Mencegah Pelapukan Kayu dengan Wood Filler sebagai Langkah Perbaikan

Wood Filler dibutuhkan untuk mencegah pembusukan dan pelapukan pada kayu yang disebabkan oleh jamur. Jamur kayu membutuhkan 3 hal untuk bertahan hidup yaitu kayu, kelembaban dan panas. Untuk mencegah pembusukan kayu, Anda perlu mengatasi setiap kebutuhan ini. Untungnya, ada cara sederhana untuk mencegah pembusukan kayu berkembang:

  • Hapus kayu yang terinfeksi / rusak saat Anda melihatnya.
  • Pasang penghalang flash dan kelembaban baru di sekitar jendela, ventilasi, dan pintu.
  • Gunakan produk alami anti jamur seperti dessicant container untuk mencegah jamur busuk kayu masuk ke rumah Anda.
  • Aplikasikan sealant kayu berkualitas ke semua kayu yang terkena kelembaban, dan lebih baik gunakan yang mengandung fungisida seperti BioCide SFP.

Dempul Kayu

Wood filler adalah pasta tebal berwarna yang dapat Anda campurkan dengan thinner dan varnish untuk diterapkan pada furniture kayu Anda untuk mengisi celah atau lubang. Ini bekerja paling baik dengan kayu keras seperti oak, kenari atau ash. Wood filler pasti memiliki komponen estetika untuk itu, karena membantu Anda untuk mempertahankan keindahan kayu Anda.

Tetapi apakah Anda tahu bahwa itu juga dapat melindungi kesehatan furniture kayu Anda juga? Betul, wood filler benar-benar membantu memperbaiki dan mencegah pelapukan kayu, dengan menutup retakan di mana uap air bisa terperangkap dan menyebabkan busuk? Baca informasi di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Pencegahan Lebih Baik daripada Memperbaiki

Anda dapat menggunakan filler kayu untuk mencegah pembusukan kayu sebelum menjadi masalah. Periksa perabotan kayu Anda, deck dan trim. Jika Anda memulai proyek bangunan untuk dek kayu baru, misalnya, ambil langkah-langkah seperti menggunakan kayu tahan cuaca, dan pastikan bahwa kolom kayu tidak menyentuh beton secara langsung. Tutup semua retakan dan celah yang rentan pelapukan, dengan penampung dan wood filler segera setelah Anda menemukannya sehingga Anda tidak mengalami masalah apa pun nantinya.

Memeriksa Mebel Anda

Jika Anda berpikir Anda sudah memiliki kasus pembusukan kayu, maka langkah pertama untuk memperbaiki masalah dengan filler kayu adalah dengan memeriksa furniture Anda dengan hati-hati. Gunakan penusuk untuk memeriksa kayu untuk serat kayu lunak dan mencari lubang atau retakan.

Mulai dengan Wood Hardener

Jika Anda menemukan titik-titik lunak yang menunjukkan busuk, bor beberapa lubang kecil berukuran 1/8 inci di sekelilingnya dan isi dengan pengeras kayu, tersedia di toko perangkat keras setempat. Perhatikan: jika Anda mendeteksi pembusukan kayu dalam sesuatu seperti dek, di mana struktur yang disusupi dapat berpotensi berbahaya, kemudian hubungi spesialis untuk memastikan pekerjaan yang lebih terlibat tidak perlu dilakukan.

Persiapkan Wood filler

Bahan wood filler cukup tebal saat Anda mengeluarkannya dari bak atau tabung, jadi Anda harus mencampurnya dengan sedikit cairan atau cairan lainnya, seperti yang dijelaskan dalam petunjuk pabrikan. Hanya gunakan sebanyak yang Anda perlukan pada waktu tertentu, karena wood filler yang tidak digunakan akan cepat kering dan menjadi tidak dapat digunakan.

Terapkan Filler Kayu

Aplikasi Filler Kayu

Gunakan pisau dempul untuk menyebarkan filler kayu campuran ke semua celah, lubang, dan retakan, termasuk lubang yang Anda buat untuk pengeras kayu. Pastikan Anda menerapkan tekanan yang cukup untuk menjaga wood filler tetap di tempatnya.

Menghaluskan Permukaan

Gunakan pisau pallet untuk menghaluskan pengisi sebelum kering, sehingga kering dengan cara yang halus dan merata. Saat sudah kering, haluskan kembali menggunakan amplas untuk menghaluskan semua sisi kasar yang tersisa. Kemudian lihat untuk melihat apakah ada lubang yang tersisa yang perlu dilampaui dengan lebih banyak wood filler sekali lagi. Jika diperlukan, sentuh dengan primer dan cat.

Teknik Aplikasi Wood Filler Agar Rata

Banyak proyek rumah yang berbeda menyerukan aplikasi wood filler. Ini bisa menjadi proses yang membingungkan untuk diketahui tetapi itu tidak harus sulit. Jika Anda memilih filler yang tepat untuk proyek Anda, pilih alat yang tepat, siapkan kayu Anda dengan benar, dan pelajari beberapa teknik sederhana, Anda akan dapat menerapkan wood filler secara merata untuk setiap proyek yang muncul untuk mencegah pelapukan.

Memilih Filler Kayu yang Tepat

Ada banyak jenis wood filler untuk dipilih; yang paling populer adalah berbasis air atau berbasis minyak. Beberapa keuntungan dari pengisi berbasis air adalah waktu kering yang lebih cepat, mereka dapat digunakan di bawah wood stain apa saja, mudah diaplikasikan, dan lebih aman bagi lingkungan. Pengisi berbasis minyak pernah umum digunakan, tetapi mereka membutuhkan beberapa hari waktu kering dan tidak ramah lingkungan. Hati-hati memeriksa label yang berbeda untuk produk yang Anda cari dan pilih produk mana yang terbaik untuk proyek yang Anda kerjakan.

Memilih Alat yang Tepat

Alat Aplikasi Wood Filler

Ada banyak alat yang berbeda yang dapat digunakan untuk mengaplikasikan wood filler. Ketika membuat pilihan, Anda perlu menentukan jenis proyek apa yang akan dikerjakan dan jenis wood filler apa yang dipilih. Jika Anda mengerjakan proyek skala besar dan menggunakan filler berbasis minyak, sikat dengan bulu kaku adalah yang terbaik.

Anda juga dapat menggunakan sikat jenis ini dengan pengisi berbasis air jika Anda memiliki area yang luas untuk ditutup. Jika Anda mengisi lubang kecil atau melakukan sentuhan cepat, sangat mudah untuk menerapkan filler kayu dengan pisau dempul kecil yang fleksibel. Setelah aplikasi Anda juga harus memastikan Anda memiliki blok sander yang baik, ini akan membantu Anda mencapai permukaan yang halus.

Mempersiapkan Kayu Anda

Seperti kebanyakan proyek perbaikan rumah yang menerapkan filler kayu membutuhkan sedikit persiapan untuk menyiapkan segalanya untuk lapisan yang rata dan halus. Jika area yang membutuhkan wood filler memiliki cat atau noda, Anda perlu mengampelas atau melucuti cat lama atau noda sebelum menggunakan wood filler. Maka Anda perlu membersihkan area dengan benar untuk memastikan Anda membuang semua sisa serbuk gergaji yang tersisa dari pengamplasan.

Aplikasi dengan hati-hati

Aplikasi Filler

Sangat penting untuk menerapkan wood filler Anda dengan hati-hati. Menggunakan beberapa aplikasi dangkal untuk mengisi lubang besar, dan biarkan setiap lapisan wood filler kering sebelum menerapkan yang berikutnya. Ini adalah langkah yang sangat penting untuk menciptakan permukaan datar tanpa retak selama aplikasi. Anda juga harus sedikit mengisi lubang untuk mencegah penyusutan yang dapat terjadi dengan wood filler.

Teknik Khusus

Ada beberapa teknik khusus yang dapat digunakan untuk memastikan bahwa wood filler Anda diterapkan secara merata :

  1. Menggunakan pisau dempul kecil yang lentur
  2. Tekan pisau dengan jari telunjuk Anda saat menggunakan gerakan lambat dan mantap diatas lubang yang sedang diisi
  3. Menggunakan kertas amplas yang baik dengan dukungan kuat setelah wood filler
  4. Terapkan proses pengamplasan akan memastikan halus, bahkan permukaan yang akan mengalir mulus dengan sisa kayu di proyek Anda.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU