Macam-Macam Alat Finishing Kayu dan Cara Perawatan yang Tepat

Alat finishing harus Anda pahami sesuai kebutuhan dan perawatan nya, agar tidak salah dalam aplikasi finishing tersebut.

Ketika Anda mengambil proyek mengecat, ada beberapa aplikator dan aksesoris yang berbeda yang Anda inginkan. Untuk memilih alat finishing yang tepat untuk pekerjaan yang tepat, berikut ini ikhtisar tentang apa saja opsi Anda dan untuk apa kegunaannya dan perawatan nya.

√ Sprayer Cat

Airless sprayers mengeluarkan cat pada tekanan tinggi. Sistem cat tanpa listrik terdiri dari wadah cat, pompa bertekanan tinggi, motor, pegangan dan perumahan, dan pengatur tekanan. Nozel ekstensi, tabung hisap yang lebih panjang, nozel ekstra, dan gelas ukur viskositas adalah aksesori opsional.

Pelajari Alat-Alat Finishing Sesuai Kebutuhan Serta Perawatannya

Digunakan saat mengecat area besar dengan warna yang sama, atau mengecat permukaan yang rumit seperti furnitur atau grillwork di mana peralatan lain tidak akan mencapai semua permukaan. Pilihan tip penyemprotan tergantung pada konsistensi cat, tetapi pada umumnya cat yang lebih tipis, semakin kecil ujung yang diperlukan. Konsistensi cat juga mengatur tekanan pompa.

Bahan yang lebih tipis seperti noda, lak, enamel, dan sealer membutuhkan lebih sedikit tekanan daripada bahan yang lebih berat seperti cat rumah dan dinding. Cat yang telah diformulasikan untuk aplikasi sikat atau rol mungkin terlalu tebal untuk disemprotkan. Mereka harus diuji terlebih dahulu dan ditipis jika perlu.

Baca juga : Produk cat water based

Kuas Busa / Spons

Sikat busa memiliki pegangan seperti kuas biasa, tetapi bantalan busa menggantikan bulu kuas. Mereka dianggap sekali pakai karena murah, tetapi sebagian besar cukup tahan lama untuk dibersihkan dan digunakan kembali.

√ Kuas Cat / Kuas Dinding

Tips Dan Teknik Mengecat Kayu Dengan Cat Solid Menggunakan Kuas - Macam Macam Kuas

Kuas dinding sangat penting sebagai alat untuk cat tembok. Juga disebut sikat perataan, umumnya datang dalam 3 sampai 5 inci lebar dan digunakan untuk mengecat permukaan yang lebih besar, seperti langit-langit, lantai, cerobong asap, dll. Ini tersedia dalam bulu alami (umumnya digunakan untuk mengaplikasikan lapisan berbahan dasar minyak) dan filamen sintetik (untuk cat berbasis air).

√ Sikat Radiator

Juga disebut tongkat hoki karena bentuknya, ini digunakan untuk mengecat daerah yang sulit dijangkau. Selempangnya diposisikan pada sudut 45 derajat pada pegangan panjang.

√ Stain Brush

Ini adalah sikat yang lebih lebar yang umumnya tersedia dalam lebar 4 hingga 6 inci. Banyak jenis fitur bulu Cina putih alami untuk bekerja dengan noda berbasis minyak, sealer dan toner kayu. Mereka juga tersedia dalam filamen sintetis.

√ Trim Brush

Pelajari Alat-Alat Finishing Sesuai Kebutuhan Serta Perawatannya

Digunakan untuk melukis trim dan lebih kecil, kerja detail, itu juga disebut sikat selempang. biasanya tersedia dalam lebar 1 hingga 3 inci. Mereka datang dalam bulu alami (umumnya digunakan untuk menerapkan lapisan berbahan dasar minyak) dan filamen sintetis (untuk cat berbasis air). Ujung bulu atau filamen (disebut selempang) bisa persegi (datar) atau dipotong pada sudut (sudut) untuk memotong dalam pekerjaan langsing halus. Dengan kuas langsing persegi, ujung kuas dipangkas rata atau horizontal. Dengan lis pahat, ujung kuas dipotong menjadi bentuk seperti kubah, yang meningkatkan taper dan cutting-in properties.

√ Varnish dan Enamel Brush

Umumnya digunakan oleh pelukis profesional untuk mengaplikasikan berbagai macam cat dan stain, dikenal karena memegang dan mengirim lebih banyak cat daripada jenis sikat lainnya. Beberapa memiliki ujung-ujung satin pada bulu untuk meningkatkan kinerja. Mereka direkomendasikan untuk mengecatinterior dan eksterior dan tersedia dalam bulu alami (umumnya digunakan untuk menerapkan lapisan berbahan dasar minyak) dan filamen sintetis (untuk cat berbasis air).

√ Pojok Pad

Bantalan sudut adalah bantalan cat berbentuk sudut 90 derajat untuk memudahkan pengecatan sudut.

√ Tiang Ekstensi

Umumnya dari 1 hingga 16 kaki panjangnya, sebuah tiang ekstensi membuat roller painting lebih cepat dan lebih mudah untuk area yang sulit dijangkau. Mereka memungkinkan pengguna untuk berdiri di lantai bukannya tangga ketika mengecat dinding atau langit-langit tinggi. Beberapa kutub dapat disesuaikan, atau telescoping, untuk menangani banyak situasi pengecatan, biasanya memanjang dengan penambahan 6 inci. Beberapa termasuk adaptor quick-release untuk perubahan alat yang mudah.

√ Paint Pad

Ini berbentuk datar di permukaan, memungkinkan pengguna untuk menghindari percikan. Kebanyakan bantalan terbuat dari mohair atau busa dan dapat mengaplikasikan cat berbahan lateks atau minyak. Beberapa model memiliki roda pemandu atau memangkas tab yang menjamin garis lurus pada titik perpotongan.

Bantalan cat juga merupakan cara terbaik untuk mengaplikasikan lapisan kedap air ke dek atau pagar. Terlampir pada pegangan panjang, mereka menghilangkan lentur dan membungkuk dan dapat dicuci dan digunakan kembali.

√ Roller Cat

Besar untuk kecepatan aplikasi mereka ini adalah alat yang terdiri dari bingkai yang memegang penutup rol dan pegangan dengan soket ekstensi di ujungnya untuk memungkinkan pengguna untuk menambahkan tiang ekstensi. Rol dinding standar memiliki lebar 7 hingga 12 inci. Beberapa rol memiliki perisai yang dimasukkan ke dalam struktur alat untuk mencegah percikan.

Pelajari Alat-Alat Finishing Sesuai Kebutuhan Serta Perawatannya

Rol yang lebih kecil, yang disebut rol langsing atau rol mini, bekerja dengan baik pada kayu dan area kecil lainnya yang tidak dapat dicat dengan roller standar. Mereka tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, tergantung pada area di mana mereka dirancang.

Rol canggih adalah tongkat cat, yang memompa cat langsung dari gagang atau kaleng ke dinding, di mana dapat digulung dengan roller yang terpasang. Keuntungannya adalah bahwa pengguna tidak harus berurusan dengan infus atau baki yang berantakan.

√ Penutup Rol

Tersedia dalam serat alami atau sintetis, kerapatan serat menentukan kemampuan roller untuk menahan cat dan menyebarkannya secara merata. Rol murah yang menjadi kusut atau gagal menyebarkan cat menghasilkan lapisan belang-belang, terlepas dari kualitas cat. Mereka juga dapat meninggalkan serat pada permukaan yang dicat.

Selimut Mohair sangat baik untuk mengaplikasikan enamel, sementara sarung wol sangat baik untuk cat alkid, tetapi bukan lateks. Serat sintetis membuat penutup serba guna yang baik. Bahkan, sekitar 95 persen dari semua penutup rol adalah sintetis.

Alat Penutup roller halus (dengan 3/16 atau ¼ inci) digunakan untuk pengecatan dinding, lantai dan finishing halus. Penutup rol menengah (dengan nap 3/8 atau ½ inci) digunakan untuk dinding bertekstur pasir. Penutup rol kasar (dengan nap 3/4 atau 1 inci) digunakan untuk dinding semen ringan dan lantai batu. Selimut ekstra kasar (dengan nap 1 1/4 inci) digunakan untuk mengecat bata, balok, pasangan bata dan plesteran.

Penutup rol tekstur dirancang khusus untuk mengaplikasikan cat tekstur. Beberapa busa dengan pola tergores ke permukaan. Yang lain memiliki materi melingkar yang dalam. Penutup rol tekstur memiliki diameter besar untuk mengakomodasi konsistensi tekstur cat yang lebih berat. Mereka ideal untuk penyelesaian yang jelas, namun, sebagian besar merek tidak disarankan untuk digunakan dengan lacquer atau lak, yang memiliki rumus kimia yang menghancurkan busa.

Perawatan Alat Finishing yang Tepat

Pelajari Alat-Alat Finishing Sesuai Kebutuhan Serta Perawatannya

Cara paling mudah untuk perawatan alat finishing adalah bersihkan sikat segera setelah digunakan, sebelum cat berpeluang mengeras. Untuk cat minyak, gunakan pelarut yang tepat. Untuk cat dasar lateks, bersihkan dengan larutan air hangat, sabun atau deterjen. Jika sikat tidak bersih secara menyeluruh, bersihkan pengencer cat dan rewash dalam larutan deterjen hangat.

Sisir bulu basah dengan sisir logam. Kembalikan kuas ke kantong yang disertakan dengannya, atau bungkus dengan kertas atau kertas tebal, dengan bulu-bulu halus dan rata.

Simpan rata atau tersuspensi dari kuku atau kail, sehingga bulu-bulu lurus dan sikat tidak bersandar pada bulu sikat. Jangan biarkan sikat apa pun berdiri dengan cat atau air. Dan jangan merendam kuas di air; itu akan merusak baik filamen atau pengaturan epoxy dan menyebabkan ferrule berkarat.

Rol dan Bantalan :

Bersihkan setiap selesai digunakan, bersihkan sisa cat dengan menggulung atau menekan koran, lalu cuci dengan pelarut atau air yang tepat. Keringkan dan bungkus untuk disimpan.

Panduan tentang jenis-jenis aplikator / alat dan penggunaan cat ini akan membuat perombakan kamar Anda berikutnya. Jangan lupa untuk merawat mereka dengan benar, sehingga mereka dan banyak pekerjaan yang akan datang.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.