat meresap ke dalam kayu. 

Proses pengeringan ini memakan waktu jadi bisa Anda lakukan satu hari sebelum proses pendempulan. Fungsinya agar kusen benar-benar kering sebelum diaplikasikan dempul. Nantinya Anda akan dilihat rayap yang mati keluar dari dalam kusen. Segera bersihkan kumpulan rayap tersebut. 

BioCide Insecticide tidak hanya berfungsi untuk membunuh rayap tetapi juga mencegahnya. Nantinya kusen akan lebih tahan terhadap serangan rayap setelah selesai di finishing dengan dempul dan plitur. Kini setelah kusen benar-benar kering saatnya mengaplikasikan dempul.  

Teknik 1. Mengaplikasikan Dempul secara Langsung

Teknik yang pertama ini sangat mudah. Bisa digunakan pada permukaan kayu yang tidak rusak atau bisa juga yang berlubang kecil akibat rayap. Kusen yang berlubang kecil membutuhkan dempul untuk diperbaiki. Alat yang dibutuhkan disini hanyalah pisau scrape. Bahan yang digunakan adalah Biovarnish wood filler. 

Pilih Biovarnish wood filler sesuai dengan jenis warna kayu kusen. Tersedia empat jenis warna yaitu mahoni, jati, sungkai dan juga ramin. Bentuk dari Biovarnish lebih kental namun tidak keras sehingga mudah untuk diaplikasikan dan merupakan dempul kayu tahan air. Cara ini juga akan menutup pori kayu secara maksimal. 

Teknik pengaplikasiannya adalah sebagai berikut ini. 

  1. Bersihkan permukaan kusen dengan kain pastikan kusen sudah kering. 
  2. Ambil wood filler dengan pisau scrape kemudian isi pada lubang kusen. Isi and ratakan dengan scrape. 
  3. Setelah merata, ambil sedikit wood filler dengan scrape ke permukaan kusen yang rata. Oleskan dan ratakan wood filler ke permukaan kusen yang datar. Pastikan hasilnya sangat tipis. 
  4. Diamkan kusen kering selama 20 menit kemudian siapkan amplas nomor 240. 
  5. Amplas permukaan kusen dengan amplas tadi searah serat kayu dan amplas hingga warna kayu dan seratnya terlihat. Bagian yang rusak juga tidak terlihat kembali. 

Jangan lupa setelah proses pengamplasan selesai Anda harus membersihkan debu bekas pengamplasan kembali. Pastikan tidak ada debu yang tertinggal sebelum Anda mengaplikasikan plitur. 

Teknik 2. Mengaplikasikan Dempul dengan Serbuk Kayu

Teknik ini paling sering dilakukan oleh tukang kayu. Namun kebanyakan campuran yang digunakan bukanlah dempul namun menggunakan lem kayu. Kelemahan teknik ini dengan lem kayu adalah plitur atau pernis di atasnya tidak akan bisa meresap. Hal ini disebabkan lem kayu akan membentuk lapisan seperti plastik. 

Berbeda dengan dempul kayu dimana plitur akan lebih mudah meresap nantinya. Teknik ini juga digunakan untuk kerusakan kusen yang lebih besar. Misalnya saja rayap sudah membuat lubang besar berukuran lebih dari 10 mm dan juga dalam. Untuk itu anda bisa menggunakan Biovarnish wood filler dan juga serbuk kayu untuk perbaikan. 

Berikut ini beberapa teknik yang bisa Anda lakukan untuk proses aplikasinya. 

  1. Bersihkan kusen dengan kain kering dan siapkan serbuk kayu dengan warna yang sama dengan kusen. Serbuk harus sangat halus jadi sebaiknya saring dari serbuk kasar. 
  2. Campurkan Biovarnish wood filler dengan serbuk kayu hingga berbentuk liat. Perbandingannya bisa 1:1 dan pastikan semuanya tercampur rata. Anda bisa mencampurkannya dengan scrape. 
  3. Isikan adonan dempul ke dalam kusen kayu yang rusak dan padatkan. Pastkan semua lubang terisi hingga bagian dasar. Jika perlu tekan tekan dan tambahkan kembali hingga permukaan merata.
  4. Diamkan kusen kering selama 20 menit. Jika permukaan belum rata gunakan scrape untuk meratakan permukaan wood filler yang kering. 
  5. Lanjutkan dengan pengamplasan, gunakan amplas nomor 240 dan pastikan permukaan menjadi rata. 

Langkah ini sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan teknik pertama aplikasi dempul. Hanya saja untuk serbuk kayu harus dipilih yang benar-benar halus sehingga hasilnya akan lebih padat nantinya. 

Teknik 3.  Mengaplikasikan Dempul dengan Dowel

Cara ketiga ini juga sering dilakukan para tukang kayu. Biasaya digunakan untuk menambal kusen yang berlubang di bawah ukuran 5 hingga 10 mm. Lubang biasanya berbentuk bulat sehingga bisa ditutup dengan dowel. Dowel adalah balok kayu kecil yang dibuat sehingga bisa menutupi lubang pada kusen. 

Langkah pertama adalah membuat dowel terlebih dahulu. Anda bisa membuatnya dari sisa balok kayu. Kemudian ukur lubang pada kusen mulai dari diameter hingga kedalamannya. Buatlah ukuran dowel lebih kecil dari lubang sehingga nantinya bisa masuk dengan mudah. 

Apabila dowel sudah disiapkan, langkah-langkah aplikasinya adalah sebagai berikut ini. 

  1. Bersihkan permukaan kusen dengan kain kering termasuk bagian lubang yang akan diisi dengan dowel. Pastikan tidak ada kotoran yang menyumbat di dalamnya. 
  2. Isikan lubang dengan dowel, jika tidak bisa masuk Anda bisa memukulnya dengan paku. Pastikan dowel tertanam ke dalam lubang. 
  3. Ambil Biovarnish wood filler dengan scrape kemudian isikan pada permukaan lubang yang sudah diisi dengan dowel. Pastikan sisa lubang yang tidak tertutup dengan dowel terlapisi dengan wood filler. 
  4. Ratakan wood filler dengan scrape kemudian diamkan kering selama 20 menit. 
  5. Amplas permukaan wood filler yang telah mengering dengan amplas nomor 240 dan bersihkan debunya. 

Ketiga teknik yang biasa dilakukan oleh tukan kayu kini tidak lagi menjadi teknik yang sulit diaplikasikan. Kini Anda di rumah juga bisa melakukannya pada kusen yang rusak akibat rayap. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU